12 Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja yang Baik dan Benar, Perusahaan Auto Terkesima!

Motivasi melamar kerja menjadi pertanyaan penting saat wawancara kerja, karena menentukan pertimbangan perusahaan akan menerima atau menolak seorang kandidat. Jika Anda seorang job seeker, Anda harus tau contoh jawaban motivasi melamar kerja pada artikel ini. 

Sebab jika jawaban Anda sebagai kandidat saat wawancara kerja disukai oleh pihak perusahaan dan membuat mereka terkesima, maka perusahaan akan mempertimbangkan untuk menerima Anda. 

Namun, beberapa orang masih kesulitan untuk menjawab pertanyaan tentang motivasi kerja ini, karena tidak tahu apa yang harus mereka katakan dan bagaimana cara menyampaikannya.

Apakah Anda juga kebingungan dengan jawabannya? Simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga: 12 Cara Membalas Email HRD dan Contoh yang Profesional.

Bagaimana Cara Menjawab Jika Ditanya Motivasi Kerja? Begini Tipsnya!

Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja
Sumber: freepik.com

Dalam menjawab pertanyaan motivasi melamar kerja, sangat penting untuk menyampaikan jawabannya dengan jelas dan tepat. Sebab, jawaban tersebut akan meunjukkan seberapa minat dan antusias Anda terhadap pekerjaan yang dilamar. 

Selain itu, motivasi melamar kerja juga dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan apakah Anda cocok atau tidak dengan budaya perusahaan, visi dan misi perusahaan, serta target perusahaan. 

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan ini dengan efektif.

Baca juga: 2 Contoh Panggilan Kerja Via WA Asli, Jangan Sampai Tertipu! 

1. Pahami Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview 

Motivasi kerja mengarah kepada apa dorongan Anda untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaan. Ini berkaitan dengan faktor kesempatan untuk belajar dan berkembang, tantangan kerja, lingkungan kerja, kerjasama tim, hingga budaya perusahaan. 

2. Self-Reflection

Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda perlu meluangkan waktu untuk merenung dan memikirkan jawaban apa yang benar-benar menjadi motivasi Anda dalam bekerja. 

Apakah itu berkaitan dengan tantangan pekerjaan? Kesempatan untuk belajar dan tumbuh? Memenuhi ambisi pribadi Anda? Atau berkontribusi pada masayarakat? 

Cara ini membantu Anda memahami apa motivasi sebenarnya dari diri Anda sehingga akan menghasilkan jawaban yang tulus dan meyakinkan. 

3. Buat Jawaban Anda Tentang Motivasi Melamar Kerja 

Setelah Anda merenung dan mengetahui motivasi Anda melamar kerja, kemudian susunlah jawaban tersebut sebagai suatu kalimat yang baik dan utuh. 

Pastikan jawaban tersebut mencakup dua hal penting, yaitu apa motivasi Anda bekerja dan bagaimana hubungan antara motivasi tersebutr dengan pekerjaan atau perusahaan yang Anda lamar. 

4. Personalisasi Jawaban Anda 

Anda perlu menyesuaikan jawaban dengan perusahaan dan posisi yang sedang Anda lamar. Apabila perusahaan tersebut menekankan pada inovasi, Anda bisa menjawab bahwa Anda termotivasi oleh kesempatan untuk bekerja di lingkungan yang inovatif dan dinamis. 

5. Praktek Menjawab Motivasi Kerja Saat Interview 

Walaupun Anda perlu menjawab secara spontan dan alami, namun berlatih menjawab pertanyaan tersebut terlebih dahulu juga akan membantu Anda berbicara dengan lebih lancar dan percaya diri. 

Ingat, menjawab pertanyaan ini dengan jujur akan memancarkan kepercayaan diri Anda dan lebih meyakinkan bagi pewawancara. 

Selain pertanyaan motivasi melamar kerja, juga ada pertanyaan penting lainnya yaitu alasan Anda bekerja di perusahaan tersebut. Jika Anda ingin tahu contoh jawabannya, Anda bisa baca disini: 7 Tips Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami.

Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja untuk Latar Belakang yang Berbeda

Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja

Sumber: pexels.comSeorang pelamar kerja tentu memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari fresh graduate hingga seorang karyawan yang telah resign dari pekerjaan sebelumnya. Berikut ini berbagai contoh umum menjawab pertanyaan apa motivasi Anda bekerja suatu perusahaan dengan menyesuaikan pada latar belakang si pelamar. 

Baca juga: 7 Contoh Amplop Lamaran Kerja dengan Penulisan yang Baik dan Benar, Insya Allah Diterima!

1. Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja Fresh Graduate 

Apabila Anda adalah seorang fresh graduate, Anda mungkin akan kebingungan ketika terdapat pertanyaan “Apa motivasi kamu melamar kerja?”. 

Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan jawaban berikut ini:

“Sebagai fresh graduate, saya sangat termotivasi untuk menerapkan teori yang telah saya pelajari selama berkuliah di universitas ke dunia nyata secara profesional. Saya percaya perusahaan ini dapat memberikan peluang tersebut.”

Jika memerlukan jawaban yang cukup panjang, Anda dapat menggunakan contoh berikut ini: 

“Saya baru saja lulus dari [jurusan kuliah Anda] di [nama Universitas] dengan predikat [GPA]. Saya memiliki minat yang besar di [bidang yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar],

Beberapa project yang telah saya buat dan kerjaan adalah [project yang berkaitan dengan posisi], yang saya cantumkan pada portofolio. Saya ingin melamar di [posisi] di perusahaan ini karena saya ingin mengembangkan kemampuan dan karir saya di bidang ini. 

Saya mengetahui bahwa perusahaan ini adalah perusahaan terkemuka di Indonesia yang memiliki [keunikan dari perusahaan], dan saya sangat menghargai nilai-nilai perusahaan serta mengedepankan kreativitas, kolaborasi, dan keterbukaan.

Selain itu, saya yakin bahwa saya dapat belajar dari para profesional yang sudah lebih berpengalaman di perusahaan dan bidang ini, serta memberikan kontribusi yang signifikan. Saya juga bersedia untuk bekerja keras, belajar cepat, dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan kompetitif.”

2. Contoh Motivasi Kerja Karyawan Ketika Melamar dengan Jawaban yang Optimis

Apabila Anda melamar kerja sebagai seorang karyawan di suatu perusahaan, Anda bisa menjawab motivasi melamar kerja dengan pernyataan berikut: 

“Saya percaya, setiap pekerjaan memiliki tantangannya masing-masing. Oleh sebab itu, bagi saya, motivasi kerja adalah tantangan itu sendiri. Saya senang belajar dan beradaptasi dengan situasi baru.

Selain itu, saya sangat ingin berkontribusi pada target perusahaan dengan mengimplementasikan keahlian dan pengalaman yang saya miliki.”

3. Contoh Jawaban Tujuan Bekerja dan Melamar ke Perusahaan 

Jawaban lainnya yang dapat Anda gunakan saat wawancara kerja adalah sebagai berikut:

“Tujuan saya bekerja di perusahaan ini adalah untuk mengembangkan karir saya di bidang [bidang yang Anda lamar]. Saya yakin dan percaya dengan budaya dan peluang yang ada, saya dapat mencapai tujuan tersebut.”

4. Jawaban Motivasi Bekerja di Perusahaan Startup 

Apabila Anda melamar di startup company, Anda bisa menjelaskan motivasi Anda melamar kerja dengan jawaban berikut ini:

“Saya tertarik bekerja di startup ini karena tantangan dan peluang untuk belajar serta berkembang sangat besar. Saya ingin menjadi bagian dari tim yang mendirikan fondasi dan membantu perusahaan mencapai visi dan misinya”. 

Jawaban tersebut efektif mengingat startup merupakan perusahaan rintisan yang masih perlu usaha untuk berkembang agar lebih stabil dan mencapai provit. 

5. Contoh Jawaban Motivasi Kerja dalam Menghadapi Masa Depan

Salah satu jawaban yang tidak terduga ketika melamar dan melakukan wawancara adalah, “Apakah Anda pernah membayangkan suatu hari nanti bekerja di perusahaan ini?.”

Mungkin sekilas pertanyaan ini tampak membingungkan. Sebab Anda harus kilas balik untuk mengingatnya, atau bahkan Anda belum pernah terpikir untuk melamar ke perusahaan tersebut.

Tidak perlu bingung, berikut jawaban yang bisa Anda katakan: 

“Saya selalu membayangkan bekerja di sebuah perusahaan yang memberikan ruang untuk saya tumbuh dan berkembang, serta berkontribusi secara positif untuk perusahaan. Saya melihat semua itu di perusahaan ini.”

Baca juga: 5 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru TK hingga SMK yang Baik dan Benar, Insya Allah Diterima!

6. Cara Menjawab Apa Rencana Anda Dalam 5 Tahun ke Depan? 

Pada seleksi kerja, membicarakan mengenai rencana ke depan merupakan bagian penting dalam motivasi melamar kerja. Maka dari itu, berikut contoh jawaban yang bisa Anda gunakan. 

“Dalam 5 tahun ke depan, saya melihat diri saya sebagai leader dalam team ini. Saya ingin mengembangkan kemampuan saya dalam bidang ini dan berkontribusi lebih banyak lagi untuk perusahaan. Selain itu, saya berencana untuk mengikuti beberapa program kursus untuk meningkatkan skill dan pemahaman saya”

7. Contoh Jawaban Motivasi Kerja Saat Interview sebagai Guru atau Tenaga Pendidik

Apabila Anda ingin melamar kerja sebagai seorang guru di institusi pendidikan, berikut jawaban yang bisa Anda jadikan referensi: 

“Saya adalah lulusan pendidikan [jurusan spesifik] dari Universitas XYZ, dan telah mengajar [pengalaman mengajar Anda] selama [jangka waktu]. 

Selama mengajar di sekolah ABC, saya mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran berharga di bidang pendidikan. Saya juga mendapatkan [capaian, prestasi, sertifikasi, atau lisensi]. 

Saya memiliki minat dan keahlian dalam mengajar [bidang atau mata pelajaran], karena saya percaya bahwa [bidang/mata pelajaran] ini adalah salah satu ilmu dan keterampilan penting untuk dimiliki oleh generasi muda Indonesia. 

Selain itu, saya senang berbagi pengetahuan dan pengalaman saya tentang [mata pelajaran] kepada siswa-siswa saya, serta membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka. 

Adapun alasan saya ingin melamar posisi guru [mata pelajaran] di sekolah ini adalah karena saya terkesan dengan visi dan misi sekolah ini yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dengan kurikulum internasional. 

Terakhir, saya juga tertarik dengan fasilitas dan lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan. Saya ingin menjadi bagian dari tim pengajar yang profesional, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan siswa-siswa di sekolah ini”.

Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja dengan Menonjolkan Poin Tertentu

Sumber: pexels.comSelain beberapa contoh jawaban ketika ditanya motivasi kerja di atas, juga ada beberapa contoh lainnya yang lebih menekankan pada poin tertentu dari diri sang pelamar. Berikut ini contoh-contohnya yang juga dapat Anda gunakan ketika melamar kerja.

1. Menjelaskan Skill yang Dimiliki

Ketika recruiter bertanya kepada Anda “Apa motivasi anda bekerja di perusahaan ini?” Tandanya ia ingin menguji seberapa siap Anda untuk bekerja bersama mereka di perusahaan tersebut. Untuk menjawabnya, Anda dapat menonjolkan pada skill atau kompetensi yang Anda miliki. Pastikan untuk menyesuaikan dengan posisi yang Anda lamar. 

Jelaskan bahwa Anda bisa berkontribusi pada keberhasilan perusahaan melalui skill yang Anda miliki. Hal itu yang memotivasi Anda untuk bekerja lebih baik serta selalu meningkatkan skill yang Anda miliki.

Misalnya, apabila Anda melamar sebagai seorang Digital Marketer di suatu agensi, Anda dapat menjawab motivasi kerja sebagai berikut, “Saya sangat termotivasi dalam bekerja apabila saya dapat memberikan solusi yang cepat dan jitu kepada klien. Sehingga, klien akan memiliki pengalaman yang positif dan tidak ragu memberikan ulasan positif juga. “

2. Kaitkan dengan Visi dan Misi Perusahaan 

Poin kedua yang dapat Anda tonjolkan saat recruiter menanyakan apa motivasi Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut adalah mengaitkan diri Anda dengan visi dan misi perusahaan. Recruiter akan menguji seberapa jauh Anda mencari tahu profil perusahaan sebelum Anda memustukan untuk melamar di perusahaan tersebut. 

Selain itu, kecocokan antara visi dan misi perusahaan serta visi dan misi pribadi tentu dapat menjadi motivasi seseorang dalam melamar di perusahaan tersebut. Sebab hal itu akan membawa perusahaan dan karyawan dalam mencapai tujuan yang sama.

Berikut ini adalah contoh jawabannya, “Motivasi saya untuk bekerja di perusahaan ini karena perusahaan ini memiliki visi untuk membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan dengan mudah melalui bisnis tanpa modal. Visi tersebut merupakan tujuan yang sangat saya dukung dan sesuai dengan nilai-nilai yang saya yakini.”

3. Menjelaskan Pengalaman Profesional 

Pengalaman profesional dapat menjadi poin penting untuk Anda tonjolkan jika mendapatkan pertanyaan tentang motivasi kerja. Berikanlah jawaban dengan mengaitkan pengalaman Anda sebelumnya dengan posisi yang Anda lamar di perusahaan tersebut. 

Apabila Anda belum memiliki pengalaman profesional sebelumnya, Anda juga bisa menjawabnya dengan beberapa pengalaman Anda selama berkuliah yang masih relevan dengan posisi tersebut.

Misalnya, Anda melamar sebagai seorang fresh graduate graphic designer, berikut ini contoh jawabannya, “Pengalaman kerja menjadi salah satu motivasi tersebut saya untuk melamar di perusahaan ini. Selama berkuliah, saya telah berkontribusi pada berbagai proyek yang berkaitan langsung dengan graphic design. Sehingga, dengan pengalaman tersebut saya ingin melihat langsung hasilnya jika di dunia kerja yang sesungguhnya.”

4. Keluar dari Zona Nyaman dan Antusias Menghadapi Tantangan 

Selanjutnya, Anda juga dapat menonjolkan jawab dengan menyebutkan bahwa Anda keluar dari zona nyaman. Ketika keluar dari zona nyaman, pastinya akan bertemu dengan banyak tantangan. Jelaskan bahwa Anda siap menghadapi tantangan tersebut.

Jawaban ini bisa Anda gunakan jika Anda ingin melamar di posisi yang berbeda dengan pengalaman kerja ataupun latar belakang pendidikan Anda, atau dikenal dengan istilah shifting career. Berikut ini contoh jawabannya,

“Saya percaya bahwa pertumbuhan terjadi di luar zona nyaman. Maka dari itu, saya ingin terus mengembangkan diri saya dan mencapai potensi maksimal. Keluar dari zona nyaman adalah langkah pertama untuk mencapai itu. Saya siap menghadapi tantangan dengan tekad dan kegigihan, karena saya yakin bahwa itulah cara saya bisa belajar dan berkembang secara signifikan dalam peran ini.”

5. Mengaitkan dengan Lingkungan Kerja Perusahaan 

Poin lainnya dapat dapat Anda tonjolkan dalam memberikan jawaban ketika ditanya motivasi kerja adalah dengan mengaitkan diri Anda dengan lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang sesuai dengan diri karyawan akan meningkatkan performa serta loyalitas karyawan dalam bekerja.

Sehingga, menjadi nilai plus jika lingkungan kerja karyawan sesuai dengan gaya Anda dalam bekerja. Berikut ini contoh yang dapat Anda gunakan,

“Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini karena saya merasa bahwa nilai-nilai dan budaya kerja perusahaan sangat cocok dengan kepribadian dan kualifikasi saya. Berdasarkan tinjauan saya terhadap profil perusahaan, saya sangat terkesan dengan dedikasi perusahaan terhadap inovasi, kerjasama tim, dan pemberian nilai tambah kepada pelanggan. Sehingga, saya yakin bahwa lingkungan kerja yang didukung oleh nilai-nilai ini akan memungkinkan saya untuk berkontribusi secara signifikan dan berkembang dalam peran ini.”

Itulah berbagai contoh jawaban motivasi melamar kerja yang bisa Anda gunakan ketika melakukan wawancara berasama perusahaan impian. Ingat! Sebelum jadwal wawancara berlangsung, selalu persiapkan jawaban untuk diri diri Anda dengan berbagai kemungkinan pertanyaan dari pihak perusahaan.

Sangat penting untuk menjawab dengan jujur, percaya diri, dan memperlihatkan keseriusan serta antusias Anda terhadap perusahaan dan bidang yang Anda lamar.

Semoga informasi ini membantu Anda untuk meraih perusahaan dan pekerjaan impian Anda. Baca berbagai informasi bermanfaat lainnya di blog Evermos.

Semoga sukses!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)