Inilah 8 Makanan Khas Sunda Yang Dijamin Bikin Ketagihan!

Jawa barat masih menjadi destinasi wisata favorit karena tidak hanya menawarkan wisata alam namun kulinernya tidak diragukan lagi. Tidak heran jika masakan khas sunda menjadi favorit para wisatawan.

Makanan khas sunda terkenal akan makanan tradisional dengan cita rasa yang kuat dan khas yang membuat kita ketagihan. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke Jawa Barat sayang sekali jika melewatkan kuliner lezatnya.

Ingin tahu apa saja makanan khas sunda yang lezat dan sayang jika dilewatkan? Yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Wajib Coba! 8 Kuliner Nusantara yang Mampu Memanjakan Lidah Anda

7 Makanan Khas Sunda yang dijamin Bikin Ketagihan!

1. Nasi Liwet

makanan khas sunda
sumber : google/bersosial

Makanan ini sudah sangat popular di kalangan masyarakat karena identic dengan acara perayaan tertentu. Makanan ini adalah Nasi liwet. Nasi liwet ini biasanya dimakan saat ada acara perkumpulan tertentu.

Sebenarnya, nasi liwet ini dikenal dengan 2 versi yaitu versi solo dan versi sunda. Namun terdapat perbedaan di antara keduanya. Liwer solo terbuat dari santan yang dihidangkan dengan labu siam.

Sedangkan nasi liwet sunda adalah nasi yang ditanak dalam wadah kastrol dan dicampur dengan berbagai jenis lauk, bumbu, dan rempah. Adapun di antaranya rempah yang digunakan adalah bawang, serai, salam, kemangi, dll.

Sesuatu yang membuatnya khas adalah rasa dan aromanya karena dari campuran rempah dan lauk in.

Nasi liwet ini sangat cocok dikonsumsi dengan berbagai macam lauk seperti ayam, ikan, tahu tempe. Jika menyantap nasi liwet tentu tidak lupa juga lalapan dan sambal terasinya.

Baca Juga :  Inilah 12 Makanan Khas Daerah Jawa Barat yang Menggugah Selera

2. Tutug Oncom

makanan khas sunda
sumber : google/bersosial

Nama makanan yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Sebagian orang. Tutug Oncom adalah makanan yang berasal dari Tasikmalaya.

Makanan ini terbuat dari nasi yang ditumbuk kasar dengan oncom goreng atau oncom bakar. Oncom adalah panganan hasil olahan dari kacang yang difermentasikan.

Masakan ini biasanya disajikan dengan beeragam pelengkap, seperti tahu tempe goreng, ikan asin serta tidak lupa sambal yang jadi ciri khas makanan sunda.

3. Karedok

makanan khas sunda
sumber : google/bersosial

Banyak yang salah mengira bahwa karedok adalah sama dengan gado-gado dan lotek, namun nyatanya terdapat beberapaan perbedaan.

Karedok adalah makanan khas sunda yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah seperti kacang panjang, kol, mentimun, terong, dsb. Sedangkan sausnya menggunakan saus kacanh dengan taburan kerupuk bawang di atasnya.

Walaupun sama-sama menggunakan saus kacang, karedok punya rasa saus yang unik karena menggunakan temu kunci.

Panganan ini paling cocok disantap dengan ayam goreng atau gurami goreng.

4. Gepuk

makanan khas sunda
sumber : google/bersosial

Empal gepuk, siapa yang pernah mendengar nama masakan ini? Gepuk ini salah satu makanan yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Bandung.

Empal gepuk ini adalah makanan yang terbuat dari irisan daging sapi dengan bumbu-bumbu dan taburan kelapa sehingga rasanya sangat gurih. Makanan ini dibuat dengan cara yang mirip dengan rendang.

Bedanya, empal gepuk puya citarasa yang lebih manis dan lebih kering karena sebelum disajikan digoreng terlebih dahulu hingga renyah.

Selain itu, gepuk cocok disantap dengan sambal yang pedas dan lalapan. Rasa gurih gepuk sering membuat banyak orang ketagihan memakannya.

5. Nasi Timbel

makanan khas sunda
sumber : google/bersosial

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Nasi timbel adalah masakan yang mempunyai cita rasa kuat dan khas.

Karenanya timbel ini sudah menjadi ciri khas makanan sunda dan selalu jadi menu andalan di setiap rumah makan sunda.

Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan sedikit dipanaskan. Kenikmatan dari makanan ini terletak pada nasinya yang pulen dan juga lauk pauknya.

Variasi lauk pauk dari nasi timbel ini beragam mulai dari tahu, tempe, ayam goreng, ikan asin, alapan, sambal, dan lainnya.

Nasi timbel biasanya dijual di warung-warung, yang disajikan dengan

6. Mie Kocok

makanan khas sunda
sumber : google/bersosial

Jika berkunjung ke kota Bandung maka kurang afdol rasanya jika tak menyantap mie kocok Bandung. Mie kocok adalah campuran mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dan rempah ditambah irisan kikil dan tauge. Beberapa tempat makan juga menyajikannya bersama bakso.

Nama unik mie kocok berasal dari cara memasaknya, yaitu pada proses memasaknya. Karena memasaknya dengan cara mengocok-ngocok mie dalam wadah dan dicelupkan ke air panas.

Terbayang kan betapa enaknya santapan Mie Kocok ini di cuaca Bandung yang dingin. Bisa untuk menghangatkan dan menyegarkan badan.

7. Soto Bandung

makanan khas sunda
sumber : google/bersosial

Soto memang sudah menjadi makanan kesukaan dan ciri khas makanan Indonesia. Di Indonesia ini banyak sekali jenis soto dari berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing.

Begitupun dengan daerah Sunda yang memiliki kudapan soto sendiri tepatnya di Kota Bandung sehingga makanan ini dinamakan dengan soto Bandung.

Soto Bandung memiliki kekhasannya sendiri, yakni dibuat dari tetelan atau daging sapi khas dalam. Soto Bandung berisi irisan lobak, kacang kedelai, bawang goreng, dan seledri.

Kuahnya pun menambah cita rasa karena merupakan campuran dari berbagai rempah. Adapun rempahnya di antaranya bawang merah, bawang putih, batang serai, merica, lengkuas dan jahe.

8. Sate Maranggi

makanan khas sunda
sumber : google/bersosial

Sate yang satu ini sedang menjadi popular beberapa tahun ke belakang. Jadi, sate maranggi khas Purwakarta ini tidak boleh dilewatkan.

Sate maranggi menggunakan daging kambing atau sapi sebagai bahan utamanya dan dimasak dengan direndam dalam bumbu berempah manis kemudian dibakar.

Uniiknya sate maranggi ini tidak memiliki saus atau bumbu. Meskipun begitu cita rasa sate ini tetap berasa karena bumbu rendamannya.

Demikianlah ulasan mengenai 7 masakan khas Sunda yang wajib Anda Coba saat ke Bandung. Bagaimana Anda pasti ngiler, kan? Semoga bisa menjadi referensi Anda saat berwisata, ya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. JIka Anda ingin membaca artikel travel dan kuliner menarik lainnya, Maka Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos

×