Bacaan Niat Sholat Qiyamul Lail dan Tata Cara Shalat yang Benar, Mudah Dipahami!

Melaksanakan sholat Qiyamul Lail adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sudah tahu bacaan niat sholat qiyamul lail yang benar?

Secara harfiah, “Qiyamul Lail” berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata, yaitu “Qiyam” yang artinya berdiri dan “Lail” yang artinya malam.

Jadi, sholat qiyamul lail adalah sholat malam yang dilakukan dengan berdiri.

Sholat malam yang satu ini memang dikenal memiliki banyak keutamaan dan makna. Mari simak ulasannya termasuk bacaan niat qiyamul lai di artikel ini.

Baca juga: Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya, Mudah Difahal dan Dipahami!

Keutamaan Sholat Qiyamul Lail

Niat Sholat Qiyamul Lail dan Tata Cara Shalatnya, Yuk Disimak!
Sumber: pexels.com

Hukum melaksanakan sholat qiyamul lail bagi seluruh kaum muslimin adalah sunnah. Sedangkan khusus untuk Rasulullah SAW, maka hukum sholat qiyamul lai adalah wajib.

Bagi kaum muslimin, melaksanakan sholat qiyamul lail dapat mencegah dan menguggurkan dosa. Seperti yang tercantum dalam sebuah hadits berikut ini:

Dari Bilal, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda; Hendaklah kalian (biasa) mengerjakan Shalat Malam, karena sesungguhnya ia merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Sesungguhnya qiyamul lail (merupakan sarana) untuk mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, dan penghapus dosa-dosa.” (HR. Tirmidzi Juz 5: 3549). 

Melakukan sholat qiyamul lail juga salah satu kebiasaan orang-orang shaleh yang disebutkan dalam Al-Quran sebagai berikut : 



Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka.” (QS. Al-Furqan: 64).

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Tata Cara Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat Wajib.

Bacaan Niat Sholat Qiyamul Lail dan Tahajud

Niat Sholat Qiyamul Lail
Sumber: pexels.com

Karena sholat qiyamul lail sebenarnya adalah sholat malam, maka membaca niatnya pun sama seperti hendak melaksanakan sholat tahajud.

Niat Sholat Malam Qiyamul Lail

Berikut ini bacaan niat shalat qiyamul lail beserta tulisan Latin dan artinya:

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى 

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala.”

Niat Sholat Qiyamul Lail Tanpa Tidur

Sholat qiyamul lail tidak hanya dapat kamu laksanakan setelah tidur saja, namun juga dapat dikerjakan jika tidak tidur di malam hari. Berikut niat sholat qiyamul lail tanpa tidur:

 أُصَلِّى سُنَّةَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Ushalli sunnatan rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah ta’ala”

Doa Sholat Qiyamul Lail dan Artinya

Niat Sholat Qiyamul Lail
Sumber: pexels.com

Sholat qiyamul lail tidak memiliki doa khusus yang harus Akamu baca. Namun, ada beberapa doa yang sering umat Muslim amalkan selepas melaksanakan sholat qiyamul lail, antara lain:

1. Doa Tahajud

سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanallahil ‘adhim, wal hamdu lillahi kathiran, wa subhanallahi bukratan wa asilan. Allahumma inni astaghfiruka wa atubu ilaik.

Artinya: “Mahasuci Allah yang Mahaagung, segala puji bagi Allah yang banyak, dan mahasuci Allah pada pagi dan petang. Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

2. Doa Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyal qoyyumu wa atubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang Mahaagung, yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Subsisten. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

3. Doa Kekhusyukan

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهُ

Allahumma inni a’udzu bika min qalbin la yakhsha’, wa min nafsin la tashba’, wa min ‘ilmin la yanfa’, wa min du’a’in la yustajabu lahu.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hati yang tidak takut kepada-Mu, dari nafsu yang tidak pernah merasa cukup, dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan dari doa yang tidak pernah dijawab.”

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Arab dan Latin.

Tata Cara Sholat Qiyamul Lail 

Niat Sholat Qiyamul Lail
Sumber: pexels.com

Sebenarnya tata cara shalat qiyamul lail itu sama seperti seperti shalat fardhu.

Namun biasanya shalat qiyamul lail dikerjakan 2 rakaat, dengan jumlah yang tak terbatas lalu di tutup dengan shalat witir dengan rakaat ganjil yakni 1 ataau 3 rakaat. 

Meski demikian, menurut hadist riwayat Bukhairi Rasullulah dahulu mengerjakan sholat qiyamul lail sebanyak 11 rakaat hingga 13 rakaat, tidak pernah lebih dari itu. 

Jadi tidak ada salahnya mengikuti shalat seperti Rasullulah SAW. Ibadah malam juga tak lengkap jika hanya shalat saja, agar ibadah semakin bermakna shalawat serta dzikir perlu kita lakukan.

Waktu yang Tepat untuk Qiyamul Lail 

Di lansir dari Muhammadiyah, waktu pelaksanaan yang tepat untuk mengerjakan shalat qiyamul lail itu setelah shalat Isya sampai sebelum waktu subuh.

Namun waktu yang paling baik untuk melaksanakan ibadah sholat qiyamul lail adalah pada sepertiga akhir malam. 

Perbedaan Sholat Qiyamul Lail dan Tahajud

Niat Sholat Qiyamul Lail
Sumber: pexels.com

Sholat qiyamul lail dan tahajud adalah dua sholat malam yang sering dilakukan umat Muslim. Meskipun sama-sama dilakukan di malam hari, namun ada beberapa perbedaan diantaranya:

1. Waktu Pelaksanaan

Sholat qiyamul lail dilakukan setelah sholat Isya dan sebelum sholat subuh, sedangkan sholat tahajud dilakukan setelah tidur malam dan sebelum waktu sholat subuh.

2. Niat

Niat sholat qiyamul lail adalah melakukan sholat malam dengan melakukan rakaat-rakaat sholat, sedangkan niat sholat tahajud adalah sholat malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur.

Namun, Anda juga dapat melakukan niat sholat qiyamul lail tanpa tidur.

3. Jumlah Rakaat

Sholat qiyamul lail biasanya dilakukan dengan melakukan beberapa rakaat sholat, dengan jumlah rakaat yang tidak ditentukan.

Sedangkan sholat tahajud dilakukan dengan melakukan dua rakaat sholat, yang dapat diulang sebanyak-banyaknya.

4. Pahala Sholat Qiyamul Lail dan Tahajud

Kedua sholat ini memiliki pahala yang besar di sisi Allah SWT, namun sholat tahajud memiliki pahala yang lebih besar karena dilakukan pada waktu yang lebih suci dan sukar untuk dilaksanakan.

5. Hukum Melaksanakannya

Sholat qiyamul lail adalah sholat sunnah, yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk melaksanakannya.
Sedangkan sholat tahajud adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan dan termasuk salah satu ibadah yang paling utama.

Sebagaimana yang diketahui ibadah pun sebenarnya kita harus terlihat baik di mata Allah dalam keadaan bersih dan menggunakan pakaian terbaik.

Demikianlah artikel tentang niat sholat qiyamul lail beserta tata cara dan keutamaannya. Semoga bermanfaat! 

Jangan lewatkan juga artikel informatif lainnya hanya di Blog Evermos

Mengerjakan sholat malam banyak manfaatnya dan merupakan salah satu ciri dari orang sholeh seperti yang sudah disebutkan dalam Al-Quran. 

Namun tentu saja kita membutuhkan alat-alat ibadah yang nyaman untuk kita kenakan serta punya kualitas baik bukan? 

Cek langsung di Evermos, banyak sekali produk alat-alat ibadah dengan kualitas baik dari supplier terpercaya serta nyaman dipakai. 

Bagi yang ingin menjadi reseller alat ibadah juga bisa lho. Daftar langsung jadi reseller Evermos yuk dengan klik di bawah ini

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)