Allahumma Antassalam Waminkassalam | Dzikir Setelah Sholat Fardhu

allahumma antassalam waminkassalam

Doa adalah melakukan permohonan atau meminta kepada Allah SWT dengan adab yang benar. Sedangkan dzikir adalah amalan ibadah bertujuan untuk selalu mengingat Allah dengan cara memuji dan menyebut nama dan kebesaran-Nya dengan penuh keikhlasan dan kekhusyukan.

Allah SWT memerintahkan kita untuk membaca dzikir atau doa pada waktu pagi dan petang.

Dalam salah satu rukun islam terdapat sholat wajib yang menjadi aktifitas rutin yang wajib dilakukan oleh umat muslim.

Namun masih ada sholat-sholat sunnah lainnya yang dianjurkan oleh Rasullulah untuk tetap diamalkan.

Waktu yang tepat dan paling mustajab untuk berzikir dan berdoa adalah setelah melakukan sholat wajib. Karena pada waktu inilah umat muslim sedang dekat dengan Allah SWT.

Setelah sholat wajib membaca “Allahuma anta salam, wa minka salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram”.

Membaca doa Allahumma Antassalam biasanya dibacakan ketika sehabis kita sholat. Doa ini biasanya kita bacakan bersama doa-doa lainnya juga ketika kita berdzikir.

Arti dari doa Allahumma antassalam memiliki arti yang cukup luas, bisa juga untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Allahumma Antassalam Waminkassalam

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta Ya Dzaljalali wal ikram.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.” (HR. Muslim)

Ketika membaca : Tasbih, Hamdallah dan Takbir masing-masing sebanyak 33x bisa dibantu dengan menggunakan tasbih atau dengan menghitung ruas jari tangan.

سُبْحَانَ الله

Baca Juga:  Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Lengkap Dengan Arti Serta Manfaatnya

Subhanallah sebanyak 33x.

اْلحَمْدُ لله

Alhamdulillah sebanyak 33x.

اَللهُ اَكْبَرُ

Allahu Akbar sebanyak 33x

Dan disempurnakan dengan bacaan:

اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

“Barang siapa setelah shalat membaca tasbih 33 kali, hamdalah 33 kali, takbir 33 kali, yang total jumlahnya 99 dan menyempurnakannya dengan bacaan “La ilaha illallah wahdahu lasyarikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumit wa huwa ‘ala kulli syaiin qadir”, maka Allah Swt akan mengampuni segala dosanya walau sebanyak buih di lautan.”

Bagaimana Cara Mengamalkan Dzikir Allahumma Antassalam Waminkassalam

Pada dasarnya, dzikir merupakan ibadah yang paling mudah. Sebab dzikir bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja.

Tidak seperti sholat atau ibadah lainnya yang terikat waktu dan tempat.

Selain itu dzikir tidak perlu menghabiskan tenaga yang besar karena kita hanya mengingat Allah dengan melafalkan amalan-amalan dzikir yang kita kehendaki.

Namun, beberapa amalan dzikir memiliki fadilah tertentu apabila dilakukan dengan cara-cara tertentu yang telah dianjurkan.

Meskipun pada dasarnya kita boleh melakukan dzikir kapan saja selagi baik dalam syariat.

Dzikir allahumma antassalam bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun alangkah lebih utama bila dzikir ini dibacakan setelah selesai melaksanakan shalat.

Bagi warga nahdliyyin, biasanya dzikir ini sudah masuk dalam paket dzikir yang biasa kita bacakan setelah shalat lima waktu.

Hadits tentang Dzikir Allahumma Antassalam Waminkassalam

Dzikir Allahumma Antassalam merupakan dzikir yang bersumber dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

Dalilnya bisa kita lihat dalam beberapa hadits, termasuk hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، عَنْ أَبِي عَمَّارٍ، اسْمُهُ شَدَّادُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ، عَنْ ثَوْبَانَ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقَالَ: «اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ» قَالَ الْوَلِيدُ: فَقُلْتُ لِلْأَوْزَاعِيِّ: ” كَيْفَ الْاسْتِغْفَارُ؟ قَالَ: تَقُولُ: أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ “

Artinya: “Rasulullah setelah selesai dari sholatnya beliau membaca istighfar 3x, lalu mengucapkan allahumma antassalam wa minkassalam tabarakta dzal jalali wal ikram.” (HR Muslim)

Hikmah Berdzikir dan Mengingat Allah

Allahumma Antassalam Waminkassalam

Sebagaimana kita ketahui, bahwa banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan dari berdzikir dan mengingat Allah.

Baca Juga:  Kisi Kisi Soal CPNS 2021 | Pahami Materinya Kalau Ingin LOLOS!

Selain dari kita mendapatkan pahala atas dzikir yang kita lakukan, kita pun akan mendapatkan ketenangan hati dan kebesaran jiwa.

Kita akan senantiasa merasakan kehadiran Allah SWT sehingga terhindar dari sifat ghoflah atau lalai akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Oleh karena itu, dzikir memiliki banyak keuntungan. Baik keuntungan fisik maupun batin. Dan orang-orang yang mengingat Allah akan senantiasa memancarkan aura yang baik.

Namun demikian, dalam berdzikir kita hendaknya melakukannya semata-mata karena Allah SWT. Bukan karena ingin pahala, ingin ketenangan jiwa, atau ingin terlihat baik di mata manusia.

Hal-hal demikian hanya buah kecil yang akan bisa Anda rasakan apabila dzikir yang kita lakukan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bacaan dzikir lainnya, Anda bisa menggunakan speaker Quran yang tersedia di Evermos.

Hanya dengan 1 benda, tetapi banyak sekali manfaatnya. Pada speaker Quran terdapat berbagai macam fitur seperti bacaan dzikir, doa sehari-hari, murratal Quran, tausiyah, dan lain sebagainya.

Ataupun jika Anda ingin berjualan produk tersebut, Anda tinggal daftar menjadi reseller Evermos sehingga akan mendapatkan komisi nantinya.

Yuk, klik di bawah ini untuk mendaftar, siap-siap mendapatkan penghasilan sesuai keinginan!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Manfaat Duduk untuk Dzikir Setelah Sholat

Allah taala berfirman:

 فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ

Artinya: “Apabila kalian telah selesai menunaikan shalat, maka berdzikirlah kepada Allah dalam keadaan berdiri, duduk, dan pada lambung-lambung kalian (berbaring).” (Qs. An-Nisa : 103)

Selain karena adanya suatu perintah sebagaimana telah tercantum dalam ayat Al-Quran tadi, memperlama duduk bisa mendatangkan banyak kebaikan untuk kita semua dalam bidang kesehatan.

Dalam sebuah hadits shahih yang telah diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang bersabda:

Baca Juga:  Hari Hewan Ternak Sedunia : Tata Cara Menyembelih Sesuai Syariat

إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مَجْلِسِهِ، تَقُولُ: اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللهُمَّ ارْحَمْهُ، مَا لَمْ يُحْدِثْ

Artinya: “Sesungguhnya para malaikat memberi sholawat atas salah seorang dari kalian selagi dia masih di tempat duduknya. Dia (malaikat) berdoa: Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia. Selama dia tidak hadats.”

Mau Jalani Bisnis Tanpa Modal? Yuk, Jadi Reseller Evermos!

Jadi reseller Evermos insya Allah berkah karena produk yang tersedia halal dan berlandaskan sistem syariah Islam.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos. Silahkan klik di bawah ini untuk memulai berjualan!

YUK, GABUNG DISINI!

Demikianlah informasi mengenai dzikir Allahumma Antassalam Waminkassalam yang dapat Anda ketahui.

Jangan lupa untuk mengamalkan  dzikir tersebut setelah sholat fardhu agar mendapat berkah dan keselamatan.

Silahkan share artikel ini kepada yang lain agar mereka juga dapat mengamalkan dzikir ini dan ikut mendapat keberkahan.

Jangan lewatkan artikel seputar doa lainnya hanya pada situs Blog Evermos. 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×