18 Hiasan Kampung 17 Agustus yang Unik, Bagus, dan Menarik 

Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya tidak hanya dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang unik dan lucu seperti lomba panjat pinang, pacu karung, dan sebagainya, namun juga lomba yang menguji kreativitas masyarakat, seperti kompetisi hiasan kampung 17 Agustus. 

Pada kompetisi ini, masyarakat di setiap daerah yang biasanya dibagi sesuai RT atau RW harus menghias kampung mereka sekreatif dan seunik mungkin. Hiasan ini tentunya bertemakan 17 Agustus atau perayaan kemerdekaan Indonesia. 

Hiasan kampung ini bukan hanya sekedar kompetisi saja, melainkan memiliki nilai dan makna yang mendalam mengenai solidaritas masyarakat Indonesia dalam bergotong royong. 

Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk penghargaan masyarakat Indonesia terhadap pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sehingga, bahkan jika tidak ada kompetisi, banyak masyarakat yang menghias kampung mereka atas kesadaran sendiri. 

Nah, berhubung sudah memasuki bulan Agustus, maka kampung-kampung di Indonesia sudah memulai kegiatan menghias dengan tema 17 Agustus. Jika sekarang kamu berada di artikel ini, artinya kamu sedang mencari ide hiasan kampung 17 Agustus. 

Tenang, berikut ini adalah ide dekorasi kampung 17 Agustus yang unik dan bagus hanya untukmu!

Baca juga: 7 Hiasan Gang untuk 17 Agustus yang Bagus dan Murah Meriah.

Hiasan Jalan Kampung 17 Agustus

Jika berencana untuk membuat hiasan kampung 17 Agustus, maka hal pertama yang perlu dihias adalah jalanan kampung. Sebab, jalanan akan selalu dilewati oleh banyak orang baik itu masyarakat kampung, atau yang tidak berasal dari kampung tersebut. 

Jalanan kampung yang ramai dengan hiasan 17 Agustus akan memberikan nuansa meriah dan mengartikan bahwa kampung tersebut turut menyemarakkan 17 Agustus. Selain itu, di beberapa daerah juga banyak yang mengadakan lomba menghias jalan kampung. 

Berikut ini ide hiasan jalan kampung 17 Agustus yang bisa kamu pertimbangkan. 

1. Lampion Gantung di Sepanjang Jalan Kampung 

Hiasan kampung 17 Agustus
Sumber: pinterest.com

Lampion adalah hiasan dari kertas yang di dalamnya terdapat sebuah lampu atau sumber cahaya lainnya seperti lilin. Kamu bisa menghias jalanan kampung dengan lampion berwarna merah dan putih, lalu menggantungkannya di sepanjang jalan. 

Bentuk lampion tidak harus bulat, kamu bisa mengoperasikannya dengan bentuk yang merepresentasikan Indonesia seperti bentuk burung garuda, atau berbentuk pohon beringin. 

Untuk penerangan pada lampion, lebih baik menggunakan lampu LED atau bola lampu yang tidak mudah panas. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan lampu-lampu tumblr berwarna warm white, atau merah putih. 

Jika kamu ingin mencari tahu tutorial pembuatan lampion gantung, hingga berbagai DIY hiasan 17 Agustus lainnya, kamu bisa membacanya disini: 18 Ide Hiasan Dinding 17 Agustus Dekorasi Kelas yang Menarik dan Murah Meriah.

2. Hiasan Bunga di Sepanjang Jalan Kampung

hiasan kampung 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Bunga merupakan simbol dari keindahan. Maka kamu bisa menghias jalanan di kampung dengan bunga-bunga berwarna merah dan putih sebagai representasi keindahan kampungmu.

Bunga-bunga tersebut bisa kamu dapatkan dengan membeli bunga asli berkelopak merah dan putih di toko bunga, atau membeli bunga sintetis. 

Namun, agar hiasan lebih tahan lama dan tidak mudah layu, kamu bisa membuat bunga buatan sendiri yang pastinya lebih murah dari segi bahannya. Kamu juga bisa mengkreasikan bunga menjadi berbagai macam bentuk, seperti bentuk love, kupu-kupu, dan lainnya. 

Apabila bunga sudah selesai dibuat, kamu bisa memajangnya di sepanjang jalan dengan tali yang digantung ke tiang, atau menempelkannya di dinding tepi jalan dan gapura kampung. 

Dan selain hiasan bunga, kamu juga bisa mengadaptasi ide hiasan di koridor kantor sebagai hiasan kampung 17 Agustus. Kamu bisa membaca ide hiasan kantor yang tidak kalah menarik dan anti mainstream disini: 12 Hiasan Kantor 17 Agustus yang Unik, Simple, dan Kreatif.

3. Hiasan Gapura 17 Agustus di Kampung

hiasan kampung 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Gapura merupakan pintu masuk dari suatu wilayah seperti gang, kampung, ataupun komplek. Nah, jika kampung kamu memiliki gapura, kamu bisa membuat hiasan gapura 17 Agustus dengan berbagai macam dekorasi. 

Berikut ini adalah beberapa ide dekorasi gapura 17 Agustus lainnya yang tidak kalah menarik: 

  • Gapura dengan hiasan bendera merah putih yang digantung secara vertikal.
  • Gapura 17 Agustus sederhana dengan hiasan lampion merah putih.
  • Gapura dengan hiasan bunga yang berwarna merah putih.
  • Gapura bambu unik 17 Agustus dengan cat merah putih.
  • Gapura dengan hiasan hiasan kertas dengan berbagai bentuk karakter seperti burung garuda, pohon beringin, dan lain-lain.
  • Gapura bambu unik 17 Agustus dengan hiasan tulisan “Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78” atau “Dirgahayu Republik Indonesia ke-78”.

4. Cat Jalan Agustusan di Kampung 

hiasan kampung 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Ide hiasan kampung 17 Agustus selanjutnya adalah dengan mengecat jalanan di sepanjang kampung atau di beberapa sudut jalan. Jalan yang di cat biasanya menggunakan cat berwarna merah atau putih, dengan bentuk seperti bendera merah putih. 


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Misalnya, kamu bisa cat tepi jalanan di kampung dengan cat merah putih secara selang seling, atau kamu bisa beberapa bagian di jalan dengan tulisan HUT RI 78. 

Selain cat merah putih, kamu juga bisa lebih mengkreasikannya dengan lukisan-lukisan bertemakan kemerdekaan Indonesia. 

Akan sangat bagus jika di kampung kamu terdapat para pekerja seni, atau remaja-remaja yang pandai menggambar, dan bisa diajak kerja sama untuk menggambar di jalanan. 

Selain ide hiasan di atas, kamu juga bisa merayakan 17 Agustus dengan membuat hiasan kepala agar lebih semarak. Kamu bisa simak berbagai ide hiasan kepala untuk 17 Agustus dan cara membuatnya disini: 9 Hiasan Kepala 17 Agustus yang Bagus dan Meriah.

Dekorasi 17 Agustus di Kampung yang Menarik

5. Menghias Sepeda di Kampung dengan Tema Kemerdekaan 

hiasan kampung 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Salah satu ide menarik dan bagus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah dengan menghias sepeda-sepeda yang ada di kampung. 

Misalnya, biasanya anak-anak di kampung gemar bermain sepeda, nah masyarakat kampung bisa mengadakan perlombaan kepada anak-anak tersebut untuk menghias sepeda mereka dengan tema HUT RI. 

Nantinya, pada tanggal 17 Agustus, ketika perayaan 17 Agustus dengan dilaksanakannya berbagai perlombaan lainnya di kampung, sepeda-sepeda tersebut bisa dipajang untuk menambah estetika kampung. 

Selain itu, anak dengan dekorasi sepeda yang paling menarik akan mendapatkan hadiah dari panitia pelaksana 17 Agustus. 

6. Hiasan Kampung 17 Agustus di Taman 

hiasan kampung 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Ide hiasan kampung 17 Agustus selanjutnya adalah dengan menghias taman kampung. Apabila kampung kamu memiliki taman, kamu bisa menghiaskan dengan berbagai elemen dekoratif seperti bendera merah putih, pita-pita merah putih, dan berbagai DIY lainnya berwarna merah dan putih. 

Jika taman tersebut adalah taman bermain anak-anak, kamu bisa mengecat berbagai wahana di taman tersebut seperti ayunan, perosotan, dan lainnya dengan cat merah dan putih. 

Agar hiasan taman tersebut terlihat oleh masyarakat, panitia pelaksana kegiatan 17 Agustus di kampung kamu bisa mempertimbangkan untuk melaksanakan acara Agustusan di taman tersebut. 

7. Membuat Mural di Dinding Kampung 

hiasan kampung 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Mural merupakan teknik menggambar ataupun melukis dengan media di atas dinding, tembok, ataupun permukaan luas yang sifatnya permanen. Membuat mural sebagai hiasan kampung 17 Agustus menjadi ide yang sangat menarik untuk kamu terapkan. 

Kamu bisa membuat mural dengan berbagai tema, misalnya tema perjuangan para pahlawan, tema keanekaragaman budaya Indonesia, atau mengenai keindahan alam Indonesia. 

Mural ini bisa dibuat oleh warga kampung yang memang memiliki keahlian dalam menggambar dan melukis, atau bekerja sama dengan seniman profesional. Di mural tersebut, kamu juga bisa mencantumkan kata-kata bijak 17 Agustus untuk meningkatkan semangat kemerdekaan. 

Berikut ini adalah beberapa ide untuk membuat mural di dinding sebagai hiasan kampung 17 Agustus: 

  • Menggunakan gambar yang sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan Indonesia, seperti bendera merah putih, pahlawan nasional, budaya, atau alam Indonesia. 
  • Buatlah gambar dengan ukuran yang besar dan menarik perhatian. Mural yang besar akan lebih mudah terlihat oleh orang yang lewat di kampung tersebut. 
  • Gunakanlah warna yang cerah dan menarik agar mural dapat terlihat lebih hidup dan meriah. 
  • Apabila kamu berinisiatif membuat mural, kamu bisa membuat murah yang mudah digambar, atau jika tidak bisa menggambar, kamu bisa menggunakan sablon atau template untuk membuat mural. 

8. Spanduk HUT RI Sebagai Hiasan Kampung 17 Agustus 

hiasan kampung 17 agustus
Sumber: freepik.com

Apabila kamu memerlukan ide yang lebih praktis dan cepat pembuatannya, kamu bisa mencetak spanduk bertemakan 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan. 

Meskipun terdengar sangat sederhana, namun spanduk bisa menambah estetika dan kemeriahan di dekorasi 17 Agustus kampung kamu. 

Kamu bisa menemukan template untuk spanduk 17 Agustus di berbagai media di internet, atau kamu juga bisa mendesainnya sendiri lalu mengirimkannya ke jasa percetakan. 

Untuk ukuran spanduk, bisa kamu sesuaikan dengan lokasi tempat kamu akan menempelkan spanduk tersebut. Sehingga, sebelum memesannya ke jasa percetakan, kamu bisa mengukur terlebih dahulu panjang dan tinggi dari lokasi penempelan spanduk. 

10 Contoh Pernak Pernik 17 Agustus dari Barang Bekas 

hiasan kampung 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Dari berbagai ide dekorasi kampung 17 Agustus yang unik di atas, memang membutuhkan bahan-bahan yang tidak sedikit meskipun dengan harga yang terjangkau. Nah, selain mengekseskusi ide-ide di atas, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai barang bekas untuk menghias kampungmu.

Berikut ini adalah contoh pernak pernik 17 Agustus dari barang bekas

  1. Bendera Merah Putih dari Kertas Bekas
  2. Lampu Hias dari Botol Plastik
  3. Hiasan Dinding dari Kaset atau CD Bekas
  4. Bunga Buatan dari Kertas Kemasan Bekas
  5. Hiasan Meja dari Kaleng Bekas
  6. Topi atau Aksesoris Merah Putih dari Kain Bekas
  7. Banner atau Spanduk dari Kain Bekas
  8. Gantungan Kunci dari Tutup Botol Bekas
  9. Hiasan Kerajinan Tangan dari Kertas Karton Bekas
  10. Bunga dari Botol Bekas

Dari berbagai ide di atas, kamu bisa mengumpulkan bahan-bahannya dari barang bekas miliki warga di kampung tersebut.

Mulai dari sekarang, kamu bisa memberi tahu panitia pelaksana 17 Agustus untuk menginformasikan kepada warga agar mengumpulkan barang bekas yang dibutuhkan. Dengan ini, kamu tidak perlu mengeluarkan dana untuk menghias kampung.

Itulah berbagai ide hiasan kampung 17 Agustus yang direkomendasikan untuk kamu terapkan dalam menghias kampung. Semoga ide di atas bermanfaat dan menjadi insiprasi yang menarik. Selamat mencoba!

Apabila kamu ingin membaca informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi blog Evermos. Selain itu, kamu juga bsia mengunjungi Evermos untuk mendapatkan penawaran berpenghasilan tanpa modal sebagai reseller Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk tahu informasi lengkapnya!

YUK, GABUNG DISINI!