6 Dzikir untuk Membalas Sakit Hati Kepada Orang Lain Menurut Ajaran Islam

Mengamalkan doa dan dzikir untuk membalas sakit hati adalah salah satu cara ampuh yang dapat kamu lakukan ketika tersakiti oleh perbuatan atau perkataan orang lain.

Dibandingkan kamu melakukan perbuatan serupa kepada orang tersebut, lebih baik kamu membaca dzikir dan doa balas dendam jalur langit yang sesuai dengan ajaran Islam.

Sudah tahu apa saja bacaanya? Jika belum, mari simak beberapa dzikir untuk membalas sakit hati beserta serangkaian doanya di artikel ini.

Baca juga: Amalan Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal.

Doa dan Dzikir untuk Membalas Sakit Hati

dzikir untuk membalas sakit hati
Sumber: blog.evermos.com

Bacaan dzikir dan doa manjur untuk menyumpahi orang ini tidak hanya diamalkan sebagai bentuk balas dendam, namun juga sebagai pengingat agar kita selalu berserah diri kepada Allah SWT.

1. Wirid Membalas Sakit Hati

Berikut ini adalah bacaan wirid sakit hati yang dapat kamu amalkan untuk membalas perbuatan maupun perkataan buruk dari orang lain.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanallah Walhamdulillah Wala ilaha Illallah Wallahu Akbar.

Artinya: “Maha Suci Allah, dan Segala Puji Bagi-Nya, dan Tiada Tuhan Selain Allah, Allah Yang Maha Besar”.

Selain membaca wirid, kamu bisa menambahkan bacaan doa agar diberikan kesabaran. Simak bacaannya disini: Doa Agar Diberi Kesabaran dan Keikhlasan Hati.



2. Dzikir untuk Balas Dendam

Selain wirid, kamu juga dapat amalkan dzikir untuk orang yang menyakiti hati kita tanpa membalasnya dengan perbuatan buruk yang serupa. Berikut bacaannya: 

اللَّهُمَّ اجُرْنِي في مُصِيبَتِي وَاخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

Allahuma ajurni fi mushibati wa akhlifli khaira minha.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.”

3. Ayat Kursi untuk Balas Dendam

Cara membalas sakit hati dengan ayat kursi adalah dengan rutin membaca dan menghafalkannya. Selain itu, kamu bisa amalkan bacaan ayat kursi sebagai dzikir sehari-hari. Berikut bacaannya:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya) Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa isinya? Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apapun dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah:225)

4. Doa untuk Membalas Orang yang Menzalimi Kita

Berikutnya juga ada doa ketika sakit hati oleh seseorang yang Rasulullah ajarkan kepada para sahabat ketika hati merasa sedih. Berikut doa dan dzikir untuk membalas sakit hati:

اللَّهُمَّ أَجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَاخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

Allahumma Ajurni Fi Mushibati Waahlif Lii Khoiro Minha.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.” (HR Tirmidzi).

Sebagaimana umat Muslim ketahui, bahwa Allah SWT Maha Membolak-balikkan hati seseorang.

Sehingga, sakit hati karena kendala dalam komunikasi juga dapat diupayakan dengan doa meluluhkan hati seseorang allahumma inni as aluka berikut.

5. Doa Membalas Sakit Hati dengan Surat Yasin

Cara meyasinkan orang yang menyakiti kita dengan membacanya terutama pada ayat ke 82 selepas sholat atau saat sedang tersakiti dengan penuh keikhlasan serta pemahaman yang baik.

Berikut bacaannya:

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Innamaa amruhuu idzaa araada syai’an ay yaqûuula lahuu kun fa yakuun.

Artinya: “Sesungguhnya ketetapan-Nya, jika Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka, jadilah (sesuatu) itu.”

6. Doa Agar Orang yang Menzalimi Kita Sadar

Selain doa orang yang telah menyakiti hati kita di atas, Anda juga bisa panjatkan doa membuat orang yang menghina kita menyesal, berikut ini. 

حَسْبِىَ اللّٰهُ لِدِيْنِىْ حَسْبِىَ اللّٰهُ لِدُنْيَايَ حَسْبِىَ اللّٰهُ لِمَنْ اَهَمَّنِىْ حَسْبِىَ اللّٰهُ لِمَنْ بَغَاعَلَىَّ حَسْبِىَ اللّٰهُ لِمَنْ كَادَنِىْ بِسُوْءٍوَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللّٰهِ

Hasbiyallaahu lidiinii, hasbiyallaahu lidunyaa, hasbiyallaahu liman ahammanii, hasbiyallaahu liman baghaa ‘alayya, hasbiyallaahu liman kaada nii bisuu-in walaa haula walaa quwwata illaa billaahi.

Artinya : “Cukuplah Allah (penolong) bagi agamaku, cukuplah Allah (penolong) bagi duniaku, cukuplah Allah (penolong)-ku terhadap sesuatu yang menyusahkanku, cukuplah Allah (penolong)-ku terhadap orang yang menganiayaku, cukuplah Allah (penolong)-ku terhadap orang yang ingin berbuat jahat kepadaku, tak ada daya dan kekuatan selain dengan pertolongan Allah.”

Cara Membalas Orang yang Menyakiti Perasaan Kita

dzikir untuk membalas sakit hati
Sumber: blog.evermos.com

Islam mengajarkan kita untuk tidak membalas perbuatan orang yang menyakiti kita dengan cara yang tidak baik. Untuk itu, selain mengamalkan doa sakit hati di atas, lakukan juga hal berikut:

  • Memaafkan orang yang menyakiti sejauh kita mampu melakukannya.
  • Bersikap baik kepada semua orang agar dapat meredakan konflik.
  • Berdoa kepada Allah SWT agar diberikan hati yang kuat untuk bersabar.
  • Menjaga hati dari kemarahan agar tetap tenang dalam menyelesaikkanya.
  • Berbicara dengan baik, lemah lembut dan bijaksana.
  • Meninggalkan suasana atau situasi yang tidak mengenakkan karena orang lain.
  • Selalu belajar dari pengalaman dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

Baca juga: Dzikir untuk Membakar Bisikan Jahat dalam Hati.

Hikmah Ketika Hati Tersakiti dalam Islam 

Itulah beberapa dzikir dan doa beserta cara membalas orang yang menyakiti hati kita. Ingatlah, bahwa hikmah ketika hati tersakiti dalam Islam yaitu diberikan limpahan pahala atas kesabaran.

Apalagi jika kamu mampu memaafkannya tanpa melakukan perbuatan buruk yang serupa kepada orang tersebut.

Seperti sabda dari Rasulullah SWT yaitu, “Tidaklah seseorang memaafkan kezaliman (terhadap dirinya) kecuali Allah akan menambah kemuliaannya,” (HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi).

Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Selain mengetahui tentang doa dan dzikir membalas sakit hati, kamu juga bisa mengunjungi Evermos untuk mendapatkan penawaran berbisnis tanpa modal.

Yuk, klik tombolnya di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)