6 Makanan Yang Cocok Untuk Musim Hujan | Hangat dan Sehat

Bulan ini memasuki musim hujan dan membuat cuaca sangat dingin. Oleh karena itu untuk membuat badan tetap hangat dan bugar berikut kami berikan ulasan mengenai makanan yang cocok untuk musim hujan berikut ini.

6 Makanan Yang Cocok Untuk Musim Hujan

1. Sop Ayam

makanan yang cocok untuk musim hujan
sumber : google/bersosial

Saat musim hujan, kekebalan tubuh menurun yang membuat kita rentan terkena penyakit. Seringkali saat sakit, orang memilih memakan sup ayam karena kuahnya hangat dan gizinya lengkap.

Sup ayam merupakan comfort food sekaligus bisa memberikan asupan cairan dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Seperti kandungan sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin dan protein.

Bawang putih yang merupakan bumbu utama dalam membuat sup ayam mengandung filonutrien yang mampu memperkuat imunitas dan mencegah tubuh dari serangan demam serta flu, mengurangi masalah pencernaan, dan bahkan mengatasi peradangan atau iritasi saluran lambung.

Bawang putih juga dapat membersihkan masalah usus seperti disentri dan diare dengan menghancurkan bakteri berbahaya namun tetap tidak merusak bakteri baik di usus.

Selain itu, mengonsumsi sup ayam yang masih panas bisa memberikan efek langsung menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan yang mana biasa terjadi saat musim hujan.

Baca Juga : 6 Minuman Tradisional yang Berkhasiat bagi Kesehatan dan Menghangatkan Tubuh

2. Soto

makanan yang cocok untuk musim hujan
sumber : google/bersosial

Siapa yang tidak tahu dan suka dengan soto. Comfort food satu ini adalah makanan berkuah kuning yang memiliki beragam jenis di setiap daerah.

Namun secara umum, jenis makanan soto dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Masakan dengan jahe ini cocok sekali Anda konsumsi ketika cuaca sedang dingin saat musim hujan.

Sebab jahe bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam dan menstimulasi produksi keringat. Terlebih, jahe memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, serta demam.

Kandungan kunyit juga mendukung peningkatan resistensi sel terhadap infeksi, dan peradangan. Karenanya, makanan ini menjadi makanan yang cocok untuk musim hujan.

Baca Juga : Hidup Sehat Ala Nabi Dengan 7 Makanan Kesukaan Rasulullah Berikut

3. Bakso

makanan yang cocok untuk musim hujan
sumber : google/bersosial

Siapa yang kuat menahan rasa makanan berkuah satu ini. Kuahnya yang hangat dan gurih membuat banyak orang menyukainya.

Sebagian dari kita menganggap bakso adalah makanan yang kurang baik. Namun, sebenarnya bakso terbuat dari daging sapi yang baik karena merupakan sumber protein dan zat besi.

Peneliti dari School of Biomedical and Molecular Sciences dari University of Surrey mengungkap bahwa protein bisa meningkatkan kesehatan tulang, melancarkan sistem pencernaan, serta meningkatkan aktivitas dan koordinasi antarsel (signaling cell).

Bakso sapi juga mengandung sumber mineral, vitamin, dan protein yang diperlukan bagi tubuh. Namun manfaat kesehatan ini ada jika Anda membuat bakso dengan menggunakan daging tanpa lemak.

Agar lebih sehat, Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti sawi dan tauge untuk menyeimbangkan kebutuhan serat.

Namun, perlu diingat bahwa jangan mengonsumsi bakso berlebihan, karena bisa menjadi pemicu kolesterol karena kandungan dagingnya yang banyak.

Rekomendasi Produk : Dapatkan Bakso Daging Sapi Berkualitas di Evermos.
makanan yang cocok untuk musim hujan

4. Jagung Bakar

makanan yang cocok untuk musim hujan
sumber : google/bersosial

Jagung adalah makanan murah meriah yang rasanya enak. Makanan ini bisa mudah Anda temui dan cara pengolahannya pun mudah.

Seringkali jagung diolah dengan cara direbus atau dibakar. Baik jagung rebus ataupun bakar cocok untuk dinikmati saat musim hujan karena hangat dan mengandung karbohidrat.

Karbohidrat ini berkhasiat membuat tubuh kita tidak mudah lemas dan rentan saat musim hujan karena merupakan sumber energi.

Jagung sendiri mengandung banyak serat, vitamin B kompleks, serta antioksidan.

5. Rawon

makanan yang cocok untuk musim hujan
sumber : google/bersosial

Selain soto, Ada juga rawon. Makanan khas Jawa Timur ini adalah sejenis sup daging dengan kuah hitam pekat.

Warna hitam kuahnya ini berasal dari kluwek atau pucung. Kluwek merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman kepayang. Kluwek memberikan cita rasa dan aroma masakan menjadi sedap dan gurih.

Bahan makanan ini mengandung zat besi dan vitamin C yang mampu menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C ini adalah sumber antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan supaya tubuh tidak rentan sakit dan terserang virus.

Istimewanya lagi, kluwek memiliki sifat antiseptik dan tanin alias zat antimikroba yang ampuh untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

Sehingga tidak heran jika makanan ini cocok untuk jadi konsumsi Anda selama musim hujan. Selain menghangatkan, ternyata juga menyehatkan!

6. Sekoteng dan Wedang Ronde

makanan yang cocok untuk musim hujan
sumber : google/bersosial

Kudapan hangat memang menjadi pilihan tepat saat musim hujan. Semua minuman berbahan dasar jahe bisa menghangatkan badan dan menjaga kebugaran. Jahe  bisa jadi obat murah meriah untuk Anda yang mulai kena flu saat musim hujan.

Salah satunya makanan yang mengandung jahe ialah sekoteng dan wedang ronde. Sekoteng merupakan makanan dengan isian kacang hijau, potongan roti, dan kacang tanah serta mutiara cina. Isian tersebut kemudian disiram dengan kuah jahe yang hangat.

Sekoteng dan wedang ronde ini populer di Jawa Tengah namun saat ini sudah bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia.

Demikian ulasan mengenai makanan yang cocok untuk musim hujan. Semoga dengan makanan yang sehat dan bergizi ini bisa menjadikan Anda selalu sehat.

Makanan-makanan ini bisa menjadi peluang bisnis, lho. Musim hujan seperti ini cocok untuk Anda memasarkan makanan yang hangat contohnya seperti wedang jahe.

Produk Jahe berkhasiat ini bisa Anda temukan di Aplikasi Evermos.

makanan yang cocok untuk musim hujan

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usahanya? Tenang saja, Evermos Punya Solusinya!

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki cukup modal, Anda bisa menjadi seorang reseller Evermos. Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman

Anda hanya perlu share dan promosikan barang yang ada di aplikasi Evermos kepada para pelanggan Anda.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Silahkan klik Tombol di bawah ini!

Cara Mendapatkan Uang dengan Mudah

Selamat berikhtiar dan menjadi reseller hebat!

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada situs blog Evermos. 

×