5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Pribadi maupun Bisnis | Hanya dari HP

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah, perlu kesadaran diri dan keterampilan untuk melakukannya. Namun, saat ini Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda untuk melakukannya. Untuk itu, berikut kami ulas mengenai aplikasi pengatur keuangan terbaik di Smartphone Anda.

Banyak dari kita yang mengalami masalah finansial setiap bulannya, sehingga pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Jika Anda mengalami hal itu, maka aplikasi pengatur keuangan harus ada di smartphone Anda sebagai solusi.

Hal ini ditujukan agar pengelolaan keuangan akhir bulan tetap stabil. Pemasukan dan pengeluaran akan seimbang dan bahkan Anda bisa menabung untuk kebutuhan lain.

Ada banyak aplikasi pengatur keuangan terbaik di Android ataupun iOS yang bisa membantu Anda menghemat uang dan terhindar dan Risiko utang-piutang.

Untuk Anda yang masih bingung untuk memilih aplikasinya, berikut kami berikan rekomendasi 6 aplikasi pengatur keuangan terbaik di Android atau IOS.

Baca Juga : 6 Keterampilan Keuangan yang Harus Anda Miliki Agar Bisa Pensiun Dini

5 Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Pribadi maupun Bisnis | Hanya dari Smartphone

1. Uangku

aplikasi pengatur keuangan
sumber : google/bersosial

UangKu adalah aplikasi keuangan yang cocok bagi Anda pemula yang belum pernah menggunakan aplikasi pengatur keuangan sebelumnya.

Aplikasi ini memberikan fungsi pencatatan keuangan personal secara ringkas dan sederhana. Dengan fitur yang rinci dan terstruktur, para pemula tidak akan kesulitan dalam mengoperasikannya.

Saat menggunakan aplikasi ini, Anda akan diminta untuk mengisi target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan.

Kemudian aplikasi ini akan mengolah secara otomatis dan menganjurkan berapa batas uang yang bisa Anda keluarkan setiap harinya untuk mencapai target.

Bahkan, Pengeluaran dan pemasukan yang tercatat dalam aplikasi ini bisa Anda kelompokkan dalam berbagai kategori. Lewat fitur penataan kategori ini Anda bisa menganalisis pengeluaran serta pemasukan dan menyajikannya dalam bentuk grafik.

Aplikasi ini sangat membantu Anda dalam melacak uang yang masuk dan keluar serta catatan keuangan menjadi lebih tertata.

Aplikasi ini bisa Anda temukan di Google Play Store dan bisa Anda jadikan pilihan terbaik karena fungsi, fitur, dan desain yang ditawarkannya.

Baca Juga : 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Anda Selamat

2. Teman Bisnis

aplikasi pengatur keuangan
sumber : google/bersosial

Jika Anda memiliki bisnis, jangan gunakan aplikasi yang untuk keuangan pribadi dan sehari-hari.

Aplikasi yang satu ini bisa mengakomodasi kebutuhan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis. Nama Aplikasinya adalah “Teman Bisnis

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang baru pertama terjun ke dunia bisnis atau belum pernah menggunakan layanan pengatur keuangan. Tentunya, Teman Bisnis sangat cocok untuk Anda para pelaku UMKM.

Di dalam aplikasi ini, Anda bisa melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran dari berbagai sumber. Bahkan, Untuk membuatnya lebih user friendly, Teman Bisnis hadir dengan desain atraktif, lengkap dengan fitur seperti pengingat cicilan dan catatan piutang usaha.

Lebih lengkapnya, Anda bisa menghitung sejumlah laporan seperti laba/rugi dan pertumbuhan kas per-periodik secara otomatis.

Setiap sumbernya pun bisa Anda kategorikan supaya bisa dengan mudah melacak transaksi. Bagaimana, fitur ini akan memudahkan Anda dalam menyusun pembukuan keuangan, bukan?

Saat ini aplikasi TemanBisnis baru tersedia di Android, bila ingin mencobanya Anda bisa menemukannya di Google Play Store.

3. Money Lover

aplikasi pengatur keuangan
sumber : google/bersosial

Bila Anda ingin mengelola pengeluaran keuangan sehari-hari, maka Money Lover ini cocok untuk digunakan karena banyak kemudahan yang ditawarkan.

Selain mencatat pengeluaran harian, Anda juga bisa mengklasifikasikannya sesuai kategori mulai dari transportasi, makan, dan sebagainya.

Aplikasi Money Lover ini juga bisa dijadikan sebagai media pembuatan anggaran belanja/budget, mencatat pemasukan, hingga menganalisa pengeluaran yang paling besar.

Istimewanya, ada beberapa fitur di dalamnya seperti catatan utang piutang, tagihan, pencatatan transaksi dan diagram keuangan yang akan membantu menganalisis kondisi keuangan dalam periode tertentu.

Jangan khawatir akan kesulitan, karena tampilannya pun mudah digunakan. Makanya tak heran bila Money Lover ini banyak digunakan oleh para kaum milenial.

Aplikasi ini juga mendukung penggunaan dalam 30 bahasa yang disertai dalam 100 macam mata uang.  Money Lover ini tersedia secara gratis maupun premium dan sudah bisa diunduh lengkap melalui Playstore, iTunes, bahkan Windows Store.

4. Mint

aplikasi pengatur keuangan
sumber : google/bersosial

Aplikasi Mint ini menjadi salah satu rekomendasi aplikasi pengatur keuangan pribadiyang cukup populer.

Mengapa demikian? Pasalnya, aplikasi ini menyuguhkan fitur all-in-one di mana hanya dengan satu akun. Di dalamnya Anda bisa mengakses Rekening bank, Portofolio investasi, Tagihan bulanan, Pinjaman kredit, hingga Giro.

Mint ini juga secara otomatis memperbaharui dan membuat kategori pengeluaran, sehingga data pengeluaran tampil secara real time. 

Tak hanya itu, pengguna juga diberi akses leluasa untuk membuat kategori pengeluaran sebanyak mungkin, supaya dapat mengatur keuangan secara mudah dan terperinci.

Kemudian Anda juga bisa membagi transaksi, melacak tagihan dan membuat pengingat pada tagihan sebelum jatuh tempo. Jika tagihan membengkak, maka aplikasi ini akan mengirimkan Anda pengingat dengan mengirim notification.

Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu sudah mendukung pengamanan otentikasi multifaktor dan bisa digunakan dalam versi web.

Keuangan Anda juga bisa ditampilkan dalam bentuk grafik dan bagan yang tentu saja akan mempermudah meninjau kondisi keuangan.

5. Wallet

aplikasi pengatur keuangan
sumber : google/bersosial

Selanjutnya ada aplikasi Wallet yang memiliki fitur unggulan yaitu sinkronisasi dengan akun online banking dari berbagai bank.

Dengan adanya fitur ini, maka akan memungkinkan wallet untuk merekam transaksi yang Anda lakukan secara otomatis, sehingga tidak perlu untuk mencginputnya secara manual.

Selain itu, terdapat fitur berbagi rekening yang bisa Anda gunakan untuk berbagai rekening dengan user lain.

Aplikasi pengatur keuangan ini sebenarnya hampir sama dengan lainnya, Tetapi ada beberapa Keunggulan lain yang ditawarkan.

Di antaranya adalah aplikasi ini mendukung banyak mata uang dan bisa mengekspor data dalam berbagai jenis file dengan fitur cloud sync.

Tidak hanya itu, di dalam aplikasi juga terdapat fitur perencanaan pembayaran di masa depan, lengkap dengan pengingatnya.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis, namun jika ingin menikmati semua fitur yang Ada, Anda perlu mengunduh versi berbayarnya.

Bagaimana, menggunakan aplikasi ini tentunya akan membuat hidup menjadi lebih mudah, kan?

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi pengatur keuangan terbaik di smartphone untuk pribadi maupun bisnis.

Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membuat kita lebih bisa mengatur keuangan dan bisa berhemat untuk investasi masa depan.

jangan lewatkan tips finansial menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos

×