7 Contoh Amplop Lamaran Kerja dengan Penulisan yang Baik dan Benar, Insya Allah Diterima!

Sedang mencari contoh amplop lamaran kerja untuk melamar pekerjaan impian? Mari simak di artikel ini beserta cara penulisan di amplop yang baik dan benar!

Saat ini masih banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan syarat berkas lamaran yang harus dikirim dalam bukti fisik ke lokasi perusahaan.

Untuk mengirim bukti berkas lamaran secara fisik ini, tidak boleh sembarangan. Sebab, juga harus disertakan dengan amplop lamaran kerja yang baik dan benar.

Apa itu amplop lamaran kerja? Bagaimana cara membuat tulisan di amplop lamaran kerja? Simak penjelasan beserta contohnya berikut ini!

Baca juga: 12 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik dan Benar.

Apa itu Amplop Lamaran Kerja? 

Amplop Lamaran Kerja
Sumber: pexels.com

Amplop lamaran kerja adalah sampul surat yang berisi berkas lamaran kerja, surat riwayat hidup, curriculum vitae dan berkas penting lainnya yang ditujukan ke perusahaan yang dilamar.

Umumnya, isi amplop yang ditujukan untuk melamar kerja tersebut memuat dokumen yang telah di minta oleh perusahaan. 

Amplop untuk melamar kerja berfungsi untuk membungkus surat lamaran kerja agar lebih rapi. Sehingga, ini akan memberikan kesan pertama yang baik bagi recruiter yang menerima lamaran. 

Jenis amplop lamaran kerja juga berbeda-beda. Umumnya, perusahaan lebih menerima amplop lamaran kerja berwarna coklat dibanding map dengan warna yang beragam lainnya.

Anda bisa memilih amplop coklat yang dilengkapi perekat atau amplop coklat dengan lilitan benang untuk membungkus berkas lamaran kerja Anda.

Selain amplop lamaran kerja, tentu isi berkas di dalam amplop juga harus benar. Anda bisa cek contoh surat lamaran kerja disini: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar, Download Disini!

Amplop Coklat Lamaran Kerja Ditulis Apa? 

Penting untuk Anda pahami, bahwa sebagai pelamar kerja Anda tidak boleh mengirim amplop lamaran kerja yang tidak ada keterangan apapun. Berikut adalah tulisan di map lamaran kerja apa saja yang harus Anda tulis dan tidak boleh Anda lewatkan.

  • Identitas pelamar lengkap
  • Alamat lengkap pelamar
  • Kota asal pelamar beserta kode pos
  • Nama Instansi yang dilamar
  • Alamat instansi yang dituju
  • Kota dari instansi yang dituju
  • Posisi yang dilamar
  • Informasi tambahan untuk penggambaran pengalaman sebelumnya

Cara Mengisi Data Diri di Amplop Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Amplop Lamaran Kerja
Sumber: freepik.com

Berikut ini adalah beberapa ketentuan dalam cara penulisan amplop lamaran kerja yang perlu Anda ketahui. Perhatikan dengan seksama contoh tulisan amplop lamaran kerja ini.

1. Nama Pelamar Harus Jelas dan Bukan Nama Panggilan

Ketika melamar pekerjaan, dalam cara penulisan amplop lamaran kerja nama lengkap merupakan identitas yang penting agar perusahaan dapat menyebutkan nama Anda dengan jelas.

Sebaiknya,  hindari menuliskan nama panggilan atau nama samaran sebab perusahaan akan menganggap Anda tidak professional. Inilah tips menulis pada bagian depan amplop untuk melamar kerja untuk nama lengkap yang baik dan benar:

  • Tulislah nama pelamar pada bagian pojok kiri atas di halaman muka amplop.
  • Pastikan juga tulisan Anda dapat jelas, lengkap dan terbaca dengan baik.
  • Awali penulisan dengan huruf kapital pada huruf pertama dalam nama, misalnya Rudi Hardiyanto. Huruf ‘R’ dan ‘H’ tulis dengan huruf kapital
  • Tidak perlu menambahkan gelar apapun pada bagian belakang nama, misalnya seperti gelar. Karena keterangan pendidikan terakhir Anda sudah tertera dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris atau Indonesia.

2. Menuliskan Alamat Aktif yang Lengkap dan Jelas 

Jika perusahaan meminta data diri Anda secara lengkap dan merupakan perusahaan terpercaya sudah semestinya Anda menuliskan alamat aktif yang lengkap dan jelas. Apabila Anda merasa was-was dan karena satu lain hal tidak menuliskannya gantilah dengan alamat email.

Perhatikan cara penulisan amplop untuk alamat aktif berikut.

  • Tulis nama jalan, jika ada
  • Nama perumahan jika ada,
  • Keterangan nama desa atau kelurahan
  • Nomor RT dan RW lengkap
  • Nama kecamatan
  • Keterangan kabupaten/kota
  • Nama provinsi
  • Kode pos jelas
  • Nama negara apabila melamar perusahaan antarnegara

Contoh penulisan alamat yang baik dan benar: Jalan lingkar selatan 04, Perum RT 03/RW 10, Lengkong, Lingkar Selatan, Jawa Barat, 40256

3. Nomor Telepon dan Kontak Email yang Jelas

Setelah menulis alamat aktif kepada perusahaan yang Anda tuju, sertakan juga nomor telepon sebagai kontak Anda. Sehingga, perusahaan tidak merasa bingung atau justru tidak tertarik melamar Anda di perusahaannya karena tidak ada kontak yang bisa dihubungi.

Ikutilah cara penulisan amplop lamaran kerja berikut dengan menuliskan nomor telepon pada bagian muka di bawah setelah penulisan alamat aktif.

4. Tuliskan Posisi yang Ingin Anda Lamar

Kemudian hal yang tidak kalah penting lainnya pada cara penulisan amplop  adalah menuliskan posisi yang hendak Anda lamar di perusahaan tersebut. Pastikan juga perusahaan masih berusaha untuk merekrut karyawan dalam posisi tersebut.

Tuliskan posisi yang hendak Anda lamar pada bagian pojok kanan atas halaman muka amplop. Contoh penulisan posisi seperti berikut.

  • Copywriter
  • Content writer
  • Supervisor produksi
  • Admin gudang
  • Dll

5. Menuliskan Alamat Instansi atau Perusahaan dengan Benar

Hal yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah menuliskan alamat instansi pada perusahaan yang hendak Anda tuju. Pastikan alamat instansi atau perusahaan yang hendak Anda lamar sudah tepat.

Anda juga bisa menuliskan nama divisinya pada bagian awal apabila hendak Anda tuju ke salah satu divisi perusahaan tersebut. Perhatikan penulisan alamat perusahaan agar tidak salah sehingga tidak berdampak pada penilaian Anda.

Tulis alamat instansi atau perusahaan yang Anda tuju di posisi kanan bawah. Contoh cara menulis alamat di amplop coklat  lamaran kerja sebagai berikut,

Kepada,

Manager HRD PT Anugrah Parmindo Lestari

Jakarta Industrial Estate Pulogadung, Jalan Pulo Lentut Kav. II-E/4, Pulogadung,Jakarta Timur Indonesia.

6. Pastikan Tidak Ada Salah Tulis atau Typo

Baru-baru ini istilah typo menjadi penunjuk bagi orang yang melakukan salah tulis. Singkatan ini berasal dari bahasa Inggris yakni typography error dan dalam Indonesia artinya adalah “salah ketik”.

Nah, dalam menulis surat yang hendak dikirim, pastikan untuk tidak salah dalam mengeja atau menuliskan sesuatu.  Termasuk dalam hal menulis nama perusahaan, alamat perusahaan, nama HRD, yang tentu bisa berakibat fatal dan perusahaan akan menganggap Anda kurang professional.

Cara Menulis Alamat di Amplop Coklat Lamaran Kerja

1. Data Diri di Kiri Atas

Tempatkan data diri pelamar kerja pada bagian kiri atas. Kemudian, isi nama lengkap, alamat lengkap sesuai KTP terdiri nama jalan, kelurahan atau desa, kecamatan, kota, provinsi, kode pos. Lalu, tambahkan nomor ponsel dan alamat email.

2. Tulis Posisi yang Anda Lamar di Kanan Atas

Berikutnya apabila perusahaan meminta Anda untuk menulis dan melengkapi posisi yang ingin Anda lamar atau dengan kode lamaran, tulislah pada bagian kanan atas amplop.

3. Isi Alamat Perusahaan di Kanan Bawah

Terakhir, jangan lewatkan untuk mengisi alamat perusahaan yang kita tuju beserta alamat lengkapnya. Ingat untuk mencantumkan kode pos agar memudahkan surat sampai kepada perusahaan.

Contoh Tulisan di Depan Amplop Lamaran Kerja

1. Contoh Amplop Surat Lamaran Kerja untuk Freshgraduate

Pada contoh penulisan surat berikut ini Anda bisa melihat penulisan nama, alamat, nomor hp, email. Tulisan yang terhormat juga berada di bawah kanan.

amplop lamaran kerja
Sumber: Youtube.com/@IFKChannel

2. Contoh Amplop Lamar Kerja untuk lulusan SMA

Selain pelamar lulusan sarjana, amplop lamar kerja juga bermanfaat untuk Anda yang lulusan SMA. Berikut merupakan contoh amplop bagi pelamar kerja lulusan SMA. Untuk penulisan nama identitas Anda dapat meletakkannya di sebelah kiri atas seperti contoh lainnya.

amplop lamaran kerja
Sumber: Youtube.com/@Infolokerklaten

3. Contoh Amplop Lamaran untuk Perusahaan

Cara menulis alamat di map amplop coklat juga bisa meletakkannya di sisi kanan bawah. Perhatikan sisi kanan kiri tulisan di map lamaran kerja.

amplop lamaran kerja
Sumber: Youtube.com/@Jhoan_aan

4. Contoh Amplop Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut ini salah satu contoh amplop surat yang baik dan benar untuk melamar kerja.

amplop lamaran kerja
Sumber: Youtube.com/@makinmahir

5. Contoh Amplop untuk Operator Produksi

Sumber: Youtube.com/@masburuhchannel

6. Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini adalah contoh menulis alamat dan data diri yang ditulis tangan. Jika Anda melamar kerja sebagai karyawan, Anda dapat menggunakan contoh di bawah ini.

amplop lamaran kerja
Sumber: Youtube.com/@mryzaimamkhafidzin

7. Contoh Amplop Lamaran Kerja untuk Operator Produksi

Anda juga dapat memperhatikan pada penulisan amplop berikut, untuk keterangan nama, alamat dan email tertera pojok kiri atas. Sementara itu, posisi atau jabatan yang terpilih dapat tertulis pada pojok kanan.

Sumber: youtube.com/@penachannel

Bagian pojok kanan bawah merupakan tempat untuk menulis nama pengirim yang hendak kamu tuju dengan alamatnya. Agar Anda lebih memahaminya dengan jelas, Anda bisa menonton tayangan berikut ini.

Peluang Pekerjaan yang Menjanjikan Melalui Bisnis Tanpa Modal 

Demikian ulasan mengenai contoh amplop surat lamaran baik dan benar. Sembari berikhtiar untuk mendapatkan pekerjaan impian, ada peluang pekerjaan lainnya yang layak Anda pertimbangkan yaitu dengan memulai bisnis sendiri tanpa perlu modal yang besar sebagai reseller.

Dengan menjadi reseller, Anda bisa memilih Evermos sebagai partner bisnis untuk menangani produksi, stok, dan pengiriman barang, sementara Anda cukup mempromosikan produk dan menjaring konsumen.

Peluang ini terbuka bagi semua latar belakang pekerjaan. Jadi, kenapa tidak mencoba dan merasakan sendiri bagaimana bisnis reseller Evermos dapat mengubah hidup Anda? Jika tertarik, Anda tinggal klik tombol di bawah ini untuk daftar gratis sebagai reseller. 

Temukan artikel menarik yang informatif lainnya di Blog Evermos. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)