Kenali Shalat Tahajud: Pengertian, Berapa Rakaat dan Manfaatnya

Ibadah shalat tahajud merupakan amalan sunnah yang dapat dikerjakan jelang malam hari. Rasulullah SAW sering melaksanakan shalat tahajud sebagai shalat yang dikerjakan usai melakukan shalat fardhu lima waktu. Muncul pertanyaan, berapa rakaat shalat tahajud?

Orang yang melaksanakan shalat tahajud tentu saja memiliki keistimewaan yang didapatkan daripada yang tidak melakukannya.

Sebab, shalat tahajud sendiri pelaksanaannya dilakukan setelah seorang muslim tidur setelah Isya kemudian terbangun dan meniatkan shalat Isya.

Pada kali ini Admin akan mengulas informasi mengenai shalat tahajud, pengertian, sejarah, tata cara berapa rakaat shalat tahajud dan keutamaannya.

Simak terus sampai habis, ya!

Apa itu Shalat Tahajud dan Hukumnya

berapa rakaat shalat tahajud
Sumber: pexels.com

Tahajud berasal dari kata salatu-at-tahajjud yang artinya shalat sunnah muakad didirikan pada malam hari atau sepertiga malam.

Muslim dapat mengerjakannya setelah terjaga dari tidur, adapun hukum dari shalat tahajud ini merupakan shalat sunnah dan bukanlah fardhu.

Kendati demikian, shalat tahajud amat dianjurkan untuk mengerjakannya sebagai shalat sunnah yang paling utama.

Hanya saja, ada beberapa fiqih yang menyatakan mengenai berapa rakaat shalat tahajud untuk dikerjakan.

Sejarah Shalat Tahajud

Dalam Tafsir Mafatihul Ghaib karya Imam Fakhruddin Ar-Razi, menjelaskan dugaan sebab penghapusan perintah wajibnya shalat malam pada masa awal Islam bagi Nabi dan umatnya.

Umat Nabi Muhammad saat itu ikut menjalankan perintah wajibnya shalat malam, namun karena ketidaktahuan mereka tentang berapa rakaat shalat tahajud dan berapa lamanya sehingga banyak yang menghabiskan malamnya untuk menjalankan shalat malam karena khawatir jika tak menjaga kewajiban.

Hal tersebut cukup berat sehingga membuat telapak kaki dan betis mereka bengkak.

Kemudian Allah menurunkan ayat terakhir dari Surah Al-Muzzammil yang me-nasakh kewajiban shalat malam.

Sehingga saat ini shalat tahajud bukan lagi menjadi wajib akan tetapi hukumnya sunnah yang dianjurkan.

Berapa Rakaat Shalat Tahajud

Masih banyak muslim yang bertanya seperti berapa rakaat shalat tahajud? 

Mengutip dari sumber detik.com, pada dasarnya, tidak ada batasan yang tepat mengenai jumlah rakaat shalat tahajud.

Menurut hadist riwayat At-Tabrani dan Al-Bazzar, dari Sumrah bin Jundub RA berkata,

Kita diperintah oleh Rasulullah supaya mengerjakan shalat malam itu sedikit atau banyak dan sebagai penghabisan atau penutup shalat witir.”

Adapun dalam kitab Al-Kabir dan Al-Ausath, Ibnu Abbas berkata,”Kita diperintah oleh Rasulullah mengerjakan sholat malam dan benar-benar menganjurkannya sehingga beliau berkata, ‘Kerjakan sholat malam sekali pun hanya satu rakaat’.”

Apabila jawabannya sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, maka bisa dikerjakan yaitu sebelas (11) rakaat termasuk tiga rakaat shalat witir.

Berapa rakaat shalat tahajud yang dapat kita kerjakan dan tata caranya? Yaitu 4 rakaat niat tahajud, 4 rakaat niat tahajud, dan 3 rakaat lagi shalat witir.

Atau dapat juga 2,2,2,2 atau 2 rakaat tahajud, 2 rakaat tahajud, 2 rakaat tahajud, 2 rakaat tahajud, dan 3 rakaat witir.

Pendapat itu sesuai dengan hadist riwayat Bukhari Muslim, dari Aisyah RA ia berkata, 

Rasulullah tidak pernah menambah sholat malam itu, baik ketika bulan Ramadhan atau bulan lainnya dari sebelas rakaat. 

Beliau sholat empat rakaat, jangan tanya tentang baik dan panjangnya. Kemudian, sholat lagi empat rakaat, jangan tanya baik dan panjangnya. 

Kemudian, sholat witir tiga rakaat. 

Aisyah bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir? Beliau menjawab ‘Ya Aisyah, walau kedua mataku tidur, namun hatiku tidak tidur.”

Lalu apa saja yang dalil yang mendasari adanya perintah bagi umat muslim untuk salat malam atau tahajud?

Dalil Perintah Shalat Tahajud

1. Al-Isra: 79

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan dengan ayat ini bahwa Allah hendak mengangkat kedudukan seorang muslim pada kedudukan yang terpuji apabila melaksanakan shalat tahajud.

Karena dengan shalat tahajud, seseorang bisa memiliki pribadi yang mulia baik di sisi Allah maupun di sisi manusia.

2. Al-Muzammil: 2

قُمِ الَّيْلَ اِلَّا قَلِيْلًاۙ

Artinya: “Bangunlah (untuk salat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil,”

Sebagian ulama terdahulu berpendapat bahwa sebelum adanya shalat lima waktu, Nabi Muhammad SAW di wajibkan untuk melaksanakan shalat tahajud.

Redaksi “qum” ditafsirkan dengan quim lis shalati wal ‘ibadati, dengan artian bangunlah untuk shalat dan beribadah. Maka qum al-lail diartikan secara tekstual diperoleh makna bangunlah pada waktu malam.

3. Al-Furqan: 64

وَالَّذِيْنَ يَبِيْتُوْنَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَّقِيَامًا

Artinya: “dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.”

Dari ayat tersebut, Ibnu ‘Abbas berkata bahwa siapa yang melakukan salat dua rakaat atau lebih sesudah salat Isya berarti dia telah shalat sepanjang malam hari itu.

Allah dalam firman-Nya menjelaskan siapa yang menghabiskan waktu malam untuk shalat malamnya merupakan sifat-sifat orang mukmin.

Ketika malam telah sunyi sepi, dan sebagian manusia sedang terbuai oleh tidur nyenyaknya, mereka mengerjakan shalat tahajud dan berdiri menghadap Allah SWT.

Mereka hendak tinggalkan kesenangan (tidur) itu dan merasakan nikmatnya bermunajat dengan Allah SWT.

Sehingga keimanan mereka semakin bertambah dan yakin terhadap rahmat Allah Ta’ala.

Manfaat Shalat Tahajud

Perintah yang Allah SWT turunkan kepada umat muslim semata-mata memiliki hikmah dan kebaikan yang dapat diambil.

Apa saja manfaat dari shalat tahajud yang dapat kita ketahui? 

  • Mendapat tempat terpuji dan mulia di sisi Allah Ta’ala, janji Allah SWT kepada hamba-Nya yang melaksanakan shalat tahajud ke tempat terpuji serta pada hari kiamat terdapat dalam surat Adz-Dzariyat (51) ayat 15-18.
  • Menghilangkan rasa malas dan meredam hawa nafsu, shalat tahajud dianggap amalan yang berat bagi kebanyakan orang karena harus melakukannya setelah tidur atau pada jam masih tertidur. Adapun mereka yang berhasil menaklukan hawa nafsunya untuk tidur kembali akan memperoleh keutamaan shalat tahajud dan dihindarkan dari rasa malas.
  • Imannya lebih kuat, dengan mengerjakan salat tahajud, seseorang dapat terhindar dari godaan syetan. Adapun syetan yang mengikat manusia dengan tiga ikatan, akan membuat ia semakin rajin dan juga dengan jiwanya.
  • Sebagai terapi fisik, orang yang membiasakan diri dengan shalat tahajud akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat ketimbang tidak melaksanakan.

Hikmah Tahajud

  • Sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, pada malam yang hening dan sepi menjadi waktu yang tepat untuk bermunajat dan berkhalwat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Mencegah perbuatan dosa, muslim yang rajin melaksanakan shalat tahajud akan mampu menjaga dirinya dari godaan syetan sebab sudah terbiasa untuk beribadah dan mengingat kepada-Nya.
  • Menghapus dosa-dosa, siapa manusia yang tidak ingin dihapuskan dosa-dosanya? Tentu dengan shalat tahajud, menjadi kebiasaan yang disebutkan dalam hadist nabi bisa menghapuskan dosa dn penghalang berbuat salah.

Jadi, untuk pertanyaan berapa rakaat shalat tahajud sesuai sunnah adalah 11 rakaat yaitu dikerjakan dalam 4 rakaat, 4 rakaat dan 3 rakaat witir. Atau juga bisa 2 rakaat, 2 rakaat, 2 rakaat, 2 rakaat dan 3 rakaat witir.

Semoga kita bisa melaksanakan ibadah shalat tahajud dan menjadi ahli tahajud, Aamiin.

Berdoa juga dapat kita lakukan supaya meminta rezeki dilancarkan. Perlu diingat, imbangi ibadah dengan ikhtiar. Salah satunya adalah dengan mencari harta yang berkah dengan berjualan.

Mau bisnis tapi masih belum punya modal cukup? Di Evermos Anda bisa di modalin, cukup install dan download aplikasinya untuk bergabung jadi reseller di Evermos!

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Buat buka usaha, Anda tidak perlu lagi pusing mikirin modal, stok  atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS,

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

YUK, GABUNG DISINI!

Itulah penjelasan mengenai shalat tahajud, berapa rakaat shalat tahajud, dan dalil Al-Quran shalat tahajud dan manfaatnya.

Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memperdalam wawasan tentang shalat tahajud.

Sebarkan kebaikan ini kepada orang lain, orang terdekat Anda dengan salin link artikel dan membagikannya.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

×