11 Ciri Ciri Dia Jodoh Saya Menurut Islam, Salah Satunya Giat Beribadah

Ciri Ciri Jodoh Menurut Islam Lengkap dengan Tanda-Tandanya – Bagi seorang single yang sedang mencari jodoh, seringkali bingung ketika berhadapan dengan lawan jenis yang membuat hati berdebar-debar hingga muncul pemikiran, “Apakah dia ciri-ciri jodohku?”.

Urusan pernikahan memang seringkali rumit karena dekat dengan urusan mereka dengan mencari pasangan hidup dan mati. Tidak ada satu orangpun yang pernah untuk menginginkan pernikahan lebih dari satu kali dalam hidup.

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang Ciri Ciri Jodoh menurut Islam lengkap dengan tanda-tandanya.

Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam

Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam
Sumber: pexels.com

1. Membuat Anda Lebih Dekat dengan Allah SWT

Jodoh adalah pasangan yang akan membuatmu selalu memperbaiki diri dan mendekatkanmu pada Sang Pencipta.

Dialah yang akan membuatmu sadar akan hidup ini. Kehidupan yang sudah diatur oleh Allah SWT.

Jika seseorang saat ini sedang dekat dengan hidup Anda, bisa jadi itu adalah seseorang yang akan menjadi jodoh Anda dan menemani Anda sepanjang masa. Ini adalah tanda jodoh dari Allah SWT.

Gunakan perasaanmu ketika tiba-tiba hidupmu menjadi dekat dengan Allah SWT karenanya.

Jangan pernah menyia-nyiakan momen ini hanya karena kamu tidak peka dengan apa yang sedang terjadi saat ini.

2. Ada Dorongan untuk Memperbaiki Diri

Menurut para psikolog, seseorang yang membuatmu selalu memperbaiki diri, baik di dunia maupun di akhirat, suatu saat akan menjadi jodohmu.

Hal ini terjadi karena adanya sinyal kuat dari dalam diri Anda bahwa Anda ingin menjadi lebih baik dan lebih dewasa dari pasangan Anda saat ini.

Menata kehidupan, memperbaiki keuangan, merapikan ibadah hingga hal-hal kecil lainnya akan mendapat perhatian besar ketika sedang berhadapan dengan jodoh.

Sama sekali tidak ada jodoh yang akan membuat Anda jauh lebih buruk dari sebelumnya, bahkan lebih buruk dan terancam.

3. Menerima Satu Sama Lain Apa Adanya dan Pahami

Jodoh Anda adalah seseorang yang akan menerima Anda apa adanya tanpa memperhatikan aspek duniawi lainnya dari diri Anda.

Dan kalian adalah jodoh sejati jika kalian saling memahami jika dalam keseharian kalian selalu tidak pernah saling berdebat pendapat.

Dalam kehidupan nyata, mungkin Anda akan tidak setuju. Anda pikir A benar, dan dia pikir B benar.

Ciri Ciri Dia Adalah Jodoh Saya

Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam
Sumber: pexels.com

Namun, pada akhirnya Anda akan mengerti bahwa itu hanya pendapat yang tidak salah dan tidak benar.

Sekalipun ini semua masalah yang harus diselesaikan dengan cepat, Anda memahami bahwa kedua pendapat itu akan menjadi solusi jika ditemukan konsensus.

4. Membuat Hatimu Tenang Saat Bersamanya

Ciri-ciri jodoh dalam Islam juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rum ayat 21 yang artinya,

“Dia menciptakan untuk kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram dengannya, dia dan bercinta di antara kamu sayang”.

Jelas dalam kutipan dari Al-Quran bahwa jodoh akan di datangkan kepada Anda untuk membuat hati Anda lebih tenang dan damai.

Meski dalam keadaan yang membuat Anda harus berdebat dengannya, Anda berdua harus sama-sama mengerti.

5. Merasa Cukup

Lihatlah diri Anda saat ini sedang di sandingkan dengannya. Apakah Anda merasa puas dan cukup untuk berpasangan dengannya? Jika iya, ini tandanya dia adalah jodohmu.

Oleh sebab itu, bagi siapa saja yang pernah bertemu dengan pasangan yang mampu menenangkan hati, bisa saling menerima, dan mampu memahami, akan cenderung berhenti mencari pasangan.

Tidak ada yang bisa mengalahkan besarnya kekuatan sinyal dari jodoh Anda meski di hadapkan pada keadaan yang sangat sulit sekalipun.

6. Keluarga Menerima dan Menyetujui Satu Sama Lain

Apapun kondisinya dan siapapun orangnya, jika orang tua salah satu pihak tidak merestui, sebaiknya batalkan niat pernikahan Anda.

Sebab, perjodohan bukan hanya soal menikahi pasangan.

Perjodohan adalah tentang menikahi dia dan keluarganya. Tapi, Anda tidak boleh menyerah jika sampai saat ini rasa cintamu padanya masih sangat besar.

Tingkatkan semangatmu untuk mendapatkan restu dari orang tuanya. Melakukan segala macam cara (benar) untuk memenangkan hati orang tuanya. 

7. Saling Menjaga

Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam
Sumber: pexels.com

Berikutnya adalah tanda-tanda bahwa Anda saling menjaga. Menjaga dalam arti selalu berada di jalan yang benar. Menjaga dalam hal kebaikan, kesehatan dan kedamaian.

Anda akan selalu mengingatkan diri sendiri untuk tidak terjerumus ke dalam sesuatu yang buruk dan sesat.

Jika hal yang satu ini telah terjadi pada diri Anda, maka perhatikan baik-baik bahwa dia adalah jodoh Anda dalam hidup ini.

8. Memiliki Banyak Kesamaan Satu Sama Lain

Ternyata memiliki banyak kesamaan satu sama lain adalah tanda bahwa dia adalah jodohmu. Dalam Islam dijelaskan bahwa jodoh adalah cerminan diri.

Hal ini tertulis dalam firman Allah SWT. dalam QS An-Nur ayat 26 yang artinya jika kamu wanita atau pria yang baik, maka jodohmu juga wanita atau pria yang baik.

Berdasarkan ayat tersebut, semakin banyak kesamaan sifat, tabiat, dan situasi kehidupan pasangan, semakin tinggi peluang untuk menjadi jodoh.

“Perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji juga, dan perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik pula. mereka dituduh (yang menuduhnya). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga),” [QS. An-Nur: 26].

Seperti apa Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam Lengkap dengan Tanda-Tandanya?

Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam
Sumber: pexels.com

9. Pintu Keberuntungan Tiba-Tiba Terbuka

Dalam Islam seseorang adalah jodohmu jika tiba-tiba pintu rezekimu terbuka saat bertemu dengannya. Allah SWT memberikan rezeki yang luas.

Ini menandakan bahwa jika di jodohkan, semua urusan akan di mudahkan oleh Allah SWT. Hal ini tertulis dalam firman Allah QS An-Nahl ayat 72.

“Allah menjadikan bagimu istri-istri dari jenismu sendiri dan menjadikan untukmu dari istri, anak dan cucumu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Lalu mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah? ?” [QS. An-Nahl: 72].

10. Satu Visi 

Jika cita-cita, harapan, dan tujuan hidup Anda memiliki kesamaan, bisa di pastikan Anda memang jodoh.

Untuk saling memahami apa tujuan hidup dari pasangan Anda, maka sebaiknya ajak dia untuk berdiskusi dan segeralah berbicara secara lebih serius.

Bawalah kedalam suasana yang tenang, damai dan sejuk untuk membicarakan cita-cita masing-masing. Pastikan Anda memiliki visi yang sama.

11. Dikuatkan Setelah Sholat Istikharah

Urusan pernikahan, semuanya sudah di atur oleh Allah SWT.

Manusia memiliki kekuatan untuk mencari, meminta dan berdoa kepada Allah SWT untuk memantapkan hatinya.

Salah satu cara paling efektif dalam Islam untuk membuktikan bahwa pasangan Anda adalah jodoh Anda adalah melalui doa Istikharah. 

Bagi yang belum tahu, Sholat Istikharah merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk di lakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT terkait keputusan dalam hidup yang akan diambil.

Ini termasuk memutuskan untuk memilih pasangan dari pasangan yang saat ini tinggal bersama.

Sekian ulasan tentang Ciri Ciri Jodoh Saya menurut Islam lengkap dengan tanda-tandanya. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Jangan lewatkan membaca artikel menarik lainnya, silahkan mengunjungi situs blog Evermos. 

Mau coba bisnis modal minim langsung dari HP? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos sekarang juga!🤑🤑

×