18 Ide Hiasan Dinding 17 Agustus Dekorasi Kelas yang Menarik dan Murah Meriah

Sudah siap menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia ke-78 pada tanggal 17 Agustus 2023? Saatnya meriahkan HUT RI di sekolah dengan mendekorasi kelas bersama murid dan guru. Simak berbagai ide hiasan dinding 17 Agustus yang menarik dan pastinya murah meriah!

17 Agustus adalah tanggal yang sangat masyarakat Indonesia nantikan setiap tahunnya. Karena pada tanggal ini, masyarakat kembali diingatkan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. 

Selain itu, masyarakat menyambutnya dengan berbagai perayaan yang meriah, mulai dari upacara bendera hingga perlombaan 17 Agustus yang unik dan legendaris.

Adapun kegiatan menghias dinding sudah menjadi tradisi yang rutin dilaksanakan setiap sekolah di Indonesia. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh murid dan guru, dengan berkompetisi bersama kelas-kelas lainnya. 

Nah, tahun 2023 ini saatnya menghias kelas tema kemerdekaan 17 Agustus yang anti mainstream, unik, dan menarik namun masih memiliki nilai-nilai budaya Indonesia. Simak berbagai idenya berikut ini!

Baca juga: 13 Hiasan 17 Agustus Depan Rumah yang Unik dan Meriah

Hiasan Dinding 17 Agustus di Kelas Tema Kemerdekaan Indonesia ke-78

1. Bendera Indonesia 

hiasan dinding 17 agustus
Sumber: canva.com

Kamu dapat menghias kelas dengan membuat bendera Indonesia dari kertas berwarna merah dan putih, lalu menempelkannya di dinding. 

Bahan-bahan untuk menghias kelas 17 agustus berupa bendera Indonesia hanya memerlukan kertas putih, spidol atau cat kertas berwarna merah, penggaris, dan lem untuk menempelkannya di dinding. 

Atau jika ingin praktis, kamu bisa membeli bendera merah putih yang sudah dijahit. Harga bendera merah putih cukup terjangkau mulai dari Rp25.000 per helainya. 

Selain hiasan dinding kelas, kamujuga bisa menghias kantor ruang guru dengan dekorasi yang unik dan meriah. Temukan berbagai idenya disini: 12 Hiasan Kantor 17 Agustus yang Unik, Simple, dan Kreatif.

2. Gambar Pahlawan Nasional Indonesia

Menempelkan gambar para pahlawan kemerdekaan Indonesia akan membuat kelas lebih menarik. Kamu bisa mencetak gambar-gambar para pahlawan dengan kerja HVS, lalu menggantungkannya di dinding kelas. 

Agar lebih menarik, berikan kata-kata motivasi atau nasehat yang pernah diucapkan pahlawan tersebut. Kamu bisa temukan disini: 78 Ucapan 17 Agustus 2023 Hari Kemerdekaan yang Penuh Semangat dan Bermakna.

3. Gambar Peta Indonesia 

Bersama teman-teman di kelas, kamu bisa menggambar peta Indonesia di kertas karton yang besar, lalu menempelkannya di dinding kelas. 

Bahan yang kamu butuhkan hanya sebuah kertas karton besar, pensil untuk menggambar pola di peta, dan pensil warna untuk mewarnai peta agar lebih menarik. 

Jika merasa lama mengerjakan pembuatan peta, kamu juga bisa membeli peta yang sudah jadi dan langsung menempelkannya di dinding kelas. 

4. Spanduk atau Pamflet 17 Agustus 

hiasan dinding 17 agustus
Sumber: freepik.com

Kamu juga bisa berkreasi menghias kelas dengan mencetak spanduk atau pamflet 17 Agustus di dinding kelas. Buatlah desain semenarik mungkin dengan tema kemerdekaan Indonesia, atau kamu juga bisa menemukan berbagai template menarik di internet.

Kamu juga bisa tuliskan kata-kata bijak di spanduk tersebut. Jika ingin inspirasi berbagai kata bijak 17 Agustus dengan semangat kemerdekaan, kamu bisa baca disini: 60 Kata Kata Bijak 17 Agustus yang Penuh Motivasi dan Semangat Perjuangan.

Hiasan Dinding Kelas 17 Agustus yang Unik dan Mudah

Sebelum lanjut, sudahkah kamu mengadakan rapat bersama teman kelas lainnya untuk berdiskusi mengenai rencana dekorasi dinding kelas 17 Agustus? Jika belum, kamu bisa melaksanakan rapat terlebih dahulu. Simak berbagai contoh undangan rapat 17 Agustus offline atau online disini ya!

5. Dekorasi Kelas 17 Agustus yang Unik dan Mudah dengan Pita Merah Putih 

hiasan dinding 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Pita merah putih adalah hiasan dinding 17 Agustus yang tidak boleh kamu lewatkan. Berikut ini adalah bahan dekorasi 17 agustus di kelas dengan menggunakan pita hias merah putih, dan cara membuatnya. 

Bahan-bahan:

  • Pita hias satin berwarna merah dan putih. Lebarnya opsional, tapi biasanya pita dengan lebar 2-3 cm lebih baik.
  • Gunting.
  • Lem panas atau lem perekat yang kuat lainnya.
  • Kertas karton atau papan foam sebagai dasar. 
  • Tali atau pita untuk menggantung.

Cara membuatnya:

  • Potong pita merah dan putih menjadi panjang yang sama. Panjangnya tergantung pada seberapa besar atau luas kamu mendekorasi dinding ruangan. 
  • Rekatkan ujung satu pita merah ke ujung pita putih, sehingga kedua pita membentuk sudut 90 derajat. Lakukan ini untuk semua pita yang kamu miliki, sehingga akan banyak pita merah putih yang berpasangan. 
  • Tempelkan pasangan pita tersebut ke kertas karton atau papan foam, satu persatu, mengikuti pola garis miring sehingga membentuk motif zigzag atau pola chevron. Pastikan kamu menempelkannya secara bergantian antara yang merah dan putih agar terlihat seperti bendera Indonesia. 
  • Setelah seluruh permukaan karton atau papan foam tertutup pita, potong kelebihan pita di sisi-sisi karton atau papan foam agar tampak rapi.
  • Rekatkan tali atau pita di bagian belakang dekorasi ini untuk menggantungnya di dinding.
  • Hiasan dinding pita merah putih untuk dekorasi kelas siap untuk digantung!

6. Hiasan Dinding Bintang Kejora

hiasan dinding 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Menghias kelas dengan bintang kejora dari kertas akan memberikan kesan mewah di kelas. Pembuatannya sangatlah mudah, kamu hanya memerlukan kertas berwarna emas atau kertas glitter emas, gunting, lem perekat, dan pola bintang yang sudah dicetak atau digambar. 

Jika bahan-bahan sudah terkumpul, ikuti cara mudahnya berikut ini: :

  • Tempatkan pola bintang pada kertas emas, lalu gunakan gunting untuk memotong sepanjang garis pola.
  • Setelah bintang terpotong dengan rapi, tempelkan bintang tersebut di dinding menggunakan lem atau selotip.

7. Bunga Merah dan Putih

hiasan dinding 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Menempelkan dekorasi bunga plastik berwarna merah dan putih adalah ide yang menarik! Kamu bisa membeli bunga-bunga sintetis atau bunga buatan yang kelopaknya berwarna merah, dan putih. 

Agar lebih berkreasi, kamu bisa menyusun bunga-bunga tersebut dengan berbagai pola yang menarik di dinding. Misalnya, dengan membentuk angka 78, sebagai tanda peringatan HUT RI ke-78 tahun. 

Atau juga bisa dengan cukup menempelkan bunga-bunga tersebut secara berjajar dan bergantian antara bunga berwarna merah dan putih. 

Selain ide hiasan di atas, kamu juga bisa merayakan 17 Agustus dengan membuat hiasan kepala agar lebih semarak. Kamu bisa simak berbagai ide hiasan kepala untuk 17 Agustus dan cara membuatnya disini: 9 Hiasan Kepala 17 Agustus yang Bagus dan Meriah.

8. Hiasan Dinding dari Origami untuk Hiasan Kelas 17 Agustus

hiasan dinding 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Ide dekorasi kelas 17 Agustus lainnya yaitu dengan membuat hiasan dari origami. Setiap murid di kelas bisa membagi tugas untuk membuat origami menjadi berbagai bentuk yang berbeda-beda, mulai dari bunga, burung, dan lainnya dengan kertas berwarna merah dan putih. 

Berikut ini adalah bahan dan langkah pembuatannya yang sangat simpel:

Bahan:

  • Kertas origami merah dan putih.
  • Tali atau pita perekat untuk menggantung (opsional).

Langkah-langkah:

  • Pilih desain origami yang kamu sukai, misalnya burung atau bunga.
  • Lipat kertas origami sesuai instruksi desain. Kamu mungkin perlu mencari tutorial online atau buku origami untuk instruksi detail.
  • Buatlah sejumlah origami menggunakan kertas merah dan putih.
  • Kamu bisa menggantung origami di dinding kelas atau menempelkannya langsung.

Dekorasi Kelas 17 Agustus yang Kreatif dan Anti Mainstream

9. Hiasan Dinding 17 Agustus dengan Kaligrafi

Ide hiasan dinding 17 Agustus lainnya yaitu dengan membuat kaligrafi. Kamu bisa membuat tulisan kaligrafi dengan kata-kata patriotis, seperti “Merdeka” atau “Bhinneka Tunggal Ika”.

Mendekorasi kelas dengan kaligrafi akan memberikan kesan elegan dan menarik untuk perayaan kemerdekaan, karena memiliki nilai-nilai nasionalisme yang kuat pada hiasan tersebut. 

Berikut ini adalah bahan-bahan dan langkah pembuatannya yang mudah: 

Bahan:

  • Kertas seni atau karton yang cukup besar.
  • Spidol kaligrafi, pena, atau kuas dan tinta.
  • Penggaris (jika diperlukan).

Langkah-langkah:

  • Pilih kata-kata patriotis seperti “Merdeka” atau “Bhinneka Tunggal Ika”.
  • Tulis kata-kata tersebut pada kertas dengan menggunakan spidol kaligrafi, pena, atau kuas dan tinta.
  • Pastikan untuk mempraktikkan gerakan tangan kamu dan format huruf sebelum menulis di kertas seni. Kamu bisa melihat tutorial menulis kaligrafi di berbagai platform media sosial. 
  • Setelah selesai, biarkan tinta kering dan kemudian kertas tersebut bisa ditempel di dinding kelas. 

10. Hiasan Kelas 17 Agustus dengan Pohon Harapan

Jika kamu adalah seorang guru yang sedang mencari ide hiasan dinding yang sekaligus meningkatkan jiwa interaktif murid di kelas, maka kamu bisa mempertimbangkan membuat hiasan dinding 17 Agustus berupa pohon harapan. 

Pohon harapan bisa dibuat dengan kertas yang dipola seperti pohon, lalu ditempelkan di dinding kelas. Nantinya, para murid akan menuliskan harapan-harapan mereka untuk Indonesia melalui sebuah kertas kecil, dan menempelkannya di rating-rating pohonnya. 

Berikut ini bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

  • Kertas warna coklat dan hijau 
  • Gunting
  • Lem perekat di dinding 
  • Kertas dan pulpen

Langkah-langkah:

  • Gambarlah pola menyerupai tangkai atau dahan pohon, dan daun-daunnya pada kertas warna dengan ukuran yang menyesuaikan keinginan. 
  • Gunting pola tersebut dan tempelkan di dinding kelas. 
  • Setiap murid kemudian menulis harapan mereka di kertas persegi empat. 
  • Tempelkan kertas-kertas tersebut secara menyebar di tangkai pohon. 

11. Hiasan Dinding 17 Agustus dengan Lampion 

Membuat lampion-lampion sederhana akan menambah suasana meriah di kelas. Bahan yang dibutuhkan sangat terjangkau, dengan cara pembuatan yang tidak sulit. 

Kamu hanya memerlukan kertas berwarna merah dan putih, lem atau setup, gunting, serta tali atau benang untuk menggantungkannya di dinding. 

Berikut ini cara pembuatannya: 

  • Lipat kertas merah dan putih secara bergantian menjadi bentuk silinder dan rekatkan ujung-ujungnya.
  • Potong kertas dengan pola tertentu (misalnya garis-garis vertikal) tapi jangan sampai terputus.
  • Buka lipatan kertas sehingga membentuk bentuk lampion.
  • Ikat bagian atas lampion dengan tali atau benang, lalu gantung di dinding.

12. Hiasan Dinding 17 Agustus dengan Lukisan 

Jika di kelas kamu mempunyai teman yang mahir dan gemar menggambar, kamu bisa membentuk tim dekorasi untuk membuat lukisan bertema kemerdekaan untuk digantung di dinding kelas. Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatannya: 

Bahan:

  • Kanvas atau kertas lukis
  • Cat akrilik atau cat minyak dalam warna yang diinginkan
  • Kuas lukis
  • Palet atau piringan plastik
  • Gantungan lukisan atau pita perekat

Langkah-langkah:

  • Tentukan tema lukisan kemerdekaan bersama teman-teman di kelas, bisa berupa momen perjuangan, simbol negara, atau pemandangan alam Indonesia.
  • Lukis gambar dengan menggunakan cat dan kuas di atas kanvas atau kertas lukis.
  • Biarkan lukisan mengering.
  • Gantung lukisan di dinding menggunakan gantungan lukisan atau pita perekat.

13. Dekorasi Kelas 17 Agustus yang Unik dan Mudah dengan Cap Tangan 

Ide hiasan dinding 17 Agustus yang tidak kalah kreatif lainnya adalah dengan cap tangan merah putih. Selain akan memperindah dekorasi kelas, hiasan ini juga akan melatih siswa agar lebih kreatif. Berikut ini adalah bahan dan cara pembuatannya yang sangat mudah: 

Bahan:

  • Cat non-toksik berwarna merah dan putih.
  • Kertas besar atau karton.
  • Piringan atau wadah datar.
  • Selotip atau pita perekat.

Langkah-langkah:

  • Tuangkan cat merah dan putih ke dalam piringan.
  • Celupkan tangan ke dalam cat, lalu cetak di atas kertas.
  • Ulangi dengan warna cat berbeda dan/atau tangan lain.
  • Biarkan cat kering.
  • Tempelkan hasilnya di dinding dengan selotip atau pita perekat.

Hiasan Dinding Kelas 17 Agustus yang Bagus dan Meriah

14. Dekorasi dari Foto-foto

Sebagai pelengkap dan menunjukkan solidaritas kelas, kamu bisa menempelkan foto-foto saat kegiatan dekorasi menghias kelas 17 Agustus. Kamu bisa mencetaknya dengan kertas HVS biasa ataupun kertas foto. 

Tempelkan foto-foto tersebut di dinding, atau untuk memberikan kesan yang lebih kreatif, kamu juga bisa menambahkan mading sederhana khusus untuk menempelkan foto-foto tersebut. 

15. Hiasan Balon Merah Putih 

hiasan dinding 17 agustus
Sumber: canva.com

Balon merah dan putih bisa menjadi pelengkap dekorasi kelas yang akan memperkuat nuansa dekorasi 17 agustus yang unik. 

Kamu bisa membeli balon berwarna merah dan putih, dengan jumlah yang menyesuaikan dengan kebutuhan kelas. Tapi usahakan jumlah dari dua warna tersebut sama. Misalnya, jika balon warna merah ada 5, maka balon berwarna putih juga 5 buah. 

Kamu bisa tempelkan balon tersebut secara selang-seling antara merah dan putih di tepi dinding kelas dengan menggunakan tangkai. 

16. Lampu LED Hias Merah dan Putih

Memberikan lampu LED berwarna merah dan putih bisa menjadi pelengkap dekorasi dinding kelas. Namun, kamu bisa menyesuaikan ide dekorasi ini dengan anggaran keuangan untuk menghias dinding kelas 17 Agustus. 

Jika memungkinkan, kamu bisa menempelkannya di tepi-tepi dinding kelas, atau di sekitar hiasan-hiasan dinding lainnya agar terlihat lebih mencolok. 

Atau selain lampu LED, kamu bisa menggunakan lampu hias Agustusan lainnya yang lebih murah dan praktis. 

17. Hias Kelas 17 Agustus dengan Balon Huruf 

hiasan dinding 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Selain balon merah putih, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan hiasan balon huruf. Harga balon huruf cukup terjangkau mulai dari Rp1.000 per hurufnya. 

Kamu bisa berunding terlebih dahulu dengan teman-teman di kelas, ingin membuat tulisan apa dari balon tersebut. Misalnya, tulisan “HUT RI 78”, atau “Dirgahayu RI”, dan berbagai kalimat kemerdekaan lainnya. 

Balon huruf bisa ditempel di dinding kelas dan akan memberikan kesan meriah dengan nuansa kemerdekaan Indonesia. 

18. Hiasan dari Barang Bekas 

Nah, dari berbagai ide di atas, jika kamu mempraktekannya untuk dekorasi 17 Agustus di kelas, pasti akan ada berbagai sampah atau barang-barang sisa dari dekorasi. 

Kamu bisa memanfaatkan barang atau bahan sisa tersebut untuk membuat hiasan lainnya. Misalnya, hiasan dari botol-botol plastik yang kemudian di cat menjadi warna merah dan putih. Sehingga, akan menghasilkan bendera merah putih plastik kecil. 

Berikut ini adalah bahan dan cara menghias kelas dengan barang bekas: 

Bahan-bahan:

  • Barang bekas seperti koran, botol plastik, atau kardus.
  • Cat berwarna merah dan putih.
  • Lem atau selotip.
  • Gunting.

Langkah-langkah:

  • Pilih barang bekas yang akan diubah menjadi hiasan. Misalnya, potong koran menjadi bentuk bendera atau potong botol plastik menjadi bunga.
  • Cat barang bekas dengan warna merah dan putih.
  • Biarkan cat kering.
  • Tempelkan hiasan di dinding kelas dengan menggunakan lem atau selotip.

Dengan ide ini, kamu tidak hanya membuat dekorasi menarik untuk kelas, tetapi juga mengajarkan pentingnya mendaur ulang dan kreativitas.

Temukan Bahan-Bahan Hiasan Dinding 17 Agustus yang Murah dan Lengkap Disini!

Selain dimeriahkan dengan kompetisi menghias kelas, pada 17 Agustus nanti, kamu bersama teman-teman di kelas juga bisa melaksanakan lomba cerdas cermat atau kuis asah otak dengan tema kemerdekaan. Kamu bisa temukan berbagai contoh soalnya disini ya!

Demikianlah ulasan mengenai ide hiasan dinding 17 Agustus untuk kelas. Semoga ide-ide di atas bermanfaat untuk kamu dan teman-teman dalam menghias kelas!

Selain dekorasi untuk kelas, ide-ide di atas juga bisa kamu gunakan untuk menghias dinding rumah, lho! Kamu bisa bergotong royong bersama keluarga dalam menghias dinding rumah untuk menyambut perayaan 17 Agustus 2023 ini. 

Selain cara pembuatan yang mudah dan praktis, bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat hiasan di atas tidaklah mahal. Kamu bisa menemukan bahan-bahan tersebut di toko alat tulis, atau jika kamu ingin lebih praktis kamu bisa membeli bahan tersebut di Evermos. 

Di aplikasi Evermos, kamu bisa membeli berbagai alat tulis dan kebutuhan dekorasi yang lengkap dan murah. Bahkan tidak hanya sebagai pembeli, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal melalui platform ini, sebagai reseller Evermos

Jika kamu tertarik, klik tombol di bawah untuk terhubung langsung dengan aplikasi Evermos!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)