Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir – Dzikir Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir, Apa Arti dan Maknanya? Untungnya, kali ini Tim Evermos Sajikan ulasan lengkapnya. Yuk Baca! 😁

Dzikir merupakan sebuah amalan ibadah umat muslim untuk mengingat Allah SWT. Banyak dzikir dapat kita amalkan, salah satunya adalah dzikir atau doa Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir.

Kekuatan dzikir tersebut melebihi kekuatan apapun di dunia ini, serta menegaskan semangat tauhid pada diri orang mukmin.

Semangat tauhid itu maksudnya bahwa hanya kepada Allah sajalah kita patut berserah diri, dan pengakuan bahwa semua makhluk ciptaan-Nya adalah lemah dan tidak abadi.

Nah, mari kita ketahui lebih dalam tentang makna dan keutamaan dzikir ini sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus meminta perlindungan hanya kepada-Nya.

Saat hati sedang merasa lemah untuk mengerjakan perintah dan amalan untuk-Nya, kita perlu berlindung kepada Allah SWT. Amalkan Dzikir Untuk Membakar Bisikan Jahat dalam Hati berikut.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasi
sumber : shutterstock.com

Ternyata Dzikir hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wani’man nasir adalah potongan dari surah Ali Imran ayat 173.

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama‟ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni‟mal-wakīl (QS. 3:173)

Artinya:”(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Dzikir ini pendek atau hasbunallah artinya adalah, akan tetapi mengandung makna yang sangat luar biasa. Manusia memang seringkali merasakan suka dan duka yang silih berganti pada hidupnya.

Bahkan dalam Al-Quran dijelaskan bahwa manusia itu akan diuji dengan perasaan gelisah, orang-orang yang beriman akan tetap percaya kalau Allah SWT selalu bersamanya sehingga perasaan galau dan gelisah dapat teratasi.

Bacaan dzikir tadi tentu termasuk dzikir pilihan untuk seluruh umat muslim. Apabila kita selalu membacanya, maka hati akan senantiasa dekat dengan Allah serta emiliki perasaan yang sangat peka terhadap keadaan sekitar.

Selain itu, dengan membacakan dzikir ini akan terhindar dari berbagai kemungkinan buruk dan kejahatan yang akan dilakukan orang lain terhadapnya.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasi
sumber : shutterstock.com

Allah Ta’ala menceritakan mengenai Rasul dan sahabatnya dalam firman-Nya dalam surah Ali Imran ayat 173.

Arti dari Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir yakni “cukuplah Allah sebagai tempat bagi diri kami, sebaik-sebaiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.”

Adapula kisah Sahabat Abdullah bin ‘Abbas pernah berkata, bahwa “hasbunallah wa ni’mal wakil” adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi ‘Ibrahim ‘alaihis salaam ketika beliau akan dilempar dalam api yang membara.

Sedangkan Nabi Muhammad SAW mengatakan kalimat tersebut dalam ayat:

إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya: “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (HR. Bukhari No. 4563)

Waktu maghrib merupakan waktu yang afdhal untuk mengamalkan dzikir, marilah membaca Allahumma Anta Robbi Laa ilaha illa anta kholaqtani disini.

Manfaat Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir
Ssumber: pexels.com

1. Bentuk Ketakwaan Kepada Allah SWT

Dengan membacakan dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir ini merupakan salah satu bentuk ketakwaan kita kepada Allah.

Bentuk dan rasa tawakal kepada Allah dengan sepenuhnya mendekatkan diri kepada-Nya, menyerahkan segala urusan dan masalah kita kepada Allah dengan sebaik-baiknya wakil.

2. Bentuk Ketergantungan Kita Kepada Allah SWT

Setiap manusia pasti merasakan berbagai problematika kehidupan dunia yang begitu menyesakkan, mengalami hal duka dan derita, serta masalah-masalah yang berkecamuk, termasuk kesulitan hidup.

Maka hendaknya mengucapkan ayat  Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir.

Selain itu, dengan membacakan ayat tersebut merupakan wujud ketergantungan (dependen) manusia kepada Allah SWT, manifestasi permohonan tolong kepada Allah SWT.

Pengkhianatan dari orang terdekat menimbulkan sakit hati dan amarah dalam diri. Jangan balas dendam! Amalkan Dzikir untuk Membalas Sakit Hati agar tentram.

3. Allah Sebaik-Baiknya Dzat yang Memberikan Pertolongan

Dalam ayat dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil ini menegaskan tentang ke-esaan Allah SWT.

Yaitu sebagai satu-satunya dzat yang patut kita sembah dan kita wajib meminta pertolongan, dan memohon perlindungan sepenuhnya kepada Allah dari segala gangguan.

Alasannya karena Allah sebaik-baiknya dzat yang patut kita sembah dan kita harus meminta pertolongan pada-Nya.

Tentu saja dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil ini memiliki arti dan makna sangat mendalam atas kedekatan dan rasa tawakal kita kepada Allah sebagai Tuhan Sang Pencipta yang Maha Kuasa.

Keikhlasan hati ini insyaallah akan membawa berkah  kepada hati dan jiwa kita. Namun, doa saja tidak cukup. kita perlu juga mengiringinya dengan usaha. kita harus terus mencari dan menjemput rizki Allah.

4. Bentuk Rasa Syukur Kepada Allah

Ayat Dzikir bacaan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir artinya apa? Ini memiliki artian juga bahwasanya ketika kita berdzikir kita memiliki rasa syukur yang kita limpahkan dengan dzikir.

Berdzikir sebagai rasa bentuk syukur akan mendatangkan rahmat atau kasih sayang dari Allah Ta’Alla.

Segala yang Allah berikan kepada kita adalah sebagai media untuk beribadah kepada Allah.

Justru sejatinya kita tidak memiliki sesuatu yang benar-benar kita miliki, dan seluruhnya hanyalah titipan Allah semata-mata.

Ingin agar Allah SWT melimpahkan keselamatan, kemudahan dan kelancaran serta kesejahteraan dalam hidup? Salah satu caranya yaitu membaca dzikir Allahumma Antassalam Waminkassalam berikut.

5. Pengingat Diri Akan Kehadiran Allah

Dalam Al-Quran, manusia disebutkan memiliki sifat kikir lagi suka mengeluh ini terdapat dalam firman Allah Ta’Alla, “Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.” (QS. Al-Ma’arij: 19). ”

Segala sesuatu yang terjadi tidak lepas dari kehendak Allah Ta’Alla, apapun peristiwa suka maupun duka.

Oleh sebab itu, makna dzikir ini bisa kita ambil hikmahnya sebagai pengingat diri akan terhadap semua iradah Allah.

6. Dilindungi dari Kejahatan

Allah tidak pernah membiarkan hambanya kesusahan, bukan? Setiap cobaan dan ujian yang diberikan tidak berada di luar kemampuan umat-Nya.

Tentu inilah bukti bahwa Allah SWT akan selalu melindungi hambanya yang berdzikir untuk mengingat-Nya.

Mengingat Allah dalam keadaan sedih maupun sedang bahagia sekalipun sangat dianjurkan. Agar memiliki hati yang tenang, bacalah Dzikir supaya Hati Tenang.

7. Allah Membuatnya Kaya dengan Anugerah-Nya

Allah akan memberikan kekayaan lahir dan batin untuk manusia yang berdzikir Hasbunallah sebanyak-banyaknya. Bacaan tersebut dapat menguatkan keyakinan hati kepada Allah, sehingga Allah juga akan memberikan kekayaan yang setimpal padanya.

Dengan mengetahui ulasan tentang arti sholawat Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir Arab dan manfaat dzikir tadi, semoga kita bisa mengamalkan bacaan dzikir tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga kita juga bisa menjadi pribadi yang bertaqwa dan selalu bertawakal kepada Allah SWT. Aamiin yaa rabbal aalamiin.

Cara Menjemput Rizki yang Halal 

Salah satu jalan menjemput rizki adalah dengan berjualan. Ingin berjualan tapi belum punya modal? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dan mulai berjualan dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Demikianlah ulasan mengenai makna dan keutamaan dzikir yang dapat Anda ketahui.

Jangan lupa untuk mengamalkan dzikir tersebut sesering mungkin dalam kehidupan sehari-hari agar Allah senantiasa memberkahi kita dan menolong kita.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga menjadi jalan yang baik untuk Anda bisa mengupayakan dalam bagaimana sikap seorang hamba kepada Allah.

Silahkan bagikan artikel ini sebagai bentuk mengingatkan kebaikan kepada sesama muslim.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×