7 Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Baking Soda, Auto Kinclong!

Panci gosong menjadi salah satu polemik yang sering dirasakan Ibu Rumah Tangga. Berbagai cara sudah dilakukan namun nihil hasil, mulai dari mencuci dengan detergen hingga sabun cuci piring. Tapi sudahkah mencoba cara membersihkan panci gosong dengan baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan yang biasa digunakan untuk mengembangkan adonan makanan. Namun, siapa sangka ternyata kandungan baking soda bisa diandalkan untuk mengangkat berbagai kotoran dan noda yang keras. 

Ketika diaplikasikan kepada panci yang gosong, baking soda akan berperan sebagai penggosok. 

Sehingga, kandungan pada baking soda akan mengangkat bagian yang gosong, adapun reaksi kimia yang terjadi akan membantu melepaskan bagian yang menempel dari permukaan panci. 

Selain cara pengaplikasian yang sangat mudah dan praktis, baking soda juga bisa Anda temukan di toko manapun dengan harga yang terjangkau. 

Baca juga: 11 Cara Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Kuning dengan Mudah dan Cepat.

Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Baking Soda

cara membersihkan panci gosong dengan baking soda
Sumber: pexels.com

Ikuti langkah-langkah cara di bawah ini jika Anda ingin panci yang gosong di rumah akan kinclong seketika. Selain panci, baking soda juga menjadi cara membersihkan wajan gosong, ataupun peralatan memasak yang gosong lainnya. 

1. Dinginkan Panci yang Gosong

Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan panci sudah dingin. Jangan pernah mencoba membersihkan panci panas karena ini bisa merusak panci dan bisa menyebabkan luka bakar.

2. Hapus Sisa Makanan 

Buang sisa makanan yang masih menempel di panci. Anda bisa menggunakan sendok kayu atau spatula untuk ini.

3. Taburkan Baking Soda

Taburkan baking soda secara merata di bagian bawah panci. Pastikan seluruh bagian yang gosong tertutup baking soda. 

Anda bisa menggunakan baking soda merek apapun untuk membersihkannya.

4. Tambahkan Air

Tambahkan air ke dalam panci sampai sekitar 3/4 bagian. Anda perlu memastikan baking soda larut dalam air.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket dan Gosong agar Licin Kembali, Ampuh!

5. Rebus Air di dalam Panci 

Letakkan panci di atas kompor dan rebus air tersebut. Biarkan air mendidih selama sekitar 10 menit. Panas dari air yang mendidih akan membantu baking soda mengangkat bagian yang gosong dari dasar panci.

6. Biarkan Panci Dingin Lalu Gosok

Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan panci mendingin.

Setelah panci sudah dingin, gunakan spons atau sikat untuk menggosok bagian dalam panci. Bagian yang gosong harus mulai terlepas. Jika masih ada yang menempel, ulangi proses dari langkah 3.

7. Bilas dan Keringkan

Terakhir, bilas panci dengan air hangat dan keringkan. Lalu, Anda akan melihat panci Anda akan kincolng seperti pertama kali membeli. 

Cara Membersihkan Kerak Panci dengan Baking Soda 

cara membersihkan panci gosong dengan baking soda
Sumber: pexels.com

Selain panci yang gosong, panci dengan sisa kerak makanan juga sulit dihilangkan. Namun, ternyata baking soda juga bisa menjadi cara menghilangkan kerak di panci dan wajan. 

Membersihkan kerak pada panci dengan baking soda adalah proses yang cukup sederhana dan efektif. Pertama, buang semua sisa makanan yang masih menempel pada panci dengan menggunakan sendok atau spatula plastik. 

Hindari penggunaan alat yang keras atau tajam yang bisa merusak panci. 

Kemudian, campur sekitar dua sendok makan baking soda dengan air hangat dalam panci. Rasio ini mungkin perlu disesuaikan tergantung pada ukuran panci dan jumlah kerak yang harus dihilangkan.

Biarkan larutan baking soda dan air bertindak pada kerak selama sekitar 15-20 menit. Untuk kerak yang lebih keras, Anda mungkin perlu meninggalkannya lebih lama. 


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Setelah baking soda memiliki cukup waktu untuk beraksi, gunakan spons atau sikat untuk menggosok permukaan panci. Kerak harus mulai terlepas dari permukaan.

Setelah kerak terlepas, bilas panci dengan air hangat sampai bersih. Pastikan semua sisa baking soda telah dihilangkan. 

Terakhir, keringkan panci sepenuhnya sebelum menyimpannya untuk mencegah pengembangan bakteri dan jamur. Dengan cara ini, panci Anda akan kembali bersih dan bebas kerak.

Untuk tahu lebih jelas, Anda juga bisa menonton tayangan berikut ini.

Demikianlah informasi mengenai cara membersihkan panci gosong dengan baking soda. Selamat mencoba!

Semoga langkah di atas dapat mengatasi permasalah para Ibu Rumah Tangga yang sudah mencoba berbagai cara membersihkan panci gosong namun tetap gagal. 

Jika ingin membaca informasi menarik dan bermanfaat lainnya, Anda bisa langsung kunjungi blog Evermos

Selain itu, Anda juga bisa cari tahu peluang mendapatkan penghasilan tambahan hanya di rumah saja dengan menjadi reseller tanpa modal di Evermos

Jika Anda adalah seorang Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, ataupun pekerjaan kantoran yang ingin mencari pendapatan tambahan, platform ini sangat cocok untuk Anda! Silakan klik tombol di bawah ini untuk informasi penawaran lebih lanjut!

YUK, GABUNG DISINI!