7 Doa Agar Diterima Kerja Saat Interview dan Tips Agar Diterima

Doa Agar Diterima Kerja Saat Interview – Kita pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan selama ini. 

Cara untuk mendapatkan pekerjaan tersebut adalah dengan berikhtiar semaksimal mungkin dengan iringan doa.

Sebagai umat muslim pentingnya untuk membaca doa agar dapat meminta pertolongan dari Allah SWT.

Berdoa diketahui menjadi salah satu senjata orang-orang beriman yang yakin adanya pertolongan dan akan dikabulkan oleh Allah.

Abu Darda’ pernah berkata, “Bersungguh-sungguhlah dalam berdoa. Karena, siapapun yang banyak mengetuk pintu, pasti akan dibukakan baginya.” (HR Ibnu Abi Syaiba).

Agar kita diterima kerja saat interview, mari amalkan doa agar diterima kerja saat interview berikut ini.

Doa Agar Diterima Kerja Saat Interview

1. Doa Saat Interview Kerja

doa agar diterima kerja saat interview
Sumber: pexels.com

Mengutip dari insertlive, berikut untaian doa yang bisa kita panjatkan agar mendapatkan hasil yang terbaik dan diterima untuk interview kerja.

فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ

Fa in tawallau fa qul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw, ‘alaihi tawakkaltu wahuwa rabbul-‘arsyil-‘aẓīm

Artinya: “Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah, “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung” (QS. At-Taubah: 129).

Doa saat interview kerja ini dapat kita bacakan saat hendak memulai proses interview atau wawancara kerja dengan perekrut.

Agar Allah SWT memudahkan serta melancarkan proses wawancara antara kita dengan perekrut.

2. Doa Agar Diterima Pekerjaan Sebelum Interview

Saat hendak menginginkan suatu hal maka kita dianjurkan agar berikhtiar dengan sungguh-sungguh.

Dalam Islam terdapat amalan sholat hajat sebagai salah satu amalan yang dapat mendekatkan kita terhadap hal yang diinginkan sekaligus memberikan jawaban yang terbaik.

Inilah bacaan doa agar diterima kerja sebelum wawancara:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضىً إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 104).

3. Doa Kelancaran Berbicara Saat Wawancara

Saat melamar sebuah pekerjaan kita akan melewati proses wawancara atau interview

Nah, agar ketika nanti berbicara dengan perekrut atau perwakilan dari perusahaan yang kita idam-idamkan, bacalah Doa Nabi Musa AS ketika menghadapi Firaun berikut.

رَبِّ ٱشْرَحْ لِى صَدْرِى وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: “Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

Manfaat dari doa kelancaran berbicara dan doa Nabi Musa AS adalah kita menjadi lapang dalam menerima keputusan, mendapatkan keringanan urusan, lancar berbicara serta lawan bicara dapat memahami perkataan kita.

4. Doa Meminta Kemudahan Saat Wawancara

Masih bersumber dari insertlive, ada referensi doa yang bisa kita bacakan agar diterima kerja. 


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Adapun doa interview lainnya ini pernah disampaikan dalam hadits riwayat Ibnu Hibban.

Pada saat itu Rasulullah SAW mengajarkan kepada umat agar percaya kepada ketentuan Allah SWT dan memohon kelancaran kemudahan urusan.

Inilah bunyi bacaan doa meminta kemudahan ala Rasulullah SAW.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً.

Allahumma lã sahla illa mã ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzã syi’ta sahla

Artinya: “Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau mudahkan dan tidak ada yang sulit jika Engkau menghendakinya kemudahan.”

5. Doa Setelah Menyelesaikan Interview

doa agar diterima kerja saat interview
Sumber: pexels.com

Usai melaksanakan wawancara sebuah pekerjaan, dalam hati kita pasti menginginkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Inilah saat dimana kita perlu menyerahkan segala urusan kita kepada Allah SWT karena setiap hasil dari pekerjaan adalah milik Allah SWT.

Doa setelah menyelesaikan interview berikut ini terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim.

وَبِكَ خَاصَمْتُ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَنْ تُضِلَّنِى أَنْتَ الْحَىُّ الَّذِى لاَ يَمُوتُ وَالْجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ

Allahumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allahumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillanii. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun.

Artinya: “Ya Allah, aku berserah diri pada-Mu, aku beriman pada-Mu, aku bertawakal pada-Mu, aku bertaubat pada-Mu, dan aku mengadukan urusanku pada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu, tidak ada ilah selain Engkau yang bisa menyesatkanku. Engkau Maha Hidup dan tidak mati sedangkan jin dan manusia mati.” (HR. Muslim).

6. Doa Meminta Pekerjaan yang Halal

Dikutip dari kumparan, ada bunyi bacaan doa bagi muslim agar meminta pekerjaan dan rezeki yang halal.

Sebab hanya dengan rezeki yang halal apa yang kita dapatkan menjadi lebih berkah dan diridhai oleh Allah SWT.

Inilah bacaan doa untuk mendapatkan rezeki yang halal serta meminta kemudahan segala urusan dalam melamar pekerjaan yang diharapkan. 

أَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanmu dan pemberianmu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

7. Doa Setelah Diterima Kerja oleh Perusahaan

Mengutip pada laman yang sama, setelah mendapatkan hasil yang diinginkan dari interview muslim patut bersyukur sebanyak-banyaknya.

Cara bersyukur yang bisa kita lakukan yaitu memanjatkan doa kepada Allah SWT sambil memperbanyak amalan lainnya.

Berikut bacaan doa yang diriwayatkan oleh Ibnu An-Najjar:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

Allahummaghfirlii dzanbii, wa wasii’liikhuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni’nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syaiin sharraftahu a’nni.

Artinya: “Ya Allah, ampunillah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku,” (HR. Ibnu An-Najjar).

Cara Interview Kerja Agar Diterima

doa agar diterima kerja saat interview
Sumber: pexels.com

Jika kita sudah berupaya dengan maksimal melalui amalan doa, berikutnya masih ada cara agar besar kemungkinan diterima saat melamar pekerjaan:

  • Memahami terlebih dahulu tentang perusahaan dan lowongan atau posisi pekerjaan yang kita lamar,
  • Menceritakan tentang diri secara jelas, tidak bertele-tele, merangkum dari riwayat hidup dan berikan alasan yang tepat mengapa kita harus diterima perusahaan dan kontribusinya,
  • Menggunakan tutur gaya bicara yang sopan,
  • Tetap bersikap dengan santai dan tenang saat proses wawancara tidak perlu panik atau gugup,
  • Menjawab berbagai pertanyaan wawancara sesuai dengan posisi yang dilamar dengan tepat,
  • Menjadi pelamar yang ikut aktif bertanya tentang perusahaan.

Itulah beberapa doa agar diterima kerja saat interview yang bisa diamalkan, semoga dapat membantu pembaca.

Jika suka dengan artikel berikut, jangan lupa sebarkan link kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Baca artikel menarik, informatif dan terbaru lainnya di Blog Evermos.