Umur Minimal Kambing Bisa untuk Kurban adalah Setahun, Ini Penjelasannya! 

Memasuki bulan Dzulhijjah menandakan bahwa kurban akan dilaksanakan. Berbicara tentang kurban, tentu sebagai umat muslim kamu sudah akrab dengan praktek ini. Ada beberapa hewan yang bisa di kurban, salah satunya kambing.  Adapun umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah minimal satu tahun dengan berbagai ketentuan lainnya. 

Hari Raya Idul Adha dan kurban memang momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bukan hanya keberkahannya, namun ada makna spiritual yang sangat mendalam mengenai momen ini. 

Tahun 2023 ini, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni atau tanggal 10 Dzulhijjah. 

Bagi umat Islam yang ingin turut melaksanakan kurban tahun ini, maka harus memahami berbagai syarat dan ketentuan hewan yang akan dikurbankan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai kambing kurban, mulai dari syarat umur, tips memilih kambing kurban, dan lainnya. 

Namun sebelum membahas lebih jauh, mari mengingat kembali apa saja keutamaan dari berkurban. 

Baca juga: Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah, Hingga Keutamaannya: Catat dan Amalkan! 

Apa Arti Qurban dan Tujuannya? 

Qurban atau juga terkenal dengan kurban, merupakan salah satu praktek keagamaan umat Islam yang melibatkan penyembelihan hewan tertentu sebagai bentuk pengorbanan. 

Ibadah kurban merupakan salah satu bentuk ibadah dengan segudang hikmah dan manfaat, baik dari segi individu hingga komunal. 

Dari segi individu, kurban menjadi suatu pengorbanan dan ketundukan sebagai seorang Muslim kepada perintah Tuhannya yaitu Allah SWT. 



Sementara dari segi komunal, daging kurban yang didistribusikan menjadi sarana untuk berbagi dan menunjukkan kepedulian kepada sesama manusia, khususnya kepada masyarakat yang kurang mampu. 

Adapun dalam agama Islam, beberapa jenis hewan yang dapat menjadi kurban menurut syariat adalah unta, sapi, biri-biri, domba, dan kambing dengan berbagai kententuan dan persyaratan. Berikut merupakan penjelasan untuk ketentuan kurban untuk kambing. 

Umur Minimal Kambing Bisa untuk Kurban adalah Satu Tahun, Mengapa? 

umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah
Sumber: freepik.com

Umur minimal kambing yang bisa untuk kurban adalah satu tahun. Hal ini mengacu pada hadist Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa kambing yang bisa untuk kurban adalah yang telah mencapai umur satu tahun atau lebih. 

Jadi, jika ada yang menjual kambing untuk kurban, penting untuk bertanya terlebih dahulu mengenai usia kambing tersebut. Apabila kurang dari satu tahun, maka masih belum boleh menjadi hewan kurban. 

Sebab salah satu ketentuan kurban yang benar yaitu selalu memastikan bahwa hewan tersebut mencapai usia minimal dari syaratnya. 

Lalu, jika Anda bertanya, “berapa umur kambing dan sapi yang bisa digunakan untuk kurban?”, jawabannya adalah minimal satu tahun untuk kambing, dan dua tahun untuk sapi.

Alasan penting memperhatikan minimal umur hewan adalah, berkaitan dengan kematangan dan kesehatan hewan tersebut. 

Hewan yang sudah mencapai usia minimal biasanya sudah cukup matang dan sehat, sehingga dagingnya juga berkualitas baik. 

Selain itu, ketentuan minimal ini juga agar menghindari eksploitasi terhadap hewan yang belum cukup matang dari segi usia. 

Tips Memilih Kambing Kurban

umur minimal kambing kurban
Sumber: pexels.com

Untuk memastikan agar kamu memilih kambing kurban, ketentuan hewan kurban yang benar adalah sebagai berikut. 

1. Periksa Umur Kambing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah satu tahun. Jadi pastikan kambing yang dipilih sudah memenuhi persyaratan ini. 

2. Periksa Kesehatan Kambing

Kambing yang akan menjadi kurban, harus tanpa sehat dan tidak boleh memiliki kecacatan fisik. Untuk mempermudah kamu memilih kambing sesuai persyaratan kesehatan, kamu bisa meminta bantuan seorang ahli atau dokter apabila diperlukan. 

3. Pilih Kambing yang Terawat dengan Baik

Kambing yang terawat dengan baik biasanya memiliki bulu yang bersinar dan bersih, mata yang jernih, dan perilaku yang aktif.

Sementara itu, kamu juga harus memastikan bahwa sebagai orang yang akan berkurban, kamu memahami hukum dan ketentuan yang berkaitan dengan kurban, mulai dari hukum menjual daging kurban, hingga ketentuan lainnya. 

4. Jenis Kelamin Kambing untuk Kurban 

Jenis kelamin kambing untuk kurban pada dasarnya boleh jantan ataupun betina. Namun, Mazhab Syafi’i menyarankan untuk kurban dengan kambing jantan. Sebab daging dari kambing jantan lebih enak, sedangkan kambing betina dagingnya lebih lembab.

Jenis kelamin ini juga berlaku untuk hewan kurban lainnya seperti sapi.

Baca juga: Kini Hadir di Evermos. Inilah Program dan Tata Cara Qurban Online yang Praktis! 

Apa Boleh Kurban 1 Kambing untuk 1 Keluarga?

Sebuah pertanyaan yang sering muncul ketika berbicara tentang kurban adalah, “Apa boleh kurban 1 kambing untuk 1 keluarga?”, jawabannya adalah ya, boleh. 

Menurut syariat Islam, satu kambing cukup untuk dijadikan kurban oleh satu keluarga. Hal ini berbeda dengan hewan kurban lainnya seperti sapi dan unta yang bisa menjadi kurban oleh beberapa orang atau keluarga sekaligus. 

Namun, penting mengingat bahwa kambing yang menjadi kurban harus memenuhi kriteria tertentu, seperti berusia minimal satu tahun dan dalam kondisi sehat dan tanpa cacat fisik yang jelas.

Apa Saja yang Menjadi Larangan dalam Berkurban?

umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah
Sumber: pexels.com

Dalam melaksanakan ibadah kurban, umat muslim harus menghindari beberapa larangan. Berikut beberapa larangan yang harus kamu pahami. 

1. Menjual Daging Kurban

Menjual daging kurban hukumnya haram dalam Islam. Daging kurban harus didistribusikan kepada yang berhak, seperti fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan, dan tidak boleh mempergunakannya sebagai sumber pendapatan. 

2. Hewan yang Tidak Sehat

Hewan yang sakit, cacat, sangat kurus, atau dalam kondisi tidak sehat tidak boleh menjadi hewan kurban. Selain karena tidak sesuai persyaratan dalam syariat, ini juga dapat membahayakan kesehatan orang yang mendapatkan daging tersebut. 

3. Membunuh Hewan Kurban Secara Tidak Baik

Tidak boleh membunuh hewan kurban dengan cara yang tidak manusiawi atau tidak sesuai dengan syariat Islam. Membunuh hewan kurban harus dengan cepat dan dengan sedikit rasa sakit sebanyak mungkin.

Selain itu, sangat penting untuk mengucapkan ‘bismillah’ dan iringan doa ketika akan menyembelih hewan kurban. 

4. Tidak Mencapai Usia Minimal

Hewan yang belum mencapai usia minimal yang menjadi persyaratan tidak boleh menjadi hewan kurban.  

Umur minimal hewan kurban kambing adalah satu tahun, sedangkan untuk sapi yang akan menajdi kurban harus minimal berumur 2 tahun. 

Dari penjelasan di atas, maka ketentuan kurban yang benar adalah dengan mematuhi larangan-larangan ini, sehingga kita dapat melaksanakan ibadah kurban dengan cara yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam. 

Berkurban Kambing dengan Mudah dan Terpercaya di Tahun 2023

Menyongsong Idul Adha dan pelaksanaan kurban, mungkin kamu sedang mencari cara yang praktis untuk melaksanakan ibadah kurban. 

Mengerti akan kebutuhan ini, Evermos membawa kemudahan melalui program kurban yang informasi dapat kamu lebih lebih detail disini. 

Menyediakan pilihan hewan kurban termasuk kambing yang telah memenuhi syarat dan ketentuan syariat Islam, Evermos menjadikan ibadah kurban tidak hanya sebagai ritual, tetapi juga sebuah pengalaman yang mudah dan nyaman. 

Di era digital ini, kamu bisa melakukan ibadah kurban dengan beberapa sentuhan di layar smartphone. Evermos ada untuk memastikan bahwa ibadah kamu terlaksana dengan maksimal, sementara kamu bisa tetap fokus pada momen spiritual Idul Adha. 

Jangan lewatkan informasi seputar Idul Adha lainnya hanya di Blog Evermos. Selamat berkurban dan menikmati kemudahan beribadah dengan Evermos!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)