7 Doa untuk Bayi yang Meninggal Dunia dan Cara Mengirim Doa, Segera Amalkan!

Setiap yang bernyawa pasti akan kembali kepada Sang Pencipta termasuk anak bayi yang baru saja hadir di dunia. Maka dalam Islam, kita dapat membaca doa untuk bayi yang meninggal dunia.

Bayi yang meninggal dunia adalah salah satu cobaan berat yang dihadapi oleh orang tua. Sehingga, ketika ada orang tua yang kehilangan bayinya, maka kita patut mendoakan.

Meskipun bayi meninggal menurut Islam tidak ada dosa dan Allah menjanjikan surga untuknya, namun tetap perlu memanjatkan doa dalam bentuk belasungkawa dan kepedulian sesama muslim.

Jika Anda belum mengetahui doa apa yang dibaca untuk anak bayi yang telah tiada, maka artikel ini akan memberikan ulasan mengenai doa doa untuk jenazah bayi yang telah tiada.

Baca juga: 6 Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal agar Masuk Surga.

Bacaan Arab Doa untuk Bayi yang Meninggal Latin dan Artinya

doa untuk bayi yang meninggal
Sumber: Canva

1. Bacaan Ketika Mendengar Orang yang Meninggal

Ketika mendengar bahwa ada bayi yang telah meninggal dunia, maka pertama-tama umat Muslim dianjurkan untuk membaca bacaan doa dari surat Al Baqarah ayat 156 berikut ini, 

 إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُون

Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jagalah kami kembali.”

2. Doa Anak Bayi yang Telah Tiada Sebagai Syafaat Orang Tua

Berikut ini adalah bacaan doa untuk anak yang meninggal yang dapat Anda amalkan. 

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًاوَذُخْرًالِوَالِدَيْهِ وَشَفِيْعًامُجَابًا اَللّٰهُمَّ ثَقِّلْ بِهِم مَوَازِيْنِهِمَاوَاَعْظِمْ بِهِ اُجُوْرَهُمَا وَاَلْحِقْهُ بِصَالِحِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَاجْعَلْهُ فِىْ كَفَا لَةِ اِبْرَاهِيْمَ وَقِهِ بِرَحْمَتِكَ عَذَابَ الْجَحِيْمِ

Allaahummaj’alhu farathan wa dzukhran liwalidaihi wa syafii’an mujaaban Allaahumma tsaqqil bihim mawaziinihimaa wa a’dhim bihi ujuurahumaa. Wa alhiqhu bishaalihil mu’miniina waj’alhu fii kafaalati ibrahiima waqihi birahmatika ‘adzabal jahiimi.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah kematian anak ini sebagai pahala dan simpanan bagi kedua orangtuanya dan pemberi syafaat yang dikabulkan doanya. 

Oh Allah, dengan musibah ini, beratkanlah timbangan perbuatan mereka dan berilah pahala yang agung. Anak ini kumpulkan dengan orang-orang yang shaleh dan jadikanlah dia dipelihara oleh Nabi Ibrahim. Peliharalah dia dengan rahmat-Mu dari siksaan neraka jahim.”

Selain doa di atas, Anda juga dapat membacakan doa tawasul kepada orang yang telah tiada. Baca doanya disini: 5 Doa Tawasul untuk Orang yang Sudah Meninggal dan Caranya.

3. Doa untuk Anak Bayi yang Meninggal Dunia

Selain doa di atas, Anda juga dapat membaca dan mengamalkan doa buat anak yang sudah meninggal berikut ini,



أللَّهُمَّ ارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاكْرِمْ نُزُوْلَهُ وَوَسِعْ مَدْخَلَهُ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahummarhamhu Wa’Afihi, Wakrim Nuzulahu Wawasi’ Madkholahu Birohmatika Ya-Arhama Rohimin.

Artinya: “Ya Allah Kasih sayangilah anak ini, selamatkanlah dia, muliakanlah kedatangannya, luaskanlah tempatnya dengan kasih sayangMu wahai yang Paling Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

4. Ucapan Doa untuk Bayi yang Meninggal

Selain bacaan di atas, berikut ini ucapan doa buat anak yang sudah meninggal.

اَللَّهُـمَّ اجْعَلهُ فَرْطًا لِأَبَوَيْهِ وَسَلَفًا وَذُخْرًا وَعِظَةً وَاعْتِبَارًا وَشَفِيْعًا وَثَقِّلْ بِهِ مَوَازِنَهُمَا وَاَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلَى قَلْبِهِمَا وَلاَ تَفْتِنْهُمَا 

بَعْدَهُ وَلَاتَحْرِمْهُمَا اَجْرَهُ. اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهْ ٢كالي.

Allahummaj’Alhu Farthon Li Abawaihi Wasalafan Wadzukhro Wa’Idzotan Wa’Tibaron Wasyafi’An Watsaqil Bihi Mawazinahuma Wa Afrighish Shobro ‘Ala Qolbihima Wala Taftinhuma Ba’Dahu Wala Tanharhuma Ajrohu.

Artinya: “Ya Allah Jadikanlah kematian anak ini sebagai pahala bagi kedua orang tuanya, sebagai pendahulu, simpanan, Pelajaran, Contoh dan Penolong. Dan dengan kematian anak ini beratkanlah timbangan kebaikan kedua orang tuanya, anugerahkanlah kesabaran pada hati kedua orang tuanya, dan jangan Engkau beri fitnah kedua orang tuanya sesudah meninggalnya anak ini dan jangan pula Engkau kosongkan kedua orang tuanya pahala anaknya.”

Baca juga: Cara Mengirim Surat Yasin Kepada Orang yang Sudah Meninggal.

5. Doa untuk Bayi yang Meninggal dalam Kandungan

Bayi yang meninggal tidak hanya wafat saat mereka baru lahir, namun juga ada yang meninggal di dalam kandungan. Berikut bacaan doa untuk bayi yang meninggal dalam kandungan.

وَالسِّقْطُ يُصَلَّى عَلَيْهِ، وَيُدْعَى لِوَالِدَيْهِ بِالْمَغْفِرَةِ وَالرَّحْمَةِ

Wal-siqṭu yuṣallā ‘alayhi, wa yud’ā li-wālidayhi bi-l-maghfirati wa r-raḥmah.

Artinya: “Bayi yang keguguran disalatkan untuknya dan didoakan untuk kedua orang tuanya ampunan dan rahmat.”

Saat ibu sedang mengandung, siapa yang menyangka bahwa ada kejadian yang membuat ibu harus rela kehilangan anaknya meninggal dalam kandungan. Mari amalkan doa di atas.

6. Doa Anak Bayi Meninggal Dunia Sebagai Bekal Orang Tua

Riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anhu, ketika beliau mendoakan jenazah anak kecil, berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ اجْعَلْـهُ لَنَا سَلَفًا وَفَرَطًا وَذُخْرًا

Allaahum-maj’alhu lanaa salafan, wa faratan wa dzukhran.

Artinya: Ya Allah, jadikan dia sebagai pahala yang disegerakan dan simpanan abadi bagi orang tuanya. (HR. Baihaqi dalam al-Kubro no. 6585).

7. Doa Ketika Punya Anak Bayi Mmeninggal Dunia    

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, sejahterakan dan maafkanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Cara Mengirim Doa untuk Bayi yang Sudah Meninggal

doa untuk bayi yang meninggal
Sumber: Canva

1. Amalkan Doa untuk Jenazah Bayi Setiap Hari

Pertama-tama, Anda dapat membaca dan mengamalkan doa-doa di atas setiap hari terutama selepas sholat. Kirim doa bersama Surah Al Fatihah dan Yassin untuk anak kecil yang telah tiada.

2. Sebut Nama Bayi yang Telah Tiada

Ketika membaca doa untuk bayi yang telah tiada, maka Anda dapat menyebut namanya secara spesifik. Tujuannya adalah agar semakin memperjelas doa yang akan dipanjatkan.

Hal ini sesuai dengan pendapat Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’, yang berbunyi:

“Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaannya, jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya.” Ada baiknya juga menyebutkan nama bin atau binti dan nama ayahnya.

3. Berdoa Saat Ziarah Makan

Saat ziarah makam, ada beberapa doa yang bisa orangtua panjatkan untuk anak mereka yang telah meninggal, salah satunya yaitu bacaan berikut:

Assalaamu’alaikum daaro qoumim mu`miniin, wa innaa insyaa`alloohu bikum laahiquun.

Artinya: “Salam, penghuni rumah orang beriman, dan insya Allah kami akan mengikutimu.”

4. Tetap Berusaha Ridho & Ikhlas, Meski Sangat Sulit

Selain mengirimkan doa, kedua orang tua belajar ikhlas. Meski sulit, namun Allah manjanjikan bayi dan anak yang meninggal sebelum baligh sebagai penebus dosa orang tuanya di akhirat.

Sebagaimana ada hadits yang mengatakan:

“Allah mendengar apa yang Dia ambil dan apa yang Dia berikan. Segala sesuatu (di dunia ini) memiliki waktu tetap yang terbatas dengan-Nya. Maka bersabarlah dan (ikhlas) mencari dan berharap pahala dari-Nya.” (HR. Al Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Selain beberapa doa di atas, Anda juga dapat menonton tayangan berikut ini untuk anak bayi yang telah tiada.

Itulah beberapa doa untuk bayi yang telah tiada. Semoga bermanfaat dan membantu Anda!

Jika Anda ingin membaca artikel islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs blog Evermos. Selamat membaca!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)