13 Hiasan 17 Agustus Depan Rumah yang Unik dengan Tema Kemerdekaan Indonesia

Menghias rumah untuk menyambut peringatan hari kemerdekaan adalah tradisi yang tidak pernah hilang dari masyarakat Indonesia. Nah, karena sebentar lagi kita memasuki bulan Agustus, yuk saatnya membuat hiasan 17 Agustus depan rumah!

17 Agustus adalah tanggal yang selalu masyarakat Indonesia nantikan setiap tahunnya. Karena pada tanggal ini, kita diingatkan kembali dengan peristiwa bersejarah mengenai perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Sehingga, berbagai kegiatan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk memperingati kemerdekaan, mulai dari upacara 17 Agustus, lomba-lomba Agustusan, hingga kegiatan mendekorasi rumah. 

Kegiatan dekorasi rumah ini dilakukan atas kesadaran pribadi masyarakat, lho! Jadi, jangan diragukan lagi soal semangat nasionalisme warga Indonesia terhadap negaranya. 

Nah, tahun 2023 ini, saatnya kamu membuat hiasan 17 Agustus di depan rumah yang unik, menarik, dan mencerminkan HUT RI ke-78. Bingung dengan ide-idenya? Simak ulasan lengkap mengenai rekomendasi hiasan 17 Agustus depan rumah di artikel ini!

Baca juga: Hiasan Kantor 17 Agustus yang Unik, Simple, dan Kreatif

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah yang Mencerminkan HUT RI Ke-78

1. Hiasan 17 Agustus Depan Rumah dengan Bendera Merah Putih

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: canva.com

Bendera merah putih adalah salah satu ornamen yang tidak boleh absen berdiri di depan rumah pada bulan Agustus tepatnya di tanggal 17. 

Biasanya menjelang tanggal 17 Agustus, warga di berbagai daerah di Indonesia sudah mulai mengibarkan bendera merah putih di depan rumah mereka. 

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama! Bendera merah putih bisa kamu beli secara online maupun offline, dengan ukuran bendera yang menyesuaikan keinginanmu. Kemudian, kibarkan bendera tersebut menggunakan tongkat atau tiang di depan rumah. 

Baca juga: 4 Contoh Undangan Rapat 17 Agustus untuk Panitia HUT RI.

2. Dekorasi Balon Merah Putih 

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: canva.com

Dekorasi balon merah putih di teras rumah adalah salah satu hiasan yang meriah dan mencerminkan kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu coba. 

Balon merah putih merepresentasikan warna bendera Indonesia yang ikonik, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana perayaan dan semangat nasionalisme di depan rumah kamu. 

Kamu bisa menempelkan balon-balon tersebut di dinding di teras rumah, atau menggunakan balon helium yang bisa mengambang ke langit-langit teras rumah. Hiasan ini akan memberikan tampilan yang indah dan menarik untuk rumah kamu.

Selain hiasan yang digantung dan dipajang di depan rumah, kamu juga bisa mendekorasi teras dan seisi rumah dengan hiasan dinding 17 Agustus yang sangat unik dan beragam.

3. Hiasan 17 Agustus Depan Rumah dengan Spanduk

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: freepik.com

Jika ingin yang praktis namun tetap terlihat mewah dan meriah, kamu bisa mencetak spanduk 17 Agustus bertuliskan “Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus” atau berbagai ucapan selamat lainnya. 

Spanduk tersebut bisa kamu tempel di pagar atau tembok di depan rumahmu. Ukuran dari spanduk juga bisa kamu sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. 

Selain ide hiasan di atas, kamu juga bisa merayakan 17 Agustus dengan membuat hiasan kepala agar lebih semarak. Kamu bisa simak berbagai ide hiasan kepala untuk 17 Agustus dan cara membuatnya disini: 9 Hiasan Kepala 17 Agustus yang Bagus dan Meriah.

4. Lampu Hias Merah Putih 

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: canva.com

Selanjutnya, kamu juga bisa menghias depan rumah dengan lampu hias berwarna merah putih. Salah satu hiasan 17 Agustus depan rumah ini bisa kamu buat sendiri ataupun membeli yang sudah jadi. 

Jika ingin membuatnya sendiri, kamu bisa menggunakan kertas berwarna merah dan putih untuk membuat lampion sederhana yang cantik. Lampion-lampion dari kertas ini kemudian kamu gantungkan di teras atau halaman depan rumah. 

Nah, di dalam lampion ini kamu bisa memasukkan lampu LED berbagai bentuk, seperti bentuk lilin, bentuk bulat, dan lainnya. Kamu bisa membeli lampu LED berukuran kecil dengan warna merah dan putih. 

5. Lampu Tumblr Merah Putih 

Selain lampu hias, kamu juga bisa membeli lampu tumblr dengan warna merah dan putih, lalu menggantungkannya di halaman rumah. Kamu bisa menyalakannya di malam hari agar terlihat lebih indah. 

Agar memperindah lampu tumblr tersebut, kamu bisa tambahkan dengan aksesoris lainnya seperti aksesoris gantungan seperti bola, bintang, ataupun bulan. 

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah yang Unik dari Barang Bekas dan Mudah Dibuat

Selain berbagai inspirasi di atas, kamu juga bisa menghias rumah 17 Agustusan dengan praktis menggunakan barang bekas. Hiasan ini juga akan memberikan kesan ramah lingkungan untuk rumahmu. Berikut adalah berbagai rekomendasi dekorasi rumah 17 Agustus yang unik. 

6. Lampu Gantung dari Botol Kaca Bekas

Jika punya botol kaca bekas minuman sirup, botol skincare, ataupun botol-botol lainnya, kamu bisa merubahnya menjadi hiasan 17 Agustus di depan rumah. 

Gunakan botol kaca bekas tersebut untuk dihias lalu cat bagian bawahnya dengan warna merah dan putih. Pasang lilin LED atau lampu tumblr mini di dalam botol kaca tersebut agar memberikan efek lampu gantung yang indah. 

Kamu bisa menggantungnya di teras rumah, di pagar, ataupun meletakkannya di samping pot bunga jika rumahmu memiliki taman di depannya. 

7. Pot Bunga dari Kaleng Bekas

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: pinterest.com

Kaleng bekas memang sangat cocok untuk dijadikan bahan daur ulang hiasan 17 Agustusan. Kamu bisa kumpulkan kaleng-kaleng bekas di rumah, lalu cat kaleng tersebut dengan warna merah putih. 

Kaleng tersebut bisa kamu cat dengan menggabung warna merah dan putih, seperti di bagian atas kaleng berwarna merah dan bawahnya berwarna putih, atau selang seling satu kaleng berwarna merah, dan 1 kaleng lainnya berwarna putih. 

Kamu bisa sesuaikan sesuai kreativitas yang kamu inginkan, dan jika sudah selesai di cat, kamu bisa menanam bunga-bunga di pot bekas tersebut dan memajangnya di halaman depan rumah. 

8. Guirlande dari Botol Plastik

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: pinterest.com

Punya banyak botol plastik di rumah? Jangan dibuang! Kamu bisa gunakan untuk hiasan 17 Agustus depan rumah. Guirlande atau sederhananya adalah hiasan gantung kamu bisa buat dan pajang di teras rumah. 

Caranya adalah potong bagian atas botol plastik bekas menjadi bentuk bendera atau segitiga. Kemudian, cat atau hias bagian bawahnya dengan warna merah dan putih. 

Lalu sambungkan beberapa bendera plastik ini dengan tali atau benang untuk membuat guirlande dan gantungkan di teras atau halaman depan rumah.

9. Patung atau Miniatur Sederhana dari Kardus Bekas

Jika kamu memiliki jiwa seni yang tinggi, kamu bisa mencoba membuat patung sederhana agar terlihat out of the box dan berbeda dengan rumah-rumah lainnya. 

Caranya adalah kamu bisa gunakan kardus bekas untuk membuat patung sederhana yang mencerminkan simbol-simbol nasional, seperti patung Garuda Pancasila atau siluet pahlawan nasional. 

Kemudian, potong dan bentuk kardus sesuai desain patung yang diinginkan, lalu cat atau hias untuk menambahkan detail. Terakhir, pajang hasil karyamu di depan rumah agar terlihat mewah. 

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah yang Meriah dan Estetik 

Selain dari barang bekas, kamu juga bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah untuk ornamen dekorasi hiasan 17 Agustus di depan rumahmu. Berikut ini adalah inspirasi dekorasi 17 Agustus yang meriah dan estetik.

10. Hiasan Kertas Merah Putih

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: canva.com

Menghias bagian depan rumah dengan kertas merah putih akan membuat rumahmu terlihat meriah dan sudah sangat siap menyambut 17 Agustus. Selain pengerjaannya yang sangat mudah, bahan-bahan yang kamu perlukan juga bisa kamu dapatkan di toko alat tulis terdekat.

Kamu bisa membuat variasi pola pada kertas berwarna merah dan putih, lalu menempelkan ataupun menggantungkannya dengan tali di halaman rumah.

11. Kain Batik Merah Putih

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: canva.com

Batik adalah salah satu karya seni Indonesia yang memiliki nilai dan makna mendalam. Kamu bisa merias halaman rumahmu dengan kain-kain batik agar lebih menciptakan nuansa nusantara dan cinta tanah air.

Akan lebih menarik lagi jika motif dan warna batik yang kamu miliki menyesuaikan dengan warna bendera Indonesia, yaitu merah dan putih. Namun, jika tidak ada, kamu bisa menggunakan motif dan warna batik apapun.

Kamu bisa tempelkan kain batik tersebut sebagai hiasan dinding di depan rumah, atau sebagai taplak meja di teras rumahmu.

12. Lukisan atau Gambar Nasional

Hiasan 17 Agustus Depan Rumah
Sumber: pinterest.com

Apabila kamu suka mengoleksi gambar-gambar ataupun lukisan bertema Indonesia, kamu bisa memajangnya di depan rumah selama nuansa 17 Agustus nanti.

Gantungkan lukisan atau gambar-gambar nasional seperti lambang Garuda Pancasila, pahlawan nasional, atau tempat bersejarah Indonesia di dinding atau pintu masuk rumah.

Selain menambah estetika rumahmu dalam merayakan 17 Agustus, kamu juga bisa mengenalkan kepada tetangga ataupun anak-anak di lingkungan kamu mengenai karya-karya nusantara.

13. Tanaman atau Bunga Merah Putih

Kamu suka bercocok tanam? Jika iya, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menanam bunga-bunga berwarna merah dan putih di taman depan rumah. Misalnya, seperti bunga mawar dengan merah dan putih.

Selain tanaman hidup, kamu bisa memajang tanaman buat atau sintetis di halaman depan rumah. Ini pastinya akan menambah esktetika dan nuansa hari kemerdekaan di rumahmu.

Demikianlah ulasan mengenai ide hiasan 17 Agustus depan rumah yang bisa kamu coba praktekan di HUT RI ke-78 ini. Kamu bisa bergotong royong dengan keluarga untuk mendekorasi rumahmu menjelang 17 Agustus nanti.

Selain itu, dekorasi atau menghias rumah ini bisa kamu jadikan kompetisi bersama tetangga di lingkungan rumah. Tujuannya agar menumbuhkan kembali nilai-nilai cinta tanah air dan solidaritas antar bangsa.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu, dan baca informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos.

Selain itu, kamu bisa mengunjungi Evermos untuk mengetahui peluang mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu modal dengan usaha reseller, atau kamu bisa klik tombol di bawah ini untuk registrasi secara gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)