Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir dan Artinya

Hasbunallah wanikmal wakil adalah dzikir dengan keutamaan yang sangat banyak. Meski begitu, banyak yang belum tahu tulisan arab hasbunallah wanikmal wakil yang benar. 

Arti bahasa arab hasbunallah wanikmal wakil adalah “cukuplah Allah sebagai pelindung kami.” Dzikir ini mampu meningkatkan semangat tauhid pada diri setiap muslim. 

Sehingga, orang yang mengamalkan dzikir ini dimanapun dan kapanpun akan sangat beruntung. 

Agar kamu tidak keliru lagi mengenai zikir ini, mari simak tulisan hasbunallah wanikmal wakil lengkap dan artinya berikut ini.  

Baca juga: Bacaan Dzikir Asmaul Husna untuk Mendatangkan Rezeki dan Caranya.

Tulisan Arab dan Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

tulisan hasbunallah wanikmal wakil
Sumber: Dokumentasi Evermos

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir artinya apa? Ada dua versi dari zikir yang satu ini, yaitu versi pendek dan panjang. Berikut tulisan Arab dan artinya: 

1. Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil 

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Hasbunallah wanikmal wakil.

Artinya: “Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung.”

2. Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir 

Apa arti hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir? Simak di bawah ini:



حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wani’man nasir.

Artinya: “Cukuplah bagi kami Allah, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.”

Meskipun terdapat dua versi dzikir yang panjang dan pendek, namun bacaan di atas memiliki makna dan keutamaan yang sama.

Adapun dzikir hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wani’man nasir adalah potongan dari surah Ali Imran ayat 173. Berikut bacaan ayatnya:

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama‟ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni‟mal-wakīl.

Artinya: “(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.” (QS. 3:173)

Baca juga: Inna Fatahna Laka Fathan Mubina Artinya dan Arabnya: Dzikir Pelancar Rezeki.

Maksud Hasbunallah Wanikmal Wakil

Mungkin kamu pernah mendengar seorang Muslim menyebut “hasbunallah wanikmal wakil” ketika ia tersakiti oleh orang lain.

Atau mungkin kamu sudah tak asing dengan kalimat penuh makna yang satu ini karena konflik Israel atas saudara-saudara di Palestina yang akhir-akhir ini sedang bergejolak.

Banyak sekali kita temukan masyarakat muslim Palestina yang menyebut “hasbunallah wanikmal wakil” atas kehilangan, kesakitan, ketakutan dan kekecewaan yang mereka rasakan.

Maksud hasbunallah wanikmal wakil ini adalah sebagai sebuah doa dan pernyataan bahwa hanya Allah SWT satu-satunya yang dapat menjadi penolong dan pelindung.

Sebab disaat kita merasa kecewa atas manusia lainnya, maka tandanya kita tak dapat bergantung sepenuhnya kepada manusia melainkan hanya kepada Allah semata.

Makna Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil 

tulisan hasbunallah wanikmal wakil
Sumber: pexels.com

Berdasarkan penjelasan di atas, maka tulisan Arab hasbunallah wanikmal wakil artinya adalah “cukuplah Allah sebagai pelindung kami.” 

Zikir ini memiliki banyak sekali makna berikut beberapa diantaranya: 

1. Bentuk Ketergantungan dan Tawakal Kepada Allah 

Membaca dzikir hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir sejatinya menjadikan kita agar terus bergantung kepada Allah Swt. 

Dengan mengamalkan dzikir ini maka berarti kita percaya akan kehadiran Allah Swt yang maha berkehendak atas apa yang terjadi pada hidup kita. 

Sehingga, seluruh bentuk cobaan dan segala urusan hidup dapat kita serahkan kepada Allah Swt dengan bertawakal. 

2. Bentuk Rasa Syukur dan Sabar Atas Ketetapan-Nya

Makna hasbunallah wanikmal wakil yang kedua adalah sebagai bentuk syukur dan sabar kita sebagai manusia atas ketetapan yang Allah berikan. 

Ketika mengamalkan dzikir ini disaat kita tertimpa musibah ataupun ujian, maka artinya kita tidak mengeluh dan menyalahkan takdir Allah. 

Sebaliknya rasa syukur dan sabar menjadi penguat, sebab kita menyadari Allah masih memberikan karunia-Nya kepada kita dan musibah yang terjadi adalah ujian kesabaran dari Allah Swt. 

Baca juga: Dzikir Allahumma Antassalam Waminkassalam.

3.  Pengingat Diri Akan Keesaan Allah Swt.

Tulisan arab hasbunallah wanikmal wakil yang memiliki arti cukuplah Allah sebagai pelindung kami bermakna bahwa kita mengakui Allah yang Maha Esa. 

Tiada yang dapat menolong kita termasuk saat sedang berada di kesulitan selain Allah Swt. 

Selain itu, zikir ini juga menjadi pengingat kepada kita untuk tidak menggantungkan urusan dan permasalahan kita kepada orang lain selain kepada Allah. 

4. Memperkuat Keimanan 

Makna hasbunallah wanikmal wakil yang keempat adalah dapat memperkuat iman setiap manusia. 

Berbagai cobaan dan ujian dalam kehidupan tentu terasa menyesakkan. Terkadang, jika iman sedang tidak kokoh, kita kerap kali mengeluh, berlarut dalam kesedihan serta menyalahkan Allah. 

Oleh karena itu, mengamalkan zikir hasbunallah wanikmal wakil ini dengan sungguh-sungguh ketika sedang diuji oleh Allah mampu meyakinkan diri kita untuk tidak mengeluh dan memperkokoh iman. 

Kapan Membaca Hasbunallah Wanikmal Wakil?

Sebetulnya membaca hasbunallah wanikmal wakil ini bisa kamu baca kapanpun dan dimanapun. 

Mulai dari setelah sholat, disela-sela kegiatan atau aktivitas sehari-hari hingga menjelang tidur. 

Namun, karena makna yang sangat mendalam dari zikir ini, jadi ketika kamu menghadapi masalah, kesulitan hingga ketakutan dalam hidup, maka kamu dapat meningkatkan intensitas kamu dalam mengamalkan zikir ini. 

Sehingga, ketika di masa sulit tersebut iman kamu tidak tergoyahkan dan kamu mampu melewati kesulitan dengan baik. 

Demikianlah ulasan mengenai tulisan arab hasbunallah wanikmal wakil lengkap dengan artinya dan maknanya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)