9 Hiasan Kepala 17 Agustus yang Bagus dan Meriah, Simak Cara Pembuatannya!

Memasuki bulan Agustus, tandanya masyarakat Indonesia sudah bersiap untuk merayakan HUT RI ke-78. Salah satu perayaan menjadi tradisi adalah perlombaan Agustusan. Agar kegiatan ini lebih meriah, peserta lomba ataupun masyarakat lainnya bisa menggunakan hiasan kepala 17 Agustus. 

Hiasan kepala untuk 17 Agustus menjadi salah satu ide kreatif yang bisa memeriahkan dan meramaikan suasana perlombaan Agustusan, hingga berbagai kegiatan lainnya. 

Pembuatan hiasan kepala ini tidaklah sulit. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja ide hiasan kepala 17 Agustus yang bagus dan menarik, hingga cara pembuatannya, simak artikel ini dengan seksama ya! Karena artikel ini akan berbagi berbagai ide dan panduan membuat hiasan kepala yang memukau dan unik. 

Baca juga: 18 Ide Hiasan Dinding 17 Agustus Dekorasi Kelas yang Menarik dan Murah Meriah 

Ide Hiasan Kepala 17 Agustus Tema Merah Putih 

1. Pita Merah Putih untuk Kepala 

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: canva.com

Pita merah putih bisa kamu jadikan hiasan untuk kepala saat perayaan 17 Agustus. Aksesoris ini terbuat dari pita berwarna merah dan putih, yang kemudian diikatkan secara rapi di kepala. Warna merah dan putih akan mencerminkan bendera Indonesia. 

Berikut ini adalah bahan yang kamu butuhkan untuk membuat pita merah putih: 

  • Pita merah dan putih lebar dengan panjang cukup untuk mengelilingi kepala.
  • Karet gelang (opsional).
  • Gunting.
  • Lem (opsional).

Pembuatannya sangat mudah, simak langkah-langkahnya berikut ini: 

  • Potong kedua pita (merah dan putih) dengan panjang yang sama, biasanya sekitar 80-100 cm, tergantung pada ukuran kepala pengguna.
  • Ambil kedua pita dan letakkan mereka berdampingan, satu di atas yang lain. Pastikan ujung-ujung pita sejajar.
  • Mulailah mengikat pita dengan simpul ringkas pada salah satu ujung. Pastikan simpulnya cukup kuat agar pita tidak mudah terlepas.
  • Setelah simpul pertama terbentuk, tumpuk kedua pita, sehingga ujung pita satu berada di atas ujung pita lainnya.
  • Lanjutkan mengikat kedua pita secara bergantian dan rapat sampai pita mencapai ukuran yang pas untuk mengelilingi kepala.
  • Setelah pita terikat, kamu dapat mengukur kembali dan memastikan pita tidak terlalu ketat atau terlalu longgar pada kepala.
  • Jika diinginkan, kamu bisa menambahkan karet gelang pada ujung simpul pita agar lebih aman dan tidak mudah terlepas.
  • Pita merah putih siap digunakan. Kamu bisa mengenakan hiasan kepala ini pada berbagai acara perayaan atau upacara 17 Agustus.

Selain membuat hiasan kepala, kamu juga bisa menghias rumah untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Jika ingin tahu ide hiasan 17 Agustus depan rumah, kamu bisa baca disini: 13 Hiasan 17 Agustus Depan Rumah yang Unik dengan Tema Kemerdekaan.

2. Hiasan Kepala 17 Agustus dengan Topi Merah Putih 

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Ide hiasan selanjutnya adalah topi merah putih. Salah satu hiasan ini menjadi opsi jika kamu ingin hiasan yang mudah didapatkan, tidak repot untuk membuatnya, dan harga yang cenderung terjangkau. 

Kamu bisa membeli topi merah putih di toko khusus topi, atau bisa membelinya di e-commerce andalan. Selain berwarna merah putih, kamu juga bisa memilih warna merah ataupun putih saja. 

Baca juga: 18 Hiasan Kampung 17 Agustus yang Unik, Bagus, dan Menarik.

3. Bandana Ikat Kepala Merah Putih 

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: canva.com

Selanjutnya, hiasan kepala untuk 17 Agustus dengan bandana merah putih. Bandana ini bisa dibuat dari scarf pramuka yang berwarna merah putih. Kamu dapat membelinya di toko seragam sekolah baik online maupun offline

Atau jika ingin membuat sendiri, kamu bisa mengikuti langkah mudahnya berikut ini. Pertama-tama, bahan yang kamu butuhkan hanya kain berwarna merah dan putih dengan panjang yang cukup untuk diikat di kepala, serta sebuah gunting.

Langkah Pembuatan Bandana Merah Putih: 

  • Potong kain menjadi bentuk segitiga dengan sisi-sisinya yang panjang, lalu lipat kain segitiga menjadi setengah bagian sehingga membentuk segitiga setengah.
  • Tempatkan bagian tengah kain di atas kepalamu, dan pastikan kedua sisi kain (merah dan putih) terlihat.
  • Ambil kedua ujung kain di belakang kepalamu dan tarik ke depan sehingga kain bertemu di bagian depan kepala.
  • Ikatkan kedua ujung kain dengan simpul rapat di bagian depan kepala. Pastikan bandana cukup ketat dan tidak mudah terlepas.
  • Atur kain dengan rapi sehingga motif bendera Indonesia yang terlihat jelas.

Bandana Ikat Kepala Merah Putih siap untuk kamu gunakan!

Hiasan Kepala untuk 17 Agustus yang Mudah Dibuat

4. Bando dengan Pita Merah Putih

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Ide hiasan kepala untuk 17 Agustus selanjutnya yang tidak kalah lucu dan menarik adalah mengenakan bando dengan pita merah putih. Hiasan ini juga cocok untuk anak-anak sekolah yang turut merayakan perlombaan 17 Agustus. 

Untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau di e-commerce. Jika ingin membuatnya, kamu bisa membeli bando plastik yang polos, lalu membuat pita dari kain berwarna merah dan putih. 

Jika pita telah terbentuk, kamu bisa menempelkannya di bando tersebut. Posisi dan ukuran dari pita bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Selamat mencoba!

Hiasan  ini juga bisa kamu kenakan untuk acara lomba Agustusan di kantor lho! Selain lomba, kamu juga bisa menghias kantor dengan tema 17 Agustus agar lebih meriah. Simak ide hiasan kantor 17 Agustus disini: 12 Hiasan Kantor 17 Agustus yang Unik, Simple, dan Kreatif 

5. Headband Pita Merah Putih 

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: canva.com

Ide hiasan kepala selanjutnya yaitu headband dari tali merah putih dengan hiasan pita. Untuk pembuatannya kurang lebih sama dengan cara membuat pita merah putih di atas. Namun pembedanya ada pada pita yang akan membuat headband semakin mewah dan ramai.

Kamu bisa membuat pita tersebut dengan bahan yang sama, yaitu yali merah dan putih. Lalu menempelkannya dengan lem.


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

6. Hiasan Mahkota Balon 

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Hiasan kepala dari balon saat ini memang cukup populer dikenakan di berbagai acara. Nah, hiasan ini bisa menjadi pilihanmu ketika perayaan 17 Agustus nanti. 

Kamu bisa membeli balon khusus yang bisa dibentuk sesuai keinginan di toko online maupun offline. Atau jika ingin lebih mudah, kamu bisa membeli hiasan mahkota balon yang langsung jadi. 

Warna balon nya juga bisa kamu sesuaikan. Namun, karena tema kemerdekaan adalah merah dan putih, kamu bisa memilih warna tersebut. 

Hiasan Kepala 17 Agustus yang Unik dan Meriah 

7. Mahkota dari Kain Flanel 

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Kamu juga bisa mengenakan hiasan kepala yang terbuat dari kain flanel dengan bentuk dan desain mirip dengan mahkota kerajaan. 

Mahkota ini bisa dibuat dengan dengan warna merah dan putih, sehingga menggambarkan semangat dan kebanggaan dalam merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Berikut ini bahan yang kamu butuhkan:

  • Kain flanel berwarna merah dan putih.
  • Gunting.
  • Jarum dan benang atau lem.
  • Perekat (opsional).
  • Alat dekorasi seperti stiker bendera, manik-manik, atau payet (opsional).
  • Pita atau tali elastis untuk diikatkan pada kepala.

Simak cara mudah membuatnya berikut ini: 

  • Potong kain flanel berwarna merah dan putih menjadi beberapa bentuk segitiga dengan ukuran yang berbeda-beda. Potong lebih banyak segitiga merah daripada putih.
  • Satukan ujung-ujung segitiga merah dan jahit atau rekatkan dengan lem untuk membentuk lingkaran sebagai bagian dalam mahkota.
  • Tempatkan segitiga putih di antara segitiga merah dan jahit atau rekatkan dengan lem.
  • Lanjutkan menambahkan lebih banyak segitiga merah dan putih secara bergantian, membentuk lapisan yang menyerupai mahkota.
  • Pastikan seluruh lapisan segitiga terjaga dengan rapi dan kukuh.
  • Kamu bisa menghiasi mahkota dengan alat dekorasi seperti stiker bendera, manik-manik, atau payet untuk menambahkan sentuhan kreatif.

8. Topi Kerucut Merah Putih 

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Topi kerucut identik dengan perayaan seperti misalnya pesta ulang tahun. Namun, selain pesta ulang tahun, kamu juga bisa mengenakan topi kerucut berwarna merah dan putih pada perayaan 17 Agustus. 

Berikut ini bahan yang kamu butuhkan untuk membuat topi kerucut merah putih untuk hiasan kepala 17 Agustus:

  • Kertas karton berwarna merah dan putih.
  • Gunting.
  • Lem atau perekat.
  • Tali elastis atau pita (opsional).
  • Alat dekorasi seperti stiker bendera, glitter, atau pernak-pernik lainnya (opsional).

Cara pembuatan topi kerucut merah putih: 

  • Potong kertas karton berwarna merah dan putih menjadi bentuk segitiga dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kepala Anda. Potong kedua warna sebanyak dua lembar.
  • Lipat kedua lembar karton berwarna merah menjadi bentuk kerucut. Lem bagian tepinya dengan hati-hati untuk membentuk bentuk kerucut yang rapi.
  • Lem tepi kedua lembar karton berwarna putih yang telah dipotong menjadi bentuk segitiga pada bagian luar kerucut merah. Pastikan kerucut putih ini sesuai dengan ukuran kerucut merah.
  • Biarkan lem kering atau beri tanda untuk menyatukan kerucut merah dan putih secara permanen.
  • Jika diinginkan, kamu dapat menggunakan alat dekorasi seperti stiker bendera, glitter, atau pernak-pernik lainnya untuk mempercantik topi kerucut.
  • Potong tali elastis atau pita dengan panjang yang cukup untuk diikatkan pada kedua ujung topi kerucut.

Jika sudah selesai, pasang tali elastis atau pita pada kedua ujung topi kerucut, pastikan posisinya nyaman di kepalamu.

9. Jepit Rambut Merah Putih

hiasan kepala 17 agustus
Sumber: pinterest.com

Ide hiasan kepala 17 Agustus yang terakhir yaitu dengan jepit rambut berwarna merah putih. Aksesoris ini cocok untuk anak-anak TK ataupun SD yang ikut merayakan 17 Agustus dengan lomba-lomba yang meriah. 

Jepit rambut merah putih bisa kamu dapatkan di berbagai toko aksesoris dengan harga yang murah. Kamu juga bisa membuatnya sendiri, dengan membeli jepit rambut polos, lalu menempelkan pita merah putih di jepit tersebut dengan lem perekat. 

Selain ide hiasan kepala di atas, kamu juga bisa menonton tayangan berikut ini untuk tahu hiasan kepala yang tidak kalah menarik untuk 17 Agustus.

Demikanlah ulasan mengenai hiasan kepala untuk 17 Agustus yang kamu kamu praktekkan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa sebarkan ke orang terdekatmu!

Apabila ingin membaca informasi menarik lainnya, kamu bisa mengunjungi blog Evermos. Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan kesempatan untuk berpenghasilan tambahan tanpa modal, dan tidak perlu keluar rumah, kamu bisa cek di Evermos.

Pada platform tersebut, kamu bisa memulai usaha tanpa modal sebagai reseller. Selain itu, apabila kamu adalah seorang pebisnis pemula, kamu juga bisa mendapatkan bimbingan yang sangat bermanfaat untuk keberjalanan usahamu.

Tertarik? Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis!

YUK, GABUNG DISINI!