Jangan Balas Dendam, Baca Doa dan Dzikir untuk Membalas Sakit Hati


"Tetap tabah ya, sambil baca doa berikut!"

Sedang sakit hati karena seseorang atau sidia? Tenang, biar hati lebih sejuk yuk baca Dzikir untuk membalas sakit hati berikut, jamin anti-galau lagi! 😉

Ketika hubungan Anda tidak sedang baik-baik saja, Anda berhak untuk meluapkan segala kekesalan misalnya dengan menangis atau hal lainnya asalkan tidak berlebihan dan merugikan diri sendiri dan orang lain. Artikel ini akan mengulas doa dan dzikir untuk membalas sakit hati ketika Anda sedang dilanda rasa sedih, kecewa maupun emosi.

Pada dasarnya hidup terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita bayangkan dan inginkan.

Ada kalanya hal-hal tertentu yang membuat kita sakit hati lantas menimbulkan rasa dendam.

Rasa sakit hati itu bisa karena pekerjaan, keluarga, hingga masalah percintaan.

Sakit hati, kecewa, sedih, dan dendam adalah perasaan manusiawi yang dimiliki setiap manusia yang hidup di dunia ini.

Namun, sebagai orang yang beriman, ada tuntunan yang menjadi obatnya.

Kondisi jarak yang berjauhan membuat Anda dan pasangan menjadi renggang, bacalah doa meluluhkan hati seseorang dari jarak jauh berikut agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar.

Dzikir untuk Membalas Sakit Hati

dzikir untuk membalas sakit hati
Sumber: pexels.com

Allah SWT berfirman dalam sebuah ayat Al-Quran: “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” [Ar-Ra’du:28]

Nah, zikir ini ternyata bisa menjadi salah satu obat mujarab bagi Anda yang sedang merasakan rasa sedih maupun sakit hati. Lalu, doa dan dzikir untuk membalas sakit hati apa saja yang paling ideal?

Berikut ini doa dan dzikir untuk membalas sakit hati yang paling di sukai oleh Allah:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Latinnya: Subhanallah Walhamdulillah Wala ilaha Illallah Wallahu Akbar

Artinya: “Maha Suci Allah, dan Segala Puji Bagi-Nya, dan Tiada Tuhan Selain Allah, Allah Yang Maha Besar”.

Nah, doa dan dzikir untuk membalas sakit hati di atas bisa Anda bacakan berulang-ulang seraya memikirkan hal-hal yang akan membuat perasaan kita senang dan mengingat sang pencipta kita Allah SWT, pasti akan memberikan jalan keluar yang terbaik untuk hambanya yang sedang berikhtiar dan tawakal.

Lantas, selain doa dan dzikir untuk membalas sakit hati di atas, Anda bisa juga membaca doa yang satu ini. Doa ini khusus agar kita bisa mengikhlaskan diri kita sendiri untuk menerima segala kondisi yang membuat kita sakit hati.

Dikutip dari situs kompas tv, doa yang diajarkan Rasulullah kepada para sahabatnya untuk selanjutnya diamalkan saat hati merasa sedih. Berikut doa dan dzikir untuk membalas sakit hati yang bisa Anda baca.

Allahumma Ajurni Fi Mushibati Waahlif Lii Khoiro Minha

Artinya: “Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.” (HR Tirmidzi).

Sebagaimana yang diketahui oleh umat Muslim, Allah SWT Maha Membolak-balikkan hati seseorang. Kendala dalam komunikasi dapat diupayakan dengan doa meluluhkan hati seseorang allahumma inni as aluka berikut.

Semoga Allah selalu memberikan kelapangan hati semua umatnya yang beriman untuk dapat mengikhlaskan segala beban yang membuat sakit hati dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Doa dan Wirid Membalas Sakit Hati

Dalam hidup ini tentu apa yang kita inginkan tidak selalu bisa kita dapatkan. Slelau ada saja kejadian yang akan membuat kita mengalami rasa kecewa dan sakit hati. Saat merasa sakit hati, tentunya kita akan merasa sangat merana.

Apalagi jika ada yang menyakiti hati kita adalah salah satu orang terdekat, mungkin akan semakin tidak karuan rasanya.

Dengan alih-alih berusaha menyembuhkan, akhirnya kita malah lebih cenderung menyimpan rasa dendam.

Namun, perlu untuk Anda ingat, kita harus berteguh diri untuk tidak menjadi orang yang memberikan kesulitan kepada orang lain.

Karena balas dendam bukanlah solusi yang tepat.

Salah satu bentuk ujian yang dapat melatih kesabaran kita adalah saat menghadapi orang yang keras kepala, sombong, iri, angkuh terhadap diri. Tidak perlu membalas, Anda dapat membaca doa mujarab untuk meluluhkan hati seseorang berikut.

Selain itu kita juga dapat mengingat sabda Rasulullah mengenai 3 golongan manusia yang doanya cepat diijabah oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah doa dan wirid membalas sakit hati:

“Ada tiga golongan manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doanya orang yang dizalimi. Allah akan mengangkat doanya sampai di atas awan dan dibukakan pintu-pintu langit untuknya, dan Allah berfirman : Demi keagungan-Ku, Aku benar-benar akan menolongmu meskipun tidak serta merta.”(HR. Tirmidzi dan yang lainnya, hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Hikmah dari Sakit Hati

Jadi bila Anda sedang disakiti janganlah membalas dendam, mintalah kepada Allah SWT untuk selalu diberikan kekuatan agar mudah memaafkan.

Hikmahnya adalah agar kita selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Serta limpahkan pahala atas kesabaran dalam menghadapi rasa sakit hati, tanpa perlu membalasnya.

Allahuma ajurni fi mushibati wa akhlifli khaira minha.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.”

Bagaimanapun, dalam agama islam tidak pernah disarankan untuk membalas dendam. Memaafkan adalah salah satu sifat mulia, dan menghapus rasa sakit hati dan ikhlas.

Berat rasanya untuk mengobati rasa sakit hati, tapi kita harus bisa melaluinya dengan cara yang pernah diajarkan Rasulullah. Ini semua dilakukan agar hati kita selalu menjadi lapang, memiliki keselamatan di dunia dan di akhirat kelak.

Rasulullah bersabda, “Tidaklah seseorang memaafkan kezaliman (terhadap dirinya) kecuali Allah akan menambah kemuliaannya,” (HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi).

Doa Orang yang Tersakiti atau Dizalimi

Dikutip dari situs wajibbaca, Meski Allah melarang kita mendoakan orang lain agar celaka atau mendapatkan musibah, namun khusus bagi orang-orang yang dizalimi atau di aniyaya Allah memperbolehkannya. Jadi saar seseorang sedang dizalimi dan disakiti dan membaca doa untuk orang yang sudah menyakiti hati kita agar ditimpa musibah, maka Insya Allah akan dikabulkan.

Allah SWT berfirman:

لَا يُحِبُّ اللَّهُ الْجَهْرَ بِالسُّوءِ مِنَ الْقَوْلِ إِلَّا مَنْ ظُلِمَ ۚ وَكَانَ اللَّهُ سَمِيعًا عَلِيمًا

Latinnya: Laa yuhibbu allaahu aljahra bialssuu-i mina alqawli illaa man zhulima wakaana allaahu samii’an ‘aliimaan.

Artinya: ”Allah tidak suka seseorang mengatakan sesuatu yang buruk kepada seseorang dengan terang-terangan melainkan orang yang dizalimi maka dia boleh menceritakan kezaliman tersebut, dan Allah itu maha mendengar dan maha mengetahui.” ( 148 : an-Nisa).

Jadi meski ada orang kafir atau jahat, hendaklah kita berlaku adil dan tidak berlebihan menzalimi mereka.

Sebab, doa orang tersakiti meski mereka itu kafir dan jahat, akan tetap dikabulkan oleh Allah SWT

Cara Menyakiti Orang Lewat Doa

Selain doa orang yang telah menyakiti hati kita di atas, kita juga dapat memanjatkan doa berikut ini kepada Allah SWT:

حَسْبِىَ اللّٰهُ لِدِيْنِىْ حَسْبِىَ اللّٰهُ لِدُنْيَايَ حَسْبِىَ اللّٰهُ لِمَنْ اَهَمَّنِىْ حَسْبِىَ اللّٰهُ لِمَنْ بَغَاعَلَىَّ حَسْبِىَ اللّٰهُ لِمَنْ كَادَنِىْ بِسُوْءٍوَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللّٰهِ

Latinnya: Hasbiyallaahu lidiinii, hasbiyallaahu lidunyaa, hasbiyallaahu liman ahammanii, hasbiyallaahu liman baghaa ‘alayya, hasbiyallaahu liman kaada nii bisuu-in walaa haula walaa quwwata illaa billaahi.

Artinya : “Cukuplah Allah (penolong) bagi agamaku, cukuplah Allah (penolong) bagi duniaku, cukuplah Allah (penolong)-ku terhadap sesuatu yang menyusahkanku, cukuplah Allah (penolong)-ku terhadap orang yang menganiayaku, cukuplah Allah (penolong)-ku terhadap orang yang ingin berbuat jahat kepadaku, tak ada daya dan kekuatan selain dengan pertolongan Allah.”

Adapun doa orang teraniaya Dan terzalimi dalam Al-Qur’an yang dapat Anda baca dalam Surat An-Naml Ayat 62, yang berbunyi:

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الأرْضِ أَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلا مَا تَذَكَّرُونَ

Latinnya: Amman ja’ala al-ardha qaraaran waja’ala khilaalahaa anhaaran waja’ala lahaa rawaasiya waja’ala bayna albahrayni haajizan a-ilaahun ma’a allaahi bal aktsaruhum laa ya’lamuuna.

Artinya: “Atau siapakah yang memperkenankan (do’a) orang yang dalam kesulitan, apabila ia berdo’a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan, dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah ada ilah (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingat-ingat(-Nya).” (QS.27:62).

Allah SWT memiliki sifat Maha Pengatur yang dapat membolakbalikkan seseorang. Apabila Anda menemui orang yang sulit untuk diubah hatinya, tak perlu khawatir. Cukup bacalah doa membolak balikkan hati seseorang berikut.

6 Hal yang Dapat Dilakukan Saat Kita Tersakiti

dzikir untuk membalas sakit hati
Sumber: pexels.com

Ada 6 hal yang bisa kita lakukan saat ada orang yang menyakiti kita. 

Termasuk diantaranya adalah melafalkan doa untuk orang yang telah menyakiti hati kita agar menyesalinya dan sadar atas kekhilafannya.

1. Muhasabah

Pertama kita harus mencoba untuk bercermin atau introspeksi diri. Apa yang membuat orang lain menyakiti kita?

Mungkinkah dia terluka karena kesalahan yang kita lakukan padanya?

Ataukah ini akhir dari dosa-dosa kita yang lalu? Masing-masing dari kita dapat menjawab dua pertanyaan ini.

2. Mendekatkan diri kepada Allah

Kedua, dekati Allah. Bersyukurlah karena Allah menjadikan kita orang yang teraniaya.

Sabar dan berdoa. Karena doa orang teraniaya diterima.

Kita tidak perlu mendoakan orang yang telah menyakiti kita.

Doakan yang baik untuknya, seperti mendoakan orang yang telah menyakiti kita agar bertobat dan mengakui kesalahannya sebagai berikut:

“Ya Allah, bimbinglah kami agar senantiasa dapat mengambil pesan yang tersirat dari semua kejadian. Jadikanlah kami sebagai hamba yang dapat menahan amarah. Lapangkan hati kami biar senantiasa mau memaafkan segala kesalahan. Berikan kekuatan pada kami untuk bisa membalas segala keburukan dengan kebaikan.”

“Ya Allah, sadarkan kami bahwa semua hal yang telah dan akan terjadi adalah atas kehendak-Mu dan atas takdir-Mu. Jadikan setiap takdir yang Kau jadikan kepada kami, supaya selalu membawa kami lebih erat kepada-Mu.”

“Ya Tuhan ampunilah dosa kami dan dosa orang yang telah menyakiti kami. Satukanlah hati kami dengan marifah-Mu. Amin.”

3. Mengasihi orang yang menyakiti kita

Ketiga, cintailah orang yang menyakiti kita. Tentu saja, jika luka kembali ke luka, permusuhan tidak akan pernah berakhir.

Berikan kelembutan, bukan balas dendam, karena siapa pun yang tahu orang yang menyakiti kita adalah orang yang akan membantu kita dalam kesulitan.

4. Mengendalikan amarah

Keempat, kendalikan amarah. Jika kita menuruti amarah yang tidak akan pernah kita menangkan, sebenarnya ada 2 kerugian yang mutlak kita terima.

Kerugian pertama adalah kita disakiti oleh orang-orang dan kerugian kedua adalah kita disakiti oleh diri kita sendiri karena alasan sebenarnya adalah kemarahan akan menghancurkan perasaan kita. Jadi berpegang pada Anda.

Berdoalah agar mereka yang telah menyakiti kita akan bertobat. Itu lebih baik daripada mengikuti keinginan iblis.

Anggap saja rasa sakit dan ketidakadilan yang dia lakukan bisa menjadi penebusan dosa.

5. Menyadari

Sadarilah bahwa segala sesuatu yang terjadi, termasuk perjuangan dan kesulitan yang Anda alami, atau takdir, adalah Qodo dan Qodarulloh.

Kita sebagai hamba hanyalah perantara agar sesuatu terjadi, sedangkan Allah sendiri yang berkehendak untuk segalanya.

6. Memaafkan

Keenam, memaafkan. Tidak ada yang lebih indah dari pengampunan.

Ampunilah mereka yang telah menyakiti kita agar kita bisa berbuat baik. maaf dengan tulus.

Bukankah Allah Maha Pengampun selalu mengampuni dosa-dosa kita? Mengapa kita sebagai makhluk tidak bisa belajar untuk saling memaafkan?

Isi saja hati kita dengan doa-doa yang baik agar kita selalu ingat untuk tidak melakukan hal ini kepada siapapun.

Inilah yang harus kita lakukan ketika kita merasa disakiti oleh orang lain.

Jangan membalas rasa sakit Anda dengan dendam dan amarah yang membara.

Jawablah dengan doa agar mereka yang telah menyakiti kita akan bertobat dan mengakui kesalahan dan kesalahannya.

Semoga penjelasan mengenai doa dan dzikir untuk membalas sakit hati orang yang telah menyakiti kita bermanfaat bagi kita.

Bagi Anda yang ingin bisnis online modal minim, mari bergabung jadi reseller hebat di Evermos sekarang juga!

×
slot88