Kata Kata Bijak 17 Agustus oleh Para Pahlawan Kemerdekaan Indonesia!

Kata kata bijak 17 Agustus – Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 pada 17 Agustus 2022. Sebagai bentuk sambutan dan mengenang para pahlawan yang berjuang melawan penjajah, berikut ini adalah kata kata bijak 17 Agustus yang digelorakan oleh para pahlawan bangsa.

Banyak sekali pahlawan yang mati-matian berjuang memerdekakan bangsa Indonesia, dan tentu saja tidak bisa disebutkan seluruhnya.

Oleh karena itu, kita harus mengenang dan menanamkan semangat perjuangan mereka di dalam diri kita.

Karena sudah sepatutnya kita meneruskan perjuangan mereka. Sebagai salah satu bara api yang akan membakar semangat juang kita, inilah beberapa kata kata bijak 17 Agustus yang dicetuskan oleh para pahlawan Indonesia yang perlu kembali diingat.

Kata Kata Bijak 17 Agustus oleh Ir. Soekarno

kata kata bijak 17 agustus
Sumber: google.com/bersosial

Salah satu orang yang paling penting dalam perjuangan Indonesia melawan penjajah adalah Ir. Soekarno.

Kemudian beliau adalah presiden pertama RI sekaligus dijuluki sebagai Bapak Proklamator. Inilah beberapa kata-kata yang digelorakan oleh Bung Karno.

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

“Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”

“Tuhan tidak mengubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu mengubah nasibnya sendiri.”

“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.”

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Kata kata 17 Agustus yang dicetuskan oleh Bung Karno tersebut menjadi sesuatu yang harus direnungi oleh kita semua pada perayaan kemerdekaan ini.

karena banyak pesan yang disampaikan beliau, salah satunya adalah kita harus berjuang melawan bangsa sendiri dan itu lebih berat daripada melawan penjajah.

Dan itu sudah terjadi, sudah nampak sejak beberapa tahun lalu, bahwa rakyat Indonesia harus berjuang melawan rezim bangsa ini.

Kata Kata Bijak 17 Agustus yang Dicetuskan oleh Moh. Hatta

kata kata bijak 17 agustus
Sumber: google.com/bersosial

Selain Ir. Soekarno, salah satu pahlawan lain yang berperan penting dan menjadi Bapak Proklamator adalah Moh. Hatta.

Beliau juga merupakan wakil presiden pertama RI mendampingi Ir. Soekarno dalam memimpin bangsa Indonesia.

Inilah kata-kata penyemangat semarak 17 Agustus yang dicetuskan oleh beliau.

“Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.”

“Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat.”

Kalimat yang diucapkan oleh Bung Hatta di atas adalah pelajaran bagi kita bahwa jika ingin membela bangsa harus diniatkan untuk membela, bukan ingin dikenal.

Tak hanya itu beliau juga mengingatkan kepada seluruh pemimpin bangsa bahwa kemerdekaan yang sesungguhnya adalah ketika rakyatnya makmur dan bahagia.

Kata Kata Bijak 17 Agustus yang Digelorakan oleh Jenderal Soedirman dan R.A Kartini

kata kata bijak 17 agustus
Sumber: google.com/bersosial

Pahlawan lainnya yang perlu diingat ucapannya yaitu Jenderal Soedirman dan R.A Kartini. Keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam masa penjajahan.

Jenderal Soedirman sebagai panglima perang, sedangkan R.A Kartini menjadi pahlawan dalam dunia pendidikan.

Inilah kata-kata mereka yang kaya akan pesan dan semangat kemerdekaan.

“Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.” 

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

“Sanggup mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara Republik Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 sampai titik darah penghabisan.”

Kata-kata mereka adalah semangat yang harus dikibarkan dalam menjalani kehidupan saat ini. Tak hanya itu, Jenderal Soedirman dan R.A Kartini adalah simbol kekuatan bagi bangsan Indonesia yang akan berulang tahun beberapa hari lagi.

Kalimat Semangat Kemerdekaan oleh Para Pahlawan Bangsa

Merdeka
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian berikut ini adalah berbagai kalimat semangat 17 Agustus yang diucapkan oleh para pahlawan Indonesia yang wajib dikenang jasanya.

“Kebenaran suatu hal tidaklah ditentukan oleh berapa banyak orang yang mempercayainya.” – K.H. Ahmad Dahlan.

“Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang.” – Cut Nyak Dien.

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator.” – H.O.S. Tjokroaminoto.

“Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan, ataupun gaji yang tinggi.” – Supriadi.

“Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.” – Mohammad Yamin.

Itulah kumpulan kata kata bijak 17 Agustus yang digelorakan oleh para pahlawan bangsa yang wajib diingat dan dijadikan sebagai suntikkan semangat dalam menyambut HUT RI yang ke 77 pada 17 Agustus 2022 ini.

Terus kunjungi situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dan keberkahan dengan menjadi reseller Evermos. Tanpa modal dan cuman diam di rumah saja Anda sudah bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Mau tahu bagaimana caranya? Klik tombol di bawah ini ya untuk mulai berjualan.

MULAI JUALAN SEKARANG

×
slot88