5 Contoh Proposal Maulid Nabi 2023 Lengkap dan Singkat untuk Sekolah Hingga Masjid

Peringatan Maulid Nabi 2023 semakin dekat. Sudahkah Anda merancang dan menyusun proposal Maulid Nabi? Jika belum, yuk simak contoh proposal Maulid Nabi 2023 disini! 

Maulid Nabi merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad yang jatih pada tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Hijriah. Pada tahun ini, Maulid Nabi bertepatan pada tanggal 28 September 2023.

Berbagai kegiatan Islami dilaksanakan sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah SAW. Mulai dari tingkat kampung, Masjid, sekolah, perkantoran, hingga organisasi Islam turut merayakan.  

Nah, agar peringatan Maulid Nabi tahun ini semakin meriah, maka saatnya Anda menyusun proposal Maulid Nabi dari sekarang.

Mari simak sistematik hingga contoh proposal Maulid Nabi 2023 di artikel ini. Anda juga dapat mengunduh template proposalnya dengan mudah!

Baca juga: 10+ Contoh Kata Pengantar Makalah, Proposal yang Bagus.

Sistematika Proposal Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023

Contoh Proposal Maulid Nabi
Sumber: freepik.com

Sebelum mengetahui contoh proposal Maulid Nabi, Anda harus tahu sistematika penulisannya. Penulisan proposal tentu harus berdasarkan format dan sistematika yang benar.

Sebab, proposal Maulid Nabi merupakan jenis proposal formal atau resmi. Umumnya, sistematika penulisan laporan terdiri dari beberapa poin berikut: 

Sebelum itu, apakah Anda sudah menentukan lomba yang untuk Maulid Nabi nanti? Jika belum, temukan berbagai ide kompetisi Maulid Nabi yang Islami disini: 25 Ide Lomba Maulid Nabi Muhammad  SAW yang Islami dan Kreatif, Insya Allah Berkesan!



1. Halaman Judul Proposal

Pada lembar pertama proposal kegiatan Maulid Nabi adalah bagian halaman judul atau cover.

Halaman judul ini berisi nama atau judul kegiatan, lokasi dan waktu pelaksanaan kegiatan, serta penyelenggara kegiatan. 

Selain itu, apabila kegiatan dilaksanakan oleh institusi, lembaga, atau organisasi resmi, maka perlu mencantumkan logo dari pihak penyelenggara di cover proposal.

2. Kata Pengantar Proposal 

Bagian kedua yaitu kata pengantar, yang berisi penjelasan atau gambaran umum mengenai tujuan penulisan proposal tersebut.

Dalam konteks proposal kegiatan Maulid Nabi, maka kata pengantar menjelaskan mengenai kegiatan spesifik yang akan terlaksana.

Selain itu, berikan informasi maksud dan tujuan proposal tersebut tertuju pada pihak penerima proposal.

Baca juga: Contoh Kata Sambutan Maulid Nabi yang Singkat, Padat, Jelas dan Berkesan.

3. Pendahuluan Proposal Kegiatan 

Setelah kata pengantar, maka masuk pada bagian pendahuluan proposal. Pada bagian ini, berisi dua sub judul yaitu latar belakang kegiatan, serta tujuan kegiatan.

a. Latar Belakang Kegiatan

Pada latar belakang, jelaskan secara rinci dan ringkas dalam bentuk paragraf mengenai mengapa kegiatan tersebut ingin dilaksanakan, dan latar belakang tercetusnya rencana kegiatan tersebut. 

Buatlah latar belakang yang spesifik, tidak berbelit-belit, dan mewakili pesan inti yang ingin disampaikan.

Latar belakang dengan penjelasan yang terlalu panjang, akan membuat pembaca atau penerima proposal jenuh dan tidak menemukan inti dari latar belakang kegiatan.

b. Tujuan Kegiatan

Pada bagian tujuan kegiatan, jelaskan dalam bentuk poin atau paragraf mengenai nilai dan manfaat apa yang akan didapatkan dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

Manfaat ini mulai dari untuk peserta kegiatan, pihak penyelenggara, serta pihak berwenang.

4. Isi Proposal Kegiatan Maulid Nabi Muhammad 

Pada bagian isi, memuat nama dan tema kegiatan, bentuk kegiatan, peserta atau penonton, penyelenggara, jadwal dan lokasi kegiatan, susunan acara, susunan panitia, rencana anggaran.

a. Nama dan Tema Kegiatan
Pada bagian ini, tuliskan judul resmi dari kegiatan Maulid Nabi. Lalu, berikan penjelasan secara singkat tema atau konsep utama yang akan menjadi fokus dalam kegiatan tersebut. 

b. Bentuk Kegiatan
Di bagian ini, jelaskan jenis kegiatan yang akan terlaksana. Misalnya, kegiatan seminar, khutbah, santunan ke panti asuhan, perlombaan, pertunjukkan seni, atau kegiatan lainnya.  

c. Peserta atau Penonton
Berikan penjelasan singkat mengenai siapa target peserta atau audiens dari kegiatan Maulid Nabi tersebut.

Selain itu, berikan cakupan audiens kegiatan, apakah terbuka untuk umum, atau terbatas pada organisasi atau komunitas tertentu. 

d. Penyelenggara Kegiatan
Pada bagian ini, berikan penjelasan pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan peringatan Maulid Nabi.

Sebutkan organisasi, komunitas, lembaga, atau institusi pelaksana kegiatan beserta informasi singkat tentang mereka.

e. Jadwal dan Lokasi Kegiatan
Pada bagian ini, tuliskan dalam bentuk poin, mengenai tanggal, waktu, serta durasi dari pelaksanaan kegiatan Maulid Nabi.

Selain itu, berikan juga informasi mengenai lokasi di mana kegiatan akan terlaksana secara spesifik, seperti nama gedung, alamat, dan informasi lain yang relevan. 

f. Susunan Acara
Bagian susunan acara, jelaskan secara rinci urutan acara dalam perayaan Maulid Nabi, mulai dari pembukaan, sambutan, kegiatan inti, hingga penutupan kegiatan.

Berikan informasi mengenai urutan serta estimasi waktu pelaksanaan di setiap sesinya. 

g. Susunan Panitia
Pada bagian ini, tuliskan nama anggota atau panitia yang terlibat dalam perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan, beserta posisi dan tanggung jawab masing-masing panitia. 

h. Rencana Anggaran
Pada bagian ini, cantumkan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk penyelenggaraan kegiatan Maulid Nabi.

Terdiri dari pengeluaran untuk tempat, dekorasi, makanan, perlengkapan, hiburan (jika ada), dan pos-pos anggaran lainnya.

Baca juga: Bacaan Maulid Nabi Lengkap Arab, Latin, dan Artinya, Berzanji Hingga Mahalul Qiyam [PDF]

5. Penutup Proposal Maulid Nabi 

Setelah bagian isi proposal, tuliskan kalimat penutup yang berisi harapan serta tanda tangan panitia inti dari kegiatan, mulai dari ketua pelaksana, sekretaris, hingga bendahara.

6. Lampiran Proposal 

Bagian terakhir pada proposal kegiatan Maulid Nabi adalah lampiran proposal, yang memuat lembar pendukung dari penjelasan di isi proposal.

Lembaran pendukung dapat berupa susunan acara atau rundown secara detail dalam bentuk tabel, serta Rancangan Anggaran Biaya (RAB) kegiatan.

Baca juga: Ayat Al Qur an dan Hadits Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW, Begini Penjelasannya! 

Contoh Proposal Maulid Nabi Lengkap 2023 DOC dan PDF

Setelah memahami susunan proposal Maulid 2023 yang benar, berikut ini contoh proposal Maulid Nabi SAW word dan PDF yang bisa Anda unduh untuk kebutuhan membuat proposal kegiatan.

1. Contoh Proposal Maulid Nabi 2023/1445 H

Mengacu pada sistematika proposal Maulid 2023 di atas, berikut ini adalah salah satu contoh proposal Maulid Nabi 2023 yang lengkap dan benar.

Anda bisa klik gambar atau tautan di bawah ini untuk mengunduh contoh proposal, lalu mengedit dan menyesuaikan dengan kegiatan yang Anda laksanakan.

Contoh Proposal Maulid Nabi
Sumber: Blog Evermos

DOWNLOAD DOC | PDF

2. Contoh Proposal Maulid Nabi Muhammad SAW di Sekolah 2023

Jika Anda adalah seorang pelajar dan berperan sebagai panitia pelaksana peringatan Maulid Nabi di Sekolah. Maka, Anda dapat gunakan proposal Maulid sekolah DOC berikut ini:

Anda cukup mengubah dan menyesuaikan deskripsi proposal sesuai dengan rencana kegiatan hingga anggaran dari panitia di sekolah Anda.

Contoh Proposal Maulid Nabi
Sumber: Blog Evermos

DOWNLOAD DOC | PDF

Baca juga: 6 Contoh Susunan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H Lengkap.

3. Contoh Proposal Kegiatan Maulid di Masjid 2023

Jika kegiatan Maulid Nabi akan dilaksanakan di Masjid, maka Anda memerlukan proposal khusus. Berikut ini adalah contoh proposal Maulid di Masjid DOC dan PDF yang dapat Anda gunakan.

Contoh Proposal Maulid Nabi
Sumber: Blog Evermos

DOWNLOAD DOC | PDF 

4. Contoh Proposal Maulid di Kampung yang Singkat

Selanjutnya, di bawah ini merupakan contoh proposal Maulid di kampung yang singkat dan jelas. Anda dapat gunakan proposal kegiatan Maulid Nabi berikut ini jika peringatannya di kampung:

Contoh Proposal Maulid Nabi
Sumber: Blog Evermos

DOWNLOAD DOC | PDF

5. Contoh Proposal Maulid Singkat Berbagai Kegiatan

Selain beberapa contoh proposal Maulid Masjid di atas, Anda juga dapat menggunakan contoh proposal Maulid doc word singkat berikut ini untuk berbagai kegiatan Maulid Nabi lainnya.

a. Pendahuluan

1. Latar Belakang
Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang Allah SWT utus untuk menyebarkan agama Islam kepada umat manusia. Dari beliau mendapatkan wahyu hingga hari ini, ajaran Nabi Muhammad SAW sudah sangat berdampak kepada bagaimana manusia menjalankan hidupnya dengan landasan agama Islam. Ajaran Nabi Muhammad SAW yang selalu tersebar hingga hari ini membuktikan bahwa perjuangan beliau untuk menegakkan agama Islam tidak kenal rasa takut dan tak kenal lelah.

Sehingga, hari ini saatnya bagi umat Islam untuk turut menyebarkan kembali ajaran beliau kepada generasi-generasi Islam berikutnya. Apalagi, semenjak era modernisasi dan digital yang merambah kepada masyarakat, maka ada tantangan tersendiri untuk berjuang menegakkan nilai-nilai Islam dalam diri seorang muslim.

Salah satu langkah yang dapat umat Muslim lakukan untuk melanjutkan ajaran Nabi Muhammad SAW adalah melalui peringatan Maulid Nabi. Maulid Nabi merupakan hari besar untuk mengenang lahirnya Nabi Muhammad SAW, yaitu pada 12 Rabiul Awal. Melalui peringatan Maulid Nabi ini, dapat menjadi wadah umat Muslim untuk bersama meningkatkan kembali keimanan dan ketakwaan terhadap nilai-nilai Islam.

Mengingat peringatan Maulid Nabi 2023 sudah semakin dekat, oleh karena itu proposal ini dibuat untuk merencanakan peringatan Maulid Nabi 2023 yang jatuh pada tanggal 28 September.

2. Tujuan Kegiatan
Berikut ini adalah tujuan kegiatan Maulid Nabi Muhammad 2023:
– Meningkatkan rasa cinta umat Muslim terhadap Nabi Muhammad SAW.
– Menurunkan ajaran-ajaran Rasulullah SAW kepada generasi muda Islam.
– Menyempurnakan akhlak dan keimanan.
– Meningkatkan wawasan keislaman umat Muslim di Indonesia.

b. Isi Proposal

1. Nama dan Tema Kegiatan
Peringatan Maulid Nabi 2023/1445 H ini akan mengusung tema “Peringatan Maulid Nabi SAW 1445 H: Memperdalam Rasa Cinta Pada Rasulullah SAW dengan Meneladani Sifatnya dalam Kehidupan”

2. Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu:
– Tausyiah Islami
– Lomba Tahfidz dan Adzan
– Lomba Kaligrafi
– Santunan Anak Yatim

3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Berikut ini adalah waktu dan tempat pelaksanaan Maulid Nabi 2023/1445 H.
Hari dan Tanggal: Kamis, 28 September 2023
Pukul: 08.00 – selesai
Tempat Pelaksanaan: Masjid At-Takwa

4. Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan Maulid Nabi ini adalah masyarakat setempat, berikut ini rinciannya.
– Tausyiah Islami: Seluruh masyarakat tanpa batasan usia.
– Lomba Tahfidz, Adzan, dan Kaligrafi: 7-10 tahun.
– Santunan Anak Yatim: Seluruh anak yatim panti asuhan Asiyah.

5. Susunan Acara
Berikut ini adalah susunan acara kegiatan Maulid Nabi 2023:

SUSUNAN ACARA MAULID NABI 2023

Absensi 08.00 – 08.30 WIB
Pembukaan 08.30 – 08.40 WIB
Kata Sambutan 08.30 – 08.40 WIB
Penampilan Musik Tradisional Islam 08.50 – 09.00 WIB
Tausiyah Islami oleh Ustadz 09.00 – 10.30 WIB
Lomba Tahfidz 10.30 – 11.30 WIB

Istirahat dan Sholat Dzuhur Berjamaah

11.30 – 12.20 WIB
Lomba Adzan 12.20 – 13.00 WIB
Lomba Kaligrafi 13.30 – 14.00 WIB
Pengumuman Pemenang Lomba 14.00 -14.20 WIB
Santunan Anak Yatim dan Penutupan 14.20 – Selesai

6. Anggaran Biaya
Berdasarkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, maka kegiatan Maulid Nabi 2023 ini membutuhkan dana sekitar Rp 10.000.000. Adapun dana yang tersedia saat ini adalah sebesar Rp. 4.000.000.

c. Penutup

Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat. Kami selaku panitia penyelenggara berharap adanya kontribusi atau partisipasi dari seluruh pihak demi kelancaran kegiatan Maulid Nabi 2023 di Masjid At-Takwa ini.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Untuk mendapatkan contoh proposal Maulid di masjid di atas, Anda dapat mendownlaodnya di tautan berikut ini.

DOWNLOAD PROPOSAL MAULID WORD

Penutup

Itulah beberapa contoh proposal Maulid di Masjid, sekolah, hingga kampung untuk tahun 2023 yang baik dan benar. Semoga proposal Maulid word di atas bermanfaat untuk Anda!

Jangan lupa sebarkan informasi ini kepada orang lain agar turut mendapatkan manfaatnya. Apabila Anda ingin mengetahui informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda bisa mengunjungi Evermos untuk mengambil tawaran mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal.

Apalagi, jika Anda tertarik untuk memulai usaha dan masih pemula dalam berbisnis, maka Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller Evermos.

Melalui program reseller Evermos, Anda akan memulai bisnis tanpa modal, bertemu dengan supplier aman dan terpercaya, mendapatkan bimbingan berbisnis, serta banyak manfaat lainnya.

Tertarik? Klik tombol di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)