Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir Artinya, dan Maknanya yang Dahsyat

Doa yang sering dibacakan oleh muslim saat menghadapi kesulitan hidup yaitu allahumma yassir wala tu’assir. Lantas allahumma yassir wala tu’assir artinya apa? Simak ulasang lengkapnya disini, ya! 

Dalam Islam, ada banyak sekali bacaan doa yang dapat menjadi amalam rutin umat Muslim setiap harinya. Karena itu, sudah sepatutnya umat Muslim memanjatkan doa kepada Allah SWT sebagai bentuk permohonan dalam meminta pertolongan Allah atas segala sesuatu di kehidupan. 

Perintah untuk berdoa ini juga tercantum dalam firman Allah di Al-Quran, yang berbunyi:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong yang tidak mau menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Gafir: 60).

Nah, salah satu doa yang dapat kita panjatkan adalah allahumma yassir wala tu’assir. Untuk itu, mari pahami artinya, bacaan lengkapnya, hingga manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mengamalkan salah satu doa tersebut.

Baca juga: Dzikir Allahumma Antassalam Waminkassalam dan Arti, Ini Khasiatnya!

Allahumma Yassir Wala Tu’assir Artinya yang Terkandung dalam Hadits 

Bacaan allahuma yassir wala tu’assir berasal dari salah satu hadits Al-Bukhari dan Muslim. Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menyampaikan sebuah nasihat “Yassiruu walaa tu’assiruu, basyiruu walaa tunaffiruu”.

Doa ini merupakan sebuah permohonan kepada Allah SWT agar dapat memudahkan seseorang dalam menghadapi suatu urusan dan dijauhi dari berbagai kesulitan.



Maka, ketika sedang berhadapan dengan suatu situasi, Anda bisa menengadahkan tangan dan membaca doa ini. Selain itu, ingatlah bahwa hanya Allah SWT yang memberikan kehendak atas apa yang terjadi pada hambanya, baik itu kesulitan maupun kemudahan.

Bacaan Allahumma Yassir Wala Tu’assir Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

allahumma yassir wala tuassir artinya
Sumber: blog.evermos.com

Allahumma Yassir Wala Tu’assir Bahasa Arab

Berikut ini adalah bacaan allahumma yassir wala tu’assir dalam bahasa Arab: 

اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ

Meskipun bacaan doa ini tidaklah panjang, namun dalam setiap katanya, mengandung beberapa makna yang mendalam, yaitu mengenai permintaan, permohonan, hingga harapan seorang hamba kepada Tuhannya.

Pada kata “Ya Allah”, mengartikan bahwa seorang hamba yang memanggil Allah SWT. Kata “Yassir” memiliki maksud permohonan dengan arti “mudahkanlah”. Kemudian, pada kata “Laa tu’assir“, bermakna harapan manusia agar tidak mendapatkan kesulitan, dengan arti “jangan dipersulit”.

Apabila Anda dapat mengamalkan doa ini dengan sungguh-sungguh dan berserah diri kepada Allah SWT atas segala hal yang terjadi, insya Allah Anda akan selalu berada di dalam perlindungan Allah SWT.

Baca juga: Bacaan Ayat Seribu Dinar dan Keutamaannya, Amalkan Agar Mendapat Rezeki Berlimpah!

Allahumma Yassir Wala Tu’assir Artinya 

Penjelasan di atas adalah arti perkata dari bacaan doa allahumma yassir wala tu’assir. Maka selanjutnya, mari ketahui arti lengkapnya agar Anda turut memahami makna dari doa ini. Berikut ini adalah arti lengkapnya: 

“Ya Allah, permudahlah (urusanku), jangan dipersulit, berilah kabar gembira, jangan ditakut-takuti.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa allahumma yassir wala tu’assir ini merupakan bentuk permintaan kepada Allah agar Allah dapat memudahkan segala urusan yang sedang Anda hadapi. Selain itu, melalui doa ini seorang hamba juga bisa berharap agar terhindar dari berbagai kesulitan. 

Manfaat Membaca Allahumma Yassir Wala Tu’assir

allahumma yassir wala tuassir artinya
Sumber: pexels.com

1. Memohon Kemudahan atas Segala Urusan 

Doa Allahuma Yassir Wala Tu’assir mengandung permohonan agar seseorang mendapatkan kemudahan dalam semua aspek kehidupan, baik itu dalam urusan pekerjaan, keluarga, kesehatan, dan lain-lain.

Doa ini mengajarkan kita untuk senantiasa merendahkan diri di hadapan Allah dan meminta bantuan-Nya dalam segala hal di kehidupan.

2. Pengingat Kekuasaan Allah SWT

Dalam doa ini, kita mengakui bahwa hanya Allah-lah yang memiliki kekuatan untuk memudahkan atau mempersulit segala urusan. Doa ini mengingatkan kita akan ketergantungan kita kepada Allah sebagai pencipta alam semesta dan pemegang kendali atas segala sesuatu.

3. Mengajarkan Sikap Tawakal 

Doa Allahuma Yassir Wala Tu’assir juga mengandung ajaran tentang sikap tawakal, yaitu pasrah dan percaya sepenuhnya kepada kehendak Allah dalam segala urusan.

Dengan mengucapkan doa ini, kita mengingatkan diri kita sendiri untuk melepaskan diri dari sikap sombong, angkuh, atau terlalu mengandalkan kemampuan diri sendiri, dan lebih menggantungkan harapan dan usaha kita kepada Allah.

Baca juga: Bacaan Dzikir Setiap Hari Senin Sampai Minggu Lengkap dengan Artinya, Mudah untuk Diamalkan!

4. Jadi Lebih Tenang dan Berkah 

Selain itu, doa ini juga dapat memberikan ketenangan jiwa dan membawa keberkahan dalam segala urusan.

Dengan menghadirkan Allah dalam setiap langkah kita dan memohon kemudahan dari-Nya, kita dapat merasa lebih tenang, sabar, dan yakin bahwa segala sesuatu akan berjalan sesuai dengan kehendak Allah.

Cara Mengamalkan Bacaan Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir 

allahumma yassir wala tuassir artinya
Sumber: pexels.com

Kapan Dibaca Allahumma Yassir Wala Tu Assir?

Meskipun doa dapat kita panjatkan kapanpun dan dimanapun, namun juga ada beberapa waktu berdoa yang lebih mustajab. Berikut ini adalah beberapa waktu berdoa yang mustajab untuk Allah SWT kabulkan. 

1. Saat Menghadapi Ujian

Ketika manusia mengalami cobaan dalam hidupnya, masalah itu merupakan bagian dari cara Allah SWT menguji hambanya. Apakah hamba-Nya bersyukur dan kembali kepada Allah SWT, atau justru semakin menjauh dari Allah SWT.

Nah, ketika sedang menghadapi ujian, sebetulnya itulah salah satu waktu yang tepat untuk mengamalkan doa allahumma yassir wala tu’assir. Bacaan ini menjadi salah satu cara menghadapi cobaan dengan kembali kepada Allah SWT.

2. Sepertiga Malam

Ada begitu banyak dalil yang menyebutkan tentang keutamaan waktu sepertiga malam. Waktu sepertiga malam ini menjadi waktu yang identik dengan jarang adanya aktivitas karena merupakan waktu beristirahat.

Kesunyian waktu inilah yang menjadikan segala doa menjadi mustajab serta waktu yang tepat untuk berkhalwat kepada Allah dan mencurahkan permohonan kepada-Nya.

3. Antara Adzan dan Iqamah

Menurut sebuah hadits yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, waktu antara adzan dan iqamah juga menjadi waktu yang mustajab untuk membaca doa ini. Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”).

4. Sujud Terakhir Dalam Shalat

Ketika melaksanakan shalat terdapat gerakan sujud terakhir yang sering dipergunakan sebagai berdoa kepada Allah dengan sebanyak-banyaknya.

Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada umatnya agar memperkenankan banyak doa saat sujud. “Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya adalah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

5. Sebelum Menyelesaikan Tahiyat Akhir

Pada gerakan salat yang terakhir yaitu melaksanakan tahiyat akhir, seorang muslim dapat memanjatkan doa agar terdengar oleh Allah SWT.

Mohonlah doa pada waktu ini sebanyak-banyaknya dengan kerendahan hati, agar Allah dapat melihat bagaimana upaya kita dan mengabulkan dengan kuasa-Nya.

Amalan Pendukung Ketika Membaca Allahumma Yassir 

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengamalkan doa ini, kini saatnya mengatahui apa saja amalan yang dapat Anda lakukan sembali membaca doa allahumma yassir.

Mengutip dari laman Sindonews dalam judul “Ingin Dipermudah dalam Setiap Urusan? Lakukan 3 Amalan Ini” kami merangkum daftar tersebut.

1. Perbanyak Istighfar

Amalan pertama yang bisa kita lakukan agar Allah menurunkan pertolongan kepada kita dalam kelancaran urusan yaitu perbanyak istighfar. Mengingat asma-asma Allah merupakan salah satu bentuk dari memuliakan serta dapat menyucikan diri dari dosa.

Menurut Dai Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung yang disapa Aa Gym ini menganjurkan agar kita beristighfar sebanyak 1000 kali dalam sehari. Jumlah tersebut menurutnya tidak seberapa jika kita bandingkan dengan perbuatan dosa yang kita lakukan.

2. Perbanyak Shalawat 

Shalawat merupakan aktivitas pengucapan sebagai bentuk penghormatan dan mendoakan untuk Nabi Rasulullah SAW.  Meskipun begitu ada banyak bentuk shalawat yang bisa kita amalkan sehari-harinya saat beraktivitas.

Aa Gym menjelaskan, saat bershalawat sebanyak 1 kali maka dibalas 10 kali oleh Allah. Keutamaan orang yang bershalawat juga akan dimudahkan urusannya oleh Allah dan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat kelak.

Baca Juga : Sholawat Nabi Pendek agar Mendapat Syafaat Rasulullah SAW

3. Menolong Orang Lain

Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa ada orang lain, muslim juga harus menolong sesamanya. Berusaha untuk menolong orang lain sesuai dengan kemampuan kita.

Bahkan bila perlu, menurut Aa Gym kita tidak harus menunggu seseorang untuk membutuhkan bantuan tetapi harus proaktif berbuat kebaikan.

Misalnya ketika kita mengetahui teman kita tidak punya ongkos untuk pergi sekolah atau pergi bekerja. Kemudian kita berupaya untuk membantunya misalnya dengan memberikan ongkos atau memberi tumpangan kepadanya.

Dengan ringan bersedekah maka di hari akhir hisab seseorang akan semakin ringan.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang doa allahumma yassir wala tu’assir artinya, waktunya serta amalan yang dapat memperlancar segala urusan. Semoga kita termasuk hamba-hamba yang diberi pertolongan oleh Allah SWT dalam setiap kondisi, Aamiin.

Sebarkan artikel ini kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk amal kebaikan dan sedekah. Baca juga artikel menarik, informatif dan terbaru lainnya di blog Evermos.

Selain itu, Anda bisa kunjungi Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal. Apalagi, jika Anda tertarik memulai usaha dan masih pemula dalam berbisnis, maka Anda bisa memulainya sebagai reseller Evermos. Klik tombil di bawah ini untuk mendapatkan penawarannya!

YUK, GABUNG DISINI!

 

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Apa arti اللهم يسر ولا تعسر?

Arti dari Allahumma Yaasir Wala Tu’assir adalah “Ya Allah, permudahlah (urusanku), jangan dipersulit, berilah kabar gembira, jangan ditakut-takuti.”

Apa manfaat membaca Allahumma yassir wala tu Assir?

Manfaat membaca doa ini adalah untuk memohon kemudahan pada Allah SWT atas segala urusan, hidup menjadi lebih tenang dan berkah, meningkatkan sikap tawakal, serta mengagumi kekuasaan Allah SWT.

Allahumma yassir wala tu Assir hadits apa?

Bacaan allahuma yassir wala tu’assir berasal dari hadits Al-Bukhari dan Muslim. Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menyampaikan sebuah nasihat “Yassiruu walaa tu’assiruu, basyiruu walaa tunaffiruu”.

Kapan dibaca Allahumma yassir wala tu Assir?

Bacaan doa ini bisa diamalkan kapanpun dan dimanapun. Namun, ada beberapa waktu yang diyakini lebih mustajab dalam berdoa, yaitu ketika sedang mengalami cobaan, di sepertiga malam, antara adzan dan iqomah, sebelum tahyat akhir, dan sujud di rakaat terakhir.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)