5 Usaha Unik di Desa yang Menjanjikan dan Mendapat Untung Besar

Anda ingin memulai usaha unik di desa? Anda harus ketahui terlebih dahulu peluang usahanya agar Anda bisa mencoba usaha tersebut dan berpotensi mendapat keuntungan yang besar.

Untuk memulai usaha baru di desa memang susah-susah gampang karena kondisi perekonomian yang berbeda dengan di perkotaan. Melakukan bisnis di perkotaan dinilai lebih mudah karena mengingat jumlah penduduknya lebih banyak.

Selain itu, daya beli masyarakat kota juga lebih tinggi dan pola hidupnya pun lebih konsumtif.

Nah, jika di desa justru berbanding terbalik dari aspek tersebut. Oleh karena itu, Anda harus pandai menangkap peluang usaha baru agar usaha yang dimulai nantinya tidak jadi sia-sia.

Lalu, apa saja peluang usaha unik di desa yang menjanjikan dan mendapat untung besar? Simak penjelasan di bawah ini.

Membuka Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan adalah jalan yang tepat bagi Anda yang juga berperan sebagai ibu rumah tangga, klik disini.

Usaha Unik di Desa

1. Usaha Produk Daur Ulang Plastik

Usaha Unik di Desa
Sumber: pexels.com

Bahan plastik telah menjadi masalah lingkungan yang sangat serius apabila tidak dicegah sedini mungkin. Bahkan di seluruh dunia sudah digalakkan Go-Green.

Nah, Anda bisa melakukan langkah kecil untuk menyelamatkan bumi dengan memanfaatkan bahan plastik sebagai peluang usaha.

Daripada plastik akan menjadi sampah perusak lingkungan, Anda bisa mendaur ulang kembali menjadi sebuah produk yang bernilai guna dan bernilai jual tinggi.

Adapun kreativitas yang bisa Anda lakukan untuk mendaur ulang plastik yaitu dengan membuat tas, bunga hias plastik, payung dan lain sebagainya.

Dengan usaha mendaur ulang plastik produk tersebut, dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan di desa. Anda akan bisa dapat keuntungan yang besar dengan ide bisnis kreatif ini.

Bahkan Anda bisa menjualnya ke kota atau dengan sistem online yang bisa menjangkau pembeli di seluruh Indonesia.

Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk membuka Usaha Internet yang pastinya akan mendatangkan keuntungan, yuk simak!

2. Usaha Kerajinan Hasil Desa

Usaha Unik di Desa
Sumber: pexels.com

Di Indonesia kaya akan budaya, maka tidak heran apabila mayoritas desa memiliki kerajinan khas masing-masing.

Kerajinan tersebut sebenarnya bisa dijadikan peluang usaha unik di desa jika mampu dikembangkan dengan sebaik mungkin.

Anda bisa membuat usaha kerajinan tangan seperti hiasan dinding, tembikar, tas, perabot rumah tangga, kain tenun dan lain sebagainya.

Bahkan Anda bisa memasarkannya ke dalam dan luar negeri. Dengan menjalani usaha ini, peluang Anda mendapatkan keuntungan pun semakin besar.

Meskipun belum memiliki modal yang besar, namun peluang usaha dengan modal kecil ini bisa menjadi pilihan untuk dicoba, intip inspirasinya disini.

3. Usaha Menjahit/Permak Pakaian

Usaha Unik di Desa
Sumber: pexels.com

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pakaian atau sandang, Anda tidak boleh melewatkan usaha rumahan ibu rumah tangga yang satu ini.

Usaha ini cocok dijalani di pedesaan. Jasa menjahit atau permak pakaian ini bisa menjadi usaha yang berkembang dan menjadi sukses nantinya.

Asalkan hasil jaitan pakaian yang dihasilkan benar-benar bagus dan berkualitas.

Jika Anda memiliki keahlian menjahit, Anda bisa mencoba usaha ini di tempat tinggal Anda. Cobalah untuk menerima orderan dari tetangga terdekat atau yang berada di desa Anda.

Usaha ini tidak perlu repot untuk membuat iklan, karena jika hasil menjahit Anda bagus, pada konsumen itu sendiri yang akan mengiklankan usaha Anda secara cuma-cuma misalnya dari mulut ke mulut.

Jangan malu untuk membuka Usaha Kecil Kecilan, karena semua usaha yang saat ini besar berawal dari usaha yang kecil, inilah idenya.

4. Usaha Desa Wisata

Usaha Unik di Desa
Sumber: pexels.com

Sebuah desa kini bisa dijadikan destinasi wisata. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak terdapat desa wisata yang memiliki khas seperti bentuk bangunannya, tema, sampai pada kuliner desa tersebut.

Dengan adanya desa wisata otomatis akan mendongkrak dari segi perekonomian di desa tersebut. Para penduduk desa pun bisa berdagang beraneka ragam seperti makanan, souvenir dan sebagainya kepada para pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa berbisnis jasa sewa hostel, jasa tour guide dan sebagainya. Tentu akan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan, bukan?

Menjadi seorang mahasiswa bukan hanya belajar saja, namun sebagai mahasiswa juga harus memiliki Usaha Sampingan Mahasiswa agar hidup tak selalu mengandalkan uang kiriman orang tua.

Jangan malu untuk membuka Usaha Kecil Kecilan, karena semua usaha yang saat ini besar berawal dari usaha yang kecil, inilah idenya.

5. Usaha Angkringan

Usaha Unik di Desa
Sumber: google.com

Usaha angkringan ini sudah banyak dilakukan di desa berkembang.  Agar usaha angkringan Anda terlihat unik dan menarik minat para anak muda, Anda bisa menambahkan fasilitas seperti WiFi.

Selain itu, ide lain yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan layar tancap dengan sebuah proyektor di salah satu sudutnya.

Anda bisa menyiarkan berbagai siaran yang menarik seperti sepak bola, film pendek atau yang lainnya sehingga akan menjadikan tempat usaha angkringan Anda sebagai tempat tongkrongan favorit di desa Anda. Bahkan bisa berpeluang mendatangkan pengunjung dari desa lainnya.

Itulah beberapa usaha unik yang bisa Anda lakukan di desa. Apapun jenis usahanya, jika Anda terus berinovasi, kreatif dan menggunakan strategi yang tepat, usaha Anda pun akan berkembang dan diminati oleh banyak orang.

Jika usaha Anda berkembang dan sukses, maka pundi-pundi rupiah yang Anda dapatkan juga semakin banyak.

Menjadi seorang mahasiswa bukan hanya belajar saja, namun sebagai mahasiswa juga harus memiliki Usaha Sampingan Mahasiswa agar hidup tak selalu mengandalkan uang kiriman orang tua.

Peluang usaha sampingan untuk karyawan ini bisa Anda coba untuk mengisi waktu kosong di sela-sela pekerjaan Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat, Anda bisa menemukan info menarik pada artikel lainnya di Blog Evermos.

 

×