7 Rekomendasi Menu Makan Malam Sehat dan Lezat | Cocok Untuk Diet!

Dalam memilih makanan, kita perlu memperhatikan nutrisinya. Tidak hanya mengenyangkan, namun harus baik bagi kesehatan. Untuk itu, berikut kami berikan rekomendasi menu makan malam sehat dan lezat.

Menu makan sangat berpengaruh terhadap pembentukan pola hidup sehat. Bila kita memakan makanan bergizi, selain sehat kita juga bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Namun, bingung rasanya untuk memilih varian menu makanan, padahal ini sangat penting untuk mencegah kebosanan. Bagi Anda yang masih bingung mencari menu makan malam yang beragam, berikut kami bahas dalam artikel berikut ini.

Baca Juga : Ternyata 6 Buah dari Surga Ini yang Sering Kita Makan

Rekomendasi Menu Makan Malam Sehat dan Lezat

1. Tempe dan Tahu

menu makan malam sehat
sumber : pexels.com

Meskipun makanan ini terlihat sederhana, namun siapa sangka bahwa tempe dan tahu ini sangat menyehatkan. Makanan yang mengandung protein nabati ini bisa memberikan rasa kenyang berkualitas dan berbagai manfaat kesehatan.

Satu cangkir (166 gram) tempe, sudah mengandung 31 gram protein. Maka tidak heran kalau tempe bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Begitupun dengan tahu, yang bisa menjadi sumber protein terbaik untuk Bahkan, tahu juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Baca Juga : 4 Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram Sesuai Syariat

2. Sup Bayam

menu makan malam sehat
sumber : pexels.com

Sayuran hijau seperti contohnya bayam merupakan salah satu menu makan malam sehat dan tidak membuat gemuk.

Bayam sangat rendah kalori dan karbohidrat namun memiliki banyak serat, yang membantu Anda merasa kenyang.

Selain itu, bayam tinggi akan kalsium yang bisa membantu tubuh membakar lemak lebih efektif. jadi, alih-alih menambah kalori, justru bayam ini mengurangi kalori dalam tubuh.Anda bisa menambahkan sayuran lain ke dalam sayur bayam untuk makan malam, seperti jagung atau tomat yang sudah dipotong-potong.

3. Sup Ayam

menu makan malam sehat
sumber : pexels.com

Sepertinya, sup ayam ini merupakan hidangan favorit dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Tentunya sup ayam yang digabungkan bersama sayuran bisa menyehatkan.

Menyantap sup ayam dan sayuran juga bisa menenangkan tenggorokan.

Anda bisa menambahkan kentang dan wortel ke dalam sup Anda.

Kentang bisa mengurangi peradangan dan sembelit sedangkan wortel dipercaya bisa mencegah kanker karena mengandung karotenoid.

4. Ikan

menu makan malam sehat
sumber : unsplash.com

Jenis Ikan terutama salmon, tuna, dan makerel adalah menu makan malam yang sangat menyehatkan.

Bagaimana tidak kombinasi antara vitamin D dan asam lemak omega 3 yang ada dalam ikan mampu membantu Anda tidur lebih nyenyak karena bisa melepaskan hormon serotonin.

Untuk penyajiannya, Anda bisa mencampurkan ikan yang sudah dikukus atau dipanggang, dengan ragam jenis sayur

5. Salad Buah

menu makan malam sehat
sumber : pexels.com

Buah-buahan merupakan menu wajib untuk mencapaikan keseimbangan nutrisi, apalagi untuk orang yang sedang diet. Pasalnya, banyak nutrisi dalam buah seperti serat dan bermacam vitamin. Makan buah-buahan tak akan menyebabkan menimbunnya lemak.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan salat buah. Cukup ambahkan sedikit mayones rendah lemak supaya ada sensasi rasa lebih segar

Selain menurunkan berat badan, buah-buahan juga bisa menurunkan risiko penyakit diabetes, kanker, hingga darah tinggi.

6. Telur dadar (frittata)

menu makan malam sehat
sumber : pexels.com

Tidak hanya orang Indonesia saja yang suka memasak telur dadar, namun ternyata orang-orang Italia juga gemar membuat telor dadar yang dinamakan frittata.

 Frittata adalah makanan berbahan dasar telur. Selain telur, Ada juga campuran-sayuran di dalam frittata, seperti jamur atau bayam.

Gabungan telur dan bayam ini sudah bisa memenuhi sebanyak 26 persen kebutuhan harian vitamin A. Vitamin A dikenal bisa menjaga kesehatan mata serta mencegah rabun senja.

Lebih baik lagi, jika Anda memasak telur dadar ini dengan minyak zaitun ataupun minyak alpukat.

7. Quinoa

menu makan malam sehat
sumber : unsplash.com

Mungkin bahan makanan ini masih terdengar asing.  Quinoa adalah sejenis makanan berupa biji-bijian yang kaya akan kandungan asam lemak omega dan asam folat.

Untuk menyajikan quinoa secara baik, Caranya adalah dengan merebus quinoa dalam air mendidih. Setelah itu, Jika biji quinoa sudah melunak secara sempurna tandanya sudah matang dan siap disajikan.

Agar quinoa terasa lebih llezat, Anda bisa mengombinasikannya dengan sepotong dada ayam yang rendah lemak dan kaya protein.

Demikianlah ulasan mengenai artikel menu makan malam sehat. Semoga dengan adanya artikel ini kita senantiasa menjaga kesehatan dengan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi. Sehingga, kita bisa terhindarkan dari berbagai penyakit.

Jangan lewatkan artikel kesehatan menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

×