21 Kegiatan Selama Bulan Ramadhan, Insya Allah Positif dan Berkah!

Sudah selayaknya kita mengisi kegiatan selama bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif dan Allah meridhainya. Pastikan pula kegiatan yang kita lakukan dapat membawa keberkahan. Jangan sampai kita mengisi kegiatan yang tidak berfaedah dan malah merusak amalan puasa.

Saat bulan puasa atau bulan kemuliaan ini, tentu menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Lakukanlah kegiatan yang positif untuk memperoleh pahala. Bahkan Allah berjanji akan melipatgandakan bagi orang-orang yang melakukan amalan baik pada bulan puasa.

Untuk itu, mari kita sama-sama saling mengingatkan untuk berkegiatan positif dan mengharapkan ridha dari Allah SWT.

Lantas, apa saja kegiatan positif selama bulan Ramadhan yang bisa Anda lakukan? Simak ulasan artikel berikut ini hingga tuntas!

Baca juga: Jangan Salah Lagi, Inilah 7 Hal Hal yang Membatalkan Puasa

Kegiatan Positif Selama Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Lakukan

1. Tadarus Atau Membaca Al-Quran

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Salah satu kegiatan positif yang bisa kita lakukan pada bulan Ramadhan sebagai cara menambah pahala yaitu mengaji atau membaca Al Qur’an.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam bagian dari QS. Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ

Syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān, fa man syahida mingkumusy-syahra falyaṣumh. 

Artinya: “Bulan Ramadhan, bulan yang mulia yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk yang benar bagi manusia dan penjelasan penjelasan di dalamnya mengenai petunjuk itu dan menjadi pembeda (antara yang hak atau yang benar dan yang bathil atau yang salah).”

Agar lebih semangat lagi, Anda dapat melakukan tadarus Quran bersama dengan keluarga atau teman-teman terdekat.

Karena membaca Al Qur’an bersama akan menjadikan lebih berilmu, sebab akan saling mengingatkan jika ada kekurangan atau kesalahan dan dapat memahami maknanya bersama sama.

Jadi, sebaiknya buatlah program tadarus selama bulan Ramadhan. Semisal 1 day 1 juz secara istiqomah, sehingga dapat mengkhatamkan Al-Qur’an.

2. Bersedekah

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Kegiatan positif lainnya yang berhubungan dengan pahala bersedekah pada bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan adalah dengan memotivasi sesama untuk memperbanyak sedekah.

Lalu menyalurkan sedekah tersebut kepada orang yang membutuhkan seperti fakir miskin dan anak anak yatim piatu yang kekurangan.

Tentu saja boleh untuk mendahulukan orang terdekat atau tetangganya terlebih dahulu sebagai wujud keutamaan bersedekah kepada yang terdekat.

Sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits yang artinya:

“Sebaik baik sebuah sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan.” (HR. Tirmizi)

Hadist tersebut menjelaskan bahwa sebaik sebaik sedekah ialah yang dilakukan pada bulan yang mulia, yaitu bulan Ramadhan.

Namun dengan adanya hadist tersebut bukan berarti yang dilakukan di bulan lain tidak baik sedekahnya.

Jadi, jangan lupa untuk bersedekah, dan berikan harta terbaik Anda!

3. Puasa Lahir dan Batin

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Dari Abu Hurairah ia pernah berkata, bahwa “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: “Barang siapa umat islam yang berpuasa ramadhan dengan ikhlas yakni hanya karena imannya kepada Allah dan berharap pahala akherat, maka akan diampuni dosa dosanya atau kesalahannya yang telah lalu”. (HR Bukhari dan Muslim).

Jadi, biasakan untuk puasa lahir batin, yaitu menahan lapar, haus dan menahan hawa nafsu serta menjauhi perbuatan maksiat.

Dengan begitu, puasa yang Anda jalankan mendapat pahala yang sempurna, tidak hanya mendapat lapar dan haus saja.

Jangan sampai amalan puasa Anda menjadi sia-sia karena berbuat hal yang tidak Allah inginkan.

4. Shalat Tarawih Berjamaah

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barang siapa umatku yang mampu menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan ia mengharap pahala indah dari Allah maka ia akan diampuni dosa dosanya atau kesalahnnya yang telah lalu.”

Menghidupkan malam bulan Ramadhan maksud dari hadist tersebut yaitu dengan melakukan amal baik misalnya melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah.

Mungkin untuk sebagian orang, sepanjang harinya sibuk dengan rutinitas dunia hingga tak pernah mengetahui atau bergaul dengan tetangga dekatnya sendiri.

Nah, bulan Ramadhan bisa menjadi moment untuk meningkatkan silaturahmi, yaitu dengan shalat tarawih bersama tetangga.

Dengan begitu akan terjalin hubungan yang damai dan bisa mendapatkan pahala shalat tarawih di bulan Ramadhan.

Untuk menunjang peribadahan Anda agar lebih khusyu, pemilihan alat ibadah seperti mukena perlu Anda perhatikan. Pilihlah dengan bahan yang nyaman, lembut di kulit dan tidak terasa gerah.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan mukena dengan kualitas terbaik, silahkan untuk klik rekomendasi produk di bawah ini. 

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

5. Memperbanyak Doa

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Sudah sepatutnya kita memperbanyak doa pada bulan Ramadhan. Inilah kesempatan kita untuk memohon pada Sang Rabb.

Kita bisa memotivasi teman-teman kita untuk mendoakan kebaikan satu sama lain atau mendoakan saudara saudara kita.

Pada bulan yang penuh dengan kemuliaan ini, Allah memberikan nikmat di mana Allah tidak akan menolak doa orang yang sedang berpuasa.

Dengan kata lain, bisa juga kita artikan bahwa doa orang yang berpuasa di bulan Ramadhan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Namun, dalam hal ini perlu kita garis bawahi bahwa sejatinya manusia hanya dapat meminta dan berikhtiar, selebihnya Allah yang akan mengaturnya.

6. Memberi Makan pada Yang Tidak Mampu

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua orang memiliki kemudahan untuk makan dan minum, banyak orang di luar sana yang bahkan masih merasa lapar ketika waktunya berbuka puasa.

Karena memang tidak ada yang bisa dimakan sama sekali, oleh sebab itu jika memang kita mampu, mari luangkan rezeki untuk berbagi kepada sesama yang kekurangan.

Selain itu, pahami juga mengenai pahala menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan. Yakinilah bahwa Allah akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang menyantuni anak yatim.

Sebagaimana dalam sebuah hadits yang artinya:

“Barang siapa umat islam yang memberi ifthar atau makanan minuman (untuk berbuka puasa) orang orang yang sedang berpuasa ramadhan maka baginya akan mendapatkan pahala seperti orang baik yang juga berpuasa tanpa dikurangi atau dihilangkan sedikitpun pahalanya.” (HR. Bukhari Muslim)

7. I’tikaf

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

I’tikaf memiliki arti berdiam diri di dalam masjid/mushalla atau tempat yang tenang untuk beribadah.

Tujuannya untuk mendekatkan diri dan melakukan kebaikan kepada Allah. Amalan I’tikaf itu menurut Rasulullah disunahkan baik bagi lelaki dan perempuan, selana bulan Ramadhan pun Rasulullah SAW selalu beri’tikaf dengan sungguh sungguh.

Beri’tikaf pada hari hari 10 (sepuluh) malam Ramadhan yang terakhir serta para wanita yang menjadi istri Beliau pun menjadi turut ikut beliau.

Hendaknya kita melaksanakan I’tikaf dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti memperbanyak bacaan dzikir, memahami dan banyak mengucap istigfar, membaca dan mempelajari Al-Qur’an, berdoa kebaikan untuk dunia akherat, shalat sunnah dan ibadah lainnya.

8. Aktif Mengingatkan Zakat Fitrah

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Di akhir bulan Ramadhan yang mulia, kita mengetahui bahwa Allah mewajibkan kepada setiap muslim laki laki dan perempuan untuk mengeluarkan zakat fitrah.

Zakat fitrah ini sebagai ibadah untuk penyempurna puasa Ramadhan yang dilakukan. Tentu saja sebagai umat muslim, kita bisa mengingatkan kepada keluarga atau sahabat terdekat, atau lebih baik jika turut aktif membantu dan menjadi panitianya.

9. Umroh

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

“Umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan ialah memiliki pahala seperti haji bersamaku.” Begitulah sabda Rasulullah.

Barang siapa yang melaksanakan umroh, karena niat karena Allah, bukan karena ingin pamer atau ingin dipuji manusia maka akan mendapatkan pahala yang mulia.

Allah akan mengganti biaya umroh kita dengan balasan pahala yang melimpah. Bukan hanya pahala di akhirat, namun juga pahala di dunia berupa rezeki yang berkah.

Sudah kita ketahui bersama bahwa salah satu fadhilah dari umroh adalah mendatangkan rezeki, sebab umroh adalah penghapus kefakiran.

Jika Allah menghapus kefakiran kita, maka rezeki baik secara materi, kesehatan, kebahagiaan, kesuksesan, dan sebagainya akan datang ke dalam hidup kita.

Oleh karena itu, jangan pernah kikir pada Allah, sebab Allah selalu bermurah hati memberikan rezeki yang tak terbatas kepada siapa saja yang Ia kehendaki-Nya.

10. Memperbanyak Kebaikan

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap amalan baik pada bulan Ramadhan, baik itu amalan yang berhubungan dengan Allah, dengan diri sendiri, atau yang berhubungan dengan kebaikan untuk orang lain, akan Allah lipatgandakan pahalanya hingga 70 kali ketimbang hari-hari pada bulan biasa.

Tentunya kita harus melakukan sebuah kebaikan itu dengan hati ikhlas, agar Allah meridhai.

Jadi, kita bisa berlomba-lomba dalam kebaikan, walaupun minimal seperti tersenyum kepada orang lain.

11. Menonton Serial Film Favorit atau Nuansa Islami

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Menonton memang menjadi salah satu kegiatan yang disukai banyak orang, termasuk Anda yang membaca ini bukan?

Kegiatan menonton disuaki oleh berbagai kalangan, baik itu orang dewasa hingga anak kecil sekalipun.

Pada bulan Ramadhan, Anda dapat ngabuburit dengan menonton film serial favorit bersama keluarga, baik itu yang bergenre drama, action, komedi atau yang lainnya.

Tidak hanya itu, Anda dan keluarga juga bisa menonton film yang bernuansa Islami, seperti My Name is Khan, Hanum dan Rangga, Ketika Cinta Bertasbis, Ayat-ayat Cinta, 99 Cahaya di Langit Eropa.

Bahkan jika bersama anak, Anda dapat menonton serial tentang sejarah islam, ataupun film kartun tentang kisah-kisah para nabi dan masih banyak lagi.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Rukun Puasa Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

12. Olahraga Bersama di Rumah

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Jika biasanya Anda dan keluarga melakukan olahraga jogging atau jalan santai keliling komplek rumah, untuk kali ini lakukan ngabuburit olahraga di rumah saja.

Tapi, semua tergantung Anda, ditakutkan jika keluar rumah akan lebih terasa lelah.

Sebaiknya, saat bulan Ramadhan lakukan olahraga ringan, mulai dari yoga, peregangan tubuh, aerobik dan lainnya.

Walaupun sedang berpuasa, tentu berolahraga sangatlah penting demi menjaga kesehatan tubuh.

13. Masak Menu Buka Puasa di Rumah

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Anda bisa memasak menu buka puasa di rumah tanpa harus membelinya di rumah. Tentu hal ini lebih hemat bukan?

Selain itu, tidak hanya membuat ngabuburit menjadi lebih seru, tapi masak sendiri juga lebih terjamin kebersihannya dan rasanya juga lebih enak lezat.

Ada banyak menu pilihan yang cocok untuk buka puasa, mulai dari kolak, sayur tumisan atau berkuah, lauk-pauk hingga membuat minuman segar.

14. Membuat Camilan Kekinian

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Bagi yang belum mengantuk setelah shalat tarawih di rumah, biasanya Anda dan keluarga akan menonton serial TVbersama dan ditemani dengan camilan-camilan kekinian.

Nah, camilan tersebut bisa Anda buat pada saat sore hari sebagai kegiatan ngabuburit.

Banyak ragam camilan kekinian yang bisa Anda buat tentunya dengan bahan-bahan yang praktis, misalnya pie susu, risoles, martabak mini, pudding oreo, keripik kentang, agar-agar buah, tahu isi bakso, dan masih banyak lainnya.

15. Berkebun

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Jika di rumah Anda memiliki halaman kosong, Anda dapat mengubahnya menjadi kebun merupakan ide yang bagus.

Waktu berkebun ini bisa Amda dan keluarga lakukan saat ngabuburit pada sore hari. Anda dapat menanam pohon yang rindang, pohon buah, sayur mayur, atau juga bunga-bunga.

Sehingga nantinya kebun yang Anda dan keluarga buat akan menjadi pemandangan yang lebih indah.

Tentu untuk hasil kebun bisa Anda panen dan bisa dijadikan bahan masakan untuk berbuka puasa.

16. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Isilah aktivitas ngabuburit Anda dengan membuat kerajinan tangan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Kerajinan tangan ini bisa langsung Anda pajang untuk menghiasi dinding atau meja pojok yang ada di rumah. Jangan salah, hasil kerajinan tangan juga bisa Anda jual sehingga menjadi peluang usaha yang menguntungkan, lho! 

Banyak ragam kerajinan tangan yang bisa Anda coba buat dengan bahan-bahan bekas, misalnya saja membuat vas bunga dari toples bekas.

Kemudian Anda cat dengan warna yang cantik, beri motif toples yang menarik sehingga menjadi vas bunga yang memiliki nilai jual.

17. Kasih Sayang dengan Orang Tua

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Kegiatan positif lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan lebih memperhatikan dan menyayangi orang tua.

Terkadang kita terlalu sibuk dengan urusan sendiri hingga sedikit sekali mengingat dan mendoakan orang tua.

Perbanyak aktivitas mendoakan kebaikan untuk orang tua, berbuka dan sahur bersama, membelikan orang tua baju atau sesuatu yang beliau suka.

Selain itu, Anda dapat membagi rezeki untuk orang tua untuk digunakan sebagai keperluan pada hari Lebaran.

18. Berbuat Baik pada Keluarga

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Jangan lupa juga untuk berbuat baik pada keluarga, jangan hanya sibuk berbuka puasa bersama dengan teman teman.

Tentu ada kalanya mengadakan acara buka puasa bersama keluarga terdekat seperti dengan paman dan bibi, nenek-kakek, keponakan, dan saudara terdekat lainnya.

Hal ini dilakukan agar ikatan silaturahmi dengan keluarga dapat terjalin dengan baik.

Tak lupa, untuk yang usia muda hendaknya menghormati orang yang lebih tua.

19. Shalat Malam

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Di bulan Ramadhan, perbanyak untuk melakukan shalat tahajud, lakukan juga aktivitas yang lebih positif seperti mengajak keluarga dan teman teman untuk juga melakukannya.

Dengan begitu, kegiatan tersebut menjadi kebiasaan nantinya akan selalu dilaksanakan saat tiap malam, bahkan tidak hanya di bulan Ramadhan saja.

Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam hadist berikut:

“Shalat malam atau shalat tahajud itu dua raka’at, dan apabila ada salah seorang darimu merasa khawatir akan masuk shubuh, maka hendaklah ia melakukan shalat satu rakaat yaitu witir sebagai pengganjil dari shalat malam yang dilakukannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

20. Mendengarkan Kajian/Ceramah Islam

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

“Apa apa atau sesuatu yang telah aku larang tinggalkanlah, dan juga segala sesuatu yang telah aku perintahkan lakukanlah dengan benar semampu kamu dengan niat karena Allah, karena sesungguhnya hal yang membinasakan orang orang kafir sebelum kamu adalah mereka itu banyak bertanya dan juga banyak menyelisi serta menentang Nabi Nabi mereka.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari hadist tersebut dapat kita ambil pelajaran bahwa banyak orang yang masuk neraka karena tidak mengikuti perintah Nabi.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim kita harus memperbanyak wawasan islami seperti mendengarkan kajian atau ceramah.

Dengan demikian Anda dapat mengerti apa saja yang benar dan yang salah serta terhindar dari jalan yang sesat.

Anda bisa mengisi kegiatan dengan memperkaya ilmu agama, agar setelah mengetahui ilmunya, Anda dapat mengaplikasikannya.

21. Buka Puasa Bersama

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

“Manusia (yakni umat islam) yang senantiasa baik ialah yang selama mereka puasa ramadhan mereka bersegera dalam berbuka puasa.”  (HR Bukhari dan Muslim).

Bukan sebuah larangan dalam islam jika ingin menjalankan acara buka puasa bersama terlebih jika ditambah dengan kebaikan seperti mengajak orang-orang yang tidak mampu.

Tentunya aktivitas positif ini tetap harus mendahulukan ajaran islam, yaitu jangan sampai diisi dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Contoh kegiatan yang tidak bermanfaat tersebut misalnya menggosip, telat melaksanakan shalat maghrib dan isya’, bergadang yang tidak penting dan lain-lain.

Jadi, lebih baik isi kegiatan dengan amalan-amalan islam yang baik sehingga mendapatkan pahala yang berlimpah.

Rekomendasi Buah Kurma yang Tersedia di Evermos

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Untuk menu berbuka puasa, Anda dapat menikmati buah kurma sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Ada rekomendasi produk kurma terbaik yang tersedia di Evermos. Kurma ini tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaatnya antara lain untuk memperlancar kesehatan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, hingga membantu meningkatkan energi dengan cepat.

Tentu sangat cocok untuk Anda konsumsi saat berbuka maupun sahur.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan atau menjual buah kurma, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Demikian artikel tentang kegiatan selama bulan Ramadhan, semoga mudah dipahami oleh Anda dan dapat menjadi wawasan islami yang bermanfaat.

Jangan lupa selalu perbarui ilmu Anda dengan membaca artikel-artikel mengenai keislaman lainnya.

Untuk membaca artikel tentang keislaman lainnya, Anda dapat mengunjungi situs blog Evermos. 

×