17 Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami, Simak Tips Ini agar Lolos!

Bayangkan Anda merupakan seorang pelamar kerja, dan telah lolos berkas sehingga akan melakukan wawancara kerja bersama perusahaan terkait. Kemungkinan besar perusahaan tersebut akan butuh jawaban mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami.

Momen ini tentunya akan membuat sebagian besar dari pelamar kerja deg-degan dan bingung memikirkan jawabannya. Sebab terkadang para pelamar kerja tidak mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Padahal pertanyaan dari alasan bekerja di perusahaan tempat Anda melamar menjadi salah satu faktor penting dan mempengaruhi lolos atau tidaknya Anda di tahap wawancara.

Jika Anda berada di posisi tersebut, apa jawaban terbaik yang bisa Anda berikan?

Apabila Anda juga sedang mencari jawaban yang tepat, simak informasi berikut ini untuk tahu tips wawancara pekerjaan hingga contoh jawaban “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”.

Baca juga: Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja 

17 Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami
Sumber: Pexels.com

Mengutip dari Kumparan, berikut adalah tips untuk menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami agar Anda lolos dari tahap interview:

1. Puji Prestasi Perusahaan 

Jika ada pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”, maka Anda bisa menjawabnya dengan pujian terhadap prestasi dan reputasi perusahaan.

Berikut contoh jawaban yang bisa Anda gunakan:

“Alasan saya ingin bekerja di perusahaan ini karena perusahaan ini memiliki prestasi dan reputasi yang baik, perusahaan ini juga sudah sangat terkenal secara internasional untuk (nama produk).

Selain itu, berdasarkan penelusuran yang sudah saya lakukan, saya yakin dapat memberikan kontribusi positif ke lingkungan kerja. Tentunya bekerja di perusahaan ini bisa membangun keterampilan dan pengalaman saya pada (posisi pekerjaan yang dilamar).”

Baca juga: Doa agar Diterima Kerja Saat Interview

2. Sesuaikan Visi dan Misi Perusahaan dengan Anda

Kemudian, jika Anda harus menjawab pertanyaan alasan bekerja di perusahaan tersebut, Anda perlu menyesuikan visi misi perusahaan dengan visi misi Anda dalam bekerja. 

Anda bisa menjawabnya dengan kalimat berikut ini:

“Saya ingin bergabung di perusahaan ini karena perusahaan ini mempunyai visi dan misi yang sesuai dengan tujuan saya dalam bekerja. Kemudian saya mampu memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan karena sebelumnya mempunyai pengalaman sebagai (posisi melamar) dengan deskripsi pekerjaan yang kurang lebih sama. Di perusahaan sebelumnya saya berhasil (tuliskan pencapaian yang diraih).”

3. Berikan Pujian Pada Lingkungan Kerja yang Baik dan Positif

Selain dua jawaban di atas, jawab pula dengan jawaban berikut ini:

“Saya sangat ingin bekerja di industri ini karena PT (nama perusahaan) terkenal dengan lingkungan kerja yang sangat memberikan kenyaman kepada karyawannya. Saya yakin lingkungan yang nyaman bisa mempengaruhi kinerja saya dalam bekerja dan mencapai visi misi perusahan.”

Jadi, jawaban di atas adalah pujian bahwa Anda akan senang jika bekerja di perusahaan tersebut karena lingkungan kerja yang nyaman dan positif.

4. Jawab dengan Dampak Perusahaan yang Baik Bagi diri Anda

Selain itu Anda juga bisa menjawabnya dengan jawaban berikut ini:

“Alasan saya melamar pekerjaan di perusahaan ini karena semua manfaat penawaran sesuai dengan yang saya impikan. Selain itu, kualifikasi (posisi melamar) sesuai dengan pengalaman kerja saya sebelumnya. Melalui kemampuan tersebut saya yakin bisa berkontribusi penuh di perusahaan ini.”

5. Aktivitas Perusahaan yang Baik dan Bermanfaat

Jawaban lainnya adalah sebagai berikut:

“Reputasi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sangat baik. Aktivitas sosial yang menjadi program dari perusahaan ke masyarakat juga menjadi alasan mengapa saya tertarik mendaftar di sini. Saya sendiri sudah menelusuri visi misi perusahaan dan saya merasa mampu berkontribusi untuk mewujudkan visi misi tersebut.”

6. Jawab dengan Memuji Produk Perusahaan

Kemudian Anda juga bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan kalimat berikut ini:

“Saya ingin mendapatkan pekerjaan pertama saya di perusahaan ini mengingat semua produk dari perusahaan ini sangat dikenal oleh masyarakat. Bahkan produknya sudah banyak mulai terjual di pasar internasional.”

7. Jawab dengan Bisnis Perusahaan yang Sudah Besar

Tips dan jawaban mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami adalah dengan menjawab dengan jawaban berikut ini:

“Alasan saya melamar pekerjaan di sini karena saya lihat perusahaan ini sedang berencana ekspansi ke pasar luar negeri. Dengan bekal pengalaman kerja di bidang pemasaran dan kemampuan bahasa Inggris dan Mandarin yang baik, saya yakin keterampilan tersebut bisa mendatangkan keuntungan besar untuk perusahaan.”

8. 10 Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami yang Singkat dan Jelas

Selain jawaban-jawaban di atas, masih banyak jawaban lainnya yang bisa Anda gunakan ketika mendapatkan pertanyaan yang serupa. Beriku ini adalah berbagai jawaban yang juga bisa Anda gunakan saat wawancara kerja.

  • “Saya mengagumi nilai-nilai perusahaan Anda dan bagaimana Anda menjunjung tinggi etika dan integritas dalam bisnis. Saya percaya ini adalah lingkungan kerja yang ideal bagi saya untuk berkembang secara profesional.”
  • “Perusahaan Anda terkenal dengan inovasinya dan saya selalu ingin bekerja di tempat yang mendorong pemikiran kreatif dan penyelesaian masalah yang inovatif.”
  • “Saya telah membaca banyak tentang budaya kerja positif di perusahaan ini dan saya merasa itu adalah lingkungan di mana saya dapat belajar dan berkembang.”
  • “Perusahaan Anda adalah pemimpin dalam industri ini dan saya ingin menjadi bagian dari tim yang memimpin pasar dan membentuk tren.”
  • “Saya sangat terkesan dengan komitmen perusahaan Anda terhadap tanggung jawab sosial dan ingin bekerja di tempat yang menghargai pemberian kembali kepada komunitas.”
  • “Misi perusahaan Anda sangat sesuai dengan nilai pribadi saya dan saya merasa ini adalah tempat di mana saya dapat benar-benar berinvestasi dalam pekerjaan saya.”
  • “Saya sangat terkesan dengan produk dan layanan perusahaan Anda. Saya ingin bekerja di perusahaan yang menciptakan produk yang bisa saya banggakan.”
  • “Saya percaya perusahaan ini akan memberikan saya peluang untuk mengembangkan dan memperluas keterampilan saya dalam bidang saya.”
  • “Saya tahu bahwa perusahaan ini menekankan pengembangan profesional dan saya sangat ingin belajar dan tumbuh dalam karier saya.”
  • “Saya sangat menghargai fokus perusahaan ini pada kerja tim dan kolaborasi, dan saya yakin bahwa ini adalah lingkungan yang akan membantu saya berkembang tidak hanya sebagai profesional, tetapi juga sebagai individu.”

Atau Anda juga dapat menonton video ini untuk tahu contoh jawabannya lainnya dari pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” :

Tips Agar Lolos Interview Kerja 

Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami
Sumber: Pexels.com

Nah, bagi Anda yang akan melakukan interview kerja, berikut adalah tips agar lolos wawancara kerja dan mendapat penerimaan kerja:

1. Berdoa Sebelum Interview

Berdoa adalah satu hal yang wajib Anda lakukan sebelum melakukan apapun, termasuk interview kerja. Sebab Anda juga perlu meminta petunjuk dan pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar memberikan kemudahan lisan untuk menjawab selama interview berlangsung. 

Selain itu, dengan berdoa Anda akan mendapatkan ketenangan dan kepercayaan diri yang lebih tinggi.

2. Pahami Profil Perusahaan 

Tips kedua adalah pahami profil dan berbagai produk atau jasa perusahaan. Ini merupakan aspek yang sangat penting dalam penilaian perusahaan kepada para pelamar kerja.

Sebagai calon karyawan di perusahaan tersebut, Anda harus memahami profil dari perusahaan. Seperti perusahaan bergerak di bidang apa, apakah memiliki unit bisnis atau tidak, kapan perusahaan pertama kali berdiri, apa visi dan misi perusahaan, dan berbagai deskripsi lainnya.

Apabila Anda mampu menjawab pertanyaan tersebut, kemungkinan besar perusahaan akan memberikan nilai plus untuk Anda karena melihat keseriusan Anda untuk bergabung bersama mereka.

3. Jangan Terlambat Menghadiri Jadwal Wawancara

Tepat waktu menjadi aspek yang sangat penting dalam dunia pekerjaan profesional. Sehingga ketika Anda mendapatkan undangan untuk melakukan wawancara kerja, baik itu offline atau online, Anda harus tepat waktu untuk hadir di lokasi.

Akan lebih baik lagi jika Anda sudah berada di lokasi interview beberapa menit sebelum waktu yang di jadwalkan.

Sebab apabila Anda terlambat, Anda bisa saja mendapatkan penilaian buruk karena tidak profesional dalam pekerjaan.

4. Jangan Gugup dan Tetap Percaya Diri

Tips terakhir adalah jangan gugup dan tetap percaya diri pada kemampuan dan pengalaman Anda. Apabila Anda menjawab dengan penuh percaya diri, Anda terlihat sebagai seseorang yang memang serius untuk melamar di perusahaan tersebut.

Selain itu, dengan tidak gugup, penyampaian dan artikulasi Anda akan lebih jelas dan mudah dipahami oleh pewawancara. Pewawancara akan merasa layak untuk menerima Anda menjadi bagian dari perusahaan.

Demikianlah pembahasan tentang tips dan jawaban mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami. Semoga bermanfaat!

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Peluang Usaha Tanpa Keluar Rumah dan Tanpa Modal, Tertarik?

Selain melamar pekerjaan sesuai pembahasan di atas, Anda juga bisa mencari peruntungan dan rezeki dengan memulai usaha tanpa modal sebagai reseller.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa pengundian

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)