6 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet

Hari Raya Idul Adha memang identik dengan daging kurban, di mana masyarakat akan mendapatkan beberapa kilogram daging. Nah, sebelum mengolah daging, ada baiknya mengetahui cara menyimpan daging kurban di kulkas agar awet dan tidak bau. 

Mungkin sebagian orang ada yang memilih untuk menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas atau freezer, dan mengolahnya beberapa hari kemudian.

Namun, dalam upaya menyimpan daging kurban di dalam kulkas atau freezer, maka penting untuk kita ketahui cara agar daging awet dan tidak bau. Simak sampai tuntas caranya di bawah ini ya! 

Baca juga: Siap Idul Adha? Simak Ketentuan Kurban yang Benar Sebagai Berikut

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

1. Jangan Cuci Daging 

Sebaiknya jangan mencuci daging sebelum disimpan ke kulkas, karena proses pencucian akan menyebabkan bau tidak sedap di dalam daging akan semakin kuat.

Selain itu, air yang meresap ke dalam serat-serat daging akan membuat daging menjadi rusak, sehingga kualitasnya menurun. 

2. Potong-Potong Daging Sesuai Takaran Konsumsi Keluarga 

Sebelum memasukkannya ke dalam kulkas atau freezer, daging perlu dipotong-potong terlebih dahulu sesuai ukuran konsumsi keluargamu dalam satu hari.

Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk mencairkan daging yang beku dan mempermudahmu saat akan mengolah daging untuk dimasak. 

Selain itu, daging yang dipotong-potong dengan sesuai akan lebih menghemat tempat penyimpanan di dalam kulkas. 

daftar reseller evermos gratis

3. Masukkan Daging ke Wadah yang Kedap Udara 

Sebelum disimpan di dalam kulkas, sebaiknya masukkan daging ke wadah kedap udara.   Pastikan wadah kedap udara yang digunakan sudah berbahan food grade, sehingga daging kurban yang akan kamu konsumsi tetap aman.

4. Bekukan Daging di Suhu Minus 18°C

Agar lebih tahan lama, simpan daging kurban di freezer kulkas dengan suhu minus 18 derajat Celcius agar beku. Tujuan utama dari membekukan daging adalah menidurkan bakteri. Dalam keadaan beku, bakteri di daging tidak akan bereaksi, sehingga daging akan awet secara alami. 

5. Pindahkan Daging di Freezer ke Kulkas dengan Suhu yang Lebih Dingin 

Jika ingin mengolah daging yang sudah dibekukan di freezer, maka jangan dicairkan di suhu ruangan. Sebab, apabila daging sudah bersentuhan dengan udara luar, maka daging akan mulai bereaksi dengan bakteri yang ada di sekitarnya.

Jadi, pindahkan daging kurban dari freezer ke rak kulkas khusus menyimpan daging, agar daging mencair dengan sendirinya tanpa kehilangan suhu dinginnya.

6. Beri Catatan Tanggal

Memberikan catatan tanggal ke daging yang ingin dimasukkan ke dalam kulkas berguna untuk menghindari seseorang lupa akan waktu ia memasukkan daging pertama kali.

Hal itu bertujuan untuk mengontrol dengan tepat kapan waktu penyimpanan daging dan apa jenis daging yang disimpan. Mencatat waktu penyimpanan juga akan memudahkan mengontrol masa simpan.

Pada suhu standar kulkas, daging merah seperti daging sapi, kambing, domba, bisa disimpan 4-5 hari. Pada suhu freezer, daging merah bisa disimpan hingga 4-12 bulan, tapi sebaiknya lebih cepat diolah.

Nah, itulah tipsnya, mudah bukan? Bisa Anda ikuti ya!

Oh ya, berbicara mengenai Idul Adha, tak terlepas dari Haji dan Umrah. Sebagai umat Islam, tentu ingin sekali untuk pergi ke tanah suci.

Mau Naik Haji? Gabung Jadi Reseller Evermos Aja!

poin transaksi

Kebanyakan orang mau pergi Umroh atau Haji, tapi terkendala dari segi budget. Apakah termasuk Anda?

Tenang, Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi reseller Evermos. Siap-siap keinginan Anda terwujud.

Bahkan tidak hanya dapat hadiah Umroh, jalan-jalan ke Turki juga bisa! Bagi yang ingin bergabung, jangan lupa klik gabung sekarang di atas.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Tidak perlu stok barang
  • Tanpa ribet packing dan kirim
  • Bisa jualan di marketplace
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, boleh bagikan artikel ini kepada yang lain, agar bisa mengikuti tips ini.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs Blog Evermos

 

×