8 Cara Menyimpan Bawang Merah di Kulkas Agar Awet, Tahan Lama Hingga Tiga Bulan!

Cara menyimpan bawang merah di kulkas agar awet – Bagi Anda yang gemar memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan bawang merah. Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur dan penyedap alami yang biasa digunakan dalam masakan. 

Menyimpan bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah memiliki tantangan tersendiri bagi kita yang gemar memasak untuk makan sehari-hari. Pasalnya, jika tidak tahu cara menyimpannya dengan benar, maka bawang merah akan cepat membusuk dan tidak tahan lama. 

Apalagi, biasanya kita membeli bawang merah dengan jumlah yang banyak agar tidak perlu membelinya lagi selama seminggu hingga satu bulan kedepan. Untuk mengatasi agar bawang merah tahan lama, maka Anda perlu tahu cara-caranya. 

Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas untuk Anda mengenai cara menyimpan bawang merah di kulkas agar awet dan tahan lama. Jadi, simak sampai selesai dan langsung praktekkan ya!

Baca juga: 6 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet.

Bagaimana Cara Menyimpan Bawang Merah di Kulkas Agar Awet?

cara menyimpan bawang merah di kulkas agar awet
Sumber: canva.com

Bagi Anda yang memiliki kulkas di rumah, mungkin Anda sering menyimpan bumbu-bumbu dapur dan bahan masakan lainnya di kulkas. Namun, sudah tahukah Anda bahwa setiap bumbu dapur memiliki cara yang berbeda dalam penyimpanan di kulkas agar tahan lama? 

Seperti halnya bawang merah, apabila Anda menyimpannya langsung bersamaan dengan kulitnya, maka itulah yang akan menyebabkan bawang merah cepat membusuk dan tidak awet. Untuk itu, mari simak beberapa cara menyimpan bawang merah biar awet di kulkas berikut ini. 

1. Kupas Kulit Bawang Merah 

Jika Anda ingin menyimpan bawang merah di kulkas, maka jangan simpan langsung tanpa mengupas kulitnya. Bawang merah yang belum dikupas dan disimpan di dalam kulkas akan lebih cepat membusuk karena kulit bawang akan mempercepat pertumbuhan tunas. 

Oleh karena itu, Anda dapat mengupas kulitnya terlebih dahulu. Sebab, bawang merah yang sudah dikupas kulitnya akan lebih tahan lama di suhu dingin seperti di kulkas. 

2. Cuci Bersih Bawang Merah dan Keringkan 

Setelah kulit bawang merah di kupas, maka cara menyimpan bawang merah biar awet yang kedua yaitu dengan mencuci bersih bawang merah. 

Pastikan tidak ada tanah atau kotoran lainnya yang menempel di bawang merah, lalu keringkan dengan tisu dapur hingga tidak basah lagi.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Baking Soda, Auto Kinclong!

3. Jangan Satukan Bawang Merah dengan Bawang Putih 

Selanjutnya, untuk menyimpan bawang merah di kulkas, maka jangan satukan dengan bawang putih. Meskipun kedua bumbu ini sama-sama bawang, namun bawang merah putih memiliki perbedaan gas yang dikeluarkan. Perbedaan ini akan menyebabkan proses pembusukan lebih cepat.

4. Simpan Bawang Merah di Kotak yang Kering dan Letakkan di Kulkas 

Cara menyimpan bawang merah kupas di kulkas berikutnya adalah masukkan bawang ke kotak atau wadah kering. Anda dapat menyimpannya di wadah yang tertutup ataupun terbuka. Kedua pilihan ini tetap akan membuat bawang merah Anda lebih tahan lama sekitar 2 sampai 3 minggu. 

Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpannya di dalam kulkas. Adapun karena Anda sudah mencuci bersih bawang merah sebelum memasukkannya ke dalam wadah, maka ketika memasak nanti Anda bisa langsung menggunakan bawang merah tanpa harus mencucinya. 

5. Cincang Halus Bawang Merah dan Simpan di Wadah Tertutup 

Selain menyimpannya langsung setelah dikupas, Anda juga dapat mencincang atau menghaluskan bawang merah sebelum memasukkannya ke dalam wadah tertutup. Bawang merah yang sudah dicincang akan lebih bertahan lama hingga satu bulan di dalam kulkas. 

Jika sudah mencincang atau menghaluskan bawang merah, Anda dapat menyimpannya di kulkas bagian bawah. Selain itu, cara ini juga memudahkan Anda dalam memasak karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk memotongnya lagi. 

6. Agar Lebih Tahan Lama, Simpan di Freezer 

Selain cara menyimpan bawang merah agar awet di bagian bawah kulkas, Anda juga dapat menyimpan bawang merah cincang maupun yang tidak Anda cincang halus di bagian freezer kulkas. 

Kelebihan dari menyimpan bawang merah di dalam freezer adalah bawang merah akan lebih tahan lama 2 hingga 3 bulan. Namun, bawang merah akan membeku dan Anda perlu meletakkanya di suhu ruang terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk memasak. 

Selain tantangan menyimpan bawang merah di kulkas agar awet, persoalan rumah tangga yang cukup menantang lainnya adalah cara mengatasi setrika yang lengket. Jika Anda juga sedang mengalaminya, baca caranya disini: 5 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket dan Gosong agar Licin Kembali, Ampuh!

Cara Menyimpan Bawang Merah di Kulkas Agar Awet dengan Minyak Goreng

cara menyimpan bawang merah di kulkas agar awet
Sumber: canva.com

Beberapa penjelasan di atas adalah cara menyimpan bawang merah di kulkas agar tahan lama tanpa perlu mencampurkan bahan lain ke dalam bawang. Namun, ada cara lainnya yang dapat Anda gunakan yaitu dengan mencampurkan bawang merah cincang dengan minyak goreng. 

Bawang merah cincang yang direndam dengan minyak goreng juga dapat membuat bawang merah lebih tahan lama. Apalagi, cara ini juga dapat mengefektifkan waktu Anda dalam memasak. 

Ketika memasak dan membutuhkan bawang merah, Anda tinggal mengambil bawang merah cincang yang sudah diberi minyak dan mencampurkannya ke dalam masakan Anda. Selain itu, dengan cara ini, Anda bisa saja tidak menambahkan minyak lagi ke dalam masakan. 

Berikut ini adalah cara menyimpan bawang merah di kulkas agar awet dengan minyak goreng:

  • Kupas kulit bawang, cuci bersih, lalu keringkan dengan tisu dapur. 
  • Mencincang atau menghaluskan bawang merah. 
  • Masukkan bawang merah ke dalam wadah. 
  • Tuang minyak goreng ke dalam wadah hingga menenggelamkan bawang merah cincang. 
  • Tutup wadah tersebut dan simpan ke bagian bawah kulkas.  

Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Awet Tanpa Kulkas

cara menyimpan bawang merah di kulkas agar awet
Sumber: canva.com

Apabila Anda tidak memiliki kulkas, Anda tidak perlu khawatir dalam menyimpan bawang merah agar awet dan tahan lama. Bawang merah yang tidak disimpan di dalam kulkas, juga akan bertahan lama apabila Anda tahu cara menyimpannya dengan baik. 

Cara menyimpan bawang merah agar awet tanpa kulkas cukup mudah. Pertama, Anda perlu pisahkan wadah bawang merah dengan bawang putih. 

Seperti penjelasan di atas, bahwa gas yang berbeda pada bawang merah dan putih akan menyebabkan bawang lebih cepat membusuk apabila Anda menyatukannya. 

Kedua, apabila menyimpannya di tempat yang terbuka, Anda bisa mengupas ataupun tidak mengupas kulitnya. Namun, pastikan untuk menyimpan bawang merah di wadah terbuka dan di tempat yang kering. 

Terakhir, selalu pastikan bawang yang Anda simpan di luar kulkas tidak membusuk sebelum menggunakannya untuk bumbu masakan. 

Apabila Anda ingin tahu cara lainnya, Anda juga bisa menonton tayangan cara menyimpan bawang merah agar awet dan tahan lama, berikut ini:

Itulah beberapa cara menyimpan menyimpan bawang merah di kulkas agar awet. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda! Jika ingin membaca informasi menarik dan bermanfaat lainnya, Anda bisa langsung kunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda juga bisa cari tahu peluang mendapatkan penghasilan tambahan hanya di rumah saja dengan menjadi reseller tanpa modal di Evermos.

Jika Anda adalah seorang Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, ataupun pekerjaan kantoran yang ingin mencari pendapatan tambahan, platform ini sangat cocok untuk Anda! Silakan klik tombol di bawah ini untuk informasi penawaran lebih lanjut!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)