9 Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu, Ini Rahasianya!

Kamu ingin kaya tapi masih belum memiliki pemasukan yang cukup besar? Atau kamu seorang pelajar yang masih menerima uang jajan dari orang tua? Jangan khawatir, ternyata ada rahasia cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu yang gak bikin kamu tersiksa. 

Tahukah kamu salah satu cara kaya adalah rajin menabung? Namun, masalahnya masih banyak dari kita yang sulit berhemat karena pengelolaan keuangan yang belum maksimal. Padahal menghemat uang adalah salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki setiap orang. 

Ada sebuah ungkapan bijak yang mengatakan, “banyak sedikitnya uang tergantung pada cara menggunakannya.” Bahkan dengan uang seratus ribu rupiah saja, jika kamu pintar dalam mengelolanya, maka bisa bertahan untuk seminggu. 

Kamu gak percaya? Baca artikel di bawah ini untuk tahu rahasianya!

Baca juga: 5 Cara Menabung yang Benar dan Efektif | Cocok Untuk Pemula

Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu, Emang Bisa? 

Menghemat duit 100 ribu untuk seminggu memang terdengar mustahil bagi kamu yang belum terbiasa menabung. Namun, mulai dari pelajar sampai Ibu Rumah Tangga, kamu bisa menerapkan beberapa cara hemat 100 ribu untuk seminggu berikut ini.

1. Buat Daftar Belanja Mingguan 

Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu
Sumber: pexels.com

Ketika memulai minggu hemat, kamu bisa membuat daftar belanja mingguan 100 ribu. Dengan membuat list atau daftar belanjaan, kamu bisa terhindari dari berbagai godaan barang-barang lainnya yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan. 

Buatlah daftar belanja mingguan yang hanya berisi kebutuhan pokok, seperti bahan makanan selama seminggu, hingga kebutuhan kebersihan. Kamu bisa periksa stok bahan makanan di rumah terlebih dahulu sebelum membuat daftar agar tidak membeli barang yang sama dua kali. 

Baca juga: 28 Daftar Menu Masakan Sehari-hari yang Sederhana dalam Seminggu.

2. Tulis Menu Masakan Seminggu

Sambil membuat daftar belanja mingguan 100 ribu, kamu bisa memikirkan dan menulis menu masakan seminggu yang akan kamu konsumsi. Sebab jika ingin berhemat, tandanya kamu harus mengurangi beli makanan di luar. 

Dengan membuat menu hemat seminggu, kamu bisa menghindari pemborosan bahan makanan. Cek terlebih dahulu bahan makanan apa saja yang masih ada di kulkas. Kamu juga bisa menentukan menu makanan yang bernutrisi namun tetap murah. 

3. Jangan Kebanyakan Jajan

Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu
Sumber: freepik.com

Salah satu penyebab gagalnya hidup hemat adalah karena kebanyakan jajan atau beli camilan. Meskipun kadang kamu hanya membeli jajanan yang tidak terlalu mahal, tapi jika terlalu sering maka akan mengurangi uang kamu untuk hal yang tidak terlalu kamu butuhkan. 

Lalu bagaimana cara menghemat uang dan tidak boros? Caranya adalah dengan membuat makanan atau cemilan sendiri di rumah. Dengan bahan yang ada, kamu bisa membuat cemilan dengan porsi besar dan jenis yang lebih beragam. 

Atau kamu juga bisa stok camilan murah yang bisa tahan lama. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk jajan lagi di setiap harinya. Butuh referensi camilan yang murah? Kamu bisa baca disini: Rasa Enak dan Murah, 6 Grosir Snack di Bandung

4. Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Jika ingin hemat, kamu harus memahami bahwa kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang sangat berbeda. Kebutuhan adalah sesuatu yang kamu butuhkan untuk bertahan hidup, seperti makanan sehari-hari, pakaian, tempat tinggal, dan lainnya.  

Sedangkan keinginan adalah hal-hal yang kamu inginkan tapi tidak kamu butuhkan untuk bertahan hidup, seperti membeli baju baru ketika baju di lemari masih banyak, membeli gadget baru ketika gadget yang sekarang masih belum rusak, liburan mewah, hingga makanan mahal. 

Sehingga untuk berhemat, kamu perlu menghindari pengeluaran yang tidak perlu, dalam artian menghindari barang-barang yang kamu inginkan, dan mempriositaskan pengeluaran pada barang yang kamu butuhkan. 

5. Pilih Transportasi yang Murah 

Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu
Sumber: pexels.com

Selanjutnya, cara mengatur uang 100 ribu untuk seminggu adalah dengan meminimalisir biaya transportasi. Apabila kamu tinggal di kota besar, transportasi bisa menjadi pengeluaran besar, seperti naik transportasi online yang biasanya memasang tarif yang cukup mahal. 

Jika kamu ingin berbagai cara menghemat uang setiap hari, ini berhasil kamu terapkan. Maka kini saatnya kamu mengurangi mobilitas dengan meminimalisir menggunakan transportasi online. 

Kamu bisa memilih tranportasi yang lebih murah, seperti berjalan kaki, naik sepeda, hingga menggunakan transportasi umum. Selain itu, jika sangat ingin menaiki transportasi online, kamu bisa mencari berbagai voucher diskon ojek online. 

6. Jangan Keseringan Beli Makanan Diluar, Masak Sendiri!

Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu
Sumber: pexels.com

Seperti penjelasan sebelumnya, menulis daftar menu makanan tandanya kamu harus masak sendiri dan tidak beli makanan di luar. Sebab membeli makanan di luar seperti fast food, tentu lebih mahal dan bisa menggagalkan misi kamu menghemat uang 100 ribu untuk seminggu. 

Jika kamu seorang mahasiswa atau pekerja kantoran yang perlu makan siang di luar, kamu bisa membawa bekal dari rumah dengan memanfaatkan bahan masakan yang sudah kamu beli. 

Ingat! Selain hemat, dengan memasak bekal sendiri, tubuh kamu juga jadi lebih sehat dibanding kamu membeli makanan di luar. 

7. Hemat Energi 

Mengurangi penggunaan listrik dan air juga berpengaruh pada semakin sedikitnya tagihan yang kamu keluarkan. Sebab pemborosan energi seperti air dan listrik bisa menjadi faktor penyebab pengeluaran kamu membengkak. 

Untuk itu, kamu bisa mengurangi penggunaan energi dengan cara berikut ini:

  • Tutup keran air saat menyikat gigi atau mencuci piring 
  • Gunakan mesin cuci secara bijak 
  • Matikan lampu, AC, TV, komputer, dan alat elektronik lainnya apabila tidak digunakan. 
  • Manfaatkan cahaya matahari untuk penerangan di siang hari. 
  • Gunakan ember dan gayung daripada shower mandi. 

8. Cuci Baju Sendiri dan Hindari Laundry 

Sumber: pexels.com

Mencuci baju sendiri dan menghindari penggunaan jasa laundry adalah salah satu strategi efektif dalam menghemat uang. Biaya yang dikeluarkan untuk jasa laundry, meski terlihat kecil, jika diakumulasi dalam kurun waktu seminggu, jumlahnya bisa cukup besar. 

Solusinya adalah dengan mencuci pakaian sendiri di rumah, jadi kamu hanya perlu investasi waktu dan biaya minimal untuk detergen dan air. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhemat dan bisa menghemat 100 ribu selama satu minggu. 

9. Jangan Manja dan Belajar Hidup Mandiri 

Jika kamu mencari tahu tentang cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu, maka bisa di asumsikan kamu ingin atau sedang belajar untuk hidup mandiri. Dengan tidak selalu bergantung kepada orang lain, kamu bisa mewujudkan tekad kamu untuk hidup hemat lho. 

Sebab ketika kamu selalu menggantungkan hidup dengan orang lain, mungkin itu sebabnya kamu belum bisa mengelola keuangan dengan cukup baik. 

Mulailah dengan hal-hal kecil, misalnya jika biasanya kamu meminta teman mengantarkan kamu ke kampus atau tempat kerja, kini saatnya kamu mencoba naik angkot, berjalan kaki, atau naik sepeda.

Baca juga: 12 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun, Yakin Bisa!

Tips Biar Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu Berhasil

Sumber: pexels.com

Setelah memahami berbagai cara menghemat uang 100 ribu untuk satu minggu, kamu semakin percaya diri untuk memulai hidup hemat?  Salah satu tips di atas menjelaskan bahwa cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu yaitu dengan stok bahan makanan.

Sehingga, berikut ini tips penunjang hidup hemat yang bisa memudahkan kamu mengelola keuangan selama satu minggu.

Rekomendasi Menu Masakan Seminggu 100 Ribu

Seperti salah satu penjelasan dari cara di atas, membuat menu masakan untuk satu minggu sangat memudahkan kamu dalam mengelola keuangan dan berhemat. Jika kamu bingung, berikut adalah contoh daftar menu masakan seminggu dengan anggaran 100 ribu rupiah:

  Sarapan  Makan Siang dan Malam 
Senin Nasi goreng sederhana (nasi, telur, sayuran) Tempe goreng dan sayur bayam
Selasa Bubur kacang hijau Nasi, tahu goreng, dan sayur kangkung
Rabu  Roti isi telur dadar Nasi, telur balado, dan sayur daun singkong
Kamis Mie rebus sederhana (mie, telur, sayuran) Nasi, tempe bacem, dan lalapan
Jumat Oatmeal dengan pisang Nasi, tahu bacem, dan tumis buncis
Sabtu Pisang rebus dan teh Nasi, telur dadar, dan sayur asem
Minggu  Roti panggang dengan selai Nasi, tempe goreng, dan sayur sop

Menu di atas tentunya bisa kamu modifikasi sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisi kamu. Kuncinya adalah memilih bahan makanan yang murah namun bergizi seperti telur, tempe, tahu, dan berbagai jenis sayuran.

Daftar Belanja Mingguan: Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu

Rahasia lainnya untuk menunjang keberhasilan kamu menghemat uang 100 ribu untuk seminggu adalah dengan membuat daftar belanja mingguan. Apalagi ini juga bisa menjadi cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu anak kos.

Jika kamu bingung bagaimana bentuk daftarnya, kamu bisa menggunakan tabel daftar belanjaan berikut ini: 

Nama Barang   Jumlah  Estimasi Harga  Total 
Beras  2.5 kg 12.000  30.000
Telur  7 butir  2.500  17.500
Tempe 1 potong 6.000 6.000
Tahu  1 bungkus 6.000 6.000
Sayuran  2-3 ikat sayur  10.000 10.000
Mie Instan  2 bungkus 2.500 5.000
Bumbu Dapur  1 paket bumbu 5.000 5.000
Roti Tawar 1 bungkus  12.000 12.000
Pisang  1 sisir  5.000 5.000
Selai 1 bungkus kecil  3.000 3.000
Estimasi Total Biaya 99.500 

Jika ingin lebih detail dan terperinci, kamu bisa simak video cara membuat meal plan budget 100 ribu dalam seminggu di channel Youtube berikut ini: 

Bagaimana Cara Menghemat Uang Tapi Tetap Cuan? 

Demikianlah berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk menghemat uang 100 ribu dalam seminggu. Hemat bukan berarti menahan diri dari segala sesuatu, tetapi memanfaatkan sumber daya dengan lebih bijaksana. 

Sementara kamu berusaha menghemat, mencari sumber penghasilan tambahan juga penting. Bisnis online seperti yang ditawarkan oleh Evermos, misalnya, bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. 

Dengan platform ini, kamu bisa mulai berbisnis tanpa modal, hanya dengan menjual kembali produk yang tersedia. Jadi, sambil kamu menghemat, kamu juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan. 

Kamu bisa daftarkan diri secara gratis sebagai reseller ataupun dropshipper di Evermos dengan klik tombol di bawah ini. Semoga artikel ini memberikan wawasan baru untuk kamu mengelola keuangan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)