1 Tetes Air Mata Wanita Berapa Dosa Bagi Lelaki? Simak Disini!

Kamu mungkin pernah mendengar ungkapan bahwa laki-laki yang menyakiti wanita akan mendapatkan dosa atas perbuatannya. Namun, sudah tahukah kamu 1 tetes air mata wanita berapa dosa bagi lelaki yang menyakitinya?

Ternyata Islam sudah mengatur segala hal termasuk ganjaran baki laki-laki yang menyakiti wanita hingga membuatnya menangis.

Jika belum mengetahuinya, mari simak artikel ini karena akan mengulas dosa menyakiti wanita dan fitrahnya wanita sebagai makhluk Allah dalam Islam.

Baca juga: Wanita Wajib Tahu! Berikut Larangan Saat Haid Menurut Islam dan Medis.

Sifat Lembut Wanita dalam Islam  

Wanita memang makhluk yang Allah SWT ciptakan dengan hati yang lembut. Sehingga, ketika laki-laki menyakiti wanita, maka wanita lebih rentan terluka hatinya hingga bersedih.

Dalam hidupnya, wanita memiliki empat peran, yaitu sebagai anak perempuan, saudara perempuan, seorang ibu dan istri atas suaminya.

Peran yang cukup banyak itu membuat wanita dimuliakan dalam Islam. Kodrat wanita ini bahkan sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits, berikut salah satunya:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَإِذَا شَهِدَ أَمْرًا فَلْيَتَكَلَّمْ بِخَيْرٍ أَوْ لِيَسْكُتْ وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَىْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ إِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

Artinya: “Kepada yang percaya Allah SWT dan hari akhir, jika kamu menyaksikan sesuatu maka bicarakan yang baik tentang hal tersebut atau diam. Bersikap baiklah pada wanita, karena dia diciptakan dari tulang rusuk. Bagian tulang rusuk yang paling bengkok ada di atas. Jika kamu berusaha meluruskannya maka dia akan patah, dan bila dibiarkan maka bengkok tetap di sana. Sehingga bersikap baiklah pada wanita.” (HR Muslim).

Terdapat beberapa sifat lembut dari wanita, yuk ketahui pada penjelasan di bawah ini:



1. Wanita adalah Makhluk yang Mudah Menangis

1 tetes air mata wanita berapa dosa bagi lelaki
Sumber: pexels.com

Allah SWT menciptakan kaum hawa sebagai makhluk yang perasa dan sensitif. Sehingga, sudah menjadi kodratnya wanita sebagai “kaum yang suka menangis”. 

Wanita juga mudah tersentuh hatinya oleh hal-hal yang terkesan, bahkan dengan sikap kepekaan yang cukup tinggi, wanita mudah mendeteksi kebohohongan.

Sifat tersebut termasuk anugerah yang dimiliki oleh setiap wanita dan menjadi pembeda antara wanita dan pria.

2. Wanita adalah Makhluk Pencemburu

Sekuat-kuatnya seorang wanita menghadapi suatu masalah atau bahkan ketika menyembunyikan perasaan bagi pria yang dicintainya, ia akan sulit untuk menutupi rasa cemburu.

Hal ini juga diungkapkan oleh Ali Bin Ali Thalib sebagaimana berikut.

“Sesungguhnya wanita sanggup menyembunyikan cinta selama empat puluh tahun, namun tidak sanggup menyembunyikan kebencian walau hanya sesaat.” (Ali bin Abi Thalib).

Maka dari itu, jika kamu membuat wanita cemburu kepada kamu akan tampak jelaslah perasaan yang ditimbulkan dari bentuk cemburu itu.

Namun, sifat alami yang dimiliki oleh wanita bukanlah menjadi sisi kelemahan bagi mereka, karena perempuan menjadi sosok yang tangguh dan dapat diandalkan dalam keluarganya.

Bahkan dalam Islam juga sudah banyak kisah sosok wanita tangguh di masa Rasulullah yang menjadi pembelajaran bagi wanita masa kini.

3. Wanita itu Makhluk yang Rapuh 

Dikisahkan dahulu saat Nabi Muhammad sedang dalam perjalanan  menggiring unta dengan Anjasyah. saat itu Anjasyah bersyair terlalu bersemangat sehingga membuat unta-unta berjalan cepat. padahal dalam rombongan itu terdapat banyak wanita.

Nabi Muhammad memperingatkan Anjasyah seperti yang sudah diriwayatkan oleh Anas bin Malik sebagai berikut :

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui sebagian istrinya, sementara Ummu Sulaim bersama mereka. Maka beliau berkata,

وَيْحَكَ يَا أَنْجَشَةُ، رُوَيْدَكَ سَوْقًا بِالقَوَارِيرِ

Artinya: “Hati-hati wahai Anjasyah, pelan-pelanlah jika sedang mengawal gelas (piala) kaca (maksudnya para wanita, pent.).” (HR. Bukhari no. 6149 dan Muslim no. 2323)

Gelas-gelas kaca yang dimaksud Nabi Muhammad adalah wanita yang berada satu rombongan dengan Nabi Muhammad.

Baca juga: Inilah Ciri Ciri Wanita Penghuni Surga, Apakah Anda Sudah Termasuk?

1 Tetes Air Mata Wanita Berapa Dosa Bagi Lelaki

1 tetes air mata wanita berapa dosa bagi lelaki
Sumber: pexels.com

Apakah kamu pernah mendengar ungkapan bahwa 1 tetes air mata wanita 1000 dosa bagi lelaki yang menyakitinya?

Sebagai pria, hendaknya kamu memikirkan ribuan kali untuk menyakiti hati seorang wanita.

Karena jika tidak, perbuatan yang kamu lakukan kepada wanita akan menjadi malapetaka yang berbuntut terhadap kehidupan kamu sendiri nantinya.

Ali bin Ali Thalib RA juga mengatakan bahwasanya siapa saja yang berani menyakiti seorang wanita hingga dibuat menangis, maka malaikat akan mengutuk setiap langkah lelaki itu.

”Ketika seorang wanita menangis karena perbuatan seorang lelaki, maka malaikat akan mengutuk setiap langkah lelaki itu.. “ (Imam Ali r.a)

Maka dari itu, kita dianjurkan untuk tidak menyakiti hati wanita, siapapun perannya dalam sosok kehidupan kita, baik itu ibu, kakak perempuan, adik perempuan, nenek, istri dan lainnya.

Setiap Perempuan dapat Berdaya Bersama Evermos

1 tetes air mata wanita berapa dosa bagi lelaki
Sumber: pexels.com

Setiap wanita yang tercipta adalah berharga, maka dari itu setiap perempuan juga bisa menjadi #PerempuanAndalan.

Bagi kamu yang ingin menjadi #PerempuanAndalan, mampu berdaya dari rumah melalui jualan online merupakan langkah yang tepat untuk bergabung di Evermos.

Di Evermos, kamu akan mendapatkan bimbingan bisnis dari nol hingga strategi marketing yang tepat untuk menarik perhatian pembeli.

Raih beragam keuntungan serta penawaran menarik lainnya hanya di Evermos sekarang juga!

Demikianlah artikel mengenai 1 tetes air mata wanita berapa dosa bagi lelaki semoga dapat menambah wawasan kamu.

Sebarkan kebaikan berikut ini kepada teman-teman, keluarga, dan orang-orang terdekat kamu yang membutuhkannya.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)