Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Idul Adha: Arti dan Jawabannya

Sebentar lagi kita sebagai umat muslim akan memasuki momen suci Idul Adha, yaitu hari raya keberkahan dengan segudang makna. Sehingga, pastinya menjelang Hari Raya Idul Adha kita sering mendengar kalimat Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha”

Apa sih maksud dari ucapan Taqobbal Minna wa Minkum tersebut? Apa artinya? Dan apa jawaban dari Taqabbalallahu Minna wa Minkum Taqabbal ya Karim?

Simak sampai selesai artikel ini untuk tahu maksud dari kalimat tersebut. Agar kamu juga bisa ikut mengucapkannya hingga menjelang Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzhulhijjah atau tanggal 28 hingga 29 Juni 2023 ini. 

Apakah Ucapan Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha?

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Idul Adha
Sumber: pexels.com

Ucapan “Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha” adalah salam atau doa yang biasa umat muslim ucapkan di seluruh dunia pada saat merayakan hari raya Idul Adha. 

Ucapan ini adalah doa agar Allah SWT menerima segala bentuk ibadah, seperti puasa, salat, zakat, dan lainnya, yang telah dilakukan selama menjelang Idul Adha. 

Kalimat ini juga mencerminkan nilai-nilai persaudaraan dan solidaritas dalam Islam. Ketika seseorang mengucapkan “Taqabbalallahu Minna wa Minkum,” mereka tidak hanya mendoakan diri sendiri, tetapi juga orang lain. 

Mereka berdoa agar Allah menerima semua amal ibadah yang semua orang lakukan.

Dengan demikian, ucapan “Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha” merupakan sebuah doa yang penuh makna dan mengandung harapan. 

Baca juga: Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah, Hingga Keutamaannya: Catat dan Amalkan!



Bacaan Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Idul Adha
Sumber: freepik.com

Ketika mengucapkan kalimat keberkahan ini pada momen Idul Adha, tidak lengkap rasanya jika kamu belum mengetahui arti, makna, hingga keutamannya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha

Tulisan Arab dari ucapan penuh makna di hari Idul Adha:  

طَقَبَّلَ اللّٰهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ عِيدُ الأَضْحَى

Latin: “Taqabbalallahu Minna wa Minkum ‘Idul Adha.” 

Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Adapun arti dan jawaban yang bisa kamu ucapkan ketika orang lain menyampaikan kalimat ini kepada kamu adalah sebagai berikut. 

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) dari kami dan dari kalian di Idul Adha ini”.

Biasanya, ketika ada orang lain yang mengucapkan kalimat ini, kamu bisa menjawab dengan mengulangi ucapan yang sama, yaitu “Taqabbalallahu Minna wa Minkum,”.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menjawab dengan “Aamiin,” yang berarti “Amin” atau “semoga begitu.” Ini menunjukkan persetujuan dan keinginan agar Allah mengijabah doa tersebut.

Ini juga menunjukkan sikap saling mendoakan dan solidaritas antar umat Muslim.

Keutamaan Membaca Kalimat Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Idul Adha
Sumber: pexels.com

Dalam tradisi Islam, mengucapkan kalimat ini saat merayakan Idul Adha memiliki beberapa keutamaan dan manfaat spiritual:

1. Mendorong Solidaritas dan Persaudaraan

Dengan mengucapkan doa ini, kita tidak hanya mendoakan diri sendiri tetapi juga orang lain. Hal ini mencerminkan nilai-nilai persaudaraan dan kebersamaan dalam Islam, serta membantu mempererat ikatan antara umat Muslim.

2. Pengingat akan Pengabdian Kepada Allah

Ungkapan ini adalah pengingat akan inti dari Idul Adha yaitu pengabdian dan penyerahan diri kepada kehendak Allah, sebagaimana yang Nabi Ibrahim AS., lakukan bersama putranya Nabi Ismail AS.

3. Berdoa untuk Diterimanya Amal Ibadah

Dengan mengucapkan kalimat ini, kita berdoa agar semua amal ibadah, termasuk puasa dan zakat, serta pengorbanan yang kita lakukan selama Idul Adha dapat Allah SWT ijabah.

4. Menghargai dan Menyampaikan Rasa Syukur

Doa ini juga merupakan cara untuk menghargai dan menyampaikan rasa syukur atas semua nikmat dan berkah yang telah Allah berikan kepada kita. 

Meskipun tidak ada hadits khusus yang menyebutkan tentang keutamaan dari mengucapkan kalimat ini saat Idul Adha, namun secara umum, Islam sangat mendorong sikap saling mendoakan dan mengharapkan kebaikan untuk sesama, serta mengekspresikan harapan agar semua amal ibadah diterima oleh Allah. 

Oleh karena itu, ungkapan ini menjadi sangat relevan dan berharga pada saat merayakan Idul Adha. Namun, kamu juga bisa mengucapkan kalimat lainnya untuk merayakan keberkahan Idul Adha. 

Baca juga: Umur Minimal Kambing Bisa untuk Kurban adalah Setahun, Ini Penjelasannya! 

Kumpulan Ucapan Hari Raya Idul Adha

Berikut beberapa ucapan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk merayakan Idul Adha:

  • “Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah.”
  • “Minal Aidin wal Faizin. Semoga kita termasuk orang-orang yang kembali (ke Fitrah) dan berhasil (dalam menjalankan ibadah).”
  • “Eid Mubarak. Semoga hari ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua.”
  • “Selamat Idul Adha. Semoga semangat pengorbanan kita diterima oleh Allah.”
  • “Semoga Allah menerima segala amal ibadah kita dan memberikan kita kesempatan untuk merayakan Idul Adha tahun depan.”
  • “Selamat merayakan Idul Adha. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk melakukan kebaikan.”

Ingatlah bahwa inti dari ucapan hari raya adalah bukan hanya kata-katanya, tetapi juga niat dan doa baik di baliknya. Oleh karena itu, yang terpenting adalah menyampaikan ucapan Anda dengan tulus dan ikhlas.

Demikian informasi mengenai ucapan “Taqabbalallahu Minna wa Minkum Idul Adha”, semoga Allah SWT selalu memberkahi setiap langkah kita.

Baca informasi menarik lainnya hanya di Blog Evermos. 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)