Dzikir Allahumma Antassalam Waminkassalam dan Arti, Ini Khasiatnya!

Allahumma antassalam waminkassalam menjadi salah satu referensi dzikir yang bisa kita amalkan selesai sholat fardhu. Lalu, apa saja khasiat dari doa tersebut? Yuk simak! 😉

Waktu yang tepat dan paling mustajab untuk berzikir dan berdoa adalah setelah melakukan sholat wajib. Karena pada waktu inilah umat muslim sedang dekat dengan Allah SWT. Setelah sholat wajib membaca “Allahuma anta salam, wa minka salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram”.

Membaca doa Allahumma Antassalam biasanya dibacakan ketika sehabis kita sholat. Doa ini biasanya kita bacakan bersama doa-doa lainnya juga ketika kita berdzikir. Doa Allahumma antassalam memiliki arti yang cukup luas, bisa juga untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Saat hati sedang merasa lemah untuk mengerjakan perintah dan amalan untuk-Nya, kita perlu berlindung kepada Allah SWT. Amalkan Dzikir Untuk Membakar Bisikan Jahat dalam Hati berikut.

Baca juga: Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah, Patut Dibaca!

Bacaan Allahumma Antasallam Waminkasallam Lengkap dan Artinya 

Allahumma Antassalam Waminkassalam
Sumber: freepik.com

Berikut adalah allahumma antassalam waminkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram artinya:

اللَّهُمَّ أَنتَ السَّلامُ وَمِنكَ السَّلامُ وَإِلَيْكَ يَعُودُ السَّلامُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

“Allaahumma antas salaamu waminkas salaamu wailaika ya’uudus salaamu fahayyiina rabbanaa bissalaami wa’adkhilnal jannata daarassalaami tabaarakta rabbanaa wata’aalaita yaadzal jalaali wal ikraam.”

Artinya: Ya Allah Engkaulah yang memiliki kesejahteraan dan dari-Mu-lah kesejahteraan, dan kepada Engkaulah mengharap kesejahteraan, maka hidupkanlah kami wahai Tuhan kami dengan keadaan sejahtera, dan masukkanlah kami ke dalam surga sebagai tempat kesejahteraan yang telah Engkau berkati wahai Tuhan kami, dan telah Engkau tinggikan wahai Zat yang mempunyai kemegahan dan kemuliaan.

Bacaan Allahumma Antassalam Artinya

Selain bacaan yang lengkap di atas, ada juga bacaan yang singat berikut ini>



 

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

“Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram.”

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.” (HR. Muslim)

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Arab dan Latin

Allahumma Antassalam Waminkassalam
Sumber: freepik.com

Ketika membaca Tasbih, Hamdallah dan Takbir masing-masing sebanyak 33x bisa di bantu dengan menggunakan tasbih atau dengan menghitung ruas jari tangan.

سُبْحَانَ الله

Subhanallah sebanyak 33x.

اْلحَمْدُ لله

Alhamdulillah sebanyak 33x.

اَللهُ اَكْبَرُ

Allahu Akbar sebanyak 33x

Dan disempurnakan dengan bacaan:

اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

“Illa Allahu wahdahu la shareeka lah, lahu al-mulku wa lahul-hamdu yuhyee wa yumeetu wa huwa ‘ala kulli shay’in qadeer.”

Artinya: “Hanya Allah, Dia sendiri tanpa sekutu, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji. Dia memberi hidup dan Dia memberi mati. Dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.”

Bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

“Barang siapa setelah shalat membaca tasbih 33 kali, hamdalah 33 kali, takbir 33 kali, yang total jumlahnya 99 dan menyempurnakannya dengan bacaan “La ilaha illallah wahdahu lasyarikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumit wa huwa ‘ala kulli syaiin qadir”, maka Allah Swt akan mengampuni segala dosanya walau sebanyak buih di lautan.”

Selain bacaan dzikir di atas, setelah sholat Anda juga bisa membaca sholawat nabi pendek sebagai penghormatan terhadap para nabi dalam Islam.

Kapan Kita Membaca Allahumma Antassalam Waminkassalam?

Allahumma Antassalam Waminkassalam
Sumber: freepik.com

Dzikir allahuma antasalam waminka salam lengkap bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun alangkah lebih utama bila dzikir ini dibacakan setelah selesai melaksanakan shalat dan membaca doa wirid.

Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, kemudian membaca ayat kursi.

Selain itu, waktu maghrib merupakan waktu yang afdhal untuk mengamalkan dzikir, marilah membaca Allahumma Anta Robbi Laa ilaha illa anta kholaqtani disini.

Khasiat Allahumma Antassalam Waminkassalam

Kenapa kita harus mengamalkan bacaan Allahumma Antassalam Waminkassalam? Ada alasan kenapa kita harus membaca dzikir ini.

Salah satunya yaitu, dzikir “Allahumma Antassalam” adalah sebuah bentuk doa atau ungkapan penghormatan kepada Allah SWT sebagai sumber ketenangan. Selain itu, doa ini juga termasuk bacaan solawat untuk mendamaikan hati dari berbagai persoalan dunia.

Berikut adalah cara melakukan dzikir “Allahumma Antassalam“:

  1. Duduk dengan tenang dan khusyuk, lalu tarik nafas dalam-dalam.
  2. Ucapkanlah “Allahumma Antassalam” dengan khushu’ dan tuma’ninah (keyakinan yang mendalam).
  3. Ulangi dzikir tersebut sebanyak yang Anda inginkan atau sepanjang waktu yang diperbolehkan.

Anda juga bisa melakukan dzikir “Allahumma Antassalam” di mana saja dan kapan saja, ketika merasa sedih atau cemas, atau bahkan dalam situasi yang sibuk dan penuh tekanan.

Dzikir ini dapat membantu menenangkan hati dan pikiran Anda serta membawa keberkahan dan keberlimpahan dari Allah SWT.

Hadits Allahumma Antassalam Waminkassalam Tabarakta ya Dzaljalali Wal Ikram

Allahumma Antassalam Waminkassalam
Sumber: freepik.com

Dzikir Allahumma Antassalam merupakan dzikir yang bersumber dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Berikut hadits riwayat HR Muslim:

حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، عَنْ أَبِي عَمَّارٍ، اسْمُهُ شَدَّادُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ، عَنْ ثَوْبَانَ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقَالَ: «اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ» قَالَ الْوَلِيدُ: فَقُلْتُ لِلْأَوْزَاعِيِّ: ” كَيْفَ الْاسْتِغْفَارُ؟ قَالَ: تَقُولُ: أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ “

Artinya: “Rasulullah setelah selesai dari sholatnya beliau membaca istighfar 3x, lalu mengucapkan allahumma antassalam wa minkassalam tabarakta dzal jalali wal ikram.” (HR Muslim)

Hikmah Berdzikir dan Mengingat Allah

Sebagaimana kita ketahui, bahwa banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan dari berdzikir dan mengingat Allah. Selain dari kita mendapatkan pahala atas dzikir yang kita lakukan, kita pun akan mendapatkan ketenangan hati dan kebesaran jiwa.

Kita akan senantiasa merasakan kehadiran Allah SWT sehingga terhindar dari sifat ghoflah atau lalai akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Oleh karena itu, dzikir memiliki banyak keuntungan. Baik keuntungan fisik maupun batin. Dan orang-orang yang mengingat Allah akan senantiasa memancarkan aura yang baik.

Manfaat Duduk untuk Dzikir Setelah Sholat

Allah taala berfirman:

 فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ

Artinya: “Apabila kalian telah selesai menunaikan shalat, maka berdzikirlah kepada Allah dalam keadaan berdiri, duduk, dan pada lambung-lambung kalian (berbaring).” (Qs. An-Nisa : 103)

Memperlama duduk bisa mendatangkan banyak kebaikan untuk kita semua dalam bidang kesehatan. Inilah hadits dari keutamaan duduk lama dan berdzikir.

إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مَجْلِسِهِ، تَقُولُ: اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللهُمَّ ارْحَمْهُ، مَا لَمْ يُحْدِثْ

Artinya: “Sesungguhnya para malaikat memberi sholawat atas salah seorang dari kalian selagi dia masih di tempat duduknya. Dia (malaikat) berdoa: Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia. Selama dia tidak hadats.”

Demikianlah informasi mengenai allahumma antassalam waminkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram yang dapat Anda ketahui. Adapun dahsyatnya kalimat tersebut bisa Anda simak video di bawah ini:

Silahkan share artikel blog Evermos ini kepada yang lain agar mereka juga dapat mengamalkan dzikir ini dan ikut mendapat keberkahan.

Selain itu, Anda juga bisa intip informasi peluang mendapatkan pemasukan tambahan tanpa modal sebagai reseller Evermos dengan klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)