Keutamaan Sayyidul Dzikir Anta Robbi Laa Laha Illa Anta Holaqtani

Seorang Muslim yang baik dalam kehidupannya senantiasa dapat memanfaatkan waktunya untuk mengumpulkan bekal di akhirat kelak. Kita menyadari bahwa perjalanan setiap manusia tidak lepas dari karunia yang Allah curahkan. Untuk meminta perlindungan kita perlu melakukan amalan yang disukai oleh Allah SWT. Salah satunya adalah bacaan allahumma anta robbi laa ilaha illa anta kholaqtani yang dapat dijadikan amalan dzikir.

Allahumma anta robbi laa ilaha illa anta kholaqtani adalah salah satu doa sayyidul istighfar. Doa berikut termasuk ke dalam sayyidul istighfar yang artinya adalah kalimat terbaik untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. 

Untuk mengamalkan doa sayyidul istighfar seperti allahumma anta robbi laa ilaha illa anta kholaqtani berikut, waktu yang tepat untuk mengamalkannya adalah pagi hari dan petang yaitu saat maghrib. 

Doa Allahumma Anta Robbi Laa Laha Illa Anta Holaqtani yang Lengkap:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ خَلَقْتَنِي ، وَأَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ أَمَتِكَ ، وَفِي قَبْضَتِكَ ، وَناصِيَتِي بِيَدِكَ ، أَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبُ إِلا أَنْتَ

Allahumma anta robbi laa ilaaha illa anta khalaqtani, wa ana abduka wabnu amatika wafi qabdhotika wa nasiyati bi yadika. Amsaitu ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu audzu bika min syarri ma shona’tu. Abu’u bi ni’matika wa abu’u bidzanbi faghfirly dzunubi. Innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

“Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat,. Aku telah menyia-nyiakan nikmatmu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Keutamaan Sayyidul Dzikir

Anta Robbi Laa Laha Illa Anta Holaqtani
Sumber: pexels.com

Sebagai salah satu doa sayyidul istighfar, lafadz dzikir berikut juga membawa keutamaan diantaranya adalah ketika dibaca saat hari jumat dan orang tersebut meninggal maka dia akan mendapatkan surga-Nya.

Adapun keutamaan membaca dzikir berikut adalah:

1. Mendapatkan Pahala

Dzikir merupakan bentuk dari puji-pujian yang diucapkan oleh seorang hamba kepada Allah SWT. Dengan membaca dzikir, kita akan mendapatkan pahala oleh Allah SWT karena terhitung sebagai amal ibadah yang disukai.

Kita dapat mengingat Allah SWT melalui sarana sayyidul dzikir berikut.

2. Jaminan Surga dari Allah SWT

Dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda mengenai keutamaan sayyidul dzikir yaitu akan mendapatkan jaminan surga dari Allah SWT.

وَمَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا ، فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِىَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهْوَ مُوقِنٌ بِهَا ، فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهْوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ »

Artinya: “Barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu sore, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni surga.”(HR. Bukhari)

3. Mendapatkan Pertolongan dari Allah SWT

Sudah seyogyanya bahwa setiap muslim berserah diri kepada Allah SWT dan mengunggulkan Allah SWT sebagai Sang Pencipta yaitu dengan melafadzkan dzikir berikut.

Dengan berdzikir, kita akan mendapatkan kemudahan dalam urusan dan pertolongan dari Allah SWT yang tidak disangka-sangka.

4. Menggugurkan Dosa

Selain memperbanyak pahala dengan berdzikir, keutamaan dari dzikir adalah dapat menghapus dosa. Setiap anak adam berbuat kesalahan, maka dari itu setiap muslim hendaknya selalu mensucikan diri dengan beristighfar.

5. Kalimat Terbaik Memohon Ampunan

Keutamaan lainnya dari doa sayyidul istighfar adalah kalimat terbaik untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Bacaan, arti dan makna dari doa sayyidul dzikir begitu besar dan dahsyat, sehingga menjadi dzikir yang paling utama.

Demikianlah ulasan allahumma anta robbi laa ilaha illa anta kholaqtani sebagai dzikir penghapus dosa, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Sebarkan juga kebaikan artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Selain mengamalkan doa dan dzikir, berikhtiar dapat menjadi salah satu pintu masuknya rezeki. 

Apabila Anda ingin memiliki penghasilan tambahan yang halal dan berkah dengan mudah dan tanpa modal, Evermos dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda.

Daftar jadi reseller hebat Evermos sekarang juga, dengan klik tombol di bawah ini.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88