5 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi yang Membandel dengan Mudah dan Cepat

Kamar mandi yang bersih akan membuat kita nyaman dalam beraktivitas. Namun, masalahnya kita sering menjumpai permasalahan di kamar mandi seperti kerak yang sulit dihilangkan. Ternyata, ada cara membersihkan kerak kamar mandi yang membandel dengan mudah lho!

Kerak di kamar mandi merupakan salah satu permasalahan yang cukup sering terjadi. Apalagi, jika kamar mandi sering digunakan, maka semakin sering juga kerak tersebut muncul meskipun sudah berkali-kali dibersihkan. 

Apabila ini terjadi di kamar mandi rumah Anda, jangan remehkan dan membiarkannya. Sebab, kerak di kamar mandi yang tidak dibersihkan, akan menebal dan justru memperparah kamar mandi, hingga merusak keran, shower, dan berbagai alat berbahan besi lainnya. 

Bukan hanya rusak, bahkan itu juga akan memberikan tampilan kotor dan jorok untuk kamar mandi Anda. Oleh karena itu, simak berbagai cara membersihkan kerak kamar mandi dengan mudah berikut ini!

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Baking Soda, Auto Kinclong! 

Kenapa Kamar Mandi Bisa Berkerak?

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi
Sumber: pexels.com

Sebelum mengetahui cara membersihkan kerak di kamar mandi, Anda harus tahu dulu penyebab dari munculnya kerak di kamar mandi rumah Anda. Kerak di kamar mandi muncul karena adanya penumpulan mineral dan garam di permukaan lantai kamar mandi yang terkena air.

Mineral dan garam ini berasal dari air yang Anda gunakan sehari-hari, yang mengandung zat-zat seperti kalsium, magnesium, dan karbonat. Selain air, kelembapan tinggi di kamar mandi juga dapat menyebabkan munculnya kerak.

Sebab, kelembapan yang tinggi dapat membuat air menguap dan meninggalkan mineral dan garam di permukaan kamar mandi. Dari penyebab tersebut, Anda dapat mengatasi timbulnya kerak membandel di kamar mandi.

Selain kerak di kamar mandi, permasalahan ini juga kerap muncul di alat-alat rumah tangga lainnya seperti setrika. Apabila setrika di rumah Anda memiliki kerak yang sulit dihilangkan, Anda bisa membaca cara mudahnya disini: 5 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket dan Gosong agar Licin Kembali, Ampuh!

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi yang Membandel

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi
Sumber: freepik.com

1. Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Sitrun (Citric Acid) 

Sitrun (citric acid) merupakan bahan alami yang efektif untuk membersihkan noda hingga kerak karena mengandung senyawa asam atau asam sitrat. Berikut adalah cara membersihkan kerak kamar mandi dengan sitrun. 

Bahan yang Anda Butuhkan: 

  • Sitrun (Citric Acid): Sesuai dengan kebutuhan, yang bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan kebersihan rumah dan dapur. 
  • Sikat kamar mandi atau sikat gigi: Anda bisa gunakan lama yang sudah tidak Anda gunakan. Ini untuk membersihkan dan menggosok area yang terkena kerak. 
  • Pelindung mata dan sarung tangan: Ini untuk melindungi diri ketika menggunakan bahan kimia alami seperti sitrun. 
  • Pasta gigi: Sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Citric Acid (Sitrun)

  • Campurkan asam sitrat (citrin acid) bubuk dengan air panas untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta ini pada kerak di kamar mandi.
  • Biarkan pasta bekerja selama 10-15 menit.
  • Sikat area tersebut dengan sikat kamar mandi.
  • Bilas dan keringkan.

2. Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Baking Soda 

Selain menggunakan sitrus, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai bahan pembersih ramah lingkungan. Kandungan dari baking soda ampuh untuk membersihkan berbagai benda termasuk kamar mandi. Berikut ini adalah alat dan cara membersihkan kerak kamar mandi dengan baking soda.

Alat yang Anda perlukan adalah soda kue atau baking soda, sikat kamar mandi atau sikat gigi yang tidak terpakai, dan air secukupnya. Kemudian, berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan: 

  • Taburkan baking soda ke area kamar Anda yang memiliki kerak. 
  • Semprotkan air secukupnya pada baking soda untuk membuat pasta dengan konsistensi yang cukup untuk mengatasi kerak. 
  • Lalu, gosok dengan menyikat kamar mandi atau sikat gigi lama di area yang terkena kerak yang membandel. 
  • Kemudian, biarkan pasta baking soda bekerja selama beberapa menit, biasanya sekitar 10-15 menit hingga kerak kamar mandi terangkat oleh larutannya. 
  • Jika terasa sudah bersih, bilas area yang terkena kerak tadi dan tunggu hingga kering.

Dengan langkah-langkah sederhana di atas, baking soda akan membantu membersihkan kerak di kamar mandi Anda dengan sangat efektif dan cepat. 

Baca juga: Ampuh! Cara Membersihkan Casing Hp Berwarna Kuning Menjadi Bening.

3. Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan Garam Jika Terkena Kerak

Selain berguna untuk bahan masakan, ternyata ada cara membersihkan lantai kamar mandi dengan garam. Sebab, garam merupakan bahan alami yang memiliki sifat abrasive. Sehingga, kandungan ini membantu menghilangkan kotoran dan nota yang menempel di lantai.

Selain itu, garam juga memiliki sifat antibakteri sehingga kuman-kuman di lantai kamar mandi akan terangkat dengan bahan yang satu ini. Berikut ini adalah cara membersihkan lantai kamar mandi dengan garam jika terkena kerak membandel.

  • Siapkan garam kasar dan sikat kamar mandi.
  • Taburkan garam kasar ke seluruh permukaan lantai kamar mandi.
  • Gosok lantai dengan sikat kamar mandi dengan gerakan memutar.
  • Biarkan garam meresap selama 15-20 menit, kemudian bilas lantai dengan air bersih.

Selain lantai kamar mandi yang menguning, apakah Anda memiliki sepatu putih dengan permasalahan yang serupa? Jika iya, Anda bisa gunakan cara mudah membersihkan sepatu agar tidak kuning disini: 11 Cara Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Kuning dengan Mudah dan Cepat.

4. Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning dengan Garam dan Cuka Putih 

Selain dengan garam saja, apabila di rumah Anda terdapat cuka putih, Anda bisa memanfaatkan untuk membersihkan lantai kamar mandi. Anda dapat mengikuti langkah mudahnya berikut ini.

  • Larutkan 2 sendok makan garam kasar ke dalam 2 liter air bersih.
  • Tambahkan 100 ml cuka putih ke dalam larutan garam.
  • Lalu, tuangkan larutan garam ke seluruh permukaan lantai kamar mandi.
  • Kemudian, biarkan larutan garam meresap selama 15-20 menit.
  • Gosok lantai dengan sikat kamar mandi dengan gerakan memutar.
  • Terakhir, bilas lantai dengan air bersih.

Cuka putih dianggap mampu untuk membersihkan kerak kamar mandi karena kandungnnya yang bersifat asam. Artinya, cuka putih dapat melarutkan kotoran, minyak, membunuh bakteri, termasuk mengangkat kerak yang membandel di lantai.

5. Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi yang Membandel dengan Cairan Pembersih Kamar Mandi

Apabila Anda ingin cara yang sangat praktis tanpa perlu menggunakan bahan-bahan dapur, maka Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk kamar mandi. Cairan pembersih ini bisa Anda dapatkan di berbagai toko kebersihan.

Pilihlah pembersih kamar mandi yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengatasi kerak, seperti asam sitrat atau asam oksalat.

Untuk membersihkan kerak kamar mandi yang membandel, cukup aplikasikan cairan pembersih kamar mandi pada area yang terkena kerak. Kemudian, biarkan bekerja sesuai petunjuk pada label produk (biasanya 5-15 menit).

Lalu, gunakan sikat kamar mandi untuk menggosok kerak, terakhir, bilas dan keringkan area tersebut. Pastikan Anda mengikuti panduan penggunaan dan menggunakan pelindung mata serta sarung tangan saat menggunakan produk berbahan kimia.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menonton tayangan berikut ini untuk mendapatkan tambahan informasi lainnya.

Bagaimana Cara Mencegah Kerak di Keramik Kamar Mandi?

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi
Sumber: freepik.com

Apabila cara-cara di atas ampuh untuk mengatasi kerak di kamar mandi rumah Anda, selanjutnya Anda perlu memahami cara mengecah munculnya kerak tersebut. Ini bertujuan agar kamar mandi yang sudah Anda bersihkan tidak mengalami permasalahan yang sama di masa yang akan datang.

Berikut adalah beberapa cara mengegah kerak di kamar mandi:

  • Gunakan air yang lembut: Air yang lembut adalah air yang mengandung sedikit mineral dan garam. Anda dapat menggunakan air filter untuk membuat air menjadi lebih lembut.
  • Bersihkan kamar mandi secara rutin. Kerak lebih mudah dibersihkan jika masih baru, sehingga Anda bisa membersihkan kamar mandi secara rutin meskipun belum terlalu kotor.
  • Gunakan sabun dan deterjen yang mengandung bahan kimia ringan: Sebab sabun dan deterjen yang mengandung bahan kimia keras dapat merusak permukaan keramik dan membuat kerak lebih mudah terbentuk.
  • Hindari penggunaan bahan kimia yang keras: Bahan kimia yang keras, seperti pemutih, dapat merusak permukaan keramik dan membuat kerak lebih mudah terbentuk.
  • Gunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan keramik: Bahan-bahan alami, seperti garam, cuka, dan baking soda, dapat membantu membersihkan keramik dan mencegah kerak terbentuk.

Demikianlah informasi mengenai cara membersihkan kerak kamar mandi yang membandel. Semoga langkah di atas dapat mengatasi permasalah kamar mandi di rumah Anda.  Jika ingin membaca informasi menarik dan bermanfaat lainnya, Anda bisa langsung kunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda juga bisa cari tahu peluang mendapatkan penghasilan tambahan hanya di rumah saja dengan menjadi reseller tanpa modal di Evermos.

Jika Anda adalah seorang Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, ataupun pekerjaan kantoran yang ingin mencari pendapatan tambahan, platform ini sangat cocok untuk Anda! Silakan klik tombol di bawah ini untuk informasi penawaran lebih lanjut!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)