Bacaan Ayat Seribu Dinar dan Keutamaannya, Amalkan Agar Mendapat Rezeki Berlimpah!

Al Quran adalah petunjuk hidup bagi umat Islam. Sehingga, hampir seluruh ayat dalam Al Quran memiliki keutamaan dan keistimewaan, seperti salah satunya yaitu ayat seribu dinar? Apa itu ayat seribu dinar? Bagaimana bacaan ayat seribu dinar? 

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui dengan lengkap mengenai ayat seribu dinar, mulai dari makna dan manfaatnya, hingga bagaimana bacaan arab dan artinya. 

Tujuannya adalah agar Anda juga dapat mengamalkan ayat ini dengan khusyuk serta turut merasakan keistimewaanya. 

Apa itu Ayat Seribu Dinar?

Sebagai umat Muslim, Anda pasti sudah sering mendengar orang lain membahas mengenai ayat seribu dinar. Nah, ayat seribu dinar ini adalah ayat yang sering umat Muslim baca dan ginakan dalam doa dengan harapan memperoleh rezeki atau harta yang melimpah dari Allah SWT. 

Sebutan 1000 dinar adalah karena bersumber dari mata uang pada beberapa negara di Jazirah Arab. Adapun ayat ini pada dasarnya hanya sebagai istilah ataupun panggilan yang bersumber dari akhir ayat ke-2 dan seluruh ayat ke-3 dari Surah At-Talaq. 

Namun, berbagai sumber memang menjelaskan bahwa ayat ini berpesan kepada manusia untuk beriman agar mendapatkan kemudahan rezeki. 

Keutamaan dari membaca doa seribu dinar juga terdapat dalam Surah Al-Isra ayat 82, yaitu.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

Artinya: “Dan kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (QS. Al Isra:82).



Selain ayat 1000 dinar, Anda dapat membaca berbagai doa kelancaran rezeki lainnya disini.

Bacaan Ayat Seribu Dinar dan Artinya

bacaan ayat seribu dinar
Sumber: pexels.com

At-Talaq ayat 2 dan 3 adalah surah 1000 dinar, berikut bacaan ayat seribu dinar arab dan latin serta artinya. 

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“Wa mayajaal lahụ makhrajā. wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā.”

Artinya: “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Apabila Anda membaca penggalan surah di atas dengan khidmat dan niat yang baik, Insya Allah Anda akan mendapatkan rezeki yang halal lagi berkah dari Allah Tuhan Semesta Alam. 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membaca Ayat Seribu Dinar?

bacaan ayat seribu dinar
Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, tidak ada waktu doa yang khusus untuk membaca ayat seribu dinar. Sebab, jika Anda membacanya dengan niat hati yang tulus dan khusyuk semata-mata berharap keridhoan Allah, maka insya Allah doa tersebut akan Allah SWT kabulkan. 

Namun, Anda bisa juga membaca doa tersebut pada waktu-waktu mustajab untuk berdoa dalam Islam, berikut waktu yang tepat membaca ayat seribu dinar. 

Waktu sujud (sujud syukur): Setelah melakukan sujud dalam shalat atau di luar shalat, waktu ini dianggap sebagai momen yang mustajab untuk berdoa dan membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Maka, selingilah dengan membaca  doa 1000 dinar. 

Sepertiga malam terakhir: Waktu ini, yang biasanya jatuh di tengah malam, dikaitkan dengan kemuliaan dan berkah. Banyak umat Islam yang memanfaatkan waktu ini untuk beribadah, termasuk membaca ayat seribu dinar dan doa tahajud lainnya.  

Bulan Ramadhan: Bulan Ramadhan adalah bulan suci dalam agama Islam, di mana umat Muslim wajib berpuasa. Selama bulan ini, ibadah seperti membaca Al-Qur’an, terutama pada malam Lailatul Qadar, yang ternilai sangat bernilai dan mustajab.

Setelah Sholat Subuh: Saat selesai sholat subuh, biasanya otak dan pikiran kita masih segar sehingga bisa fokus dalam berdoa. 

Antara Adzan dan Iqomah: Sela waktu antara adzan dan iqomah adalah waktu yang mustajab untuk Allah kabulkan doa hambanya. Maka, amalkan ayat tersebut setiap setelah adzan dan sebelum iqomah. 

Sewaktu Sahur: Sahur adalah waktu Allah SWT turun ke langit untuk mengabulkan doa hamba-Nya. Sehingga bacalah doa ini saat Anda sahur dengan niat yang baik. 

Ketika Sedang Bersedih Karena Masalah Keuangan: Ketika sedang bersedih dan memiliki masalah finansial, biasanya kita memohon dengan niat yang baik dan hati yang tulus kepada Allah SWT agar memberikan kita rahmat dan karunia-Nya. Amalkan juga doa ini saat Anda bersedih. 

Keutamaan Bacaan Ayat Seribu Dinar 

bacaan ayat seribu dinar
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui waktu yang mustajab untuk membacanya, Anda mungkin bertanya “berapa kali mengamalkan ayat 1000 dinar? Dan apa keutamaan yang akan kita dapatkan?

Anjuran membaca ayat kedua dan ketiga surat At Talaq ini adalah 1000 kali. Namun, sebelum mengamalkannya, Anda juga mendapat anjuran untuk memulainya dengan bacaan surah Al Qadr sebanyak enam kali. 

1. Memaknai Kehidupan dengan Baik

Ayat 1000 dinar mengandung pesan yang mendalam tentang tawakal atau percaya sepenuhnya kepada Allah dan kepasrahan kita manusia kepada takdir Allah SWT. 

Dalam ayat ini, Allah menjanjikan bahwa Dia tidak akan memberikan beban yang melebihi kemampuan seseorang, dan Dia juga menyeru umat manusia untuk tidak memberatkan diri sendiri dalam urusan agama. 

Membaca dan merenungkan ayat ini dapat membantu menguatkan keyakinan, ketenangan, dan ketabahan dalam menghadapi ujian hidup.

2. Menghadapkan Hati kepada Allah

Dengan membaca ayat ini, kita sebagai manusia akan mendekatkan diri dan hati kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Sebab, ayat ini mengandung pengakuan mengenai keagungan dan kekuasaan Allah SWT. 

Selain itu, ayat ini mengajarkan pentingnya mengakui kebesaran Allah dalam segala aspek kehidupan dan mengandalkan-Nya dalam setiap urusan kita.

3. Menghindari Keputusasaan dalam Hidup

Keutamaan lainnya yaitu ayat 1000 dinar juga mengingatkan bahwa Allah adalah Maha Pengampun dan memberi harapan untuk mendapatkan rahmat-Nya. 

Sehingga, dengan membaca ayat ini, kita dapat membantu menghindari rasa putus asa dan meningkatkan keyakinan bahwa Allah senantiasa memegang kendali atas segala hal.

4. Menggugurkan Dosa

Bacaan dan penghayatan ayat seribu dinar dapat menjadi penghapus dosa kita, karena ayat ini mengandung pesan tawakal dan kerendahan hati di hadapan Allah. 

Dengan memahami makna ayat ini dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, Insya Allah Anda akan mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT.

5. Ketentraman dan Keberkahan

Apabila kita membaca ayat ini, terdapat keyakinan bahwa akan membawa ketenangan dan keberkahan bagi hidup kita. Sebab, ayat ini mengajarkan bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan mutlak atas segala hal. 

Sehingga, kita sebagai hamba-Nya hanya perlu memohon perlindungan dan petunjuk-Nya untuk mendapatkan kunci menuju hidup yang harmonis dan bermakna.

Selain penjelasan di atas, Anda juga dapat menonton tayangan berikut ini.

Demikianlah ulasan mengenai bacaan dan manfaat ayat 1000 dinar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan bisa Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa sebarkan artikel ini jika Anda ingin orang lain merasakan keberkahannya!

Jika Anda tertarik dengan informasi Islam dan doa-doa lainnya, Anda dapat mengunjungi blog Evermos. Selain berdoa memohon rezeki kepada Sang Pencipta, Anda juga bisa berikhtiar untuk memperoleh rezeki di Evermos.

Melalui platform ini, Anda akan mendapatkan peluang memulai usaha tanpa modal sebagai reseller Evermos, dengan produk dari supplier tangan pertama yang pastinya berkualitas, aman, dan terjangkau.

Dapatkan manfaat lainnya sebagai reseller Evermos dengan klik tombol di bawah ini. Semoga berkah!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)