Contoh Kata Sambutan Maulid Nabi yang Singkat, Padat, Jelas dan Berkesan

Maulid Nabi merupakan hari besar Islam yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal. Pada tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada tanggal 28 September 2023. Jika Anda adalah penting dari acara Maulid Nabi, maka Anda perlu persiapkan kata sambutan Maulid Nabi dari sekarang. 

Kegiatan perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi umat Islam sejak dulu sebagai bentuk kehormatan dan kecintaan terhadap Rasulullah SAW. Biasanya, peringatan Maulid Nabi ini akan berlangsung dengan beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia pelaksana. 

Beberapa kegiatan yang biasa dilaksanakan saat peringatan Maulid Nabi yaitu ceramah atau tausiyah, tabligh akbar, santunan anak yatim, hingga berbagai kompetisi Islami. Nah, pastinya untuk memulai acara-acara tersebut, panitia perlu membukanya dengan kata sambutan. 

Kata sambutan ini juga merupakan bagian dari susunan acara Maulid Nabi. Biasanya, kata sambutan akan disampaikan oleh ketua panitia pelaksana serta beberapa pihak berwenang seperti ketua RT, Bupati, kepala sekolah, dan pihak lainnya sesuai dengan cakupan acara. 

Dalam menyampaikan kata sambutan, juga tidak boleh asal-asalan. Sebab, akan membuat hadirin kegiatan merasa bosan dan tidak nyaman mengikuti kegiatan. Anda harus bisa menyampaikan kata sambutan yang singkat, padat, jelas, dan menarik. 

Untuk itu, artikel ini akan memberikan Anda beberapa contoh teks kata sambutan Maulid Nabi yang bagus dan akan membuat hadirin terkesan. 

Baca juga: 4 Contoh Proposal Maulid Nabi Lengkap dan Singkat yang Benar

Contoh Kata Sambutan Ketua Panitia Maulid Singkat

Ketika memulai kata sambutan hendaklah memulainya dengan kata mukadimah, lalu dilanjutkan dengan kalimat sambutan lainnya. Berikut ini adalah contoh teks kata sambutan ketua panitia Maulid Singkat yang dapat Anda jadikan referensi.

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Assalatu wassalamu ala asrofil anbiya iwal mursalin. Wa ala alihi wasohbihi ajma’in.

Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu…

Yang saya hormati, para hadirin tamu undangan kegiatan peringatan Maulid Nabi 1445 Hijriah.

Puji syukur kita panjatkan kepada kahadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat serta kasih sayangnya kepada kita, sehingga pada hari Maulid Nabi ini, kita masih mendapatkan kesehatan dan rezeki yang cukup. Sholawat turut dikirim kepada Nabi Muhammad SAW, sosok suri teladan bagi umat manusia. 

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah menghadiri kegiatan perayaan Maulid Nabi 1445 Hijriah pada hari ini. Selain itu, tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah berusaha dengan maksimal demi terselenggaranya kegiatan Maulid Nabi ini. 

Hari ini tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal, merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, untuk menghormati dan meningkatkan rasa cinta kepada Rasulullah, maka terlaksanalah acara Maulid Nabi hari ini. 

Saya selaku ketua panitia, mewakili teman-teman panitia lainnya memohon maaf apabila selama berlangsungnya acara ada kekurangan yang terjadi baik disengaja ataupun tidak. Semoga acara hari ini memberikan kesan yang baik untuk hadiri semua. 

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada acara Maulid Nabi ini.

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Tentang Maulid Nabi Singkat Beserta Dalilnya dari Berbagai Tema.

Kata Sambutan Maulid Nabi yang Singkat untuk Kepala Sekolah

Selanjutnya, biasanya instansi pendidikan juga turut menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi. Ketika kegiatan Maulid Nabi di sekolah, maka salah satu susunan acaranya yaitu kata sambutan oleh kepala sekolah. Berikut ini kata sambutan Maulid Nabi yang singkat untuk kepala sekolah.

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina man yahdillahu falaa mudhillalahu waman yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu alla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammdan ‘abduhuu warosuluh.

Yang kami hormati, Bapak dan Ibu guru SMA 5 Bukittinggi, serta seluruh siswa dan siswi yang Allah rahmati. 

Pertama-tama, puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita sampai pada hari Maulid Nabi 1445 Hijariah ini. Shalawat serta salam tidak lupa pula kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara kegiatan peringatan Maulid Nabi hari ini. 

Dengan rasa syukur dan bahagia, kita berkumpul di sini untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah momen yang istimewa bagi kita sebagai umat Islam, karena hari ini kita kembali mengenang kelahiran Rasulullah SAW yang membawa cahaya petunjuk bagi seluruh umat manusia.

Dalam momen yang penuh berkah ini, mari kita bersama-sama merenungkan ajaran-ajaran Nabi yang penuh kasih sayang, kebijaksanaan, dan keadilan. Mari kita berusaha mengikuti jejaknya dalam memberikan pendidikan yang berkualitas, berpegang teguh pada nilai-nilai kebaikan, dan menciptakan lingkungan yang penuh toleransi dan persatuan di sekolah ini.

Semoga Maulid Nabi ini membawa berkah dan inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan tugas kita dalam dunia pendidikan. Saya berharap acara hari ini dapat berjalan dengan lancar dan seluruh warga SMA 5 Bukittinggi dapat mengambil nilai-nilai baik pada hari ini. Terima kasih atas perhatiannya. 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga: 55 Contoh Tema Maulid Nabi Singkat dan Menarik Serta Maknanya untuk 2023.

Contoh Kata Sambutan Ketua Panitia Maulid di Masjid

Selanjutnya, berikut ini teks sambutan panitia Maulid Nabi untuk kegiatan di Masjid.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wasshalatu wassalamu ‘ala saidina muhammadin wa ‘ala alihi wasahbihi ajma’in. Amma ba’du. 

Segala puji hanya untuk Allah SWT, yang telah mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di Masjid Jami’ Nurul Falah pada hari ini. 

Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada Rasulullah SAW, keluarga dan sahabatnya, serta orang-orang yang setia mengikuti ajarannya. Mari kita mulai dengan sebuah pantun.

Gulai ikan patin khas Palembang, Membuat lidah semua orang senang. Sungguh agama Islam yang indah, Menuntun kita ke jalan yang lurus dan cerah.

Yang terhormat, Bapak/Ibu… 

Yang saya hormati, para Bapak, Ibu, dan saudara saudari sekalian yang senantiasa dirahmati dan dicintai Allah SWT. 

Sebagai Ketua Panitia Maulid, dengan rendah hati saya ingin menyampaikan salam kasih dan penghormatan kepada seluruh hadirin yang hadir di masjid kita yang mulia ini. Hari ini, kita berkumpul dalam kebahagiaan dan keberkahan untuk merayakan Maulid Nabi.

Maulid Nabi ini bukan hanya sebuah perayaan, tetapi juga momen istimewa untuk merefleksikan ajaran luar biasa yang dibawa oleh Nabi kita yang mulia. Rasulullah SAW adalah teladan sempurna bagi seluruh umat manusia, dan kita berusaha untuk mengikuti jejaknya di kehidupan sehari-hari .

Kita, sebagai umat Islam, memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memahami pesan-pesan cinta, kedamaian, dan kasih sayang yang Nabi Muhammad SAW ajarkan. Semoga dengan merayakan Maulid ini, kita semakin terinspirasi untuk meneladani ajaran-ajaran beliau dalam segala aspek kehidupan kita.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk mengorganisir acara ini dan kepada semua hadirin yang telah datang untuk merayakannya bersama-sama. Semoga Allah SWT memberkahi kita semua dan menjadikan perayaan Maulid Nabi ini sebagai momen yang membawa perubahan positif dalam hidup kita.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Anda semua. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Penutup 

Demikianlah ulasan mengenai contoh kata sambutan Maulid Nabi yang singkat, padat, dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda! Apabila Anda ingin mengetahui informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda dapat kunjungi Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal. Apalagi, jika Anda tertarik memulai usaha sebagai pebisnis pemula, maka Anda bisa memulainya sebagai reseller Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan penawarannya!

YUK, GABUNG DISINI!