8 Hiasan Gang untuk 17 Agustus yang Bagus dan Murah Meriah dengan Tema Hari Kemerdekaan RI

Dekorasi 17 Agustus adalah salah satu tradisi yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat Indonesia untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan. Berbagai tempat dipenuhi dengan dekorasi merah putih, salah satunya di gang rumah warga. Apakah lingkungan kamu sudah membuat hiasan gang untuk 17 Agustus? 

Biasanya hiasan gang komplek dengan tema 17 Agustus kerap menjadi ajang kompetisi antar RW ataupun RT. Kompetisi menghias ini dilakukan untuk meningkatkan jiwa nasionalis dan gotong royong warga. Selain itu, lomba menghias juga menjadi wadah untuk warga menyalurkan kreativitasnya. 

Nah, jika warga di gang komplek kamu belum membuat ataupun merencanakan hiasan untuk 17 Agustus 2023 ini, saatnya berdiskusi untuk mempersiapkannya dari sekarang. Kamu bisa mengambil berbagai inspirasi hiasan gang untuk 17 Agustus yang ada di artikel ini.

Selain hiasan untuk gang, kamu juga bisa menghias rumah dengan teman 17 Agustus. Jika kamu ingin mendapatkan inspirasi hiasan 17 Agustus depan rumah, kamu bisa cek disini: 13 Hiasan 17 Agustus Depan Rumah yang Unik dan Meriah.

7 Hiasan Gang untuk 17 Agustus yang Unik, Mudah, dan Simple

Memeriahkan HUT RI dengan hiasan tidak hanya bisa dilakukan di gang ataupun rumah. Apabila kamu adalah pelajar, biasanya sekolah akan mengadakan perlombaan menghias kelas bertemakan HUT RI. Temukan berbagai ide hiasan dinding kelas disini: 18 Ide Hiasan Dinding 17 Agustus Dekorasi Kelas yang Menarik dan Murah Meriah.

Selanjutnya, mari simak berbagai ide hiasan gang untuk 17 Agustus berikut ini:

1. Hiasan Gapura 17 Agustus untuk Gang 

hiasan gang untuk 17 agustus
Sumber: canva.com

Gapura merupakan pintu atau gerbang untuk masuk ke sebuah gang ataupun perumahan. Nah, jika kamu ingin mendekorasi gang lingkungan rumah, maka yang pertama kali harus terlihat meriah adalah bagian gambar gapura 17 Agustus di depan gang.

Karena gapura bisa berfungsi sebagai penyambut tamu ataupun pengunjung yang akan masuk ke gang tersebut. Selain itu, menghias gapura dengan tema 17 Agustus akan menggambarkan semaraknya gang kamu dalam menyambut hari kemerdekaan.

Berikut ini adalah beberapa ide hiasan gapura 17 Agustus sederhana namun tetap mewah dan meriah:

  • Gapura dengan hiasan bendera merah putih yang digantung secara vertikal.
  • Gapura 17 Agustus sederhana dengan hiasan lampion merah putih.
  • Gapura dengan hiasan bunga yang berwarna merah putih.
  • Gapura bambu unik 17 Agustus dengan cat merah putih.
  • Gapura dengan hiasan hiasan kertas dengan berbagai bentuk karakter seperti burung garuda, pohon beringin, daln lain-lain.
  • Gapura bambu unik 17 Agustus dengan hiasan tulisan “Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78” atau “Dirgahayu Republik Indonesia ke-78”.

Baca juga: 12 Hiasan Kantor 17 Agustus yang Unik, Simple, dan Kreatif.

2. Hiasan Gang untuk 17 Agustus dengan Lampion

hiasan gang untuk 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Ide hiasan gang untuk 17 Agustus selanjutnya adalah dengan lampion merah putih. Kamu bisa bekerja sama dengan warga di gang untuk membuat sendiri lampion dengan menggunakan kertas merah putih dan kawat.

Berikut ini adalah bahan- bahan yang kamu perlukan dalam membuat lampion hiasan gang untuk 17 Agustus:

  • Kertas origami atau kertas lain yang sesuai berwarna merah dan putih.
  • Gunting.
  • Lem perekat atau selotip.
  • Lilin, lampu LED, atau bola lampu kecil (berguna sebagai pencahayaan pada lampion).

Untuk membuat lampion merah putih di gang, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Potong kertas origami menjadi dua lembar dengan ukuran yang sama.
  • Lipat setiap lembar kertas origami menjadi bentuk persegi atau segi empat.
  • Buatlah potongan-potongan kecil pada sisi-sisi kertas yang menghadap ke tengah untuk membentuk pola dekoratif seperti bintang atau hati.
  • Buka kertas origami dan sambungkan kedua lembar dengan lem atau selotip di salah satu sisinya, sehingga membentuk bola yang setengah terbuka.
  • Letakkan lilin, lampu LED, atau bola lampu kecil di bagian tengah lampion untuk memberi cahaya.
  • Gantungkan lampion-lampion tersebut di sepanjang gang menggunakan tali atau benang.

Biasanya, lampion memang menggunakan api asli yang bersumber dari lilin. Namun, agar lebih aman dan tidak membahayakan, kamu bisa menggunakan lampu LED atau bola lampu kecil yang aman dan tidak menghasilkan panas.

Selain menghias gang, kamu juga bisa menghias kampung dengan dekorasi yang tidak kalah meriah. Baca berbagai ide dekorasi 17 Agustus di kampung disini: 18 Hiasan Kampung 17 Agustus yang Unik, Bagus, dan Menarik 

3. Hiasan Mural dengan Gambar Tema 17 Agustus

hiasan gang untuk 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Selanjutnya, agar gang rumah kamu semakin meriah, kamu bisa melukis mural di dinding gang dengan gambar tema 17 Agustus atau kemerdekaan Indonesia.

Diskusikan kepada warga di gang tersebut mengenai rencana membuat mural, mulai dari dinding yang akan dilukis, konsep lukisan, hingga siapa yang akan membuat mural tersebut.

Kamu bisa membentuk sebuah tim kecil yang akan bertanggung jawab kepada mural 17 Agustus di gang, termasuk warga yang memiliki keahlian melukis dan menggambar.

Namun, jika tidak ada warga yang memiliki keahlian melukis atau berpengalaman membuat mural, kamu bisa menyewa seniman untuk membuatnya di gang lingkungan rumah kamu.

Baca juga: 50 Perlombaan 17 Agustus yang Unik dan Lucu untuk Anak-anak Hingga Dewasa, Dijamin Meriah!

4. Dekorasi Bunga Merah Putih di Gang 

hiasan gang untuk 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Ide hiasan gang untuk 17 Agustus selanjutnya adalah dengan membuat dekorasi bunga buatan berwarna merah dan putih. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan untuk membuat bunga buatan merah putih:

  • Kertas crepe berwarna merah dan putih
  • Kawat tahan karat
  • Gunting
  • Lem tembak atau lem perekat lainnya

Simak cara pembuatannya berikut ini:

  • Potong kertas crepe merah dan putih menjadi strip-tipis dengan lebar sekitar 3-4 cm dan panjang sekitar 20 cm.
  • Ambil dua strip kertas crepe, satu merah dan satu putih, lalu tempelkan ujungnya secara bersamaan membentuk huruf “X”.
  • Gulungkan kedua strip tersebut dari ujung hingga mencapai tengah, kemudian putar gulungan tersebut untuk membentuk pusat bunga.
  • Lakukan langkah yang sama untuk membuat lebih banyak kelopak bunga dengan strip-strip kertas crepe yang berbeda.
  • Setelah sejumlah kelopak bunga terbentuk, susun dan tempelkan kelopak-kelopak tersebut mengelilingi pusat bunga, pastikan warna merah dan putih tersusun secara bergantian untuk menciptakan motif bendera Indonesia.
  • Gunting kawat dengan panjang sekitar 30 cm, lalu pasang kawat tersebut pada bagian bawah bunga buatan yang telah selesai dirangkai. Kawat tersebut akan digunakan sebagai tangkai bunga.
  • Ulangi langkah-langkah di atas untuk membuat lebih banyak bunga buatan.

Nah, setelah seluruh bunga buatan selesai dibuat, kamu bisa mulai menghias gang dengan cara menggantung bunga-bunga tersebut di sepanjang jalan gang. Selain itu, kamu juga bisa menempelkannya di dinding atau pagar menggunakan pita atau tali.

5. Hiasan Gantung Ketupat Merah Putih di Gang

hiasan gang untuk 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Ketupat adalah salah satu makanan khas Indonesia. Sehingga, pajangan ketupat bisa menjadi salah satu hiasang 17 Agustus di gang lingkungan rumah kamu. Kamu bisa mendekorasi gang dengan pajangan ketupat yang terbuat dari pita atau kertas merah putih.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat hiasan gantung ketupat merah putih adalah kertas merah putih, tali, gunting, dan lem. Adapun cara membuat hiasan gantung ketupat merah putih adalah sebagai berikut:

  • Gunting kertas merah putih menjadi persegi panjang berukuran 10×15 cm.
  • Lipat kertas menjadi dua memanjang, lalu lipat kembali kertas menjadi dua memanjang.
  • Potong kertas menjadi segitiga.
  • Lipat segitiga menjadi dua memanjang, lalu lipat kembali segitiga menjadi dua memanjang.
  • Potong segitiga menjadi dua bagian, dan satukan dua bagian segitiga dengan lem perekat.
  • Buat lubang di bagian atas hiasan ketupat dengan gunting.
  • Gantungkan hiasan ketupat dengan tali pada lubang yang telah dibuat.

Adapun kamu bisa membuat hiasan ketupat tersebut menjadi beberapa ukuran yang berbeda-beda. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan aksesoris lainnya pada hiasan ketupat, seperti bendera merah putih, bunga, dan hiasan lainnya.

Jika sudah selesai, kamu bisa menggantungkannya di jalan sepanjang gang untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Hiasan ini bisa menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme di masyarakat.

6. Dekorasi Payung Melayang di Gang 

hiasan gang untuk 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Selain ide-ide di atas, kamu juga bisa menghias gang dengan cara yang anti mainstream, yaitu dengan payung-payung gantung berwarna merah putih. Dekorasi 17 Agustus yang unik berupa payung ini bisa kamu gantung di sepanjang jalan gang.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan hanya payung berwarna merah dan putih, tali, guntin, dan lem atau perakat lainnya. Jika tidak menemukan payung berwarna merah dan putih, kamu bisa membeli payung polos lalu mengecat payung tersebut dengan warna merah dan putih.

Selanjutnya, mari simak cara mudah membuat dekorasi payung gantung sebagai berikut:

  1. Gunting tali dengan panjang yang sesuai dengan tinggi gang atau jalan.
  2. Ikat tali pada payung di bagian bawah payung.
  3. Gantungkan payung pada tali yang telah diikat di bagian bawah payung.
  4. Ulangi langkah 2 dan 3 hingga semua payung telah digantung di gang atau jalan.

Selain cara di atas, kamu juga perlu mengikuti beberapa tips agar payung melayang ini bisa indah dan menarik. Pertama, kamu bisa menggantungkan payung dengan jarak yang sama sehingga akan terlihat rapi dan beraturan.

Kedua, kamu bisa menambahkan hiasan atau aksesoris kecil-kecil seperti manik-manik, pita, ataupun bunga pada payung sehiangga akan menambah kesan meriah. Selamat mencoba!

7. Hiasan Cat Jalan Agustusan di Gang Komplek

hiasan gang untuk 17 agustus
Sumber: google/bersosial

Selain ide hiasan murah di gang, kamu juga bisa menghias jalanan di gang dengan lukisan yang juga bertemakan HUT RI. Sama halnya dengan pembuatan hiasan mural di dinding gang, kamu juga bisa membentuk tim khusus dari warga setempat untuk membuat gambar jalan Agustusan.

Hal pertama yang harus dilakukan tim adalah dengan memilih tema yang menarik dan sesuai dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, buatlah sketsanya di sebuah kertas. Jika sudah selesai, maka saatnya mengeksekusinya!

Agar murah di jalan ini bisa terlihat mencolok dan menarik, kamu bisa menggunakan warna-warna yang cerah dan menarik perhatian. Jangan lupa juga untuk gunakan warna khas Indonesia yaitu merah dan putih.

8. Banner atau Spanduk Gambar Tema 17 Agustus

Hiasan Gang untuk 17 Agustus
Sumber: freepik.com

Hiasan 17 Agustus di gang yang juga bisa kamu eksekusi adalah membuat banner atau spanduk dengan gambar tema 17 Agustus. Hiasan Agustusan yang satu ini bisa dibilang tidak sulit, karena desain hingga spanduknya bisa kamu serahkan sepenuhnya kepada jasa percetakan.

Jadi, kamu hanya tinggal menempelkan spanduk atau banner di dinding yang strategis dan mencolok agar terlihat oleh warga sekitar.

Selain berbagai ide di atas, kamu juga bisa menonton tayangan berikut ini untuk mendapatkan ide yang tidak kalah menarik dan bagus.

Demikianlah ulasan mengenai ide hiasan 17 Agustus untuk gang yang bagus dan murah meriah. Semoga ide-ide di atas memberikan kamu inspirasi untuk menghias gang di lingkungan rumah kamu dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023 nanti.

Apabila kamu ingin membaca informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi blog Evermos. Selain itu, kamu juga bsia mengunjungi Evermos untuk mendapatkan penawaran berpenghasilan tanpa modal sebagai reseller Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk tahu informasi lengkapnya!

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)