25 Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa dan Artinya untuk Orang Tua hingga Teman, Berkesan!

Ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk kerabat yang berasal dari Jawa? Yuk, simak berbagai ucapan ulang tahun bahasa Jawa yang halus hingga lucu, di artikel ini!

Ulang tahun adalah momen spesial satu kali setahun yang dialami setiap orang. Ketika seseorang berulang tahun, ia tentu akan senang bila ada yang merayakan hari kelahirannya. 

Merayakan ulang tahun orang terdekat seperti keluarga, kerabat, dan teman tidak harus dengan kado mahal. Memberikan ucapan ulang tahun dengan tulus juga akan bermakna bagi mereka. 

Selain itu, memberikan ucapan ulang tahun yang unik juga akan berkesan dan melekat di ingatan orang yang berulang tahun, seperti mengucapkannya dengan bahasa Jawa. 

Untuk itu, jika saat ini Anda sedang mencari ide ucapan ulang tahun bahasa Jawa, maka Anda bisa simak dan temukan kata katanya di ulasan berikut ini. 

Baca juga: 50 Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri Singkat Tapi Bermakna, dari Islami Hingga yang Aesthetic!

Kumpulan Kata Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa dan Artinya

1. Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Halus dan Artinya

ucapan ulang tahun bahasa jawa
Sumber: blog.evermos.com

Berikut ini adalah ucapan selamat ulang tahun bahasa Jawa dan artinya yang halus dan sopan. Anda bisa gunakan kalimat ini untuk memberikan ucapan kepada orang yang dihormati. 

  • “Sugeng ambal warsa! Mugi panjang yuswa nipun, kesembadan pinuwinipun, tansah ginanjar kasarasan ugi kawilujengan. Amin.” (Selamat ulang tahun! Saya harap kamu berumur panjang, bahagia di rumah, dan selalu murah rezeki hingga keselamatan. Amin)
  • “Sugeng ambal warsa, mugi Gusti Pangeran tansah paring berkah kasarasan kebingahan lan panjang yuswo.” (Selamat ulang tahun! Semoga Tuhan selalu memberkati Anda dengan kesehatan, kebahagiaan hingga umur panjang)
  • “Ngaturwaken sugeng tanggap warsa, mugi mugi wilujeng selamet lan lumebering rejeki kalyan pinaringan kesehatan, amin.” (Saya ucapkan memasuki usia baru, semoga diberi keselamatan hingga limpahan kesehatan, amin.)
  • “Sugeng ambal warsa! mugi tansah rahayu wilujeng nir sambikala lan panjang umur.” (Selamat ulang tahun! Semoga kamu selalu mendapatkan kelimpahan bahagia dan berumur panjang).
  • “Ngaturaken sugeng tanggap warsa kagem panjenengan, mugi pinaringan bahas waras lan rahayu ugo panjang yuswo.” (Saya ucapkan selamat ulang tahun, semoga sehat dan bahagia serta berumur panjang). 
  • “Sugeng ambal warsa dateng ibuku tersayang. Mugi-mugi sehat lahir batin, selamet dunia akhirat. Matur suwun, Buk, sampun nresnain kula sangking lahir kanti gede.” (Selamat ulang tahun untuk ibu tersayang. Semoga sehat lahir batin, selamat dunia akhirat. Terima kasih bu, sudah mencintaiku dari lahir sampai besar)

Baca juga: 75 Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Suami Tercinta yang Menyentuh Hati, Penuh Doa!

2. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa untuk Orang Tua

ucapan ulang tahun bahasa jawa
Sumber: blog.evermos.com
  • “Sugeng ambal warsa biyung, matur suwun sampun paring kebahagian dhumateng kula. Mugi-mugi gusti Allah tansah ngijabahi sedaya gegayuhan panjenengan.” (Selamat ulang tahun ibu, terimakasih sudah memberikan kebahagiaan kepada saya. Semoga Allah senantiasa mengabulkan segala bentuk keinginan ibu)
  • “Biyung, kulo ngaturaken sugeng tanggap warsa. Mugi-mugi biyung tansah pinaringan rizki ingkang berkah, ditebihaken sangking sedaya sambekala. (Ibu, saya mengucapkan selamat ulang tahun. Semoga ibu senantiasa memperoleh rezeki yang berkah dan dijauhkan dari segala bentuk mara bahaya.)
  • “Rama, kulo ngaturaken sugeng tanggap warsa. Mugi-mugi rama tansah pinaringan rizki ingkang berkah, ditebihaken sangking sedaya sambekala. (Bapak, saya mengucapkan selamat ulang tahun. Semoga bapak senantiasa memperoleh rezeki yang berkah hingga dijauhkan dari segala bentuk mara bahaya.)
  • “Ngaturaken sugeng ambal warsa dateng bapak. Mugi-mugi gusti Allah tansyah maringi bapak yuso ingkang berkah ugi selamet ndonyo akhirat.” (Mengucapkan selamat ulang tahun untuk ayah. Mudah-mudahan gusti Allah Swt. selalu memberikan umur yang berkah juga selamat dunia akhirat)
  • “Sugeng tanggap warsa, Buk, ngapunten ingkang katah mboten saget maringi nopo-nopo, namung saget doa dateng Allah, mugi-mugi panjenengan diparingi tambah rizki, kuat iman, lan sabar dateng didik kula.” (Selamat ulang tahun, Buk, mohon maaf yang banyak tidak bisa memberikan apa-apa, hanya bisa berdoa kepada Allah, mudah-mudahan ibuk diparingi tambah rezeki, kuat imannya, hingga diberi kesabaran dalam mendidik aku).
  • “Sugeng ambal warsa dateng ibuku tersayang. Mugi-mugi sehat lahir batin, selamet donyo akhirat. Matur suwun, Buk, sampun nresnain kula sangking lahir kanti gedhe.” (Selamat ulang tahun untuk ibu tersayang. Semoga sehat lahir batin, selamat dunia akhirat. Terima kasih bu, sudah mencintaiku dari lahir sampai besar).
  • “Pak, kula ngaturaken sugeng ambal warsa, matursuwun ingkang kathah sampun mengayomi keluarga niki.” (Pak, aku mengucapkan selamat ulang tahun, terima kasih banyak sudah mengayomi keluarga ini).

3. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa untuk Teman

ucapan ulang tahun bahasa jawa
Sumber: blog.evermos.com

Jika Anda memiliki teman yang juga berasal dari Jawa, maka gunakanlah ucapan berikut ini apabila ia sedang berulang tahun.

  • “Urip kuwi namung sedela ewo dene mampir ngombe. Dadi ojo digawe susah kudu bahagia. Sugeng ambal warsa lur.” (Hidup itu cuma sebentar seperti mampir untuk minum. Sehingga, jangan di buat susah dan harus bahagia. Selamat ulang tahun lur.)
  • “Sugeng ambal warsa kagem sahabat kula, aku mung iso dungakne mugo-mugo gusti Allah tansah gampangke nopo sing mbok karepke.” (Selamat ulang tahun untuk sahabatku, aku hanya bisa mendoakan semoga Allah memudahkan apa yang kamu inginkan).
  • “Selamet yo le, sak iki umurmu ws nambah. Semoga koe dadi bocah sing pinter, manut karo wong tua, lan seneng tetulung.” (Selamat ya, sekarang usiamu telah bertambah. Semoga kamu menjadi anak yang pintar, nurut kepada orang tua, dan suka membantu.)
  • “Kula aturaken sugeng ambal warsa dhumateng (nama), mugi-mugi Gusti Allah paring yuswo ingkang dowo lan mugi-mugi panjenengan pikantuk rahmatipun.” (Saya ucapkan selamat ulang tahun kepada (nama), semoga Allah memberikan usia yang panjang hingga memperoleh rahmat-Nya)
  • “Ngapunten namung saget maringi niki, mugi-mugi saget manfaat lan migunani teng sampean, ngaturaken sugeng ambal warsa, mugi tambah dewasa dan sukses dunyo akherat.” (Maaf hanya bisa memberi ini, semoga bermanfaat untuk kamu. Aku ucapkan selamat ulang tahun, semoga makin dewasa dan sukses di dunia dan akhirat.

Selain ucapan ulang tahun bahasa Jawa, Anda juga bisa mengucapkannya dengan bahasa Indonesia. Anda bisa baca disini: 100 Ucapan Selamat Ulang Tahun Singkat Tapi Bermakna.

4. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Kocak

ucapan ulang tahun bahasa jawa
Sumber: blog.evermos.com

Berikutnya, Anda juga bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa yang lucu dan kocak untuk teman hingga saudara perempuan dan laki-laki. Berikut ini contohnya:

  • “Ning umur anyar iki, tambah sayang karo duit lan makin waras. Sugeng ambal warsa!!” (Di usia baru ini, semoga semakin pandai mengelola uang hingga semakin bijaksana. Selamat ulang tahun!)
  • “Sugeng ambal warsa! Piye kabare, wes bisa nyenengi wong tua?” (Selamat Ulang Tahun! Bagaimana, sudah bisa membuat orang tua senang?)
  • “Mugi-mugi sampean dadi wong keren seng ora pernah galau. Sugeng ambal warsa!!” (Semoga Anda menjadi orang keren yang tidak pernah galau. Selamat ulang tahun!)
  • “Mugi-mugi sampean ora ngumbar dagelan, yen ora, nangko tuku layangan wae lah. Selamat ulang taun!” (Semoga Anda tidak melewatkan tawa, jika tidak, belilah layangan saja. Selamat ulang tahun!)
  • (Sudah semakin tua, semakin bingung. Tapi nggak perlu bingung nggak usah tua, Selamat ulang tahun!)
  • “Sugeng ambal warsa! Jangan lali ora duwe pacar yo?” (Selamat ulang tahun! Jangan lupa tidak punya pacar ya?)
  • “Urip iki ora pernah ngangeni, tapi ngladeni ae. Sugeng ambal warsa!!” (Hidup ini tidak pernah mengenal lelah, tapi terus berlanjut saja. Selamat ulang tahun!)

Penutup

Itulah beberapa ucapan ulang tahun bahasa Jawa yang dapat Anda gunakan untuk orang terdekat yang berulang tahun. Semoga berbagai insipirasi kata-kata di atas dapat bermanfaat!

Jika ingin tahu informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjugi blog Evermos.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi platform Evermos untuk mendapatkan penawaran memulai bisnis tanpa perlu modal dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Caranya praktis, Anda bisa daftarkan diri secara gratis sebagai reseller melalui tombol di bawah ini, dan dapatkan berbagai manfaat dan keuntungganya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, sobat Evermos!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)