Amalkan Doa Shalat Hajat Berikut Ini. InsyaAllah Keinginan Akan Tercapai

Doa Shalat Hajat

Doa Shalat Hajat — Setiap manusia yang pasti memiliki keinginan atau hajat yang ingin dicapai. Ada banyak cara untuk mewujudkannya tentu dengan berusaha dan juga berdoa.

Dalam agama Islam juga terdapat ibadah sholat hajat yang dianjurkan untuk dilakukan ketika anda memiliki keinginan atau hajat. Bagaimana Tata cara shalat hajat?

Lalu apa doa Shalat Hajat yang perlu dibacakan? Serta Kapankah waktu sholat hajat yang terbaik?

Jika penasaran, mari simak ulasan lengkap mengenai tata cara beserta doa shalat hajat di bawah ini.

Tata Cara Sholat Hajat

doa sholat hajat

Sumber: pexels.com

Sama halnya dengan ibadah lain pada umumnya, sholat hajat pun memiliki tata cara yang harus ditegakkan demi kesempurnaan sholat.

Berikut adalah rangkaian caranya yang pelru anda ketahui:

1. Membaca Niat Sholat Hajat

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap aktivitas dan ibadah yang kita jalankan semua harus berniatkan karena Allah Ta’ala, berikut adalah niat sholat hajat yang dapat anda bacakan di dalam hati:

Bacaan latin niat sholat hajat: usholli sunnatal haajati rak’ataini lillaahi ta’ala

2. Membaca Doa Iftitah dan Surat Pendek

Hal ini dijelaskan melalui hadits yang diriwayatkan oleh Wahib bin Al – Ward yang bebunyi “doa yang dikabulkan adalah doa dari seorang hamba yang sholat 12 rakaat dengan membaca ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas di tiap rakaatnya”. (Abdullah bin Ahmad bin Qudamah Al-Maqdisi Abu Muhammad. 1450 H. Al Mughni fi Fiqhi Al-Imam Ahmad ibn Hanbal Asy-Syaibani. Beitut: Darul Fiqr).

3. Lanjutkan Shalat Hajat Dengan Gerakan Lainnya

Lanjutkan dengan gerakan solat pada umumnya, seperti ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua. Kemudian bangkit dan lakukan rakaat kedua dengan cara sholat yang sama.

Doa Setelah Sholat Hajat

Doa Shalat Hajat

sumber : pexels.com

Salah satu hal yang penting ialah setelah sholat, kita berdiam diri terlebih dahulu kemudian memanjatkan doa shalat hajat.

Lebih baik anda duduk dan berdoa memohon kepada Allah tentang apa yang menjadi keinginan anda.

Mengutip dalam berbagai sumber, berikut adalah doa setelah shalat hajat yang dapat anda bacakan:

  1. Istighfar sebanyak 100 kali atau sekurangnya 33 kali
  2. Selesai membaca istighfar lalu membaca shalawat atas Nabi Muhammad ﷺ 100 kali, yakni membaca:

اَللّهُمَّ صَلِ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً الرِّضَا وَأرْضَ عَن ْأصْحَابِهِ رٍضَاءً الرِّضَا

“Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin sholatar ridhaa wardha an ash-habihi radha’ar ridha.” 

Artinya, “Ya Allah, berilah karunia kesejahteraan atas junjungan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan ridhailah daripada sahabat-sahabat sekalian dengan ridha.”

Dilanjutkan dengan Membaca

Latin: Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih

Artinya: Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Mu.

Doa Shalat Hajat

doa Shalat Hajat

Sumber: pexels.com

Sesudah itu, dianjurkan membaca doa sebagai berikut:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الحَلِيمُ الكَرِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَلِيُّ العَظِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْمِ والحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ أَسْئَلُكَ مُوجِباتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلامَةَ مِنْ كُلِّ إثْمٍ الَّلهُمَّ لا تَدَعْ لي ذَنْبَاً إلّا غَفَرْتَهُ  وَلا هَمَّاً إلّا فَرّجْتَهُ ولا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضاًإلّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمينَ

“Laa ilaha illallahul halimul karimu subhanallahi Rabbil arsyil azhim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. As aluka mujibati rahmatika wa azaaima maghfiratika wal ishmata min kulli dzanbin wal ghanimata min kulli birrin wassalamata min kulli itsmin laa tada’liy dzanban illa ghafartahu wa laa hamman illa farrajtahu wa laa haajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha yaa arhama ar-rahimin.”

Artinya, “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Mahapenyantun dan Pemurah. Mahasuci Allah, Tuhan Pemelihara arsy Yang Agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang menyebabkan rahmat-Mu, dan memantapkan hati untuk memperoleh ampunan-Mu, serta memperoleh penjagaan dari segala dosa. Dan aku memohon pula untuk memperoleh keuntungan dari segala kebaikan dan selamat dari segala dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa (yang ada pada diriku) melainkan Engkau mengampuninya dan tiada sesuatu kesusahan melainkan Engkau berikan jalan keluar, dan tiada sesuatu hajat yang Engkau ridhai melainkan Engkau kabulkan, Wahai Tuhan Yang Mahapengasih dan Mahapenyayang.”

Ucapkan Munajat Kepada Allah

Usai membaca itu semua, maka bermunajatlah dengan permohonan apa yang dimaksud sambil bersujud kepada Allah. Kemudian perbanyaklah membaca bacaan ini:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ  

“Laa ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzhalimin.” 

Yang artinya, “Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh aku termasuk orang yang zalim.”

Waktu Shalat Hajat

Sejatinya tidak ada waktu tertentu yang menjelaskan tentang kapan diperbolehkan untuk mendirikan sholat hajat, namun terdapat waktu yang dilarang untuk mendirikan sholat ini yakni setelah sholat Ashar dan Sholat Subuh.

Jumlah rakaat sholat hajat adalah minimal 2 dan maksimal 12 rakaat dengan 2 rakaat sekali salam.

Manfaat Shalat Hajat

1. Mempercepat Terkabulnya Doa

Manfaat sholat Hajat yang pertama yaitu untuk memperlancar doa dan keinginan agar lekas terkabul.

Hajat (keinginan/kebutuhan) di sini bisa dalam hal apa pun mulai dari pendidikan, karier, mendapatkan jodoh, hingga berbagai masalah yang tengah dihadapi.

Hal ini pun sesuai dengan bunyi salah satu hadis mengenai keutamaan salat Hajat.

“Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim…” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

2. Menghindarkan dari Bahaya

Selain ketika memiliki hajat, kamu juga bisa melaksanakan salat Hajat ketika tengah menghadapi kesulitan.

Allah Swt telah menjanjikan siapa pun manusia yang berwudu, salat dua rakaat, dan kemudian memohon dengan sungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan pertolongan.

“Dan mintalah pertolongan kepada Tuhanmu dengan melaksanakan shalat dan dengan sikap sabar,” (QS Al-Baqarah: 45).

Maka, ketika kamu tengah menghadapi kesulitan, segera lakukan salat Hajat dan memohon pertolongan kepada Allah Swt.

3. Ditinggikan Derajat dan Diampuni segala Dosa

Menjalankan ibadah shalat Hajat tidak hanya bermanfaat untuk urusan dunia, tetapi juga urusan akhirat.

Seorang muslim yang menjalankan shalat Hajat dengan khusyuk akan ditinggikan derajat serta diampuni dosanya.

Semakin banyak dan semakin khusyuk sujudnya, serta dibarengi dengan memohon ampun setulus-tulusnya, maka semakin Allah Swt akan meninggikan derajatnya.

Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR Muslim).

4. Bisa Bersama Dengan Rasulullah di Surga

Apakah kamu ingin bisa bersama Rasulullah Saw di surga kelak?

Salah satu cara terbaik untuk mewujudkan hal ini yaitu dengan memperbanyak Shalat Hajat. Bisa bertemu serta bersama-sama Rasulullah Saw pasti menjadi harapan setiap umat Islam.

Oleh karena itu, ibadah salat Hajat harus senantiasa terjaga agar semakin besar peluang kita untuk bersama-sama Baginda Nabi Muhammad Saw di surga kelak.

Demikianlah Ulasan mengenai doa shalat hajat ini. Semoga dengan adanya artikel ini mampu menumbuhkan rasa keimanan kita dan semakin memperkuat kualitas ibadah.

Jika kita ingin sesuatu maka kita perlu berikhtiar tidak hanya berdiam diri dan berdoa saja.

Bagi Anda yang ingin berikhtiar mencari rezeki, mari coba bergabung di Evermos.

Anda bisa memanfaatkan Evermos menjadi ladang usaha untuk penghasilan tambahan. Bagaimana caranya? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai doa shalat hajat ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×