16 Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam, Kenali Berbagai Tandanya!

Sebagai seorang single yang sedang mencari pasangan hidup, kamu mungkin bertanya-tanya, “Bagaimanakah ciri ciri jodoh saya menurut Islam?”. Jodoh memang ketetapan Allah SWT, namun dalam Islam kamu bisa tahu tanda-tandanya, lho!

Urusan mencari dan menemukan pasangan hidup memang tidak mudah dan butuh perjuangan. Sebab hal ini berkaitan dengan mencari dan memutuskan untuk menjalin hubungan seumur hidup dengan seseorang. 

Selain itu, pastinya tidak ada yang ingin gagal dalam pernikahannya. Sehingga, sebagian besar dari kita menginginkan jodoh yang sesuai dengan kriteria dan bisa bersama membimbing rumah tangga menjadi lebih baik. 

Dalam Islam, Allah SWT memberikan kita tanda dan ciri-ciri apakah seseorang memang berjodoh dengan kita atau tidak. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan ciri-ciri berikut ini untuk memastikannya.

Baca juga: 5 Doa Mendapat Jodoh yang Diinginkan untuk Diamalkan Sehari-Hari

Tentang Jodoh dalam Islam 

Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam
Sumber: pexels.com

Berbicara mengenai jodoh, maka sangat erat kaitannya dengan cinta. Dalam Islam, konsep cinta memiliki pandangan yang sangat unik, yaitu ketika seorang Muslim mencintai orang lain hanya karena ridho Allah SWT. 

Islam mengajarkan kepada umatnya bahwa pernikahan adalah hubungan yang paling baik dan dianjurkan untuk setiap manusia lakukan dalam hidupnya. Mungkin, kamu juga sering mendengarnya dengan istilah “menikah adalah ibadah”. 

Lalu, bagaimana Islam mengatur tentang jodoh kita dalam pernikahan? 

Sama halnya seperti kelahiran kita di dunia dan kapan kita tutup usia, jodoh adalah takdir yang hanya ada di tangan Allah SWT. Sehingga, setiap manusia tidak akan tahu siapa, kapan, dan bagaimana mereka akan bertemu dengan jodohnya. 

Apabila kamu saat ini galau dan bingung siapakah yang akan menjadi jodohmu, maka kembali kepada konsep cinta dalam Islam, bahwasanya Allah akan memberikan jodoh terbaik yang akan mencintaimu jika kamu mencari dan menginginkannya atas dasar Allah SWT semata. 

Selain itu, apabila saat ini ada seseorang yang kamu harapkan menjadi jodohmu, kamu bisa berikhtiar melalui berdoa kepada Allah dengan menyebut namanya. Baca doa meminta jodoh disini: 6 Doa Meminta Jodoh dengan Menyebut Namanya, Mujarab!. 

Selanjutnya, jika kamu bertanya “ciri-ciri jodoh saya menurut Islam seperti apa?” atau “kapan jodoh datang menurut Islam?”, simak penjelasannya berikut ini. 

Bagaimana Cara Mengetahui Siapa Jodoh Kita Menurut Islam?

Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam
Sumber: pexels.com

Dalam memilih siapa jodohmu dalam Islam, ada beberapa kriteria wajib yang harus kamu perhatikan. Ini juga bisa menjadi firasat jodoh dari Allah SWT. Simak cara mengetahui siapa jodoh kita menurut Islam dengan memahami kriterianya berikut ini. 

1. Memiliki Nilai Religiusitas yang Tinggi 

Jodoh yang baik dalam Islam adalah dia yang lebih mendekatkan kamu kepada Allah SWT. Artinya, dia memiliki nilai religiusitas yang baik antara dirinya dan agamanya. Dalam sebuah Hadits, Rasulullah SAW bahkan juga menyerukan kepada kita dengan berkata, 

“Kamu wajib memiliki pasangan yang religius.”

Sehingga, terlepas dari apakah saat ini kamu sedang dekat dengan seseorang, dan mengharapkan dia adalah jodohmu, maka semua itu tidak pasti akan terjadi sesuai dengan keinginanmu. 

Namun, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengharapkan dia sebagai jodohmu jika dia taat dengan Tuhan, agama, dan akan membimbingmu menjadi manusia yang lebih baik sesuai syariat Islam. 

Jika kamu tidak kunjung mendapatkan tanda-tandanya, kamu bisa amalkan doa nabi Yusuf untuk meminta jodoh kepada Allah SWT. Jika kamu ingin tahu doanya, baca disini: Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4 Untuk Meminta Jodoh, Simak! 

2. Memiliki Sifat Baik dan Dorongan untuk Selalu Memperbaiki Diri

Cara kedua untuk mengetahui jodoh menurut Islam adalah dengan melihat sifatnya. Carilah jodoh yang berwatak baik dan selalu ingin memperbaiki dirinya dari hal-hal buruk. Kamu pasti juga tidak ingin memiliki jodoh yang bersifat buruk bukan? 

Kriteria ini berlaku untuk perempuan ataupun laki-laki, terlepas dari paras wajah ataupun harta yang banyak, maka akan percuma apabila tidak memiliki sifat yang baik. Sebab, sifat buruk akan menyebabkan ketidaksabaran dalam menghadapi kesulitan dalam berumah tangga. 

3. Mempunyai Keserasian dan Kesesuaian dengan Kamu 

Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan umatnya agar mempertimbangkan jodoh berdasarkan perbedaan kelas, namun beliau menekankan pada kecocokan. Dalam Islam, jodoh yang akan membawamu pada kebahagiaan adalah seseorang yang se-kufu’ denganmu. 

Pasangan yang sekufu’ ini maksudnya adalah yang setara, memiliki keserasian, kesesuaian, sederajat atau sebanding dengan kamu. 

Artinya, apabila kamu memiliki religiusitas yang baik atau berusaha selalu memperdalam agama dan taat pada Allah SWT, maka carilah jodoh yang juga mengedepankan agamanya di atas segala urusan dunia. 

Seperti yang dikatakan oleh Imam Sadiq AS, bahwa “wanita yang cerdas dan bijaksana tidak boleh disandingkan kecuali dengan pria yang bijaksana pula”. 

Dengan demikian, segala persoalan hidup yang nantinya akan datang ketika berumah tangga bisa dilalui dengan bijaksana, tidak was-was, dan mengacu pada panduan agama. 

4. Keluarga Saling Menerima dan Menyetujui 

Mungkin kamu pernah mendengar istilah bahwa “pernikahan bukan menyatukan hubungan antar dua orang saja, melainkan hubungan antar dua keluarga besar.” Maka, restu keluarga terutama orang tua sangat penting dalam pemilihan jodoh. 

Apabila ada seseorang yang sedang dekat denganmu saat ini dan ingin ia menjadi jodohmu, maka buatlah pertemuan keluarga untuk meyakinkan bahwa kalian memiliki komitmen yang baik untuk melangsungkan pernikahan. 

Beberapa poin di atas adalah ciri ciri jodoh menurut Islam yang bisa kamu identifikasi baik itu kepada pasanganmu, seseorang yang melamarmu, ataupun kepada seseorang yang dijodohkan kepadamu. 

Apa Ciri CIri Jodoh Saya Menurut Islam? Ini Tanda Tanda Berjodoh dengan Pasanganmu!

Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam
Sumber: pexels.com

Apabila saat ini kita sedang dekat dengan seseorang, baik itu sebagai pacar ataupun teman yang sama-sama memiliki rasa suka dan ada feeling dia jodoh kita dalam Islam, maka kenali ciri ciri jodoh dalam Islam berikut ini. 

1. Pintu Keberuntungan Tiba-Tiba Terbuka

Dalam Islam, seseorang bisa saja menjadi jodohmu apabila tiba-tiba atas izin Allah pintu rezeki terbuka dengan luas. Bukan hanya berupa materi, namun berbagai rahmat lainnya yang tidak kamu duga. 

Sebab, Allah SWT akan memudahkan seluruh urusan jika kamu berencana menikah semata-mata karena Allah. Seperti dalam surat An Nahl ayat 72 berikut ini, 

“Allah menjadikan bagimu istri-istri dari jenismu sendiri dan menjadikan untukmu dari istri, anak dan cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Lalu mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?”

2. Visi Misi yang Sama adalah Tanda Pasangan Sejati Saya Sesuai Islam

Jika cita-cita, harapan, dan tujuan hidup kamu memiliki kesamaan, kemungkinan kamu dan dia memang berjodoh.

Untuk saling memahami apa tujuan hidup dari pasangan kamu, maka sebaiknya ajak dia untuk berdiskusi dan segeralah berbicara secara lebih serius.

Bawalah ke dalam suasana yang tenang, damai dan sejuk untuk membicarakan cita-cita masing-masing. Pastikan kamu dan dia memiliki visi yang sama.

3. Dikuatkan Setelah Sholat Istikharah

Urusan pernikahan, semuanya sudah memiliki ketetapan dan aturan dari Allah SWT. Manusia memiliki kekuatan untuk mencari, meminta dan berdoa untuk dicintai kepada Allah SWT agar memantapkan hatinya.

Salah satu cara efektif dalam Islam untuk membuktikan bahwa pasanganmu adalah jodohmu yaitu melalui sholat dan doa Istikharah. Sholat Istikharah merupakan amalan sunnah untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT terkait keputusan dalam hidup yang akan kita ambil.

4. Saling Menjaga Satu Sama Lain

Berikutnya adalah tanda-tanda bahwa kamu saling menjaga. Menjaga dalam arti selalu berada di jalan yang benar. Menjaga dalam hal kebaikan, kesehatan dan kedamaian.

Berasamanya, kamu akan selalu mengingatkan diri sendiri untuk tidak terjerumus ke dalam sesuatu yang buruk dan sesat.

Jika hal yang satu ini telah terjadi pada diri kamu, maka perhatikan baik-baik bahwa dia adalah jodoh kamu dalam hidup ini.

5. Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam yaitu Ketika Merasa Cukup 

Mungkin saat ini ada sosok yang kamu idamkan dan menginginkan dia menjadi jodohmu. Kamu bisa merasakan, “apakah kamu merasa puas dan cukup untuk berpasangan dengannya?.” Jika iya, maka ini adalah tanda bahwa dia adalah jodohmu.

Oleh sebab itu, bagi siapa saja yang pernah bertemu sosok yang mampu menenangkan hati, bisa saling menerima, dan mampu memahami, akan cenderung berhenti mencari orang lain sebagai pasangannya.

Tidak ada yang bisa mengalahkan besarnya kekuatan sinyal dari jodoh meski kamu dihadapkan pada keadaan yang sangat sulit sekalipun.

6. Membuat Hatimu Tenang Saat Bersamanya

Ciri-ciri jodoh dalam Islam juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rum ayat 21 yang artinya,

“Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenis kamu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram dengannya, dia dan bercinta di antara kamu sayang”.

Jelas dalam kutipan dari Al-Quran, bahwa Allah akan mendatangkan jodoh kepada kamu untuk membuat hati kamu lebih tenang dan damai.

Meskipun akan ada masa kamu dan pasangan berdebat karena perbedaan, namun karena ketenangan hati, maka kalian bisa sama-sama mengerti dengan perbedaan tersebut.

7. Saling Menerima dan Memahami adalah Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam

Jodoh kamu adalah seseorang yang akan menerima kamu apa adanya, tanpa memperhatikan aspek duniawi lainnya dari diri kamu.

Apabila hubungan sehari-hari kamu dan pasangan tidak pernah saling berdebat serta selalu saling menerima dan memahami berbagai perbedaan, maka kalian adalah jodoh sejati.

Dalam kehidupan nyata, mungkin kamu akan tidak setuju. Kamu pikir A benar, dan dia pikir B benar. Namun, pada akhirnya kamu akan mengerti bahwa itu perbedaan pendapat dan tidak ada yang salah. 

Sekalipun hal tersebut merupakan masalah yang harus diselesaikan dengan cepat, kamu memahami bahwa kedua pendapat itu akan menemukan titik tengah jika bersama-sama mencari jalan keluarnya.

Apa Sinyal Jodoh dari Allah? Kenali Ciri Ciri Jodoh Saya Menurut Islam

Walaupun jodoh merupakan rahasia dari Allah Subhanahu wa ta’ala, kita juga dapat mengetahui pertanda jodoh sudah dekat menurut Islam. Di bawah ini adalah sinyal jodoh dari Allah yang harus kamu pahami sebagai tanda dia jodoh kita menurut Islam.

  1. Dapat memaklumi dan menerima diri apa adanya terlepas memiliki kelebihan dan kekurangannya,
  2. Mampu untuk memaafkan segala kelemahan dan kesalahannya.
  3. Memiliki kemantapan hati,
  4. Akhlaknya yang mengandung motivasi kepada kita,
  5. Memiliki feeling dia jodoh kita dalam Islam dan mampu mendampingi dalam kondisi yang sulit sekalipun.

Sekian ulasan tentang ciri ciri jodoh saya menurut Islam lengkap dengan tanda-tandanya. Semoga bermanfaat bagi kamu untuk bertemu dengan pasangan seumur hidup. Jangan lewatkan membaca artikel menarik lainnya, silahkan mengunjungi situs blog Evermos. 

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Evermos untuk mendapatkan penawaran berpenghasilan tanpa modal sebagai reseller Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk tahu informasi lengkapnya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)