5 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket dan Gosong agar Licin Kembali, Ampuh!

Setrika yang lengket dan merusak baju tentu membuat Anda frustasi. Tapi, Anda tidak perlu membuang setrika tersebut. Ada cara membersihkan setrika yang lengket agar licin dan bisa digunakan kembali dengan mudah, serta hanya perlu menggunakan produk yang ada di rumah. 

Setrika memang menjadi salah satu alat rumah tangga yang paling dibutuhkan. Tanpa setrika, pakaian yang dicuci sulit untuk rapi dan tidak kusut. Sehingga, jika saat ini Anda memiliki setrika lengket dan merasa sulit untuk menghilangkannya, simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Baking Soda, Auto Kinclong!

Apa Penyebab Setrika Lengket?

cara membersihkan setrika yang lengket
Sumber: pexels.com

Sebelum mengetahui cara membersihkan setrika yang lengket, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab setrika bisa lengket ataupun gosong. Dengan mengetahuinya, Anda dapat mengantisipasi agar setrika di rumah tidak mengalami kerusakan. 

Berikut adalah beberapa penyebab setrika lengket dan gosong: 

1. Suhu Setrika yang Terlalu Tinggi 

Salah satu penyebab utama setrika yang lengket dan menempel pada pakaian adalah karena suhu setrika yang terlalu tinggi. 

Apalagi, jika Anda meninggalkan setrika tersebut dalam keadaan menyala dalam waktu yang cukup lama, maka setrika akan semakin panas dan rentan lengket jika langsung ditempelkan ke pakaian. 

Selain itu, beberapa bahan kain dari pakaian seperti poliester, pakaian berbahan tipis, atau memiliki detail berbahan plastik tidak bisa disetrika dengan suhu yang tinggi. Sehingga, jika menyetrika pakaian dengan bahan tersebut, atur suhu setrika yang lebih rendah. 

Jika tidak, beresiko pada kain yang kemudian akan meleleh, merusak pakaian, dan merusak setrika. 

2. Ada Residu yang Lengket di Tapak Setrika

Apabila Anda sedang menyetrika dengan suhu yang normal, namun ternyata setrika tersebut lengket ke pakaian, Anda bisa cek apakah ada residu atau bahan kimia yang lengket di tapak setrika Anda. 

Residu ini biasanya berupa bahan-bahan pakaian dari plastik ataupun bahan kimia lainnya yang gampang meleleh terkena panas. Sehingga, akan memberikan gesekan dan bekas pada pakaian ketika Anda menyetrikanya. 

Selain setrika yang bermasalah, apakah mesin cuci di rumah Anda juga mengalami kendala? Jika iya, baca cara mengatasinya disini: Cara Membersihkan Mesin Cuci Agar Terhindar dari Kerusakan.

3. Ada Goresan Pada Tapak Setrika 

Apabila setrika Anda memiliki tapak goresan, misalnya terkena manik-manik yang ada di pakaian, ataupun bahan keras lainnya, maka akan menyebabkan tapak setrika Anda lengket dan merusak pakaian. 

Anda bisa mengatasi kerusakan ini dengan merawat setrika dengan baik, seperti tidak menyetrika langsung bagian resleting, kancing, manik-manik, hingga benda logam lainnya yang ada di pakaian. 

Sebab, jika setrika sudah terkena goresan, maka akan sulit mengembalikan kelicinan dan kehalusan dari setrika menjadi seperti semula. 

Bagaimana Cara Membersihkan Setrika yang Lengket?

cara membersihkan setrika yang lengket
Sumber: pexels.com

1. Cara Membersihkan Setrika yang Lengket dengan Garam dan Cuka

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan garam dan cuka. Bahan yang Anda perlukan untuk mempraktikan cara ini hanyalah garam, cuka putih, air bersih, dan kain dengan tekstur yang lembut. 

Berikut ini cara membersihkan setrika yang lengket dengan garam dan cuka: 

  • Panaskan cuka dan garam dengan perbandingan yang sama pada panci dengan api kompor yang sedang. 
  • Biarkan larutan garam dan cuka menyatu di larutan panas hingga menjadi gelembung dan mendidih. 
  • Ambil kain bersih lalu basahi kain tersebut dengan laturan cuka dan garam yang sudah mendidih. 
  • Gosok dengan halus tapak setrika menggunakan kain yang sudah direndam cuka dan garam secara menyeluruh dari atas ke bawah hingga bersih. 
  • Setelah itu, gosok setrika dengan menggunakan kain lainnya yang dibasahi air bersih biasa. 
  • Biarkan setrika mengering sendiri, atau lap hingga kering. Kemudian, setrika sudah licin seperti semula. 

Dari cara di atas, kamu harus berhati-hati dan menghindari terkena langsung bagian setrika yang panas, ataupun terkena larutan cuka dan garam. 

Selain itu, jika bau cuka terlalu menyengat, harap buka jendela rumahmu agar bau tidak terkurung di dalam rumah. 

Baca juga: 11 Cara Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Kuning dengan Mudah dan Cepat.

2. Cara Membersihkan Setrika yang Gosong dan Lengket dengan Larutan Sabun Cuci Piring

Cara kedua yaitu Anda bisa menggunakan larutan sabun untuk melicinkan setrika yang lengket. Bahan yang Anda perlukan hanya air bersih, lap kain, larutan sabun. Berikut ini cara mudahnya: 

  • Nyalakan setrika dengan suhu yang rendah, tunggu hingga setrika sedikit panas, lalu cabut setrika. 
  •  Gosok tapak setrika dengan lap yang Anda basahi dengan air biasa. 
  • Kemudian, buat larutan sabun dengan sabun cuci piring dan air hangat di dalam mangkok. 
  • Ambil kain lap lain, basahi dengan larutan sabun, kemudian lap secara perlahan dan menyeluruh pada tapak setrika. 
  • Gunakan lap kering dan setrika Anda sudah bisa digunakan dengan normal. 

3. Cara Membersihkan Setrika yang Lengket dengan Pasta Gigi 

Jika Anda ingin mencoba dengan cara yang mudah dan cepat, Anda bisa mencoba membersihkan setrika yang lengket dengan pasta gigi. Menggunakan pasta gigi adalah metode yang paling sederhana. 

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan membasahi kain dengan air, lalu menempelkan sedikit pasta gigi putih di permukaan setrika. 

Kemudian, gosong permukaan tapak setrika secara perlahan, terutama pada permukaan yang lengket atau menempel sesuatu.  Jika sudah selesai dan sudah dipastikan bersih, lap dengan kain basah biasa. 

4. Cara Menghilangkan Lengket di Setrika dengan Kertas

Dengan cara yang satu ini, Anda tidak perlu menggunakan sabun ataupun air. Bahan yang Anda perlukan hanyalah kertas, bisa berupa kertas putih biasa ataupun kertas koran.  Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan: 

  • Panaskan setrika dengan setelan suhu tertinggi. Jika setrika Anda memiliki setelan uap, pastikan Anda mematikan uap setrika. 
  • Jika setrika sudah panas, gosok permukaan tapak setrika ke atas kerja.
  • Gosok secara aktif hingga kandungan yang menempel di setrika lepas dari permukaannya. 
  • Jika belum bersih sempurna, Anda bisa gunakan garam yang ditaburkan di atas kertas, lalu lakukan hal serupa dengan menggesek permukaan setrika di atas kertas yang sudah Anda taburi garam. 

5. Cara Membersihkan Setrika Lengket dengan Bedak Tabur 

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan bedak tabur atau bedak bayi. Bahan yang Anda perlukan untuk membersihkan setrika lengket dengan bedak tabur yaitu, secukupnya bedak, dan kain lap bersih. Berikut langkah yang harus Anda lakukan: 

  • Pastikan setrika dalam keadaan mati dan sudah dingin. Jangan mulai langkah ini apabila setrika Anda masih dalam keadaan panas ataupun hangat. 
  • Kemudian, taburkan bedak tabur atau bedak bayi ke tapak setrika. 
  • Taburkan juga bedak secukupnya di kain kering. 
  • Gosok setrika dengan kain lap yang sudah Anda taburi bedak hingga tidak ada kandungan yang menempel. 
  • Selanjutnya, nyalakan setrika Anda dan tunggu hingga panas. 
  • Sediakan dua kain lap, lalu dengan setrika yang sudah panas, gosok permukaan lap pertama dan kedua secara bergantian untuk memastikan setrika sudah licin dan tidak lengket. 

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menonton tayangan berikut ini:

Itulah berbagai cara membersihkan setrika yang lengket agar bersih dan licin kembali. Ketika Anda mempraktekkan cara di atas, ingatlah untuk tidak langsung mencoba menyetrika di pakaian. 

Anda bisa mencoba di kain atau pakaian yang tidak layak pakai untuk memastikan apakah setrika sudah benar-benar licin dan tidak lengket. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan semprotan pelicin pakaian untuk membantu pakaian Anda lebih licin saat disetrika. 

Semoga ulasan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan pekerjaan rumah tangga! Simak informasi seputar kebutuhan rumah, informasi islami, hingga informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos. 

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Apa penyebab setrika jadi lengket?

Setrika yang lengket biasanya disebabkan oleh suhu setrika yang terlalu tinggi, ada residu yang menempel, goresan pada tapak setrika, dan bahan pakaian yang rentan rusak karena setrika panas.

Jika setrika lengket apa yang harus dilakukan?

Jika setrika Anda lengket dan gosong, jangan dibuang. Bersihkan dengan lap bersih yang direndam larutan garam dan cuka. Gosok perlahan pada tapak setrika hingga bersih dan licin kembali.

Bagaimana cara membersihkan setrika dengan odol?

Tempelkan odol atau pasta gigi di tapak permukaan setrika, lalu gosok dengan kain lap halus hingga tidak ada yang menempel di setrika. Lalu, lap dengan kain yang direndam air bersih.

Selain itu, Anda  bisa mengunjungi Evermos untuk mendapatkan informasi seputar peluang bisnis menjanjikan sebagai reseller tanpa modal. Temukan berbagai kemudahan berbisnis yang menguntungkan dengan klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)