4 Doa untuk Bayi yang Meninggal Dunia dan Cara Bacanya

Doa untuk bayi yang meninggal – Ketika Anda memiliki anak atau ada saudara Anda yang memiliki bayi dan meninggal dunia, maka Anda wajib untuk mendoakannya.

Meskipun bayi yang meninggal dunia tidak memiliki dosa dan sudah dipastikan masuk surga, namun sebagai bentuk belasungkawa dan kepedulian terhadap sesama umat Islam, Anda perlu untuk mendoakan bayi yang meninggal tersebut.

Jika Anda belum mengetahui doa apa yang dibaca untuk bayi yang sudah meninggal dunia, maka artikel ini akan memberikan ulasan mengenai doa untuk bayi yang meninggal dunia.

Simak artikelnya sampai selesai.

Doa untuk Bayi yang Meninggal, Bacaan Arab dan Artinya

Doa untuk Bayi yang Meninggal
Sumber: pexels.com

Berikut ini adalah bacaan bagi Anda untuk mengirim doa untuk anak yang sudah meninggal:

1. Doa pertama 

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًاوَذُخْرًالِوَالِدَيْهِ وَشَفِيْعًامُجَابًا اَللّٰهُمَّ ثَقِّلْ بِهِم مَوَازِيْنِهِمَاوَاَعْظِمْ بِهِ اُجُوْرَهُمَا وَاَلْحِقْهُ بِصَالِحِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَاجْعَلْهُ فِىْ كَفَا لَةِ اِبْرَاهِيْمَ وَقِهِ بِرَحْمَتِكَ عَذَابَ الْجَحِيْمِ

Latin: Allaahummaj’alhu farathan wa dzukhran liwalidaihi wa syafii’an mujaaban Allaahumma tsaqqil bihim mawaziinihimaa wa a’dhim bihi ujuurahumaa. Wa alhiqhu bishaalihil mu’miniina waj’alhu fii kafaalati ibrahiima waqihi birahmatika ‘adzabal jahiimi.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah kematian anak ini sebagai pahala dan simpanan bagi kedua orangtuanya dan pemberi syafaat yang dikabulkan doanya. 

Oh Allah, dengan musibah ini, beratkanlah timbangan perbuatan mereka dan berilah pahala yang agung. Anak ini kumpulkan dengan orang-orang yang shaleh dan jadikanlah dia dipelihara oleh Nabi Ibrahim. Peliharalah dia dengan rahmat-Mu dari siksaan neraka jahim.”

2. Doa kedua

أللَّهُمَّ ارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاكْرِمْ نُزُوْلَهُ وَوَسِعْ مَدْخَلَهُ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latin: Allahummarhamhu Wa’Afihi, Wakrim Nuzulahu Wawasi’ Madkholahu Birohmatika Ya-Arhama Rohimin.

Artinya: “Ya Allah Kasih sayangilah anak ini, selamatkanlah dia, muliakanlah kedatangannya, luaskanlah tempatnya dengan kasih sayangMu wahai yang Paling Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Anda juga bisa membaca doa untuk anak yang sudah meninggal agar meminta rahmat Allah SWT kepada anak tersebut.

3. Doa ketiga

اَللَّهُـمَّ اجْعَلهُ فَرْطًا لِأَبَوَيْهِ وَسَلَفًا وَذُخْرًا وَعِظَةً وَاعْتِبَارًا وَشَفِيْعًا وَثَقِّلْ بِهِ مَوَازِنَهُمَا وَاَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلَى قَلْبِهِمَا وَلاَ تَفْتِنْهُمَا 

بَعْدَهُ وَلَاتَحْرِمْهُمَا اَجْرَهُ. اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهْ ٢كالي.

Latin: Allahummaj’Alhu Farthon Li Abawaihi Wasalafan Wadzukhro Wa’Idzotan Wa’Tibaron Wasyafi’An Watsaqil Bihi Mawazinahuma Wa Afrighish Shobro ‘Ala Qolbihima Wala Taftinhuma Ba’Dahu Wala Tanharhuma Ajrohu.

Artinya: “Ya Allah Jadikanlah kematian anak ini sebagai pahala bagi kedua orang tuanya, sebagai pendahulu, simpanan, Pelajaran, Contoh dan Penolong. Dan dengan kematian anak ini beratkanlah timbangan kebaikan kedua orang tuanya, anugerahkanlah kesabaran pada hati kedua orang tuanya, dan jangan Engkau beri fitnah kedua orang tuanya sesudah meninggalnya anak ini dan jangan pula Engkau kosongkan kedua orang tuanya pahala anaknya.”

4. Doa untuk bayi yang meninggal dalam kandungan

وَالسِّقْطُ يُصَلَّى عَلَيْهِ، وَيُدْعَى لِوَالِدَيْهِ بِالْمَغْفِرَةِ وَالرَّحْمَةِ

Artinya: “Bayi yang keguguran disalatkan untuknya dan didoakan untuk kedua orang tuanya ampunan dan rahmat.”

Saat ibu sedang mengandung, siapa yang menyangka bahwa ada kejadian yang membuat ibu harus rela kehilangan anaknya meninggal dalam kandungan.

Anda bisa mencoba bacaan kirim doa untuk anak yang keguguran berikut.

Hadits yang Menjelaskan Tentang Doa untuk anak yang sudah meninggal dunia

hadits
Sumber: shutterstock.com

Hal yang perlu Anda ketahui lainnya adalah hadits yang menjelaskan tentang doa untuk bayi yang meninggal dunia.

Rasulullah SAW bersabda:

وَالسِّقْطُ يُصَلَّى عَلَيْهِ، وَيُدْعَى لِوَالِدَيْهِ بِالْمَغْفِرَةِ وَالرَّحْمَةِ

Artinya: “Bayi yang keguguran disholatkan untuknya dan didoakan untuk kedua orang tuanya ampunan dan rahmat” (Musnad Ahmad bab hadis al-Mughirah ibn Syu’bah no. 18174, menurut Syu’aib al-Arnauth termasuk hadits shahih).

Cara Mengirim Doa untuk Bayi yang Meninggal Dunia

Doa untuk Bayi yang Meninggal
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya adalah cara mengirim doa untuk bayi yang meninggal dunia:

1. Bacaan ketika mendengar orang yang meninggal

Ketika mendengar bahwa si kecil telah tiada, ada sebuah ucapan sekaligus doa yang dapat mengiringinya, yakni:

 إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُون

Latin: Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jagalah kami kembali.”

Ucapan tersebut juga merupakan potongan dari surat Al-Baqarah ayat 156.

2. Sebut nama bayi yang meninggal

Saat seseorang, termasuk anak Anda telah tiada, ada baiknya Anda menyebutkan namanya dalam doa. 

Tujuannya adalah agar semakin memperjelas doa yang akan dipanjatkan. Hal ini sesuai dengan pendapat Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’, yang berbunyi:

“Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaannya, jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya.”

Ada baiknya juga menyebutkan nama bin atau binti dan nama ayahnya.

3. Membaca doa untuk bayi yang meninggal dunia    

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Latin: Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, sejahterakan dan maafkanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Demikianlah pembahasan mengenai doa untuk bayi yang meninggal. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin membaca artikel islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos. Selamat membaca!

Yuk Bisnis Online untuk Untung Banyak Bersama Evermos!

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

YUK, GABUNG DISINI!

×