11 Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab dan Artinya untuk Sahabat, Keluarga dan Teman

Saat seseorang yang dekat dengan kita berulang tahun, tentunya kita ingin memberikan ucapan sekaligus doa yang dapat bermakna baginya. Sudah semestinya bagi seorang muslim untuk saling mendoakan kebaikan kepada sahabatnya. Bagi kamu yang ingin memberikan ucapan ulang tahun Bahasa Arab, dapat melihat referensi sebagai berikut.

Momen ulang tahun sebagaimana kita ketahui adalah hari bertambahnya usia seseorang, dan merupakan salah satu proses meningkatnya kedewasaan seseorang.

Saat ulang tahun beberapa orang mengharapkan hal yang positif datang dari teman-temannya sekedar ucapan atau memberikan kado.

Ada beragam bahasa ucapan yang bisa kita ucapkan kepada teman, misalnya bahasa Inggris, atau bahasa Arab yang penuh makna dan doa.

Lalu apa saja ucapan ulang tahun Bahasa Arab yang cukup populer dan sangat cocok untuk kamu berikan kepada teman-teman, kerabat atau pasangan? Simak selengkapnya di bawah berikut.

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab

  1. Sanah Helwah berasal arti Sanah ( سنة ) adalah tahun dan Helwa ( حلوة ) artinya manis. Artinya yaitu “Selamat Ulang Tahun!”
  2. Mabruk Alpha mabruk, yaum Miladik mabruk! Yaitu “Berkah seribu berkah, ulang tahunmu berkah!”
  3. Barakallahu fii umrik ukhti (kakak). Semoga sehat selalu, diberkahi umur panjang dan sejahtera selalu, amin.
  4. “Miladuki saidah, barakallahu fii umrik, semoga sisa umurmu berkah sampai akhir dunia.”
  5. “Happy milad, my friend. Semoga kamu bisa menjadi orang yang lebih bertakwa dan semoga selalu diberi banyak rezeki dan keamanan di dunia dan di akhirat.”
  6. Barakallahu fii umrik, semoga umur kamu diberkahi!
  7. Ied Milad, jika bahasa arab dituliskan dengan عِيْدُ مِيْلَادِ سَعِيْد . artinya yaitu Selamat Hari Ulang Tahun
  8. Ied Milad … Iak bahasa arab dituliskan dengan عِيْدُ مِيْلَادِ سَعِيْد لَك. Artinya yaitu Selamat Ulang Tahun Untukmu.
  9. Kullu ‘ami wa anta/i bi khoirin, wa ‘iddu miiladi ….. Lak bahasa arab dituliskan dengan كُلُّ عَامٍ وَأَنْتَِ بِخَيْرٍ، وَعِيْدُ مِيْلَادِ سَعِيْد لَك. Maknanya adalah Selamat Ulang Tahun, Selamat Hari Lahir untukmu.
  10. Istamti’ Bi’idi Miladik, artinya Selamat Menikmati Hari Ulang Kelahiranmu.
  11. Miladuki Saidah, Barakallah fii umrik, biasa di artikan “semoga di sisa usiamu selalu diberikan keberkahan baik dunia maupun di akhirat.

Jawaban Ucapan Dari Barakallah Fii Umriik

ucapan ulang tahun bahasa arab
Sumber: pexels.com

Berikutnya yang belum dapat kita ketahui adalah bagaimana cara membalas ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab dari seseorang?

Maka jawaban yang tepat dan dianjurkan adalah dengan membalas “Wa Fiika Barakallah” untuk yang menyampaikan laki-laki atau “Wa Fiiki  Barakallah” apabila yang menyampaikan adalah perempuan.

Arti dari jawaban tersebut adalah Semoga Allah memberkahimu juga. 

Bolehkah Mengucapkan Selamat Ulang Tahun?

Sebagai agama yang dapat memberikan keberkahan dan rahmat, maka tidak ada larangan bagi siapapun yang ingin mengucapkan selamat ulang tahun.

Saat hari lahirnya Rasulullah SAW yaitu pada hari Senin, beliau selalu mengamalkan ibadah shaum sunnah yang dapat menambah amalan pahalanya.

Yang menjadi pertanyaan masyarakat adalah bolehkah jika kita mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang yang kita kenal?

Maka hukumnya adalah mubah alias boleh untuk dilakukan.

Mubah artinya apabila kita kerjakan tidak akan mendapatkan pahala juga tidak berdosa apabila ditinggalkan.

Semoga dengan memberikan ucapan selamat ulang tahun, akan memberikan doa yang terbaik bagi yang sedang berulang tahun.

Demikian ulasan tentang ucapan ulang tahun Bahasa Arab yang dapat disampaikan oleh Tim Evermos.

Jika Anda suka dengan artikel Blog Evermos berikut jangan lupa sebarkan link artikel ke orang-orang terdekat yang membutuhkannya.

Bingung ingin beli hadiah apa yang cocok untuk kerabat, sahabat, atau anggota keluarga? Langsung cek di katalog Evermos sekarang juga.

Sembari membeli produk Anda juga bisa menjualkan beberapa produk yang ada di Evermos untuk Anda pasarkan kepada orang-orang terdekat Anda.

Yuk gabung sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut, pendaftaran GRATIS tanpa pungutan biaya apapun, segera download aplikasinya dan raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)