Kultum : Keutamaan Istighfar Pembawa Berkah dan Karunia allah SWT

Golongan orang yang haram diampuni — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan Hari ke-26. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadz AA Gym ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Keutamaan Istighfar Pembawa Berkah” yang bisa menjadi pengingat bagi kita untuk senantiasa introspeksi diri untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Keutamaan Istighfar

Saat ramadan seperti ini, adalah waktu yang tepat untuk kita berdzikir untuk mendapat rahmat Allah SWT. Sebagaimana hal ini pun menjadi anjuran dari Rasulullah SAW pada sabda berikut :

مَنْ أَكْشَرَ الْاِسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا، وَمِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَ جًَا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْشُ لاَ يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah)[16] niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan dan Allah akan memberinya rizki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangka [17]”.

Rasulullah Saja yang sudah dijamin masuk surga dan hidup tanpa dosa kerap beristighfar 100 kali sehari. Apalagi kita sebagai hambanya yang masih penuh dosa.

Hendaknya kita semua sadar bahwa kita perlu memperbanyak istighfar apalagi kita adalah manusia yang penuh dosa.

Salah satu masalah terbesar yang dialami oleh manusia adalah malunya mengakui dosa dan meminta pengampunan pada Allah SWT.

Baca Juga : Kultum : Golongan Orang yang Haram Diampuni Saat Bulan Ramadan

Hal ini bisa menimbulkan kesengsaaraan dan menjadi penghalang serta penutup segala jalan keluar dari permasalahan.

Oleh karena itu marilah kita perbanyak istighfar agar kelak allah karuniakan kelapangan dari kegalauan. Maka Niscara Allah pun akan menyediakan jalan keluar dari suatu kepahitan serta melimpahi rizki yang tidak disangka-sangka.

Kita kerap merasa bahwa permintaan sangat banyak,namun waktu dan kemampuan yang kita miliki adalah sedikit. Maka karena itu banyak-banyaklah meminta ampun. Maka hati akan dibuat tenang tentram sakinah.

jika Allah sudah mengampuni segala urusan kita maka Allah akan meridhoinya dan Insyaallah akan diberi jalan keluar. Kita harus percaya bahwa janji allah adalah pasti.

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadz AA Gym mengenai Keutamaan istighfar ni. Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah kita semakin lancar dan mendapat berkah serta rahmatNya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×