30 Kegiatan di Bulan Ramadhan yang Positif dan Mendatangkan Pahala

Sebagai bulan suci penuh ampunan dan keberkahan, sudah sepatutnya seorang muslim mengisi waktu luang dengan kegiatan di bulan Ramadhan yang positif, bermanfaat dan mendatangkan pahala.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, mulai dari memperbanyak ibadah hingga melaksanakan kegiatan sosial seperti berbagi dan menjalin silaturrahmi.

Sehingga, selain memperoleh pahala dan ridho Allah, kita juga akan merasakan nikmatnya berpuasa tanpa mengeluh karena perasaan haus dan lapar.

Lalu apa saja sih kegiatan selama bulan Ramadhan yang bisa dilakukan seorang muslim agar memperoleh pahala, keberkahan dan ridho Allah? Yuk, simak selengkapnya disini!

Baca juga: 27+ Ide Bisnis Bulan Puasa 2024 yang Menjanjikan.

Kegiatan Positif Selama Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala

kegiatan selama bulan ramadhan
Sumber: canva.com

1. Tadarus Al-Quran

Kegiatan selama bulan Ramadhan yang dapat menambah pahala yaitu membaca Al-Quran. Ini penting sebab sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah ayat 186, yang artinya:

“Bulan Ramadhan, bulan yang mulia yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk yang benar bagi manusia dan penjelasan penjelasan di dalamnya mengenai petunjuk itu dan menjadi pembeda (antara yang hak atau yang benar dan yang bathil atau yang salah).”

Membaca Al-Quran di bulan Ramadhan dapat meningkatkan keimanan dan kecintaan seorang muslim terhadap Al-Quran. Selain itu, juga dapat menambah ilmu dan wawasan tentang Al-Quran.

Kamu bisa membuat target khatam 30 juz selama bulan Ramadhan. Misalnya, dengan membaca 1 juz perhari dengan istiqomah.

2. Memperbanyak Sedekah 

Kegiatan selama bulan Ramadhan berikutnya yaitu dengan memperbanyak sedekah. Seperti sebuah hadits bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sebaik baik sebuah sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan.” (HR. Tirmizi)

Salah satu hikmah puasa di bulan Ramadhan yaitu untuk mengajarkan hidup sama rata. Sebab, tidak semua orang beruntung memiliki rezeki yang cukup hingga berlebih.

3. Puasa Lahir dan Batin

Puasa bulan Ramadhan tidak hanya menahan haus dan lapar saja, melainkan juga menahan hawa nafsu dan menjauhkan diri dari perbuatan maksiat.

Meskipun terdengar sederhana untuk dilakukan, namun kegiatan menahan diri dari perbuatan maksiat dan hawa nafsu tidaklah mudah.

Untuk mencapainya, kamu perlu meniatkan diri untuk berpuasa dengan ikhlas dan hanya berharap ridho Allah SWT.

4. Shalat Tarawih Berjamaah

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barang siapa umatku yang mampu menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan ia mengharap pahala indah dari Allah maka ia akan diampuni dosa dosanya atau kesalahnnya yang telah lalu.”

Maksud hadist tersebut yaitu dengan melakukan amal baik seperti melaksanakan shalat tarawih berjamaah.

Kamu dapat mengesampingkan sejenak kehidupan duniawi agar bisa sholat tarawih berjamaah di bulan Ramadhan 2024 ini.

Baca juga: Apakah Niat Sholat Tarawih Dibaca Setiap Rakaat? Begini Penjelasannya!

5. Memperbanyak Doa

Kegiatan positif saat ramadhan berikutnya adalah memperbanyak doa Ramadhan kepada Allah SWT. Memang sudah sepatutnya seorang muslim memperbanyak berdoa di bulan Ramadhan.

Sebab, pada bulan ini Allah SWT memberikan nikmat kepada orang berpuasa dengan tidak menolak doa yang ia panjatkan. Sehingga, inilah kesempata kamu berdoa kepada Allah.

Kegiatan Saat Ramadhan yang Bermanfaat 

kegiatan selama bulan ramadhan
Sumber: canva.com

6. Beritikaf

Itikaf adalah berdiam diri di dalam masjid, mushalla atau tempat yang tenang untuk beribadah. Tujuan i’tikaf yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT di bulan Ramadhan.

Itikaf dapat dilakuakn oleh laki-laki maupun perempuan. Biasanya, orang-orang akan beriktif di 10 hari terakhir Ramadhan atau disebut malam lailatul qadar.

Kegiatan iktikaf ini diisi dengan memperbanyak dzikir, membaca Al Quran, sholat malam, beristighfar dan berbagai amalan sunnah lainnya.

7. Umroh

“Umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan ialah memiliki pahala seperti haji bersamaku”, begitulah sabda Rasulullah.

Umroh pada bulan Ramadhan termasuk kegiatan yang sangat mendatangkan manfaat bagi seorang muslim karena menjadi amalan penghapus kefakiran.

Sehingga, apabila kamu memiliki rezeki yang lebih untuk berangkat umroh di bulan Ramadhan, maka itu adalah pilihan yang tepat.

8. Mengeluarkan Zakat Fitrah

Di akhir bulan Ramadhan yang mulia, Allah mewajibkan kepada setiap muslim laki laki dan perempuan untuk mengeluarkan zakat fitrah.

Zakat fitrah ini sebagai ibadah untuk penyempurna puasa Ramadhan yang dilakukan.

Tentu saja sebagai umat muslim, kita bisa mengingatkan kepada keluarga atau sahabat terdekat, atau lebih baik jika turut aktif membantu dan menjadi panitianya.

Untuk mengetahui niat hingga syarat zakat fitrah, mari baca disini: Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Artinya untuk Diri Sendiri Hingga Keluarga.

9. Berbagi Takjil Buka Puasa

Contoh kegiatan selama bulan puasa yang bermanfaat berikutnya yaitu berbagi takjil berbuka puasa. Ketika memiliki rezeki yang lebih, berbagi kepada sesama adalah pilihan yang tepat.

Karena tidak semua orang beruntung untuk bisa membeli takjil dan menu buka puasa yang lezat. Sehingga, kamu bisa berbagi takjil kepada yang membutuhkan menjelang waktu buka puasa.

Sebagaimana dalam sebuah hadits yang artinya:

“Barang siapa umat islam yang memberi ifthar atau makanan minuman (untuk berbuka puasa) orang orang yang sedang berpuasa ramadhan maka baginya akan mendapatkan pahala seperti orang baik yang juga berpuasa tanpa dikurangi atau dihilangkan sedikitpun pahalanya.” (HR. Bukhari Muslim)

10. Memperbanyak Kebaikan

Pada bulan Ramadhan, Allah SWT melipatgandakan pahala hingga 70 kali lipat kepada seorang hamba yang beramal baik. Baik itu amalan yang berhubungan dengan Allah, diri sendiri maupun orang lain.

Tentunya amalan tersebut harus dikerjakan dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan ridho. Jadi, kamu bisa berlomba dalam kebaikan pada bulan Ramadhan ini dalam bentuk amalan apapun.

Kegiatan Harian di Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala

kegiatan selama bulan ramadhan
Sumber: canva.com

11. Menonton Tayangan Islami 

Kegiatan selama bulan ramadhan di rumah adalah menonton film atau tayangan islami lainnya. Kegiatan ini disukai berbagai kalangan, baik itu orang dewasa hingga anak kecil sekalipun.

Pada bulan Ramadhan, kamu bisa ngabuburit dengan menonton film serial favorit bersama keluarga. Pastikan bahwa tayangan tersebut memiliki nilai-nilai yang positif ya!

12. Olahraga Bersama di Rumah

Jika biasanya kamu dan keluarga olahraga jogging atau jalan santai keliling komplek rumah, untuk kali ini lakukan ngabuburit olahraga di rumah saja.

Tapi, semua tergantung kamu, ditakutkan jika keluar rumah akan lebih terasa lelah. Sebaiknya, saat bulan Ramadhan lakukan olahraga ringan, mulai dari yoga, peregangan tubuh, hingga aerobik.

Walaupun sedang berpuasa, tentu berolahraga sangatlah penting demi menjaga kesehatan tubuh.

13. Masak Menu Buka Puasa di Rumah

Contoh kegiatan selama Ramadhan berikut yaitu memasak menu buka puasa di rumah. Tentu hal ini lebih menghemat biaya dibandingkan selalu membeli takjil dan menu buka puasa di luar.

Selain itu, tidak hanya membuat ngabuburit menjadi lebih seru, tapi masak sendiri juga lebih terjamin kebersihannya dan rasanya juga lebih enak lezat.

Jika kamu butuh inspirasi resep menu buka puasa ala rumahan, kamu bisa temukan resepnya disini: 10 Resep Menu Buka Puasa Sederhana Anak Kos yang Murah dan Enak.

14. Membuat Camilan Kekinian

Bagi yang belum mengantuk setelah shalat tarawih di rumah, biasanya kamu dan keluarga akan menonton serial TV bersama dan ditemani dengan camilan-camilan kekinian.

Nah, camilan tersebut bisa kamu buat pada saat sore hari sebagai kegiatan ngabuburit.

Banyak ragam camilan kekinian yang bisa kamu buat tentunya dengan bahan-bahan yang praktis, misalnya pie susu, risoles, martabak mini, keripik kentang, tahu isi bakso, dan masih banyak lagi.

15. Berkebun

Jika di rumah kamu memiliki halaman kosong, kamu dapat mengubahnya menjadi kebun merupakan ide yang bagus.

Waktu berkebun ini biskamu dan keluarga lakukan saat ngabuburit pada sore hari. kamu dapat menanam pohon yang rindang, pohon buah, sayur mayur, atau juga bunga-bunga.

Sehingga nantinya kebun yang kamu buat akan menjadi pemandangan yang lebih indah.

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan yang Membawa Berkah

Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Artinya
Sumber: canva.com

16. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan di bulan Ramadhan yang membawa berkah yaitu dnegan membuat kerajinan tangan. Kamu bisa melakukan kegiatan ini di waktu ngabuburit atau menjelang berbuka puasa.

Hasil kerajinan tangan ini bisa kamu pajang sebagai hiasan dekorasi Ramadhan di rumah. Jika ingin low budget, kamu bisa membuat kerajinan tangan dari bahan dan barang bekas.

17. Mendekatkan Diri dengan Orang Tua

Kegiatan positif lain yaitu lebih mendekatkan diri dengan orang tua. Sebab beberapa dari kita terlalu sibuk dengan urusan sendiri hingga sedikit sekali mengingat dan mendoakan orang tua.

Perbanyak aktivitas mendoakan kebaikan untuk orang tua, berbuka dan sahur bersama, membelikan orang tua baju atau sesuatu yang beliau suka.

Selain itu, kamu dapat membagi rezeki untuk orang tua untuk digunakan sebagai keperluan pada hari Lebaran.

18. Berbuat Baik Pada Keluarga

Jangan lupa juga untuk berbuat baik pada keluarga, jangan hanya sibuk berbuka puasa bersama dengan teman teman.

Tentu ada kalanya mengadakan acara buka puasa bersama keluarga terdekat seperti dengan paman dan bibi, nenek-kakek, keponakan, dan saudara terdekat lainnya.

Hal ini dilakukan agar ikatan silaturahmi dengan keluarga dapat terjalin dengan baik. Tak lupa, untuk yang usia muda hendaknya menghormati orang yang lebih tua.

19. Shalat Malam atau Tahajud

Kegiatan selama bulan Ramadhan yang tak kalah bermanfaat dan penuh berkah yaitu melaksanakan sholat malam.

Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam hadist berikut:

“Shalat malam atau shalat tahajud itu dua raka’at, dan apabila ada salah seorang darimu merasa khawatir akan masuk shubuh, maka hendaklah ia melakukan shalat satu rakaat yaitu witir sebagai pengganjil dari shalat malam yang dilakukannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Bagaimana Doa Sholat Tahajud yang Mustajab?

20. Mendengarkan Kajian Islam

Oleh karena itu, seorang muslim harus memperbanyak wawasan Islami seperti mendengarkan kajian atau ceramah.

Kamu bisa mengisi kegiatan dengan memperkaya ilmu agama, agar setelah mengetahui ilmunya, kamu dapat mengaplikasikannya.

21. Buka Puasa Bersama

Kegiatan selama bulan Ramadhan berikutnya yaitu mengadakan acara buka puasa bersama.

Kamu bisa menjadwalkan acara buka bersama dengan teman dekat ataupun keluarga. Namun, pastikan ketika kegiatan bukber kamu tidak melewatkan waktu untuk beribadah.

22. Memelihara Ikan Hias

Kegiatan selama bulan Ramadhan berikutnya yaitu dengan mengisi waktu saat puasa di rumah dengan memelihara ikan hias. Hal itu akan membuat pikiran kamu semakin positif dan segar.

Selain berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan di atas, ada banyak aktivitas bermanfaat lainnya yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Rajin melaksanakan sholat Dhuha.
  2. Membaca Al Matsurat pagi dan sore.
  3. Membuat kue lebaran bersama keluarga.
  4. Menjual menu takjil buka puasa.
  5. Berziarah atau mengunjungi makam keluarga.
  6. Mengirim ucapan selamat berbuka puasa kepada sahabat.
  7. Mengikuti kajian online.
  8. Ngabuburit bersama teman atau keluarga.

Demikianlah ulasan mengenai contoh kegiatan selama bulan Ramadhan yang positif dan penuh berkah. Semoga contoh kegiatan di atas bisa kamu laksanakan dengan senang hati!

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, kamu dapat kunjungi blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)