5 Cara Menabung yang Benar dan Efektif | Cocok Untuk Pemula

cara menabung yang benar

Mempersiapkan masa depan adalah hal yang penting. Namun, menabung bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang karena gaya hidup yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menabung yang benar dan efektif.

Menabung memang menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan di masa depan. Dengan menabung, Anda bisa mengalokasikannya pada investasi jangka panjang. Namun ternyata melakukannya tak semudah seperti yang dibayangkan.

Setiap orang merasa pengeluaran setiap bulannya selalu habis karena biaya tak terduga dan gaya hidup konsumtif. Untuk itu, Anda perlu lebih cermat dalam mengatur keuangan.

Mungkin Sebagian dari Anda bertanya bahwa apakah bisa jika gaji kecil untuk menabung? Jawabannya adalah tentu bisa. Jangan ragukan kemampuan dan pemasukan Anda karena yang terpenting adalah mengatahui cara menabung yang benar dan cermat.

Lantas, bagaimanakan tips untuk cara menabung yang benar? Ingin tahu? Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Pribadi maupun Bisnis | Hanya dari HP

5 Cara Menabung yang Benar dan Efektif | Cocok Untuk Pemula

1. Menetapkan Tujuan

cara menabung yang benar

sumber : pexels.com

Tips menabung yang benar pertama adalah dengan menetapkan tujuan menabung. Jadi, Anda tidak hanya sekadar menyisihkan uang saja.

Anda bisa mulai menabung untuk sesuatu yang Anda sukai misalnya untuk travelling, barang yang diinginkan, ataupun naik haji.

Tujuan yang jelas akan membuat menabung lebih efektif. Namun, perlu diingat bahwa dalam menetapkan tujuan harus jelas dan dapat diukur pencapaiannya.

Jadi, dengan adanya tujuan yang diimpikan itu akan menjadi motivasi Anda. Anda akan semakin terarah dan bersungguh-sungguh dalam mencapai impian.

Untuk itu, tetapkanlah tujuan menabung diiringi dengan komitmen dan usaha keras dalam mewujudkannya.

Baca Juga : 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Anda Selamat

2. Menentukan Tujuan Besaran Tabungan

cara menabung yang benar

sumber : pexels.com

Ketika waktu gajian, ada baiknya Anda memisahkan pisahkan uang untuk ditabung sebelum menggunakan sisanya untuk kebutuhan lain. Sebelumnya, Anda bisa menentukan terlebih dulu berapa persen bagian uang yang akan disisihkan rutin.

Penentuan nominal yang tidak realistis atau salah perhitungan biasanya menjadi penghambat orang untuk menabung. Pilihlah nominal yang tidak melebihi batas kemampuan Anda

Mulai lah menabung setidaknya sepuluh persen dari gaji. Meskipun sedikit, namun menabung akan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Selain itu, menabung di awal gajian akan membuat uang lebih aman tersimpan. Karena Anda akan terhindar dari penggunaan uang untuk kebutuhan yang tidak penting.

Mulailah dari Jumlah Kecil Terlebih Dahulu

cara menabung yang benar

Menurut Clark Howard, seorang pakar konsumen, kebiasaan menabung sebaiknya dimulai dari jumlah yang kecil namun rutin.

Contohnya, jika Anda belum terbiasa dengan alokasi tabungan 20% dari gaji, Anda bisa memulai dari nominal 2% dari gaji. Namun, pastikan bahwa persentasenya teris naik setiap bulan hingga mencapai target yang Anda inginkan.

3. Mengatur Automatic Debit ke Rekening Tabungan

cara menabung yang benar

sumber : pexels.com

Tips lainnya yang efektif untuk menabung ialah dengan mengatur autodebet ke rekening tabungan. Sebagaimana dikatakan Farnoosh Torabi, seorang ahli keuangan bahwa menabung dengan autodebet adalah cara yang paling efektif.

Torabi merekomendasikan setidaknya 10% dari gaji Anda sebaiknya ditransfer secara autodebet. Dengan cara ini, Anda tidak akan memiliki alasan untuk lupa menabung.

Tetapkan jumlah transfer dan tanggal transfer secara konsisten. Dengan car aini, akan lebih mudah untuk belajar disiplin menabung.

4. Membuat Rekening Pisah

cara menabung yang benar

sumber : pexels.com

Ligwina Hananto, seorang perencana keuangan menegaskan betapa pentingnya untuk memisahkan antara rekening tabungan dengan rekening harian.

Dengan memisahkan rekening ini, Anda telah memfokuskan uang tabungan dan tidak akan terbawa saat mengambil uang untuk sehari-hari.

5. Catat pengeluaran

cara menabung yang benar

sumber : pexels.com

Tips terakhir untuk menabung yang benar adalah dengan mencatat seluruh anggaran kebutuhan, Penting untuk Anda mencatat setiap detail pengeluaran untuk melihat kedisiplinan finansial Anda.

Jika pengeluaran tidak sesuai dengan anggaran, maka Anda perlu mengevaluasi apa yang salah dari pengeluaran ini. Apakah ada biaya tak terduga atau hanya kebiasaan konsumtif untuk barang yang tak perlu.

Selanjutnya, jangan anggap remeh pengeluaran kecil yang terasa sepele. Contohnya seperti kebiasaan ngopi di kafe setiap pagi. Mungkin terlihat murah, namun, bila kita akumulasikan akan terlihat berapa uang yang telah dihabiskan selama satu bulannya.

Bukan Anda harus berhenti dari kebiasaan ini, namun lebih baik mencari Alternatifnya seperti mencari opsi minum kopi yang lebih murah.

Mengumpulkan dan Menyimpan Uang Kembalian
cara menabung yang benar

sumber : pexels.com

Kemudian, yang terpenting dari pencatatan pengeluaran ini adalah bisa meninjau uang sekecil apapun. Untuk itu, ada sebuah tips dari Ric Edelman, CEO dari Edelman Financial Services.

Ia memberikan trik khusus untuk bisa menabung dengan benar yakni dengan mengumpulkan uang kembalian recehan.

Memang kelihatannya kecil, namun jika dikumpulkan, maka bisa Anda gunakan untuk membeli kopi. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran lifestyle dan berhasil menyelamatkan alokasi uang tabungan.

Selain itu bisa membantu Anda untuk mengurangi penggunaan kartu debit dan kredit dalam membayar sebuah lifestyle.

Demikianlah ulasan mengenai cara menabung yang benar dan efektif untuk pemula. Semoga dengan adanya artikel ini kita senantiasa lebih rajin menabung dan menggapai masa depan gemilang.

Untuk membaca artikel finansial menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×