Home » Kedahsyatan Makna Dzikir “Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir”

Kedahsyatan Makna Dzikir “Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir”

by Risma Novianti
0 comment

Dzikir merupakan sebuah amalan ibadah umat muslim untuk mengingat Allah SWT. Banyak dzikir dapat kita amalkan, salah satunya adalah dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir.

Kekuatan dzikir tersebut melebihi kekuatan apapun di dunia ini, serta menegaskan semangat tauhid pada diri orang mukmin.

Semangat tauhid itu maksudnya bahwa hanya kepada Allah sajalah kita patut berserah diri, dan pengakuan bahwa semua makhluk ciptaan-Nya adalah lemah dan tidak abadi.

Nah, mari kita ketahui lebih dalam tentang makna dan keutamaan dzikir ini sebagai saranan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus meminta perlindungan hanya kepada-Nya.

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Lengkap Dengan Arti Serta Manfaatnya

Makna Berdzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir

Sumber: google/bersosial

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Artinya: “Cukuplah Allah sebagai penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung.”

Dzikir ini pendek, akan tetapi mengandung makna yang sangat luar biasa. Manusia memang seringkali merasakan suka dan duka yang silih berganti pada hidupnya.

Bahkan dalam Al-Quran dijelaskan bahwa manusia itu akan diuji dengan perasaan gelisah, orang-orang yang beriman akan tetap percaya kalau Allah SWT selalu bersamanya sehingga perasaan galau dan gelisah dapat teratasi.

Kepasrahan mereka menerima takdir Allah SWT, membuat jiwa lebih sabar dan tenteram dalam menghadapi cobaan kerasnya kehidupan.

Bacaan dzikir ini tentu termasuk dzikir pilihan untuk seluruh umat muslim. Apabila kita selalu membacanya, maka hati akan senantiasa dekat dengan Allah serta emiliki perasaan yang sangat peka terhadap keadaan sekitar.

Selain itu, dengan membacakan dzikir ini akan terhindar dari berbagai kemungkinan buruk dan kejahatan yang akan dilakukan orang lain terhadapnya.

Dzikir Ini Sering Dibacakan Oleh Para Nabi dan Ulama Salaf

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir

Sumber: google/bersosial

Allah Ta’ala menceritakan mengenai Rasul dan sahabatnya dalam firman-Nya yaitu:

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama’ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni’mal-wakīl

Artinya: “(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab“. (QS. Ali Imran: 173)

Adapula kisah Sahabat Abdullah bin ‘Abbas pernah berkata, bahwa “hasbunallah wa ni’mal wakil” adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi ‘Ibrahim ‘alaihis salaam ketika beliau akan dilempar dalam api yang membara.

Sedangkan Nabi Muhammad SAW mengatakan kalimat tersebut dalam ayat:

إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya: “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (HR. Bukhari No. 4563)

Baca juga: Kumpulan Lengkap Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu

Keutamaan Berdzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

1. Sebagai Bentuk Ketakwaan Kepada Allah SWT

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir

Sumber: google/bersosial

Dengan membacakan dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir ini merupakan salah satu bentuk ketakwaan kita kepada Allah.

Bentuk dan rasa tawakal kepada Allah dengan sepenuhnya mendekatkan diri kepada-Nya, menyerahkan segala urusan dan masalah kita kepada Allah dengan sebaik-baiknya wakil.

Kita sebagai manusia sudah sepatutnya ikhlas dan tawakal sepenuhnya kepada Allah SWT.

2. Sebagai Bentuk Ketergantungan Kita Kepada Allah SWT

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir

Sumber: google/bersosial

Setiap manusia pasti merasakan berbagai problematika kehidupan dunia yang begitu menyesakkan, mengalami hal duka dan derita, serta masalah-masalah yang berkecamuk, termasuk kesulitan hidup.

Maka hendaknya mengucapkan ayat  Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir.

Selain itu, dengan membacakan ayat tersebut merupakan wujud ketergantungan (dependen) manusia kepada Allah SWT, manifestasi permohonan tolong kepada Allah SWT.

3. Allah Sebaik-Baiknya Dzat yang Memberikan Pertolongan

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir

Sumber: google/bersosial

Dalam ayat dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir ini menegaskan tentang ke-esaan Allah SWT.

Yaitu sebagai satu-satunya dzat yang patut kita sembah dan kita wajib meminta pertolongan, dan memohon perlindungan sepenuhnya kepada Allah dari segala gangguan.

Alasannya karena Allah sebaik-baiknya dzat yang patut kita sembah dan kita harus meminta pertolongan pada-Nya.

Tentu saja dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil ini memiliki arti dan makna sangat mendalam atas kedekatan dan rasa tawakal kita kepada Allah sebagai Tuhan Sang Pencipta yang Maha Kuasa.

Demikianlah ulasan mengenai makna dan keutamaan dzikir yang dapat Anda ketahui.

Jangan lupa untuk mengamalkan dzikir tersebut sesering mungkin dalam kehidupan sehari-hari agar Allah senantiasa memberkahi kita dan menolong kita.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Boleh bagikan artikel ini sebagai bentuk mengingatkan kebaikan kepada sesama muslim.

Ingin membaca artikel tentang dzikir atau doa lainnya? Silahkan kunjungi situs blog Evermos. 

Related Posts