Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap dan Artinya, Simak Keutamaanya!

Ketika sholat, umat Islam disunnahkan membaca doa iftitah di rakaat pertama. Ada beberapa bacaan iftitah, salah satunya yaitu doa iftitah allahumma baid baini

Doa iftitah adalah doa pembuka yang sunnah dibaca oleh umat Islam ketika rakaat pertama sholat fardhu maupun sholat sunnah. Namun, hanya sholat jenazah yang tidak membaca doa iftitah.

Di Indonesia, bacaan iftitah allahumma baid baini sendiri biasanya dibaca oleh Muhammadiyah, sedangkan Nahdlatul Ulama umumnya membaca Allahuakbar kabiro

Namun, terlepas dari perbedaan itu, sebagai umat Islam Anda sunnah dan boleh membaca salah satu dari keduanya ketika sholat. Agar lebih memahaminya, mari simak bacaannya di bawah ini. 

Baca juga: Amalkan Doa Shalat Hajat Berikut Ini. InsyaAllah Keinginan Akan Tercapai

Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap dan Artinya

doa iftitah allahumma baid
Sumber: blog.evermos.com

Bacaan Arab Allahumma Baid Baini Doa Iftitah

للَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Latin

Allahumma baaid baynii wa bayna khotoyaaya kamaa baa’adta baynal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min khotoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummagh-silnii min khotoyaaya bil maa-iwats tsalji wal barod

Arti Doa Iftitah Allahumma Baid

Artinya: “Ya Allah, jauhkan lah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkan lah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cuci lah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun.” (HR Bukhari dan Muslim)

Selain doa iftitah, ketika sholat tajahud, Anda juga dapat membaca doa khusus setelah sholat. Anda bisa membaca doanya disini: Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Arab dan Latin.



Keutamaan Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Ketika Sholat

doa iftitah allahumma baid
Sumber: canva.com

Ada banyak sekali keutamaan yang akan Anda dapatkan ketika mengamalkan doa ini. Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca doa iftitah ketika sholat:

1. Terbukanya Pintu Surga

Dalam hadits riwayat Ibnu Umar RA berkata, “”Ketika kami salat bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba seseorang mengucapkan ‘Allahu Akbar kabira walhamdu lillahi katsira wasubhanalla hibukratawwa ashiilan’ (doa iftitah). Selesai salat, 

Rasulullah SAW bertanya, ‘Siapakah yang mengucapkan kalimat tadi?’ Seorang sahabat menjawab, ‘Saya, wahai Rasulullah.’ Beliau lalu bersabda, ‘Sungguh aku sangat kagum dengan ucapan tadi sebab pintu-pintu langit dibuka karena kalimat itu’ 

Kata Ibnu Umar, ‘Maka aku tak pernah lagi meninggalkannya semenjak aku mendengar Rasulullah SAW mengucapkan hal itu.'” (HR. Muslim)

2. Doa yang Nabi Muhammad SAW Baca Setiap Malam

Dengan membaca doa iftitah pada pembukaan rakaat pertama sholat, maka secara tidak langsung kita mengikuti Nabi Muhammad SAW. 

Sebab dalam sebuah hadits menyampaikan bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa iftitah dalam shalatnya. Rasulullah SAW membaca doa ini dengan lirih sehingga dapat turut kita amalkan. 

3. Memperoleh Pahala

Dalam Islam, ada banyak cara umat Muslim untuk memperoleh pahala. Nah, salah satunya dengan mengamalkan doa iftitah allahumma baid baini ini di dalam sholat. 

4. Mengingat dan Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Berikutnya, keutamaan membaca doa iftitah allahumma baid baini ketika sholat adalah dapat lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. 

Karena salah satu tujuan dari sholat adalah mendekatkan diri kepada Allah, maka doa iftitah menjadi salah satu perantara untuk seorang hamba berkomunikasi kepada Tuhannya. 

Selain itu, kandungan di dalam doa ini akan membuat kita senantiasa mengingat Allah serta sifat-sifat Allah SWT. 

5. Memohon Ampunan Dosa 

Doa iftitah ini menggambarkan bahwa manusia sebagai makhluk yang Allah ciptakan tidak pernah lepas dari dosa. 

Sehingga, melalui doa iftitah allahumma baid baini ini, kita dapat memohon ampunana atas segala doa yang diperbuat dan dengan tulus bertaubat.

Itulah bacaan doa iftitah yang dapat amalkan ketika sholat. Semoga ulasan di artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga!

Untuk membaca informasi menarik lainnya, Anda bisa kunjungi blog Evermosya!

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi platform Evermos untuk mendapatkan penawaran memulai bisnis tanpa perlu modal dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Caranya praktis, Anda cukup daftarkan diri secara gratis sebagai reseller melalui tombol di bawah ini, dan dapatkan berbagai manfaat dan keuntungganya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, sobat Evermos!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)