10 Makanan Khas Jember yang Lezat dan Wajib Dicoba!

Makanan khas Jember – Bagi Anda yang suka kulineran dan sedang berada di salah satu kota di Jawa Timur, Jember, jangan lupa cobain makanan khas Jember yang super duper lezat.

Jember merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang sangat terkenal dengan budaya lokal yang kental.

Namun selain budaya yang kental, Jember juga memiliki makanan khas yang sangat lezat dan wajib sekali untuk dicoba bagi siapapun yang sedang melipir ke Jember.

Penasaran apa saja makanan khas Jember yang lezat itu? Berikut artikelnya untuk Anda.

10 Makanan Khas Jember yang Wajib untuk Dicoba

Berikut ini adalah 10 makanan khas Jember yang sangat wajib Anda coba ketika sedang berada di Kota Jember.

1. Prol Tape

Makanan Khas Jember
Sumber: google.com/bersosial

Makanan dari Jember yang pertama adalah Prol Tape. Makanan ini juga terbuat dari tape yang sudah diinovasi oleh masyarakat jember. 

Prol tape ini cocok disajikan saat Anda berkumpul dengan keluarga ataupun teman. Adapun bahan dari Prol Tape ini antara lain tape singkong, tepung terigu, margarin, susu, dan telur.

Rasa dari Prol tape ini yaitu perpaduan antara manis, asam/kecut, serta gurih. Prol tape juga memiliki beragam rasa seperti kismis, coklat, keju, dan rasa original.

2. Makanan Khas Jember Nasi Langgi

Makanan Khas jember
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian ada Nasi Langgi yang wajib Anda coba ketika sedang berada di Jember. Isi dari Nasi Langgi ini yaitu nasi, daging sapi, sambal goreng tempe dan kentang, bumbu bali, telur asin, petis, abon sapi, mentimun, dan dilengkapi juga dengan sambal. 

Nasi Langgi ini juga dapat Anda temukan dengan mudah di warung makan Kota Jember.

3. Pecel Gudeg

Makanan Khas jember
Sumber: google.com/bersosial

Pecel dan gudeg adalah jenis makanan berbeda, namun di Kota jember keduanya dikolaborasikan sehingga menjadi satu jenis makanan yaitu pecel gudeg. 

Selain makanan pecel dan gudeg, di dalamnya juga terdapat potongan daging, cecek, rempeyek, dan tentunya dilengkapi dengan sambal pecel khas Kota Jember.

Dalam satu porsi pecel gudeg tersebut bias Anda sajikan dengan lauk yang beragam, dan hal tersebut dapat Anda pilih sendiri menyesuaikan selera. Lauk tambahan yang Anda pilih tersebut juga menjadi ukuran harga dari pecel gudeg.

Semakin banyak lauk yang dipilih, maka bias semakin mahal, namun Anda tidak perlu khawatir karena harga masih dalam taraf terjangkau. 

Untuk dapat mencicipi pecel gudeg ini, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah karena di jual di setiap warung makan di Jember.

4. Makanan Khas Jember Brownies tape

Brownies tape
Sumber: google.com/bersosial

Jika di kota lain brownies biasanya rasa coklat, maka di Jember ada brownies yang memiliki rasa tape.

Masyarakat Jember memang banyak berinovasi dengan tape. Selain dapat dijadikan beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas, tape juga dapat dijadikan makanan lezat lainnya yaitu brownies. Jenis tape yang dipakai untuk pembuatan brownies ini adalah tape singkong.

Brownies tape ini juga memiliki banyak varian rasa seperti tape keju, coklat kacang, rasa original, dll. Harganya pun juga sangat murah, kurang lebih Rp. 20.000-, saja. 

Brownies tape bisa Anda nikmati sendiri ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Anda tidak perlu khawatir basi karena brownies tape tersebut sangat awet dan tidak mudah basi.

5. Suwar Suwir

Suwar suwir
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian ada Suwar Suwir. Suwar suwir terbuat dari tape dan sudah diproses dengan cara tertentu sehingga tekstur dari suwar suwir ini agak keras. 

Jenis tape yang dipilih yaitu tape singkong, kemudian dicampur dengan gula.

Tampilannya mirip seperti dodol. Uniknya lagi, Makanan khas “Suwar Suwir” ini sudah dibuat dengan berbagai rasa, seperti rasa kacang, strawberry, coklat. Awal pembuatan, Suwar Suwir ini hanya diolah dengan satu rasa saja yaitu rasa sirsak.

Suwar Suwir ini memang tidak seterkenal pecel gudeg, namun Anda dapat mencobanya karena rasanya juga sangat lezat. Selain dapat dikonsumsi sendiri, Suwar Suwir ini juga dapat Anda jadikan buah tangan/ oleh-oleh untuk keluarga maupun teman di rumah.

6. Makanan Khas Jember Pia Tape

Pia tape
Sumber: google.com/bersosial

Jenis makanan khas Kota Jember lainnya yaitu Pia Tape. Seperti makanan khas sebelumnya, Pia Tape ini juga berbahan dasar tape. Varian rasa dari pia tape ini juga beragam yaitu rasa pisang, strawberry, blueberry, coklat, dll.

Warna pia agak coklat kekuningan dan sangat menggoda pandangan anda. Lebih dari itu, pada bagian kulit pia teksturnya agak keras, namun di bagian dalamnya lembut. 

Anda bisa juga menjadikan Pia Tape ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Kemasannya mudah dibawa, modern, dan yang paling penting adalah dapat bertahan lama.

7. Jenang Waluh

jenang Waluh
Sumber: google.com/bersosial

Jenang Waluh juga menjadi salah satu makanan khas Jember yang juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. 

Selain itu Jenang Waluh ini terbuat dari labu kuning atau yang dalam istilah Jawa disebut dengan waluh. Jenang waluh biasanya disajikan dengan olahan ketan yang dicampur kelapa tua.

Rasanya sangat enak dan recommended untuk dicoba. Untuk itu, jika anda berkunjung ke Kota Jember ini, jangan lupa untuk mencicipi jenis makanan khas ini.

8. Martabak Malabar

Martabak malabar
Sumber: google.com/bersosial

Jenis makanan khas lain di Kota jember adalah Martabak Malabar. Martabak mungkin makanan biasa yang dapat dengan mudah anda temukan di Kota manapun. 

Sisi unik dari Martabak Malabar jember ini adalah isinya yaitu dari daging kambing dan rempah khas.

Kulit martabak tipis, dagingnya tidak amis dan terasa sangat empuk. Mencium aroma martabak jenis ini saja akan membuat anda menelan air liur, tidak kebayang bukan bagaimana rasanya? 

Untuk bisa mencicipi martabak Malabar ini, anda bisa datang ke pertigaan Jl. Trunojoyo Jember.

9. Makanan Khas Jember Sate CR

Sate CR
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya ada Sate CR. Sate CR merupakan kombinasi antara sate kambing dan ayam yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Sate CR ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat kota jember.

Tidak hanya itu, tekstur dagingnya juga sangat empuk serta rasanya gurih. Tak jarang, banyak para pendatang yang berasal dari luar kota memfavoritkan makanan ini.

10. Tahu Hwa

tahu Hwa
Sumber: google.com/bersosial

Tahu Hwa memang kedengarannya sangat unik dan mungkin membuat anda penasaran seperti apa Tahu Hwa ini. Selain itu Tahu Hwa adalah salah satu sajian kuliner Jember yang berasal dari ampas tahu, yang kemudian disajikan bersama kuah jahe.

Rasanya agak sedikit pahit, namun karena ada campuran kuah jahe yang dibuat manis menjadikan makanan ini memiliki rasa enak dan unik, Anda wajib mencobanya jika berkunjung ke Kota Jember.

Nah, itulah tadi 10 rekomendasi makanan Khas Jember yang harus Anda coba ketika sedang berada di Kota Jember.

Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya, kunjungi selalu situs Blog Evermos.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

MULAI JUALAN SEKARANG