Kini Hadir di Evermos. Inilah Program dan Tata Cara Qurban Online yang Praktis!

Tata Cara Qurban Online — Sebentar lagi kita akan memasuki bulan dzulhijah dimana ada peristiwa penitng yakni hari raya idul adha yang dinanti-nanti seluruh umat muslim. Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Djulhidzah yang juga dikenal sebagai hari raya Qurban. Adapun perayaan Idul Adha ini ada kaitannya dengan kisah Nabi Ibrahim a.s dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

Selain itu, Hari raya idul Adha ini juga identik dengan sebutan “lebaran haji” karena tepat pada bulan Dzulhijjah umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan rukun Islam ke lima yaitu ibadah haji yang berada di Masjidil Haram.

Pada 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan Idul Adha inilah umat Islam yang menunaikan ibadah haji sedang melakukan puncak dari rukun haji terakhirnya yakni dengan penyembelihan hewan qurban.

Pada hari raya idul Adha ini, para umat muslim diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih hewan kurban. Daging hewan kurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada orang-orang sekitar, terutama bagi mereka yang tidak mampu dan membutuhkan.

Meskipun merupakan ibadah sunnah, namun ibadah qurban ini merupakan sunnah muakad yang mana hukumnya mendekati wajib dan diutamakan untuk dilakukan.

Oleh karena itu, di situasi pandemi seperti ini. Kita perlu tetap mencari cara untuk beribadah idul qurban ini meskipun meminimalisir adanya perkumpulan dan kerumunan. Saat ini di Evermos kita bisa menemukan solusi dengan tepat yakni dengan adanya sistem qurban online yang diinisiasi oleh yayasan beramal jariyah.

Jadi, sebenarnya bagaimana tata cara qurban online ini?

Mari simak lebih lengkapnya dari penjelasan berikut yang diiambil dari KASENSOR (Kajian Senin Sore) yang merupakan salah satu program kajian di Evermos setiap minggunya.

Topik kali ini yakni tentang Tata Cara Qurban Online yang akan dismapaikan oleh ustadz Rayk Manggala Syah Putra selaku Dewan pengawas syariah di Evermos serta Mas Nur Ikhsan selaku pewakilan pelaksana qurban online dari yayasan beramal jariyah yang akan menjelaskan tentang programnya secara lengkap.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak pembahasannya. Berikut penulis sajikan informasi ini dengan terstruktur.

Kasensor : Qurban Online, Menyentuh yang tidak Tersentuh.

Hukum Qurban Online dalam Islam 

Pertama-tama kita perlu mengetahui tentang bagaimana sebenarnya bagaimana hukum qurban termasuk qurban online dalam syariat islam ini?

Hukum qurban dalam islam adalah sunnah muakad, yakni sunnah yang mendekati wajib. Bila tidak ada halangan, maka umat muslim diutamakan untuk bisa menunaikannya. Hal ini berarti sebaik-baiknya umat muslim adalah ia yang bisa menyisihkan dan mengorbankan sebagian kenikmatannya untuk bisa tunduk dan patuh kepada perintah Allah.

Anda bisa mulai menabung dari sekarang dan mengusahakan untuk bisa menunaikan ibadah qurban ini. InsyaAllah niat baik Anda akan berubah menjadi berkah yang sangat besar kelak.

Jangan takut dan khawatir membayangkan jikalau kedepannya akan ada sesuatu urgensi yang darurat karena sesungguhnya itu ada di luar kuasa kita. Selalu yakinlah bahwa Allah akan menggantikan rezeki yang kita keluarkan untuk beribadah. Sebagaimana kita tahu pada Alquran surat Al-kautsar ayat kedua yang memerintahkan kita untuk berkurban.

Kemudian, terkait dengan pelaksanaan qurban online saat ini yang digadangkan oleh yayasan beramal jariyah pun halal dan boleh hukumnya dalam islam.

Karena, sebagaimana kita berkaca pada jaman Nabi dimana Rasulullah saat Idul Adha bisa menyimpan dan membekukan daging kurban hingga setahun lamanya. Jadi, program qurban online ini tidak ada masalah dan diperbolehkan.

Program Qurban Online Yayasan Beramal Jariyah

Kita bisa memanfaatkan teknologi baru untuk beribadah. Salah satunya dengan berqurban online ini.Yayasan beramal jariyah menghadirkan program qurban kaleng yang ditujukan bagi Anda yang ingin berkurban secara praktis dan mudah hanya dari online saja.

Adapun kelebihan dari program ini adalah yayasan beramal jatiyah bertujuan untuk menyentuh saudara-saudara kita yang belum terjangkau oleh qurban selama ini.

Jika kita melihat dari keadaan tahun sebelumnya, bahwasanya penyebaran daging kurban belum merata karena jalur distribusi yang sulit.

Saudara saudara kita di pulau lain kesulitan mendapatkan daging qurban karena keadaan di daerahnya yang minim orang berqurban.

Dari tahun ke tahunnya, daging qurban ini menumpuk distribusinya di pulau jawa yang mana terdapat surplus sekitar 150 ribu ton per tahunnya. Hal ini menyebabkan adanya inisiasi untuk memperluas jangkauan distribusi qurban ini ke saudara-saudara yang ada di tempat terpencil dan terpelosok dengan program qurban kaleng ini.

Jadi nantinya hewan qurban yang Anda beli akan diolah menjadi bentuk makanan kaleng siap saji yang nantinya didistribusikan kepada daerah yang membutuhkan.

Meski begitu, tenang saja. Proses penyembelihan ini tetap akan sesuai dengan syariat islam seluruhnya mulai dari pemilihan kriteria hewan kurban, penyembelihan, hingga pengemasan semuanya akan dikerjakan oleh Tim ahli yang suda tersertifikasi oleh MUI dan BPOM.  Penyembelihan pun akan dilakukan sesuai anjuran islam yakni dimulai dari 10-13 Dzulhidjah.

Jadi, tenang saja bagi Anda yang ingin berqurban dan beramal melalui program yayasan bermal jariyah ini maka InsyaAllah akan amanah. Global Agro pratama mengelola hewan qurban dan penjualan hewan mulai dari kambing sapi dll. jadi tenang saja.  Insyaallah terjamin amanah dari mulai portfolio program dan sebagainya.

Ketentuan pengolahan Daging Qurban

Adapun Nantinya daging qurban akan diolah dalam bentuk rendang dan kornet dengan jalur pendistribusian  sebagai berikut :

  1. Hewan Qurban Sapi (diolah menjadi bentuk kornet)
  • Penyembelihannya akan dilakukan di daerah desa benoa, Kota Denpasar, Bali
  • Pengolahan akan dilakukan di tempat penyembelihan di daerah desa benoa, Kota Denpasar, Bali
  • Pengalengan akan dilakukan di UPT Rumah penyembelihan hewan Probolinggo

2. Hewan Qurban Kambing/Domba (diolah menjadi bentuk rendang)

  • Penyembelihan akan dilakukan di UPT Rumah penyembelihan hewan Kota Probolinggo
  • Pengolahan akan dilakukan di  UPT Rumah penyembelihan hewan Kota Probolinggo.
  • Pengalengan akan dilakukan di UPT Rumah penyembelihan hewan Probolinggo

Timeline Pelaksanaan Qurban Kaleng :

  1. Pemesanan : 2 Juni-22 Juli 2021 (khusus untuk domba dan kambing). Untuk sapi, pemesanan terakhir
  2. Penyembelihan : 20-23 Juli sesuai dengan anjuran islam tidak boleh melebihi tanggal 23 juli petang hari (maghrib)
  3. Pembekuan Hasil Qurban : 20-31 Juli 2021
  4. Pengolahan dan Pengalengan : 31 Juli -14 Agustus 2021
  5. Pengiriman Ke Gudang (Bandung) ; 11 Agustus – 14 Agustus 2021
  6. Distribusi ke alamat pequrban / wilayah penyaluran : 25 Agustus 2021

Kelebihan dari qurban online di yayasan beramal jariyah ini adalah waktunya yang terhitung cepat yakni hanya satu bulan dari tanggal penyembelihan sedangkan lembaga lain bisa mencapai waktu hinggal 3 bulan lamanya.

Cara membeli hewan qurban dalam program “qurban kaleng”

Ada 3 cara bagi Anda yang ingin berqurban bersama kami.

  1. Kunjungi s.id/beramalqurban
  2. Hubungi Nomor Whatsapp 0819 95 10 1000
  3. Temukan Produk qurban di Aplikasi Evermos

Bagi Anda yang belum terdaftar menjadi reseller Evermos. Mari segera daftarkan diri Anda dan mari berqurban bersama di Aplikasi Evermos.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Demikianlah ulasan mengenai Kasensor kali ini tentang bagaimana Tata cara Qurban online serta penjelasan program qurban online dari

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, boleh bagikan artikel ini kepada yang lain agar mereka sebagai pengingat dalam kebaikan.

Untuk membaca artikel Kasensor lainnya, Anda dapat mengunjungi situs Blog Evermos. 

×