10+ Contoh Kata Pengantar Makalah, Proposal yang Bagus

Dalam membuat sebuah karya tulis misalnya seperti makalah, membuat buku, mengerjakan tugas-tugas sekolah kita akan memerlukan contoh kata pengantar. Kedudukan dan fungsi kata pengantar sangat penting dalam sebuah dokumen atau makalah. Sebelum kita dapat membuat kata pengantar tersebut, yuk simak beberapa contoh kata pengantar berikut.

Sebagaimana kita membaca suatu tulisan atau buku karya dari seorang penulis, tentu kita dapat melihat adanya kata pengantar terlebih dahulu sebelum menuju isi atau konten tulisan tersebut.

Untuk dapat mengenali lebih dalam tentang kata pengantar, mari kita simak apa itu kata pengantar, ciri kata pengantar, contoh kata pengantar dan ulasannya dalam artikel berikut.

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 2 Orang dan Lebih dari 3 Orang, Simak Contohnya!

Pengertian Kata Pengantar

Apa itu kata pengantar? Kata pengantar adalah salah satu bagian pendahuluan atau bagian awal dari sebuah karya ilmiah. Dalam kata pengantar, penulis biasanya mengucapkan rasa syukur dan rasa terimakasih kepada pihak yang telah membantunya dalam menyelesaikan karya tersebut.

Kata pengantar juga mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun bagi karya tersebut guna membangun penyempurnaan karya tulis yang akan dibuat selanjutnya.

Sehingga dalam ciri-ciri kata pengantar, akan terdapat kata kata rasa syukur terhadap tersusunnya karya tersebut, kemudian rasa terimakasih kepada berbagai pihak, dan ditutup dengan harapan saran dan kritik dari para pembaca karya sang penulis.

Cara Membuat Kata Pengantar

Kata pengantar berisikan informasi yang hendak ingin disampaikan dari sang penulis kepada para pembacanya. Umumnya, atau pengantar hanya berisikan sekitar satu halaman saja sehingga Kamu perlu menuliskan kata pengantar dengan efektif dan bermakna ketika dibaca. 

Kata pengantar diperlukan oleh sang penulis untuk membuat sebuah makalah, karya tulis, atau sebagainya.

Adapun cara membuat kata pengantar tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bagian Pembuka

Dalam bagian pembuka karya tulis atau makalah berisikan kata pengantar pada bagian awal dengan menuliskan ucapan syukur dan terimakasih dari penulis. Pertama-tama, kita perlu mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Allah SWT, setelah itu barulah pihak-pihak yang terlibat untuk menyusun karya tulis tersebut.

2. Isi Kata Pengantar

Selanjutnya, kamu bisa menuliskan isi pada bagian kata pengantar yaitu berupa informasi mengenai karya tulis ataupun makalah tersebut. Contohnya, kita perlu menyampaikan gambaran tentang penelitian atau tujuan dari makalah tersebut.

3. Bagian Penutup

Pada bagian penutup, penulis akan menyampaikan berupa permohonan maaf dan meminta kritik serta saran yang membangun. Kamu dapat menuliskan permohonan maaf untuk menginformasikan kepada para pembaca apabila terdapat kekeliruan apabila tulisan yang dibaca ternyata ada di bawah ekspektasi pembacanya.

Kalimat penutup dilanjutkan untuk meminta kritik dan saran yang dapat membangun karya tersebut untuk tulisan selanjutnya yang akan dibuat.

Contoh Kata Pengantar untuk Makalah

Contoh Kata Pengantar
Sumber: pexels.com

Contoh kata pengantar kesatu

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami untuk menyelesaikan makalah ilmiah tentang Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Pelestarian Lingkungan Hidup.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Tentunya makalah ini tidak akan maksimal jika tidak didukung oleh berbagai pihak.

Sebagai penyusun, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam makalah ini, baik dalam penyusunan maupun dalam penyampaian tata bahasanya. Oleh karena itu, dengan rendah hati kami menerima saran dan kritik dari para pembaca agar makalah ini dapat kami perbaiki.

Semoga makalah yang telah kami susun ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca.

Bandung, 28 September 2022

Penyusun

Contoh kata pengantar kedua

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya sebagai penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Pembangunan Nasional Dilihat Melalui Perspektif Sejarah” tepat pada waktunya

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah sejarah. Selain itu, makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca dan penulis tentang perkembangan nasional dalam perspektif sejarah.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Yuni selaku guru sejarah yang telah memberikan bimbingan dan ilmu kepada penulis. Terima kasih juga disampaikan kepada beberapa pihak yang telah membantu kelancaran penyusunan makalah ini.

Penulis sangat menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Penulis mohon saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan karya ini.

Bandung, 11 Agustus 2022

Penulis

Contoh Kata Pengantar Ketiga

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, pada akhirnya kami dapat menyusun Laporan Keuangan Kecamatan Lengkong Kelurahan Lingkar Selatan Tahun 2022 yang meliputi Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Per 31 September 2022 dan Neraca Per 31 September 2022 dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Laporan keuangan disusun sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah atas amanat yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan Undang-Undang Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Tim Pelaksana Laporan Keuangan Kabupaten Jonggol atas segala upaya yang dilakukan dalam penyusunan laporan keuangan ini. Semoga dengan penyusunan laporan keuangan ini, Kabupaten Bogor dapat menjadi Kabupaten yang paling maju sesuai dengan visi dan misinya.

Bandung, 2 Oktober 2022

Bandung Camat

Contoh kata pengantar laporan

Contoh Kata Pengantar
Sumber: pexels.com

Contoh kata pengantar 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan panjatkan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan proposal Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Islam Bandung yang berjudul “Pengembangan Model Ekowisata Agro dan Optimalisasi Potensi Desa Sagarahiang sebagai Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai” yang dilaksanakan sejak bulan Juni hingga Agustus 2022.

Kami ucapkan terimakasih kepada Ibu Dr. Ir. Azzahra Suci, M.Sc selaku dosen pembimbing lapangan, Bapak Budi Sutiono A, Md selaku Kepala Desa Sagarahiang beserta jajarannya, dan Bapak Dono selaku pengelola situs sejarah di Desa Sagarahiang yang telah memberikan saran, arahan dan masukan. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu atas bantuan dan dukungannya tersusun laporan berikut. Semoga proposal laporan KKN Tematik berikut ini dapat disetujui dan diterima

Bandung, 11 Agustus 2022

Penyusun

Contoh kata pengantar proposal

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul “ANALISA PENERAPAN AKUNTANSI TERHADAP DANA PENSIUN PADA PT XXX KANTOR PUSAT” tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi.

Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:

  1. Bapak Doni Ramdhani, SE, Msi, Akt selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.
  2. Pimpinan PT X, Bapak X dan seluruh staff perusahaan atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.
  3. Bapak, Ibu, serta adikku yang telah memberikan doa, dorongan dan semangat selama penyusunan skripsi ini.
  4. Teman-temanku satu bimbingan penelitian proposal, Risa Amalia Putri yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal penelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga proposal penelitian ini berguna bagi para pembaca dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Bandung, Juli 2022

Penulis

Contoh kata pengantar skripsi

Contoh Kata Pengantar
Sumber: pexels.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur selalu tercurahkan kepada Ilahi Rabbi Allah Swt. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat melaksanakan dan menyusun skripsi ini dengan baik. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta  keluarga, para sahabat dan para pengikutnya seluruh umat Islam.

Penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan skripsi ini banyak mengalami kendala, namun berkat bantuan, bimbingan, kerjasama dari berbagai pihak dan berkah dari Allah SWT sehingga kendala-kendala yang dihadapi tersebut dapat diatasi. Penulis mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Kedua orang tua ayahanda beserta seluruh keluarga yang telah membesarkan dengan penuh cinta, dan kasih sayang, memberikan doa, motivasi, semangat, dukungan, dan berjuang hingga penulis mencapai perguruan tinggi.

Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan skripsi ini diantaranya adalah:

  1. Prof. Dr. H. Arief Rachmat, M.Si. Selaku Rektor UIN Alauddin Makassar, dan Para Wakil Rektor serta staf UIN Alauddin Makassar.
  2. Dr. H. Abd. Rasyid Anshori, S.Ag., M.Pd., M.Si.,M.M selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar,
  3. Dr. Misbahuddin, M.Ag., dan Yana Musi, S. Sos., M. I.Kom selaku Pembimbing I dan II.
  4. Kepada para mahasiswa beserta orang tua yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan penelitian.
  5. Serta seluruh pihak yang telah membantu dalam proses penulisan skripsi ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Penulis menyadari betul bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, walau bagaimana pun penulis berusaha memberikan yang terbaik dari ketidaksempurnaan yang ada. Demikian segala saran dan kritik yang tertuju pada penulisan ini, penulis terima dengan lapang dada dan ikhlas. Semoga  Allah Swt. Dapat membalas segala kebaikan yang penulis terima, amin ya rabbal alamin.

Wassalamu’ alaikum Wr. Wb.

Bogor, 26 Juli 2022

Penulis

Nah, itulah beberapa contoh kata pengantar yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi karya tulis atau tugas besar lainnya.

Semoga dapat bermanfaat sekaligus menginspirasi, ya! Jangan lupa sebarkan artikel Blog Evermos berikut kepada teman-teman Kamu, dan orang-orang terdekat yang membutuhkannya.

Mau punya penghasilan mandiri hanya dengan jualan produk di HP? Gabung jadi reseller Evermos tanpa modal sekarang juga, dan raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)