Bacaan Sholat Jenazah Perempuan, Niat, Tata Cara, dan Hikmahnya

Bacaan sholat jenazah perempuan – Setiap makhluk yang memiliki nyawa, setiap makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, pasti akan menemui ajalnya masing-masing.

Ajal memang menjadi rahasia Allah, manusia hanya cukup berusaha agar meninggal dalam keadaan husnul khotimah dan dalam keridhaan Allah.

Sebagai seorang muslim yang taat dan selalu berbuat baik pada sesama, tentu akan merasakan apa yang dirasakan oleh saudara seimannya.

Salah satunya adalah ketika ada saudara, kerabat, atau tetangga yang meninggal dunia, maka wajib bagi kita untuk berbelasungkawa dan menyolatkan jenazahnya.

Oleh karena itu, kita perlu untuk mengetahui bagaimana bacaan sholat jenazah, niat, dan tata caranya. Baik bacaan sholat jenazah perempuan maupun laki-laki.

Pada artikel ini hanya akan membahas bacaan sholat jenazah perempuan beserta doa dan tata caranya. Berikut ulasannya untuk Anda. 

Hukum Sholat Jenazah dan Bacaan Sholat Jenazah Perempuan

Niat dan Tata Cara Sholat Jenazahj
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum jauh mengenai tata cara sholat jenazah, kita juga perlu mengetahui hukum melaksanakan sholat jenazah. 

Hukum melaksanakan sholat mayit adalah fardhu kifayah. Artinya kewajiban seorang muslim akan berubah menjadi tidak wajib jika ada orang yang melaksanakannya.

Namun, jika kita mengetahui ada saudara atau kerabat yang meninggal dunia, baiknya kita tetap ikut menyolatkan jenazah orang tersebut.

Niat, Tata Cara, dan Bacaan Sholat Jenazah Perempuan 

Bacaan Sholat Jenazah Perempuan
Sumber: google.com/bersosial

Setelah tahu bahwa hukum sholat jenazah adalah fardu kifayah, maka sebaiknya kita sebagai muslim yang baik tetap ikut dalam menyolatkan jenazah.

Tata cara dan niat sholat jenazah berbeda dengan sholat wajib dan sunnah lainnya. Berikut ini adalah niat dan tata cara sholat jenazah.

1. Niat sholat jenazah perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Latin: Usholli ‘ala hadzahihil mayyitati arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat sholat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagi imam/makmum karena Allah Ta’ala.”

2. Berdiri 

Setelah niat, tata cara sholat jenazah adalah berdiri selama sholat. Namun bagi yang tidak mampu berdiri, dibolehkan untuk sholat dalam keadaan duduk.

3. Membaca takbir sebanyak empat kali

Selain dilakukan dengan berdiri dan tidak ada rukuk atau sujud, sholat jenazah dilakukan dengan mengucapkan takbir sebanyak empat kali.

Setiap selesai takbir ada bacaan sholat jenazah perempuan yang harus diucapkan sebagai rukun sholat jenazah.

Bacaan takbir yang diucapkan adalah Allahu Akbar yang artinya Allah Maha Besar.

4. Membaca Al-Fatihah 

Setelah takbir pertama, maka bacaan yang harus dibaca ketika sholat jenazah adalah surat Al-Fatihah.

5. Membaca sholawat Nabi

Setelah membaca surat Al-Fatihah, kemudian takbir kembali dan dilanjutkan dengan membaca sholawat ke atas Nabi Muhammad SAW.

Bacaan sholawatnya adalah sebagai berikut:

.اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia.”

6. Membaca doa pada takbir ketiga

Kemudian pada takbir ketiga, jamaah sholat mayit membaca doa untuk jenazah yang disholatkan.

Berikut ini adalah bacaan doa sholat jenazah perempuan pada takbir ketiga:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهاَ وارْحَمهاَ وعَافِهاَ وَاعْفُ عَنْهاَ وأَكْرِمْ نُزُلَهاَ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهاَ وَاغْسِلْهاَ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ ونَقِّهاَ مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّي الثَوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللَّهُمَّ أَبْدِلْهاَ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهاَ وَ جَارًا خَيْرًا مِنْ جَارِهَا وَزَوْجًا خَيْراً مِنْ زَوْجِهاَ وأَهْلًا خَيْراً مِنْ أهلِهاَ وَ أَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَ أَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ القَبْرِ ومِنْ عَذَابِ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau suami/istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), suami yang lebih baik daripada suaminya, dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

7. Takbir keempat dan membaca doa

Setelah takbir keempat dianjurkan untuk mendoakan mayit. Berikut adalah bacaan doanya:

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهَا وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهَا

Latin: Allaahumma laa tahrimnaa ajrahaa wa la taftinna ba’dahaa waghfir lanaa wa lahaa 

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.”

8. Mengucapkan salam

Setelah membaca doa pada takbir keempat, sholat jenazah diakhiri dengan mengucapkan salam seraya menoleh ke kanan untuk salam pertama, dan ke kiri untuk salam kedua.

Itulah tadi bacaan sholat jenazah perempuan, niat dan tata cara sholatnya.

Bacaan Tahlil setelah Sholat Jenazah Perempuan

Doa sholat jenazah
Suber: google.com/bersosial

Setelah selesai sholat, jamaah dianjurkan untuk membaca tahlil sebagai berikut:

لَا اِلَهَ اِلَا اللهُ الْعَافِيْ بَعْدَ قُدْرَتِهِ – لَا اِلَهَ اِلَا اللهُ الْبَاقِيْ بَعْدَ فَنَاءِ خَلْقِهِ لَا اَلَهَ اِلَا اللهِ كَلُّ شَىْءٍ هَالِكٌ اِلَّا وَجْهَهْ لَهُ الْحُكْمُ وَاِلَيْهِ يُرْجَعُوْنْ

Latin: La ilaha illallahul a’fi ba’da qudratih. La ilaha illallahul Baqi ba’da fana-i kholqihi. La ilaha illallah kullu syai-in halikun illa wajhah. Lahul hukmu wa ilaihi yurja’un.

Artinya: Tiada Tuhan yang pantas disembah dengan sebenar-benarnya melainkan Allah Yang Maha memberikan afiat setelah Kekuasaan-Nya. Tiada tuhan yang pantas disembah dengan sebenar-benarnya melainkan Allah Yang Maha kekal setelah binasa seluruh ciptaan-Nya. Tiada tuhan yang pantas disembah dengan sebenar-benarnya melainkan Allah segala sesuatu di alam ini akan hancurkecuali wajah-Nya (keridhoan-Nya). Dialah Yang Maha memiliki otoritas segala kebijakan. Dan kepadaNya mereka semua kembali.”

Syarat Jenazah Bisa Disholatkan

1. Beragama Islam

2. Jenazah harus suci dari najis baik badan maupun pakaian

3. Suci dari hadast kecil dan besar

4. Menutup aurat

5. Menghadap kiblat

Hikmah dari Sholat Jenazah

Hikmah sholat jenazah
Sumber: google.com/bersosial

Ada pelajaran penting yang bisa didapatkan ketika menyolatkan jenazah. Selain sebagai kewajiban sesama umat muslim, kita juga dapat menjalin persaudaraan yang semakin erat.

Selain itu, keutamaan dan hikmah menyolatkan jenazah adalah kita selalu mengingat bahwa kematian akan datang kapan saja dan di mana saja.

Maka perbanyaklah beribadah kepada Allah, kumpulkan bekal untuk hidup di akhirat yang kekal, agar hidup dengan bahagia di alam akhirat kelak.

Demikianlah bahasan tentang bacaan sholat jenazah perempuan lengkap dengan niat dan tata cara sholat serta hikmahnya.

Jika Anda ingin membaca artikel islami lainnya yang menarik, silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Jangan lupa juga bagi Anda yang ingin berjualan tanpa modal tapi ingin untung besar, langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos. Selamat bergabung!

×