34 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2023 untuk Keluarga hingga Teman, Penuh Berkah!

Tidak terasa saat ini kita sudah masuk pada bulan Dzulhijjah. Artinya, kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha. Tak lengkap rasanya jika saat hari lebaran Idul Adha nanti kita tidak memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha kepada saudara sesama Muslim lainnya. 

Jika kamu sedang mencari berbagai contoh kalimat ucapan selamat hari raya Idul Adha yang bermakna dan penuh haru, simak artikel ini sampai selesai ya!

Kapan Hari Raya Idul Adha 2023?

ucapan selamat hari raya idul adha
Sumber: pexels.com

Sebelum mengetahui berbagai contoh kalimat ucapan hari raya, kamu harus tahu dulu kapan Hari Raya Idul Adha 2023 dilaksanakan. Kapan tepatnya hari besar ini akan tiba?

Menurut kalender Islam, Idul Adha dilaksanakan pada hari kesepuluh bulan Dzulhijjah, yaitu tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah 1444 H. Artinya, seluruh umat muslim di dunia merayakan pada tanggal 10 ini. 

Adapun berdasarkan keputusan pemerintah Indonesia yang mengacu pada kalender nasional, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. 

Kamu harus ingat! Ketika memasuki bulan Dzulhijjah, menjelang bertemu dengan Idul Adha dan perayaan kurban, umat muslim diperintahkan untuk melaksanakan puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah.

Baca disini untuk tahu lebih lengkap mengenai keutamaan berpuasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, niat, hingga tanggal pelaksanaannya.  

Baca juga: Rasakan Beragam Keuntungan Mudahnya Berkurban – Evermos 

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H

1. Ucapan Hari Raya Taqabbalallahu Minna wa Minkun

ucapan selamat hari raya idul adha
Sumber: pexels.com

Ucapan yang paling sering kita dengar saat perayaan hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha yaitu “Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha”.



Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha adalah ucapan doa kepada sesama muslim agar Allah SWT menerima segala bentuk ibadah, seperti puasa, salat, zakat, dan lainnya, yang telah dilakukan selama menjelang Idul Adha. 

Berikut adalah bahasa Arab dan artinya

طَقَبَّلَ اللّٰهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ عِيدُ الأَضْحَى

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) dari kami dan dari kalian di Idul Adha ini”.

Jika ingin tahu keutamaan memberikan ucapan selamat hari raya Idul Adha dengan kalimat Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha, kamu bisa baca disini

Baca juga: 3 Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Simak dan Pahami! 

2. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha yang Panjang

ucapan selamat hari raya idul adha
Sumber: pexels.com

Berikut ini adalah contoh ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha yang panjang, santai dan kekinian:

  • “Selamat Hari Raya Idul Adha, bro! Semoga kita selalu ingat bahwa dalam setiap kesulitan, ada hikmah dan keindahan yang menanti. Keep positive and stay awesome!”
  • “Hey, Sahabat! Selamat Hari Raya Idul Adha! Let’s take a moment to appreciate all the blessings in our life. Remember, sharing is caring. So, let’s share the love and spread the happiness!”
  • “Hey there, teman baik! Selamat merayakan Idul Adha! Semoga hari ini menjadi momen reflection kita untuk lebih menghargai dan berbagi. Stay cool and keep the faith!”
  • “Hi, buddy! Happy Idul Adha! In the spirit of sacrifice, let’s give more and expect less. May our lives be as bright as today’s sunshine. Keep spreading positivity!”
  • “Hello, brosis! Happy Idul Adha! Semoga hari ini bisa jadi reminder buat kita semua untuk selalu menghargai dan berterima kasih atas semua yang kita miliki. Keep the good vibes rolling!”
  • “Yo, mate! Selamat Idul Adha! Hari ini adalah hari penuh arti, ya. Jadi, jangan lupa untuk selalu berbagi dan berbuat baik. Keep shining and stay blessed!”
  • “Halo, sahabat! Selamat merayakan Idul Adha! Yuk, rayakan hari ini dengan penuh cinta dan syukur. Let’s make this world a better place, one good deed at a time.”
  • Happy Idul Adha, sahabat! Di hari yang spesial ini, jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berbagi. Semoga kebaikan yang kita berikan hari ini akan kembali ke kita dalam bentuk berlipat ganda. Keep spreading the love!”
  • “Hey, teman baikku! Happy Idul Adha yah! Semoga kita bisa menyerap spirit pengorbanan hari ini dan menerapkannya dalam hidup kita. Keep the spirit alive, ya. Cheers to more good days!”

3. Ucapan Hari Raya Idul Adha di Grup Keluarga 

ucapan selamat hari raya idul adha
Sumber: pexels.com

Berikut ini adalah contoh ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha yang dapat kamu bagikan di grup keluarga:

  • “Hi, keluargaku yang tersayang. Selamat Hari Raya Idul Adha! Mari kita saling berbagi, memaafkan, dan menyebarkan cinta di hari yang penuh berkah ini.”
  • “Selamat Hari Raya Idul Adha untuk kita semua, keluargaku! Semoga semangat pengorbanan hari ini membawa kita semua lebih dekat satu sama lain dan membuat kita lebih menghargai setiap momen yang kita miliki bersama.”
  • “Selamat merayakan hari keberkahan keluargaku semua! Semoga keberkahan hingga kesehatan selalu mengiringi kita.”
  • “Halo, keluarga yang saya cintai. Selamat Hari Raya Idul Adha! Mari kita pergunakan hari yang suci ini untuk meningkatkan kasih sayang dan persaudaraan di antara kita. Semoga Allah memberkati kita semua dengan kebahagiaan dan kedamaian.” 
  • “Assalamualaikum, keluarga tercinta. Selamat Hari Raya Idul Adha! Semoga kita semua diberkahi dengan kebahagiaan, kesehatan, dan kedamaian di hari yang suci ini. Mari saling memaafkan dan mempererat tali kasih sayang kita.”
  • “Assalamualaikum, keluarga besar! Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha! Hari ini, mari kita rayakan dengan penuh syukur dan cinta. Semoga segala bentuk pengorbanan kita mendapat balasan yang indah dari-Nya.”
  • “Halo, fam! Happy Idul Adha! Semoga hari ini menjadi momen pembuka pintu maaf dan kerelaan hati kita untuk saling memaafkan. Keep the love and harmony in our family!”
  • “Selamat Hari Raya Idul Adha, semua! Semoga pengorbanan kita mendapatkan ganjaran yang setimpal dari Allah SWT. Mari kita gunakan hari ini sebagai waktu untuk berbagi kasih dan kebaikan dengan sesama.”

4. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha Bahasa Arab 

ucapan selamat hari raya idul adha
Sumber: pexels.com

Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha dalam Bahasa Arab, dan artinya:

  • “Eid Adha Sa’eed lakum jamee’an. Natamannaa lak yawman mali’an bil barakah wa as-sa’adah” (“Selamat Hari Raya Idul Adha untuk kita semua. Kami berharap hari ini penuh berkah dan kebahagiaan untukmu.”) 
  • “Atamannaa lak wa li’a’ilatik Eid Adha Mubarak. Taqabbal Allahu minna wa minkum” (“Aku berharap kamu dan keluargamu merayakan Idul Adha yang berkah. Semoga Allah menerima (amal ibadah) dari kita dan dari kamu.”)
  • “Tahiyyat Eid al-Adha lakum jamee’an. Natamannaa lakum as-sehah wa as-sa’adah” (“Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha untuk kita semua. Kami berharap kesehatan dan kebahagiaan untukmu.”)
  • “Eid al-Adha Mubarak! Natamannaa lakum yawman mali’an bil farah wa al-mahabbah” (“Selamat Hari Raya Idul Adha! Kami berharap hari ini penuh dengan kegembiraan dan cinta untukmu.”)
  • “Eid al-Adha Mubarak, Atamannaa lak as-salam wa as-sa’adah” (“Selamat Hari Raya Idul Adha, aku berharap kedamaian dan kebahagiaan untukmu.”)

Gambar Selamat Hari Raya Idul Adha 2023

Selain memberikan ucapan berupa kata-kata selamat hari lebaran kepada kerabat dan teman, kamu juga bisa memberikan gambar atau kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 2023. Berikut beberapa contoh yang bisa kamu gunakan.

Gambar Satu 

Sumber: canva.com

Gambar 2

Sumber: canva.com

Gambar 3

Sumber: canva.com

Gambar 4

Sumber: canva.com

Cara Membalas Kalimat Selamat Hari Raya Idul Adha

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu apa saja kalimat untuk membalas ketika ada teman atau kerabat yang memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha. Berikut ini adalah lima contoh kata-katanya:

  • “Taqaballallahu Minna wa Minkum”, adalah cara membalas ucapan dengan kalimat yang serupa. Kamu bisa menemukan cara membalas dengan lebih rinci disini
  • “Terima kasih atas ucapan dan doanya! Semoga semangat pengorbanan dalam Hari Raya Idul Adha ini selalu terjaga dalam diri kita dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi.”
  • “Terima kasih atas ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha-nya! Semoga kita semua juga mendapatkan berkah dan kebaikan di hari yang fitrah ini.”
  • “Terima kasih! Selamat Hari Raya Idul Adha juga untukmu. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kesabaran dalam menghadapi segala tantangan.”
  • “Amin, terima kasih atas doa dan ucapan selamanya. Semoga kita juga dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan penuh keberkahan dan kebahagiaan.”
  • “Selamat Idul Adha juga! Semoga segala doa baik yang kamu berikan akan berbalas kepada kamu dan keluarga disana! Selamat berbahagian di hari penuh berkah ini!”
  • “Makasih ya sudah mengingatkan tentang Hari Raya Idul Adha. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya dan mampu menjalankan ajaran-ajaranNya dengan baik.”

Demikianlah berbagai contoh kalimat selamat hari raya Idul Adha yang bisa diucapkan untuk keluarga, teman, hingga saudara sesama Muslim. Semoga berbagai kata-kata di atas bermanfaat untuk kamu.

Jangan lupa untuk cek informasi Idul Adha dan berbagai informasi menarik lainnya hanya di Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)