Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya dan Niatnya, Mudah Dipahami!

Sebagai umat Muslim, kita memang sedari kecil sudah diajarkan mengenai cara sholat. Namun, terkadang kita masih keliru sehingga perlu tahu tata cara sholat 5 waktu beserta gambarnya.

Mengetahui tata cara sholat 5 waktu yang benar adalah ilmu yang sangat penting dan harus dipahami seluruh umat Islam. Sebab, sholat fardhu ini adalah ibadah wajib yang paling mendasar.

Sehingga, jika tata cara sholat kita masih salah atau kita ragu apakah itu benar, maka saatnya mempelajari lagi bagaimana gerakan hingga bacaan sholat 5 waktu yang sesuai ajaran Islam.

Untuk itu, artikel ini akan memberikan Anda penjelasan mengenai tata cara sholat 5 waktu beserta gambarnya dan bacaannya.

Baca juga: Cara Sholat Jamak Dzuhur dan Ashar Berapa Rakaat dengan Niat.

Tata Cara Sholat 5 Waktu beserta Gambarnya

1. Bacaan Niat Sholat Fardhu 5 Waktu

Berikut adalah bacaan niat sholat 5 waktu dan bacaan sholat 5 waktu yang dikutip dari popbela.com:

a. Bacaan Niat Sholat Subuh

ُأُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

Ushalli fardhas subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar.

Artinya: “Saya berniat sholat fardu subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala/Ma’mum karena Allah Ta’ala/Imam karena Allah Ta’ala.”



b. Bacaan Niat Sholat Dzuhur

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

Ushalli fardhadz dzuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar.

Artinya: “Saya berniat sholat fardu zuhur empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala/Ma’mum karena Allah Ta’ala/Imam karena Allah Ta’ala.”

c. Bacaan Niat Sholat Ashar

Tata cara sholat wajib 5 waktu gambar dan bacaan berikutnya adalah niat shalat Ashar:

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

Ushalli fardhal ashri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar.

Artinya: “Saya berniat sholat fardu asar empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala/Ma’mum karena Allah Ta’ala/Imam karena Allah Ta’ala.”

d. Bacaan Niat Sholat Magrib

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً(مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَ

Ushalli fardhal maghribi tsalatsa’ raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar.

Artinya: “Saya berniat sholat fardu magrib tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala/Ma’mum karena Allah Ta’ala/Imam karena Allah Ta’ala.”

e. Bacaan Niat Sholat Isya

ُأُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًاإِمَامًا) لله تَعَالَى

Ushalli fardhal ‘isyaa-i raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar.

Artinya: “Saya berniat sholat fardu isya empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala/Ma’mum karena Allah Ta’ala/Imam karena Allah Ta’ala.”

Selain sholat fardhu, Anda juga dapat mengetahui niat sholat malam disini: Niat Sholat Qiyamul Lail dan Tata Cara Shalatnya, Yuk Disimak!

2. Takbiratul Ihram

Tata Cara Sholat 5 Waktu
Sumber: canva.com

Setelah membaca niat, bacaan sholat 5 waktu beserta gambarnya, urutan berikutnya dalam sholat lima waktu adalah mengucapkan takbiratul ihram.

Takbiratul ihram adalah kalimat “Allahu Akbar” yang diucapkan bersamaan dengan mengangkat kedua tangan.

3. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, tata cara sholat 5 waktu beserta gambarnya yang ketiga adalah membaca doa iftitah. 

Membaca doa ini sebenarnya hukumnya sunnah. Sehingga jika tidak membaca sebenarnya juga tidak masalah. Namun membaca doa iftitah memiliki keutamaan yang tinggi menurut sabda Nabi SAW. 

Rasulullah SAW bersabda bahwa dengan membaca doa iftitah maka pintu-pintu langit akan terbuka.

Membaca doa iftitah dilakukan setelah takbiratul ihram. Kemudian tangan disedekapkan di depan dada dan baru membacakan doa iftitah. Berikut bacaannya:

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً.إِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allaahu akbar kabiiraw walhamdu lillaahi katsiira wa subhaanallaahi bukrataw wa’ashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fataras samawaati wal ardha, haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.

Artinya: “Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang.” Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim.”

Baca juga: Ini Cara Shalat Makmum yang Tertinggal Bacaan Al-Fatihah Imam.

4. Membaca Al-Fatihah

Kemudian adalah membaca Al-Fatihah, hukum membacanya adalah wajib. Berikut adalah surat Al-Fatihah:

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Bismillahir rahmaa nirrahiim. Alhamdu lilla hi rabbil ‘alamin. Ar rahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinash shiraatal musthaqiim. Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladh-dhaalliin.

Artinya: “ Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

5. Membaca Surat Pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, berikutnya adalah membaca surat pendek. Hukum membaca surat pendek adalah sunnah. 

Jadi, boleh dibaca boleh tidak.

6. Rukuk dengan Tumaninah

Tata Cara Sholat 5 Waktu
Sumber: canva.com

Tata cara sholat 5 waktu beserta gambarnya setelah membaca surat pendek adalah gerakan ruku’. Gerakan ruku’ yaitu mengangkat kedua tangan dan membaca ‘Allahu akbar’. Kemudian badan dibungkukkan dan kedua tangan memegang lutut. Usahakan antara punggung dan kepala sama rata. Saat gerakan ruku’ ini dianjurkan membaca doa berikut:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

Subhaana robbiyal ‘adziimi wabihamdih, dibaca sebanyak 3 kali.

Artinya: ” Maha suci tuhan yang maha agung serta memujilah aku kepadanya.”

7. I’tidal dengan Tumaninah

Selanjutnya yaitu gerakan i’tidal. Gerakan ini diawali dengan bangkit dari ruku’ kemudian berdiri tegak dan mengangkat kedua tangan setinggi telinga (laki-laki) atau dada (perempuan) sambil membaca doa:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Latin: Sami’allaahu liman hamidah yang artinya “ Allah maha mendengar terhadap orang yang memujinya.”

Setelah berdiri tegak, lalu membaca:

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Rabbanaa lakal hamdu mil us-samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi’ta min syain ba’du.

Artinya: “Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu.”

8. Sujud dengan Tumaninah

Tata Cara Sholat 5 Waktu
Sumber: canva.com

Kemudian adalah sujud dengan tumaninah. Gerakan sujud dilakukan dengan meletakkan dahi di lantai yang telah diberikan alas bersih. 

Ketika turun ke bawah dari posisi i’tidal, lakukan sambil membaca “Allahu akbar” dan sujud dengan membaca doa berikut:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Subhaana robbiyal a’la wabihamdih. Dibaca sebanyak tiga kali.

Artinya: ” Maha suci tuhan yang maha tinggi serta memujilah aku kepadanya.”

9. Duduk di Antara Dua Sujud

Tata Cara Sholat 5 Waktu
Sumber: canva.com

Selanjutnya adalah duduk di antara dua sujud dan membaca doa seperti berikut ini:

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.

Artinya: “Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku.”

Baca juga: Perbedaan Niat Shalat Fajar dan Sholat Qobliyah Subuh? Simak di Sini!

10. Duduk Tasyahud Awal

Kemudian duduk tasyahud awal dengan posisi seperti di gambar dan membaca doa sebagai berikut:

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهدُ اَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. Assalaaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosuulullah. Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad.

Artinya: “Segala penghormatan, keberkahan, shalawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad.”

11. Tasyahud Akhir

Tata Cara Sholat 5 Waktu
Sumber: canva.com

Setelah itu adalah tasyahud akhir dengan posisi seperti di gambar dan membaca doa sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمِ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمِ. وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كََمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمِ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمِ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad wa ‘alaa aali sayyidina muhammad kamaa shollaita ‘alaa ayyidina ibroohim wa ‘alaa aali ayyidina ibroohimm, wa baarik ‘alaa ayyidina muhammad wa’alaa aali ayyidina muhammad, kamaa baarokta ‘alaa ayyidina ibroohim wa ‘alaa aali ayyidina ibroohimm fil ‘alamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia.”

12. Salam

Tata Cara Sholat 5 Waktu
Sumber: canva.com

Akhir dari urutan sholat 5 waktu adalah salam sambil menoleh ke kiri dan ke kanan. Bacaan salamnya adalah sebagai berikut:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Assalamualaikum wa rahmatullah.

Artinya: “Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu.”

Video Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya

Setelah mengetahui tuntunan bacaan sholat lengkap dan gambar, berikut doa setelah sholat 5 waktu yang bisa Anda simak di video di bawah ini:

Apabila Anda ingin membaca informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Evermos untuk mendapatkan penawaran berpenghasilan tanpa modal sebagai reseller Evermos.

Klik tombol di bawah ini untuk tahu informasi lengkapnya! Selamat mencoba dan semoga berhasil!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)