Bacaan Dzikir supaya Hati Tenang, Amalkan Setiap Hari!

bacaan dzikir supaya hati tenang

Bacaan dzikir supaya hati tenang – Sebagai manusia biasa, tentu Anda sering merasakan gelisah yang tak menentu dan tak karuan.

Hal itu adalah hal yang wajar karena bagaimana pun setiap manusia memiliki masalah dan kegelisahannya masing-masing.

Ada orang yang gelisah dan galau karena takut akan kehilangan sesuatu. Kemudian ada yang gelisah karena takut usahanya tidak ramai pembeli.

Selain itu ada pula yang gelisah karena cinta. Masih banyak hal yang bisa membuat orang gelisah dan menjadi gundah gulana.

Namun, sebagai orang yang beragama Islam, tentu Anda bisa melakukan dzikir dan berdoa kepada Allah agar diberi ketenangan hati.

Nah, jika Anda merasakan gelisah, simak artikel berikut ini tentang bacaan dzikir supaya hati tenang. Berikut artikelnya untuk Anda.

Bacaan Dzikir supaya Hati Tenang

bacaan dzikir supaya hati tenang

Sumber: google.com/bersosial

Berdzikir adalah salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh umat Islam sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT.

Dzikir biasanya dilakukan setelah melakukan sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah.

Banyak sekali manfaat dzikir yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah membuat hati menjadi tenang.

Berikut ini adalah bacaan dzikir supaya hati tenang yang bisa Anda amalkan setiap hari:

1. Bacaan dzikir supaya hati tenang Laa ilaha illallah

Jika hati Anda gelisah dan tidak tenang, yang pertama bisa Anda lakukan adalah membaca kalimat Laa ilaha illallah yang artinya “Tiada Tuhan selain Allah”.

Kalimat ini adalah kalimat meyakinkan hati bahwa hanya Allah tuhan di duna ini dan dengan begitu Anda bisa berpikir bahwa masalah yang Anda hadapi akan ada Allah yang menolong.

Selain membaca kalimat Laa ilaha illallah Anda juga bisa memanjangkan kalimatnya menjadi Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah. Tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah kekuasaan dan milik-Nya lah segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Atasnya kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Berdasarkan arti tersebut, Anda harus yakin bahwa Anda tidak sendiri, ada Allah yang Maha Kuasa atas segalanya.

Percayalah bahwa Allah akan menolong Anda, maka Insha Allah hati Anda menjadi tenang setelah membaca bacaan dzikir supaya hati tenang tersebut.

2. Membaca Hasbunallah Wani’mal Wakil Ni’mal Maula Wani’man Nasir

Selanjutnya Anda bisa membaca kalimat Hasbunallah Wani’mal Wakil Ni’mal Maula Wani’man Nasir. 

Selain kalimat Laa ilaha illallah yang bisa Anda baca agar hati Anda menjadi tenang, bacaan dzikir supaya hati tenang seperti Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal wakil wani’man nasir juga bisa Anda baca setiap hari.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya: “Cukuplah Allah sebagai Pelindung kami, Dia sebaik-baik Wakil yang kami dambakan, dan Dia sebaik-baik Penolong yang kami harapkan.”

Dari artinya saja, jika Anda berdzikir dan mengucapkan kalimat tersebut dengan penuh penghayatan dan keyakinan, maka hati Anda bisa menjadi tenang.

Resapi arti dan maknanya, Allah adalah Maha Penolong. Jadi, jangan takut untuk menghadapi masalah yang ada di depan Anda karena Allah selalu bersama Anda.

3. Membaca ayat kursi

Selain dua bacaan dzikir supaya hati tenang di atas, amalkan juga ayat kursi setiap hari agar hati Anda lebih tenang dan tak gelisah.

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur.

Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? 

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. 

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Membaca ayat kursi mampu menenangkan hati dan Allah akan memberikan perlindungan kepada Anda dari sesuatu yang jahat.

Oleh karena itu, jika Anda sedang gundah gulana, cepat ambil wudhu dan segera membaca dzikir yang salah satunya adalah ayat kursi agar hati menjadi tenang.

Doa agar Hati Menjadi Tenang

bacaan dzikir supaya hati tenang

Sumber: google.com/bersosial

Selain dzikir kepada Allah untuk meminta agar mendapat ketenangan hati, Anda juga bisa berdoa kepada Allah agar hati menjadi tenang.

Berikut ini adalah doa yang bisa Anda panjatkan kepada Allah agar mendapatkan ketenangan hati.

1. Doa agar hati tak gelisah 

“Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali”

Artinya: Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)

2. Doa agar dilindungi dari hal negatif

“Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.

3. Doa agar hati tenang

“Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma-innah, tu’minu biliqoo-ika’ watardhoo bi qodhooika wataqna’u bi’athooika”

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.

4. Membaca surat Thaha ayat 25-28

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya: Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku (QS. Thaha: 25-28).

Itulah bacaan dzikir supaya hati tenang yang bisa Anda amalkan setiap hari. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa untuk terus kunjungi situs Blog Evermos dan dapatkan artikel islami menarik lainnya.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,

2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas

3. Akses E-Katalog tanpa batas

4. Belajar bisnis dipandu trainer professional

5. Gratis Ongkir*

6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,

7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat

8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut.

YUK, GABUNG DISINI!

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×